Kamis, 28 Mei 2015

Cara Untuk Menggerakkan Orang Lain.


Kita selalu memainkan peranan ganda dalam hidup kita, yakni:
1. Mempengaruhi orang lain dan
2. Dipengaruhi orang lain.
   Jika Anda ingin menggerakkan atau mendorong orang lain: Yakin dan percayalah Anda kepada mereka.
Ilustrasi:
   Ada seorang anak kecil yang mempengaruhi ayahnya:
   -Seorang anak berumur 2,5 tahun berjalan dibimbing oleh ayahnya. Setelah beberapa saat, anak kecil itu berhenti dan memandang ayahnya sambil tersenyum dan berkata: : "Ayah, jika ayah berkata akan menggendong saya, maka saya akan menurut".  Siapakah yang tidak luluh hatinya menghadapi dorongan seperti ini?.

PELAJARAN TENTANG HARGANYA WAKTU (Bilangan 13:20).

   Ada pepatah yang berbunyi: "Lost time is lost forever".
Ilustrasi:
   Ada seorang yang bertanya hampir satu jam di toko buku kantor harian dari Benyamin Franklin.  Orang tersebut bertanya: "Berapa harga buku ini?".  Pelayan toko menjawab: " $ 1".  Kemudian orang itu kembali bertanya: "Apakah tidak bisa kurang?".  Jawaban adalah: "tidak".  Kemudian orang itu melihat-lihat dulu beberapa buku yang lain yang ada disitu.  Lalu orang itu bertanya lagi, "Apakah tuan Franklin, ada?." Pelayan menjawab: "Ada !, ia sedang sibuk dipercetakan".  "Saya ingin berbicara sebentar dengan dia, desak pembeli pula".  Setelah Franklin keluar, pembeli bertanya kepada Mr.Franklin," berapa harga buku ini, tuan Franklin?".  Kemudian dijawab: "$ 1 1/4.  Kemudian si pembeli berkata: "Pelayan anda katakan tadi "$ 1".  Boleh jadi, kata Franklin. "Sesungguhnya memang Anda bisa mendapatkannya dengan harga $ 1, akan tetapi saya terpaksa meninggalkan pekerjaan saya.  Kemudian pembeli nampaknya terkejut. Akhirnya pembeli bertanya lagi: "Nah, sekarang berapa harga sebenarnya?. Tuan Franklin memberi jawaban : $ 1,5. Ya, saya memang lebih suka menjualnya dengan harga itu."  Akhirnya pembeli meletakkan $ 1,5 diatas meja dan diam-diam pergi membawa bukunya".
   Kekayaan yang hilang bisa dikejar kembali dengan kerajinan dan penghematan.  Kesehatan yang hilang bisa direbut kembali dengan obat atau merobah gaya hidup sehat, akan tetapi, WAKTU, sekali hilang tetap hilang.

   Contoh: GLADSTONE (seorang genius), ahli negara Inggeris, seumur hidupnya selalu membawa buku dalam sakunya, supaya bisa membacanya dalam saat terluang.  Apalagi kita yang tidak memiliki otak yang terlalu luar biasa seperti dia. Banyak orang-orang termasyhur menjadi ternama karena saat-saat luang yang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.  Satu jam dalam satu hari, bisa dalam tempo 10 tahun merobah orang yang tidak tau apa-apa menjadi orang yang terpelajar.  Satu jam dalam satu hari bisa menghasilkan UANG sedemikan banyaknya.  Manusia-manusia besar selalu menggunakan sebaik-baiknya setiap waktu yang ada padanya.
   CICERO berkata: "Kalau bagi orang lain waktu digunakan untuk pesta-pesta, tetapi bagi saya waktu saya gunakan untuk filsafat."
   Dr. Burney --ia belajar bahasa Italia dan Prancis sambil naik kuda.
   Kessimpulan:
   Saat sekarang adalah bahan kasar, yang Anda bisa jadikan apa saja.  Janganlah memikirkan masa lampau, jangan memimpikan hari kemudian; akan tetapi renggut dan tawanlah saat ini dan ambillah faedah dan gunaya.  Satu jam yang di sia-siakan tidak saja berarti waktu yang di boros-boroskan, juga tenaga yang dibuang percuma. Menganggur (bermalas-malas) melemahkan syaraf dan mengendorkan otot.  Pekerjaan memperkuat, menganggur memperlemah.
   Seluruh kehidupan Anda tergantung kepada waktu.  Hati-hatilah dengan cara Anda melewatkan waktu Anda.

   Dari Catatakan pribadiku, 04 Mei 2015.
   Sumber: Orison Sweet Marden, Watak Anda melebihi Cemerlang emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar