Senin, 17 Oktober 2016

Mengapa Tuhan Menciptakan Manusia Dengan dua buah Telinga dan Hanya Satu Mulut?

   Image result for satu mulut
Ini adalah pertanyaan seorang teman.
   Ilusrasi:
   Ada sebuah kisah nyata yang terjadi kepada Jenderal Napoleon Bonaparte.  Ketika ia sedang berperang di Timur Tengah tahun 1799.  Ia bermaksud akan melepaskan 1200 tawanan Turki yang berhasil di sandera Prancis, ketika Prancis berhasil merebut Jaffa.  Saat itu kondisinya sedang terserang penyakit influenza yang sangat parah.
   Ketika melakukan inspeksi pasukan, Napoleon terbatuk-batuk.  Oleh karena tidak tahan dengan adanya batuk yang terus menerus ia alami, ia mengatakan: "Ma sacre toux" yang artinya "batuk sialan".  Perwira pendamping Napoleon keliru menanggapi gerutuan sang Jenderal dan merasa sang Jenderal mengatakan: "Massacreres tous" yang berarti: "bunuh semua"!.
   Akibatnya 1200 orang tawanan Turki dibunuh hanya karena batuk sang Jenderal.
   Ada banyak kesalahan yang terjadi akibat kita salah mendengar. Yang minimal akan menimbulkan kita akan berselisih dengan teman, atasan, bawahan atau sering juga menimbulkan sakit hati karena kesalahpahaman akibat salah menangkap maksud seseorang.
   Tuhan pasti telah mengetahui kelemahan manusia ciptaan-Nya.  Oleh karena itu, Dia menghendaki kita untuk lebih banyak MENDENGAR daripada BERBICARA.
   Cobalah untuk tidak menyela pembicaraan orang lain.
   Biarlah ia terlebih dahulu menyelesaikan apa yang akan ia sampaikan.  Tanyakan lagi jika memang Anda belum menangkap maksud lawan bicara Anda dan jangan mencoba membuat kesimpulan sendiri tanpa terlebih dahulu mengerti dengan pasti maksudnya.  Inilah gunanya dua telinga dan satu mulut.
   Yakobus 1:19 "Setiap orang hendaklah cepat mendengar".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar