Sabtu, 30 Mei 2015

Bagaimana Gossip Dapat Dikendalikan

PANGKAL MULANYA GOSSIP.

   Adalah wajar jikalau seorang diperintahkan untuk mengerjakan sesuatu yang tidak jelas maksudnya, maka reaksinya yang langsung ialah: 'MENGAPA"?.  Jika toh,...maksud itu tetap dirahasiakan padanya--maka ia terus akan berpikir bahwa hal itu tidak perlu diceritakan kepadanya.  Disinilah pangkal mulanya gossip.
   Kebanyakan gossip yang tidak sesuai dengan kenyataan adalah disebabkan karena merosotnya komunikasi antara pihak manajemen dan pegawai.  Mereka mengharapkan agar Anda menjelaskan kepada mereka secara populer hal-hal yang berkaitan dengan haluan kebijaksanaan dan praktek perusahaan pada umumnya.  Andalah yang mereka harapkan untuk menerangkan masaalah-masaalah yang mereka hadapi setiap hari, misalnya: Kemungkinan-kemungkinan kenaikan gaji, pengaruh metode-metode produksi dan mesin atas nasib mereka atau kemungkinan-kemungkinan promosi.  Jika masalah ini tidak dijelaskan maka sudah tentu akan timbul gossip.

   Walaupun Anda tidak selalu dapat mencegah berkobarnya api, namun janganlah Anda tinggal diam sampai seluruh pabrik terbakar hangus.   Dengarkanlah apa yang dikatakan oleh pegawai Anda; usahakan untuk memahami apa yang terkandung didalam pikirannya.  Adalah penting untuk berbicara dengan mereka berhadapan muka dan mengadakan hubungan setiap hari.  Langsungkanlah kalau ada keterangan-keterangan kepada pembantu Anda yang dapat dipercaya untuk menyampaikan berita itu kepada kelompok lainnya.
   Jika suatu gossip sampai ketelinga Anda ambillah tindakan segera untuk mengumpulkan fakta-fakta tentang gossip itu.  Menganggap sesuatu semata-mata hanya sebagai gossip tidaklah ada gunanya.  Pengalaman menunjukkan kepada kita bahwa gossip kadang-kadang menjadi kenyataan.
   Dalam hal yang bersifat "Rahasia". misalnya: "sorry--no comment", ucapan ini justru memancing-mancing komentar.  Katakanlah Anda mengatakan: "Bukan saya yang membuat peraturan disini".
   Memang mereka mengetahui bahwa Anda tidak membuat peraturan, mereka hanya ingin mengetahui mengapa peraturan itu dibuat.
   "Saya tidak mengetahui sama sekali".  Tetaplah Anda menjawab seperti ini, dan tidak akan banyak orang yang mau berhubungan dengan Anda.

MENCARI SEBAB-SEBAB.
   Professor Davis menyatakan: "Cara yang kita harus tempuh untuk memberantas GOSSIP ialah: MENCARI SEBAB-SEBABNYA--dan bukan berusaha untuk membunuhnya sesudah ia mulai timbul".  Selanjutnya dikatakan, kita harus membuktikan bahwa kita adalah Manajer professional dan untuk itu kita dapat melakukan tindakan-tindakan preventif.  Apa yang Anda katakan setiap hari dengan cara apapun, atau apa yang tidak dikatakan, itulah yang akan memberikan bentuk dan corak pada pandangan para pegawai Anda terhadap diri Anda, dan terhadap perusahaan dalam keseluruhannya.
   PERKATAAN DAN PERBUATAN ANDA SETIAP HARI MENENTUKAN APA YANG AKAN DIBICARAKAN OLEH PARA PEGAWAI ANDA DIANTARA SESAMANYA.  Apakah "ucapan" itu baik atau buruk?.  Jawaban terakhir tepergantung pada Anda sendiri.  Semoga berguna bagi para administrator!.
                      Sumber: Juliet M. Halford.

Catatanku, 17 Mei 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar