Senin, 10 Agustus 2020

KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN YANG TIDAK TERBATAS.

9 Karunia Roh Kudus Dalam 1 Korintus 12 - RUBRIK KRISTEN







(Unlimited Possiblilities).

  Definisi Kuno mengenai Possibilities menurut: Merriam Webster ialah: “One’s utmost power, capacity, or ability” (Kekuatan, kapasitas, atau kemampuan maksimal seseorang”.  Jadi boleh kita sebutkan judul pelajaran kita ini dengan: Kekuatan/kuasa yang tidak terbatas.

Ayat hafalan:

   “Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya”. (1 Korintus 12:11).

1.  Bagaimana Anda mau diberi tugas yang tampaknya mustahil tetapi kemudian diberi tahu bahwa Anda memiliki pasangan dengan kemampuan yang tidak terbatas? Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus, dengan semua malaikat suci telah berjanji untuk bersama kita jika kita bersedia melakukan kehendak Allah.

2. Hal penting untuk diketahui tentang Allah dan panggilan-Nya kepada kita untuk bertindak adalah bahwa Allah tidak memanggil orang-orang yang sudah memenuhi syarat; Dia sendiri yang memenuhi syarat bagi mereka yang Dia panggil (He qualifies those whom He calls).

   Artinya ialah: Tuhan tidak memanggil yang terkualifikasi. Dia memenuhi kualifikasi mereka yang telah Dia panggil. Allah yang sama yang menawarkan keselamatan kepada semua orang yang memilih jalan-Nya juga lebih dari bersedia untuk memberikan berbagai karunia2 kepada mereka masing-masing untuk menyelesaikan/mencapai apa yang perlu dilakukan.

  Kisah 1:8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun keatas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai keujung bumi.”

   Yesaya 43:10 “Kamu inilah saksi-saksi-Ku”, demikianlah firman Tuhan, “dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi”.

   Pelajaran kita saat ini meneliti topik tentang karunia Rohani dalam Alkitab.

   Kita akan belajar kemungkinan-kemungkinan kita yang tidak terbatas untuk

 pelayanan melalui karunia roh.

3. Jadi, jenis janji seperti apa yang kita miliki dari Allah?

   Makhluk2 cerdas surgawi  sedang menunggu untuk bekerja sama dengan instrument manusia. Semua yang menguduskan tubuh, jiwa, dan roh untuk pelayanan-Nya akan terus menerima anugerah baru dari kekuatan fisik, mental, dan spiritual. Persediaan surga yang tidak ada habisnya ada pada perintah yang mereka miliki. — Ellen G. White, Ministry of Healing * 159.4. The Desire of Ages 250.4-251.0.

4. Apakah saudara2 siap bekerja dengan kemungkinan2 yang tidak terbatas?

     (with unlimited possibilities).

 

Bag.I –KARUNIA YG.BERAGAM: BERSATU DALAM PELAYANAN.

 

5. Kita tahu bahwa karunia Roh Kudus pertama kali diberikan kepada kesebelas murid itu dan rekan-rekan mereka pada saat Pentakosta.

6. Ulangi kembali apa yang saudara ketahui tentang masing-masing murid dan pemimpin gereja mula-mula lainnya. Betapa berbedanya mereka satu sama lain.

Latar belakang, kepribadian, temperamen, dan karunia mereka sangat beragam.

Namun ini bukanlah kekurangan dalam gereja. Itulah kekuatan.

Matius, seorang pemungut cukai,tepat, seksama, dan akurat.  Sebaliknya Petrus sering berbicara dengan cepat, antusias, tetapi ia juga memiliki kualitas kepemimpinan.  Yohanes berhati lembut tetapi suka blak-blakan. Andreas adalah orang yang ramah, dan peka terhadap orang lain. Tomas memiliki kecendrungan untuk bertanya dan sering ragu.     Masing2 murid ini, meskipun memiliki kepribadian dan karunia yang berbeda, dengan penuh kuasa digunakan oleh Allah untuk bersaksi bagi-Nya.

7. Apakah Allah dengan sengaja memilih kelompok orang ini dengan latar belakang dan kemampuan yang begitu beragam? Apa keuntungannya?

8. Baca 1 Korintus 12: 12-22. Paulus menyadari bahwa seperti tubuh manusia dengan semua bagiannya yang berbeda, gereja membutuhkan orang-orang dengan keterampilan dan kemampuan yang berbeda pula. Dengan demikian, harus jelas bagi kita bahwa sementara beberapa anggota gereja lain mungkin melakukan hal-hal yang tampaknya aneh atau tidak biasa bagi kita, Allah dapat menggunakannya untuk menjangkau orang yang tidak bisa kita jangkau.  Tubuh Kristus bukanlah sekelompok orang yg.homogen yang semuanya sama. Ini bukan Country Club dengan orang2 dari latar belakang yang sama yang semuanya berpikiran sama.  Jika kita memperhatikan tubuh manusia, bahkan bagian terkecil pun memiliki peran penting.  Jadi anggota gereja yg.tampaknya paling “tidak penting” adalah bagian penting dari tubuh Kristus dan telah dikaruniai oleh Roh Kudus.

9. Jadi, bagian tubuh manakah yang menurut Anda paling tepat menggambarkan Anda? Bagaimana tubuh (gereja) dapat hidup tanpa Anda? Apa yang Anda lakukan untuk mempromosikan tubuh Kristus?

    Roma 12:4 “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama”.

10. Tubuh manusia memiliki banyak bagian yang berbeda. Ada triliunan sel, semuanya bekerja bersama untuk saling menguntungkan. Jika kita tidak memiliki tulang kecil di telinga kita, kita tidak bisa mendengar. Tanpa bulu mata , kita mungkin akan dengan cepat mendapatkan hal-hal yang mengganggu seperti debu di mata kita, dan kita akan menggaruk kornea mata kita dan akhirnya menjadi buta.

11. Demikian juga dengan gereja. Orang yang datang pada hari Jumat dan membersihkan gereja sedang melakukan pelayanan penting meskipun kita mungkin bahkan tidak tahu namanya. Orang yang masuk dan menyalakan AC  pada waktu yang tepat

Adalah sangat penting meskipun dia tidak terlalu dikenal.

12. Jadi, menurut Anda apa yang Allah minta Anda lakukan untuk gereja-Nya? Anda tidak harus menjadi sangat berbakat untuk melayani gereja Allah; Anda hanya perlu mengenali apa yang Allah ingin Anda lakukan dan lakukanlah itu.

 

Bag.II.ALLAH: PEMBERI SEMUA KARUNIA YANG BAIK.

 

13. Kita masing-masing memiliki bakat dan kemampuan tertentu. Beberapa dari mereka mungkin telah diwariskan dari orang tua ; orang lain mungkin cocok dengan kepribadian kita. Dalam 1 Korintus 12, Efesus 4, dan Roma 12, kita membaca tentang karunia yang secara khusus Allah fokuskan untuk membangun gereja.

   Kita perlu mengenali beberapa hal tentang karunia-karunia ini; namun hal terpenting yang harus kita sadari adalah bahwa semua karunia itu adalah berasal dari Allah.

1 Korintus 12:11 “Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama,

  yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang di-

  kehendaki-Nya”.(sesuai dengan ayat hafalan kita).

Efesus 4:7 “Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia

   menurut ukuran pemberian Kristus”.

14. I Korintus 12:11 memberi tahu kita bahwa Allah memberikan setidaknya satu karunia

kepada setiap orang. Ketika kita menyerahkan hidup kita kepada Kristus, dan melalui baptisan

 menjadi anggota tubuh-Nya, yaitu gereja, Roh Kudus memberikan karunia sehingga kita

 dapat melayani gereja dan bersaksi kepada dunia.

 

15. Apakah Anda tahu apa karunia Anda? Apakah Anda tahu apa yang Allah ingin Anda lakukan?

   Pada 2 Desember 1903, Ellen White menulis surat berikut kepada Dr. George Hare,

 untuk mendorongnya menggunakan karunia yang diberikan Allah kepadanya dalam

 pelayanan: “Kita semua adalah anggota keluarga Allah, semuanya dalam tingkat yang

 lebih besar atau lebih kecil di percayakan dengan talenta yang diberikan oleh Allah,

 untuk penggunaan di mana kita dituntut bertanggung jawab. Apakah talenta kita besar

 atau kecil, kita harus menggunakannya dalam pelayanan pekerjaan Tuhan, dan kita

 harus mengakui hak setiap orang untuk menggunakan karunia yang dipercayakan

 kepada mereka”. Letter 260, 2 Desember 1903.

Bag.III. TUJUAN KARUNIA-KARUNIA ROHANI.

16. Pertanyaan  yang muncul dalam pikiran seseorang tentang karunia2 rohani

   adalah: "Apa alasan Allah memberi kita karunia2 rohani?“

  1 Kor.12:7 “Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan

  bersama”.(for the good of all / untuk kebaikan semua—Good News Bible).

  Efesus 4:11-16 v.11 “Dan Ialah yang memberikan baik rasul2 maupun nabi2, baik pemberita2

 injil maupun gembala2 dan pengajar2, v.12. untuk memperlengkapi orang2 kudus bagi

 pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,v.13.sampai kita semua telah

 mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan

 penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus”.

17. Ketika Anda melihat dalam lingkungan gereja Anda, apakah Anda mengenali orang-orang yang berbakat untuk pelayanan? Melayani? Memproklamirkan? Mengajar? Mendorong? Dan memberi? Bagaimana dengan bersikap ramah? Menunjukkan belas kasihan? Bersikap membantu dan selalu gembira?.

18. Jadi, apa hubungan antara karunia-karunia rohani yang dijanjikan oleh Allah dan talenta alami? (Natural talents). Jika kita memiliki talenta alami, apakah itu berarti bahwa Allah tidak dapat menggunakan talenta alami itu? Tentu saja tidak.

   Semua talenta alami diberikan Tuhan, tetapi tidak semua digunakan  dalam

 pelayanan Kristus.

“Karunia2 yang istimewa dari Roh bukanlah satu2nya talenta yang digambarkan dalam

 perumpamaan ini. Ia termasuk semua pemberian dan anugerah, apakah itu asli atau

 diperoleh, bersifat alami atau rohani. Semuanya itu harus digunakan dalam pelayanan

 Kristus. Oleh menjadi murid2-Nya, kita menyerahkan diri kita kepada Dia dengan segala

 keadaan kita dan milik kita. Karunia itu dikembalikan-Nya kepada kita dalam keadaan

 yang murni dan agung, untuk digunakan  bagi kemuliaan-Nya dalam membahagiakan

 sesama manusia”. E.G. White, Seri Membina Keluarga, Jld.5, hlm.249.

 

19. Salah satu hal yang seharusnya terjadi di gereja adalah agar para pemimpin membantu

kita mengidentifikasi karunia rohani kita dan menunjukkan kepada kita bagaimana

menggunakannya. Apakah itu terjadi di gereja Anda?

Apakah Anda memiliki talenta alami yang mungkin Anda gunakan untuk tujuan lain

tetapi yang dapat berguna untuk membangun gereja?

 

Bag.IV. MENEMUKAN KARUNIA-KARUNIA ANDA.

 

20. Orang2 Advent Hari Ketujuh terkenal dengan identifikasi mereka tentang "meterai Allah"

dan "tanda binatang ." Perhatikan apa yang diajarkan ayat-ayat ini kepada kita tentang

meterai Allah.  Mari kita baca:  2 Kor.1:20-22; Efesus 1:13....

2 Kor.1:20-22 v.20.“Sebab Kristus adalah “ya” bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia

  kita mengatakan “Amin” untuk memuliakan Allah. v.21.Sebab Dia yang telah meneguhkan

  kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi,

  v.22.memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam

  hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita”.

 

Efesus 1:13 “Di dalam Dia kamu juga—karena kamu telah mendengar firman kebenaran,

  yaitu Injil keselamatanmu—di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan

  dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu”.

21. Baca Lukas 11:13; Yakobus 1: 5; dan Matius 7: 7. Apa yang harus kita lakukan untuk

 mengidentifikasi karunia2 yang telah Allah berikan kepada kita masing-masing?

 Allah lebih dari bersedia untuk memberikan karunia2. Kita harus berdoa kepada Allah.

 Jika kita meminta sesuai dengan kehendak-Nya, Dia akan menunjukkan kepada kita apa

  yang Dia ingin kita lakukan.

22. Jadi, mengapa itu tidak terjadi dalam skala yang jauh lebih besar di gereja?

   “Hanyalah melalui iman dan doa murid2 itu menyerahkan dirinya sepenuhnya bagi

 pekerjaan-Nya, pencurahan Roh itu diterima. Kemudian dalam arti yang istimewa harta

 surga itu dipercayakan kepada pengikut Kristus.... Karunia itu sudah menjadi milik kita dalam

 Kristus, tetapi kepemilikannya yang sesungguhnya bergantung atas penerimaan kita

 kepada Roh Allah”. Ellen G.White, Seri Membina Keluarga, Jld.5 hlm.248.

Perhatikan ide-ide menarik ini.

   *Karunia Rohani (lihat 1 Kor.12:4-6) adalah kualitas yang diberikan Allah

 agar kita dapat melayani Dia secara efektif. Pelayanan2 adalah area dimana

 kita dapat mengekspresikan karunia2 kita, dan kegiatan-kegiatan adalah

 peristiwa khusus yang memungkinkan kita menggunakan karunia2 kita.

   Karunia rohani tidak diperoleh sepenuhnya sempurna. Ketika Roh Kudus

 mengesankan Anda dengan beberapa bidang pelayanan, berdoalah agar Dia

 akan menuntun Anda kepada pelayanan khusus untuk menggunakan karunia

 Anda melalui kegiatan jangkauan keluar.

23. Saat Anda memikirkan kembali hubungan Anda dengan gereja dan dengan

   Allah, apakah Anda telah mengidentifikasi satu atau lebih karunia2 rohani

yang Anda miliki dan yang dapat digunakan dalam kerjasama dengan Roh

Kudus untuk menyebarkan Injil?

 

Bag.V. MENGEMBANGKAN KARUNIA-KARUNIA KITA.

 

24. Baca Matius 25: 14-30, perumpamaan tentang talenta. Fokus terutama  pada ayat 29.

Perhatikan bahwa tuan itu memberi kepada setiap hamba2nya talenta menurut kemampuannya. Mereka tidak semua menerima jumlah karunia2 yang sama (5-2-1).  Kemudian, mereka memiliki kebebasan untuk menggunakan uang yang mereka terima dengan cara yang pantas.   

   Perhatikan bahwa inti dari perumpamaan ini bukanlah berapa banyak

talenta yang diberikan sejak awal; itu adalah bagaimana Anda menggunakan apa yang diberikan kepada Anda. Yang penting bukanlah apa yang Anda miliki tetapi apa yang Anda lakukan dengan apa yang Anda miliki itu. Allah telah meyakinkan kita bahwa jika kita menggunakan talenta kita, talenta kita akan tumbuh. Saat kita menggunakan talenta2 kita, kita akan menemukan diri kita terikat lebih dan lebih dekat dengan Allah dan gereja.

   Ada Fasal yang panjang di dekat akhir buku Christ's Object Lessons (halaman 325-365) di mana Ellen White menggambarkan berbagai talenta.  Talenta  yang Allah nyatakan kepada Ellen White dalam buku itu termasuk: Roh Kudus, kemampuan mental, perkataan, pengaruh, waktu, kesehatan, kekuatan, uang, dan dorongan hati serta kasih sayang yang baik.  

  

   Perhatikan bahwa tidak satupun dari “talenta” ini yang disebutkan di dalam Alkitab! (Lihat 1 Korintus 12: 12-22; Roma 12: 3-8; dan Efesus 4: 7-16.)

 

25. Jadi, apa yang Allah harapkan untuk Anda lakukan dengan talenta atau karunia rohani yang telah Dia berikan?

   “Untuk semua orang telah diberikan pekerjaan yang harus dilakukan bagi sang Guru.

     Kepada setiap hamba-Nya diberikan karunia atau talenta khusus. ‘Yang seorang diberi-

       kannya lima talenta, yang seorang lagi dua, dan yang seorang lain lagi satu, masing2

       menurut kesanggupannya’.

   Setiap pelayan memiliki kepercayaan yang menjadi tanggung jawabnya; dan

     kepercayaan yang beragam sebanding dengan kemampuan kita yang beragam. Dalam        

     membagikan karunia-Nya, Allah tidak berurusan dengan keberpihakan/tidak pandang

     bulu.  Dia telah membagikan talenta sesuai dengan kekuatan yang diketahui dari para

    hamba-Nya, dan Dia mengharapkan pengembalian yang sesuai”. — Ellen G. White, Testimonies for the Church, jld.2, hlm.282

Kita perlu memahami dengan jelas bahwa karunia rohani diberikan untuk dua tujuan:

Untuk membangun gereja dan, dengan demikian,

Untuk memenuhi misi Kristus dalam menjangkau dunia dengan Injil. Gereja bukan hanya sebuah klub tempat kita untuk bertemu saudara2  kita sekali seminggu!

   Jika Anda termasuk dalam gereja yang relatif kecil di mana Anda mengenal setiap anggota gereja lainnya, Anda mungkin dapat memikirkan beberapa karunia2 rohani yang dimiliki anggota lain. Jika Anda adalah anggota gereja yang jauh lebih besar di mana ada banyak anggota yang tidak Anda kenal secara pribadi, itu mungkin lebih sulit. Namun, seperti yang kita pelajari di awal pelajaran kita, memiliki beragam orang di gereja Anda adalah berkat. Roh Kudus mengetahui karunia2 apa yang harus diberikan kepada setiap orang.

26.Tinjau kembali karunia-karunia rohani yang dijabarkan dalam 1 Korintus 12, Roma 12, dan Efesus 4. Apakah Anda merasakan suatu beban untuk menjangkau orang-orang di sekitar Anda dengan menggunakan karunia rohani Anda? Ingatlah bahwa Anda tidak memiliki kemampuan alami, kekuatan alami, talenta2, atau karunia2 rohani yang tidak diberikan kepada Anda oleh Allah.

   Karunia2 rohani secara khusus bertujuan untuk memberi manfaat bagi gereja. Jadi, bagaimana mereka digunakan dan di mana mereka digunakan mungkin berbeda dari talenta2 alami. Talenta2 alami sering digunakan untuk menghasilkan kehidupan, untuk menjadi kaya, bahkan mungkin untuk pemuliaan diri. Namun, penggunaan sebenarnya dari karunia2 rohani sangatlah berbeda dengan semua hal itu.

27. Adalah rencana Tuhan bahwa ketika seseorang diyakinkan akan kebenaran dan memilih untuk bergabung dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh dan dibaptis, dia harus segera diajar tentang karunia-karunia rohani dan bagaimana dia dapat digunakan untuk memajukan Injil . Dia harus bergabung dengan kelas Alkitab dan menjelaskan apa yang diajarkan Alkitab mengenai hal itu. Kemudian, dia perlu memahami cara membagikan informasi itu kepada orang lain.

 

28. Apakah Anda berharap dapat memilih karunia rohani Anda?

29. Mungkin bagus untuk berlatih mengidentifikasi beberapa dari karunia rohani di anggota gereja lainnya. Berikut adalah beberapa kategori yang secara khusus disebutkan: Rasul2, nabi2, guru2, penginjil, pendeta2  serta orang lain yang menunjukkan keramahan, kemurahan hati, bantuan, belas kasihan, iman, dan penyembuhan. Penting untuk diperhatikan bahwa kata rasul dalam bahasa Yunani sama dengan misionaris dalam bahasa Latin. Nabi adalah orang yang berbicara atas nama Tuhan.

   Mereka tidak hanya untuk meramalkan masa depan.

30. Tetapi, pertama-tama kita harus memahami dengan jelas apa yang dunia perlu dengar tentang Tuhan. Karunia2 rohani kita tidak akan digunakan dengan benar sampai kita mengembangkan keinginan yang tulus untuk membangun gereja.

 

31. ​​Sebagai kesimpulan, mari kita bicara tentang tiga hal yang dapat kita lakukan untuk menemukan dan menggunakan karunia2 rohani kita:

1. Mohonlah supaya Allah menunjukkan karunia2 rohani Anda dan bagaimana itu dapat digunakan. (Yakobus 1:17; Matius 7: 7)

2. Bicaralah dengan teman dan konselor Anda di gereja yang mengenal Anda dengan baik, dan tanyakan kepada mereka keterampilan atau karunia rohani apa yang mungkin mereka kenali dalam diri Anda.

3. Mulailah menggunakan setiap dan semua karunia2 yang dapat Anda identifikasi. Ingatlah bahwa itu adalah untuk pembangunan tubuh Kristus, yaitu gereja. Ingatlah bahwa banyak karunia tidak berkembang sepenuhnya; kita mungkin perlu meluangkan waktu untuk menggunakan karunia2 itu,  untuk mengembangkannya hingga mencapai kapasitas yang sepenuhnya.

 

32. Apakah Anda siap untuk meluncurkan diri Anda(to launch yourself) ke dalam suatu  pekerjaan dengan kekuatan/kuasa yang  tak terbatas?

 

1 komentar:


  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus