Jumat, 12 Januari 2018

Dosa Membelenggu.


Image result for Diperbudak oleh Dosa
Pendahuluan:
   Dalam salah satu buku sejarah yang ditulis oleh Thomas Bertram Costain (1885-1965); dikisahkan ada seorang raja bernama :Raynald III, yang hidup pada abad ke 14 di sebuah negara Belgia.
   Raja ini lebih dikenal dengan panggilan “Crassus” (bahasa latin artinya: Gemuk)—sesuai dengan orangnya yang memang amat gemuk.
   Dalam sebuah perselisihan dengan adiknya Edward, ia telah terguling dari takhtahnya. Edward menangkapnya, dan menempatkannya di sebuah ruangan yang dibangun khusus untuk abangnya Crassus.
  
   Edward berjanji kepada Crassus, bila ia berhasil keluar dari ruangan itu, ia akan mendapatkan kembali kedudukannya.  Bagi orang normal, hal itu tidaklah sulit karena ruangan tersebut memiliki beberapa jendela dan pintu seukuran manusia normal yang samasekali tidak terkunci.  Jadi orang yang mempunyai berat badan normal akan dapat melalui setiap pintu dan jendela dengan mudah. Tapi tidak bagi Crassus yang gemuk itu.
   Setiap hari Edward mengirim makanan yang lezat kepada kakaknya.
   Seharusnya Crassus diet untuk mengurangi berat badannya supaya ia bisa keluar dari situ.  Tetapi yang dilakukan adalah kebalikannya. Ia menyantap setiap hidangan yang di sodorkan oleh adiknya, dan ia bertambah gemuk dari hari ke hari.
  
   Saat dituduh oleh orang-orang disekitarnya bahwa Edward terlalu kejam, ia hanya menjawab, “Kakakku tidak berada di penjara. Ia dapat meninggalkan ruangan itu kalau ia mau”.
   Sepuluh tahun telah berlalu dan Crassus masih mendekam di ruangannya. Ia baru dilepaskan setelah Edward terbunuh dalam sebuah pertempuran. Tapi udara bebas yang dinikmati Crassus hanya satu tahun.
   Kenapa?.  Karena berbagai komplikasi penyakit yang dideritanya.
   Akibat kerakusannya itu, ia meninggal dunia.
   Saudaraku,.....
   Seperti Crassus, banyak orang Kristen yang tidak dapat melepaskan diri dari DOSA.  Mereka TERBELUNGGU karena kenikmatan dosa yang sulit mereka lepaskan.  Penduduk Israel dan Yehuda dengan para rajanya yang tidak takut akan Allah,...mereka terjerumus dalam dosa.  Puncaknya—mereka di tawan oleh bangsa Babylon.
   Firman Tuhan berkata bahwa Kristus datang untuk melepaskan kita dari belenggu dosa (Yohanes 8:32,36; Galatia 5:1).
  
   Kesimpulan:
   Kita telah dimerdekakan!.  Oleh karena itu jangan lagi mau hidup dan tinggal di dalam dosa.
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar