Minggu, 18 Oktober 2015

Aneka Ragam Pengabaran Injil.


1. Ny. E.G. White ,....yang menjadi pusat perhatian dunia sekarang kelihatannya lebih banyak memusatkan pada kehidupan yang sehat. Apakah Anda percaya bahwa kita harus mengutamakan fakta ini?.
"Tidak ada suatu pokok yang dihadapkan kepada penduduk-penduduk di kota kita yang harus dianjurkan perhatiannya lebih besar seperti yang dimaksudkan dengan kesehatan tubuh". Temperance, hlm.196.
2. Apakah Anda pikir bahwa pekabaran kesehatan dapat digunakan sebagai alat evangelisasi?.
"Saya dapat melihat dalam pikiran Allah bahwa pelajaran dalam bidang pekerjaan medis adalah menjadi ANDALAN yang besar darimana penyakit jiwa itu dapat dicapai". Counsels on Health, hlm.535.
3. Mengapakah Anda sebut itu "ANDALAN" dan kemudian bagaimana seseorang meninggikan kerohaniannya oleh mengutamakan pentingnya kehidupan yang sehat?.
"Bila kita harus meninggikan standard moral pada suatu Negara dimana kita mungkin dipanggil untuk pergi, kita harus mulai dengan memperbaiki kebiasaan-kebiasaan badaniah mereka. Nilai karakter itu tergantung pada setiap perbuatan-perbuatan yang benar dari kuasa pikiran dan tubuh". Counsels on Health, hlm.505.
4. Sudah tentu Anda mengerti bahwa keragu-raguan adalah sangat kuat melawan iman kita dan sering kita diketahui seperti seorang pelanggar kesehatan. Berapa kuatkah Anda harapkan dari pendekatan kesehatan itu untuk mengatasi keragu-raguan?.
"Ketika saya mendengar bahwa Dr. Kellog telah menerima pekerjaan pelayanan dalam bidang obat-obatan saya mendorong dia dengan hati dan jiwa, karena saya tahu bahwa hanya dengan pekerjaan ini keragu-raguan yang ada dalam dunia yang menantang iman kita dapat diatasi". Counsels on Health, hlm.532.
5.Dapatkan Anda menrangkan soal ini lebih lanjut?.
"Pintu-pintu yang telah ditutup baginya yang hanya berkhotbah tentang Injil akan dibuka bagi seorang pekerja cerdik dalam bidang obat-obatan. Allah mencapai hati-hati manusia melalui kesembuhan penyakit badani". Medical Ministry, hlm.246.
6. Apakah Anda pikir bahwa lebih mudah untuk mencapai kerohanian seseorang melalui kebutuhan-kebutuhan badaniahnya?.
"Dalam kesengsaraan banyak yang merendahkan diri dalam jiwanya dan perkataan-perkataan yang berkenaan dengan kebenaran yang diucapkan kepada mereka dengan lemah lembut oleh seorang yang mencari keringanan derita badani dapat terjamah hatinya". Counsels on Health, hlm.503.
7. Bagaimana dengan menggunakan pendekatan kesehatan pada daerah-daerah yang sama sekali belum mengetahui ajaran Advent, seperti daerah yang masih sama sekali gelap?.
"Dalam daerah-daerah baru tidak ada pekerjaan lain yang lebih sukses daripada pekerjaan dalam bidang obat-obatan. Jika pendeta-pendeta kita bekerja bersungguh-sungguh untuk mendapatkan pendidikan dalam jurusan obat-obatan, mereka akan dapat bekerja lebih baik lagi sebagaimana Kristus buat sebagai seorang pekerja dalam bidang obat-obatan. Dengan cara belajar sungguh dan mempraktekkannya, mereka dapat mengetahui dengan baik prinsip-prinsip pembaharuan kesehatan, sehingga kemana saja mereka pergi akan menjadi berkat yang besar kepada orang yang ditemuinya.
"Untuk 30 tahun lamanya keharusan dari pembaharuan kesehatan telah dilaksanakan kepada umat-umat kita. Dengan mempraktekkan prinsip-prinsip yang sederhana, penderita sakit dapat disembuhkan, dan daerah-daerah baru walaupun tidak dapat diadakan pendekatannya dapat menjadi daerah yang menarik untuk mengadakan kegiatan-kegiatan. Benih-benih kebenaran yang ditaburkan pada tanah yang baik dapat menghasilkan tuaian yang limpah." Medical Ministry, hlm.239.
8. Apakah Anda mengatakan bahwa pendekatan melalui kesehatan tidak hanya menyediakan tanah untuk penanaman benih kebenatan tetapi bermanfaat untuk tuaian?.
"Apabila dihubungkan dengan bidang-bidang lain dari pengabaran Injil, pekerjaan bidang obat-obatan adalah merupakan satu alat yang paling tepat dimana tanah disediakan untuk penaburan bibit kebenaran, dan juga merupakan alat dimana tuaian yang baik dihasilkan". Medical Ministry, hlm.24...0.
9. Hubungan apakah seharusnya ada diantara pekerjaan obat-obatan dengan pekabaran tiga malaikat?.
"Berulang-ulan saya telah diberitahukan bahwa pekerjaan obat-obatan ini dengan pekerjaan tiga malaikat sama hubungannya seperti tangan kepada tubuh."--Counsels on Health, hlm.513.
10.Tetapi tidakkah Anda piker bahwa pelayanan sistim medis modern kita cukup untuk manusia sekarang ini sehingga dalam akhir zaman ini waktu kita seluruhnya harus di isi dengan berkhotbah mengenai kerohanian saja?.
"Pekerjaan kesehatan harus berhubungan erat sekali dengan pekabaran injil. Inilah rencana Allah bahwa pengembalian pengaruh pembaharuan kesehatan akan menjadi sebahagian dari pada usaha terakhir untuk memasyhurkan Injil." Medical Ministry, hlm.259.
11. Tetapi Ny.E.G. White,...kami para pendeta sangat sibuk dalam acara-acara kami. Bagaimanakah kami dapat diharapkan untuk mempelajari semua mengenai tubuh dan fungsinya?. Kami memerlukan pertolongan. Bagaimanakah anjuran Anda?.
"Bagaimanapun, adalah lebih baik bagi para pengabar Injil untuk mempelajari melayani kebutuhan badani dan juga rohaninya; karena dengan melakukan hal ini, mereka sedang mengikuti contoh dari Kristus. Dunia sekarang telah dipenuhi dengan banyak penyakit dan para pengabar Injil tidak dapat menggunakan waktu serta tenanga untuk menyembuhkan semua yang membutuhkan pertolongan. Tuhan telah menentukan para dokter dan perawat Kristen akan bekerja bersama-sama dengan mereka yang mengabarkan Injil. Pekerjaan bidang obat-obatan harus berdampingan dengan pengabaran Injil." Medical Ministry, hlm.240.



12. Jawaban Anda sangat menakjubkan saya! Apakah Anda maksudkan bahwa dokter itu sendiri harus keluar bekerja berdampingan dengan para pendeta dalam mengajarkan kebenaran?.
"Jika para dokter kita dan para pendeta kita dapat bekerja sama dalam memperkenalkan kebenaran ini kepada orang, banyak dapat dicapai dan dipengaruhi daripada bila dikerjakan oleh pendeta itu sendiri." Medical Ministry, hlm.263.
"Banyaklah pekerjaan yang harus disel...esaikan, dan para pendeta serta para dokter harus bekerja dalam kesatuan yang sempurna." Testimonies, Jilid 6 hlm.233.
"Dokter seta pendeta harus menyadari bahwa mereka terikat dalam tugas yang sama. Mereka harus bekerja sama dalam keharmonisan".
Testimonies, Jilid 7, hlm.111.
13. Tetapi apakah Anda tidak pikirkan bahwa pekerjaan yang paling besar dari para dokter kita ialah menghasilkan uang yang banyak pada praktek pribadi mereka dan kemudian membantu keuangan gereja?. Kita selalu sangat membutuhkan funds untuk itu.
"Saya diyakinkan, karena begitu banyak hal-hal yang dipikirkan oleh para dokter kita yang menghalangi mereka dari pekerjaan yang Allah inginkan mereka lakukan sebagai pengabar Injil....(Mereka harus) mengatakan pentingnya kebenatan zaman ini melalui kedudukan kedokterannya. Allah telah menyatakan bahwa seorang dokter yang berpendidikan akan dapat masuk dalam kota-kota kita dimana orang lain tidak dapat mengajar pekabaran pembaharuan kesehatan. Mengajar pekabaran pembaharuan kesehatan ini akan mempengaruhi orang-orang." Medical Ministry, hlm.241,242.
"Satu hal yang saya ketahui, pekerjaan yang paling besar dari dokter-dokter kita adalah mencari jalan masuk kepada orang-orang di dunia ini dengan jalan yang tepat. Dunia ini telah dihukum karena dosa, dan siapakah yang akan meninggikan pekerjaan ini didalam kota-kota kita?. Dokter-dokter yang paling besar adalah dia yang berjalan mengikuti jejak Kristus." Counsels on Health, hlm.544.
14. Bolehkah saya kembali sebentar? Bagaimanakah kesungguh-sungguhan Anda tentang pengkhotbah dan para penyelamat jiwa lainnya mempunyai pengetahuan dari hal prinsip-prinsip kesehatan untuk memperluas pendidikan itu kepada orang lain?.
"Setiap pengabar Injil harus merasa bahwa instruksi-instruksi yang diberikan dalam dasar-dasar hidup yang sehat adalah sebagian dari satu pekerjaan yang telah ditentukan. Adalah satu kebutuhan yang besar d...ari pekerjaan ini dan dunia terbuka untuk itu." The Ministry of Healing, hlm.147.
15. Dapatkah Anda menunjukkan kepada kita dengan lebih jelas pekerjaan dari seorang Pendeta sebagai guru dari "Dasar-dasar kesehatan?".
"Para pekerja khususnya harus menjadi berakal budi atas persoalan ini. Sebagai para gembala atas domba, mereka akan diperhitungkan atas kemauan melalaikan dan tidak mengindahkan hukum-hukum Alam. Biarlah mereka menemukan apakah kebaikan pembaharuan kesehatan yang benar dan mengajarkan prinsip-prinsip itu dengan petunjuk dan dengan contoh-contoh yang baik dan sesuai. Dalam hal ini mereka seharusnya tidak melalaikan tugas mereka, jangan menyingkirkan diri karena beberapa orang bisa menamakan mereka extrimis. Pada musyawarah besar, lembaga-lembaga dan perkumpulan-perkumpulan yang besar serta penting, petunjuk-petunjuk harus diberikan mengenai kesehatan dan pertarakan. Laksanakanlah semua talenta yang telah diperintahkan dan perkembangkanlah pekerjaan dengan publikasi-publikasi sesuai dengan pokoknya. "Mendidik, mendidik, mendidik, adalah menjadi satu kata selalu di ingat".
16. Dapatkah Anda memberikan kita sebab-sebab lain mengapakah para pekerja harus ditarik perhatiannya yang sungguh-sungguh dalam memajukan program kesehatan?.
"Saya ingin mengatakan kepada Anda, bahwa segera tidak akan ada pekerjaan yang akan diselesaikan dengan cara penginjilan kecuali pekerjaan obat-obatan. Pekerjaan Pendeta adalah melayani. Para pendeta kita bekerja atas rencana-rencana pengabaran Injil...

"Saudara tidak akan pernah menjadi pengerja-pengerja sesudah penginjilan itu sehingga saudara menunjukkan satu keputusan atas keinginan perhatian dalam pekerjaan penginjilan melalui obat-obatan, Injil yang menyembuhkan, membawa berkat dan menguatkan."--Counsels on Health, hlm.533.
17. Apakah Anda pikir kita harus mempunyai satu wakil dalam rapat-rapat yang akan mengawasi pekerjaan ini?.
"Pekerjaan penginjilan melalui bidang obat-obatan harus dihubungkan dengan rapat dengan pekerjaan pengkhotbah. Orang-orang harus ditunjuk untuk melakukan pekerjaan ini yang telah menunjukkan diri mereka dapat dipercaya, yang setia kepada prinsip. Dalam setiap rapat seorang harus mempunyai bagian tersendiri yang bisa mengawasi." Ev...angelism, hlm.521,522.
18. Sering kita berkelakar tentang pekabaran kesehatan kita dan saya mendengar beberapa orang menertawakan konsep-konsep yang Allah telah berikan pada kita melalui Anda dari hal prinsip kesehatan. Bagaimana perasaanmu tentang ini?.
"Kesalahan terletak pada kita sebagai seorang yang mempunyai terang yang besar, karena kita tidak menghargai atau meluaskan cahaya yang diberikan oleh pembaharuan kesehatan. Melalui salah pengertian dan pemutar balikkan pikiran banyak jiwa ditipu. Mereka yang mengajar kebenaran kepada orang lain dan yang harus menjadi gembala-gembala pada domba akan dimintakan perhitungan atas kelalaian mereka tidak mengindahkan hukum Allah. Ini bukanlah satu persoalan untuk diabaikan dengan senda gurau." Counsel on Health, hlm.505,506.
19. Apakah pikiran Anda tentang masa depan pekerjaan penginjilan dalam bidang obat-obatan kita?.
" Kita akan melihat pekerjaan pelayanan obat-obatan makin bertambah luas dan dalam, pada setiap bagian kemajuannya, karena mengalirnya beratus-ratus dan ribuan arus, sehingga seluruh dunia ditutupi seperti air meliputi laut." Medical Ministry hlm.317.

Perkenanlah saya menyatakan penghargaan kepada Anda karena memberikan kepada saya satu pandangan yang berharga dari satu pekerjaan yang harus kita tinggikan sejak dulu. Kami mengharapkan akan melihat perubahan-perubahan yang nyata dalam pergerakan kita sehubungan dengan gunanya pekabaran kesehatan kita seperti satu andalan evangelisasi. ****.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar