Kamis, 30 Juli 2020

ROH KUDUS MENGUATKAN KESAKSIAN KITA.


Menyelami Roh Kudus di Pentakosta - SELISIP.com
Judul Pel.kita saat ini adalah: Roh Kudus Menguatkan Kesaksian kita.
                     (Spirit – Empowered Witnessing).
Ayat hafalan kita: Kisah 4:31 “Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.”
1.   Pernahkah sdr2 diminta untuk melakukan sesuatu yang Sdr. yakini mustahil? Bagaimana respond Anda? Bayangkan Yesus memberitahukan kpd. sebelas murid-Nya yang tersisa bahwa mereka akan membawa Injil ke seluruh dunia! Apa yang tidak disebutkan di sana adalah bahwa Yesus pergi untuk memberi mereka Penolong yang luar biasa untuk menyelesaikan tugas.   Roh Kudus akan menjadi motivasi dan asisten mereka. Roh Kudus akan menjadikan kesaksian mereka efektif dalam segala hal yang mereka lakukan.
Kemudian, dilaporkan dalam Kisah Para Rasul 17: 6 bahwa orang-orang percaya yang mula-mula ini ”Menjungkir balikkan dunia”.(NKJV)
  *Itu adalah pernyataan dari salah satu musuh mereka! Bahkan kemudian, Paulus berkata bahwa Injil “telah diberitakan kepada setiap makhluk di bawah langit.” (Kolose 1:23, NKJV *)
2. Dengan pekabaran yang tepat dan Roh yang benar & Roh Kudus - yang bekerja bersama kita, dapatkah kita "membalikkan dunia" pada zaman kita ini? Jelas tidak ada keraguan di pihak-Allah!  Dia memiliki kuasa untuk menyelesaikan pekerjaan-Nya!

3. Kita harus selalu mengingat fakta bahwa Allah dapat mengirim malaikat untuk tampil sebagai manusia dan melakukan pekerjaan tanpa bantuan kita. Tapi, itu bukan rencana Tuhan. Kita perlu pengalaman berpartisipasi dengan Bapa, Anak, dan Roh Kudus dalam menyebarkan Injil. Jadi, Mereka menunggu kita untuk melakukan bagian kita, yang kecil, namun penting.
Bag.1-YESUS & ROH KUDUS  YANG DIJANJIKAN.
4. Pernahkah Anda memiliki pengalaman merasakan aktivitas Roh Kudus ketika Anda berusaha untuk bersaksi kepada seseorang? Ingatlah bahwa Roh Kudus akan senang menjangkau setiap orang di dunia ini dan mempertobatkan mereka. Dia bahkan mempersiapkan hati orang sebelum kita berbicara dengan mereka. Yesus sendiri tlh berjanji dalam Yohanes 15:26,27  dan Yohanes 16:8.
*Yoh.15:26,27 “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa. Ia akan bersaksi tentang Aku.
Yoh.16:8 “Dan kalau Ia datang , Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman”.
5. Ingatlah bahwa pekerjaan/tugas Roh Kudus adalah untuk mengarahkan/menuntun  kita dalam membuat orang lain menge- tahui kebenaran tentang Allah dan tentang Yesus Kristus. Berita baiknya adalah tentang Mereka, bukan tentang kita!
6. Jadi, bagaimana upaya kerja sama itu benar-benar bekerja? Apakah kita membutuhkan Roh Kudus untuk membuka mata kita untuk melihat kemungkinan untuk bersaksi? Bukankah kita harus berdoa untuk itu setiap hari?
Jadi, jika kita tidak bersaksi, apakah itu berarti bahwa kita tidak sepenuhnya sbg. Orang Kristen?
6. Apa yang Roh Kudus inginkan agar kita pahami dan mengajarkannya dengan jelas kepada orang lain?
Advent Hari Ketujuh selalu mengklaim bahwa pekabaran tiga malaikat adalah pekabaran kita kepada dunia di hari-hari terakhir sejarah bumi ini. Apakah yang bisa kita katakan tentang pekabaran tiga malaikat yang unik itu? Agar benar mewakili pekabaran tiga malaikat, kita harus memiliki pemahaman yang baik tentang pertentangan besar dalam konteks semua Kitab Suci. Dan jika kita mencoba untuk bersaksi tanpa kesiapan kita sebaik mungkin, apakah Roh Kudus masih akan membantu kita?
Bag.2 : GEREJA YANG DIBERI KUASA.
7. Jika Anda membaca kitab Kisah Para Rasul dan mempertimbangkan semua hal indah yang digambarkannya, Anda mungkin setuju dengan banyak sarjana yang menyebutnya, bukan Kisah Para Rasul, tetapi Kisah  Roh Kudus.  Kisah para Rasul adalah kisah org2 percaya yg.ditahbiskan, dipenuhi dengan Roh Kudus, yang memengaruhi dunia bagi Kristus.

8. Jadi, apa yang Roh Kudus lakukan bagi para rasul yang membuat mereka memulai pekerjaan ini?
“Waktu itu di Yerusalem diam org2 Yahudi yg.saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit." [Kisah 2: 5] Selama penyebaran/dispersion, orang-orang Yahudi telah tersebar ke hampir setiap bagian dunia yang dihuni, dan di pengasingan mereka, mereka telah belajar berbicara berbagai bahasa. Banyak dari orang-orang Yahudi di Yerusalem, pada kesempatan ini menghadiri pesta2 keagamaan yang sedang berlangsung. Setiap bahasa yang dikenal diwakili oleh mereka yang berkumpul. Keragaman bahasa ini akan menjadi penghalang besar bagi pemberitaan Injil; Karena itu, Allah dengan cara yang ajaib menyediakan/mensupply kekurangan para rasul.
   Roh Kudus melakukan bagi mereka apa yang tidak dapat mereka miliki
dicapai untuk diri mereka sendiri seumur hidup. Mereka sekarang dapat memberitakan kebenaran Injil di luar negeri, berbicara dengan akurat bahasa orang-orang yang kepadanya mereka bekerja. Karunia ajaib ini adalah bukti kuat bagi dunia bahwa tugas mereka membawa meterai Surga.
Mulai saat ini dan seterusnya, bahasa para murid adalah murni, sederhana, dan akurat, apakah saat mereka berbicara dalam bahasa daerah mereka atau dalam bahasa asing. — Ellen G. White, Kisah Para Rasul * 39.2-40.
9. Tidak ada keraguan untuk itu.  Roh Kudus menyertai mereka.  
     Mungkinkah hal ini bisa terjadi di zaman kita ini?.
10. Baca Kisah 2: 41-42; 4: 4,31; 5: 14,42; 6: 7; 15: 5; dan 16: 5. Jadi, ke manakah mereka pergi untuk membaptiskan orang? Apakah ada banyak rumah tangga Kristen di Yerusalem sendiri? Apakah mereka membaptis di kolam Siloam yang merupakan persediaan air bagi masyarakat umum?
11. Apakah ada saat-saat ketika Roh Kudus turun seperti yang Petrus alami pada hari Pentakosta?
  Ketika Petrus kembali ke Yerusalem setelah pengalamannya dengan Kornelius dan keluarganya, ia segera dipanggil untuk tugas yaitu masuk ke rumah seorang bukan Yahudi dan ia makan bersama mereka. Jadi, Petrus menceritakan kembali kisah itu.
 Agar supaya tidak ada pertanyaan tentang kebenaran kisah tersebut Petrus memiliki enam kesaksian dari gereja di Yope untuk mengonfirmasi kisahnya. 
       Kita baca: Kisah 11:15-18. 13.
       Kita baca: Kisah 11:15-18.

v15. “Dan ketika aku mulai berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti dahulu ke atas kita.

v.16.Maka teringatlah aku akan perkataan Tuhan: Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.

v.17.Jadi jika Allah memberikan karunia-Nya kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai percaya kepada Yesus Kristus, bagaimanakah mungkin aku mencegah Dia?”. 
v.18. Ketika mereka(para pemimpin gereja di Yerusalem)
  mendengar hal itu, mereka menjadi tenang (menghentikan kritik mereka--Good News Bible), 
  lalu memuliakan Allah, katanya: “Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga  Allah mengaruniakan  pertobatan yang memimpin  kepada hidup”.

12. Kita tahu bahwa adalah kebiasaan pada zaman Alkitab untuk tidak menghitung semua orang yang datang ke suatu pertemuan; sebagai gantinya, hanya  menghitung laki-laki. Itu tampaknya benar ketika menghitung jumlah baptisan dalam Kisah Para Rasul 2:41 dan Kisah 4: 4. Maksud Lukas menulis Kisah Para Rasul adalah untuk membagikan kepada setiap
 pembaca pelayanan Roh Kudus di gereja mula-mula.  Perhatikan, bahwa ia tidak ragu meng-
 gunakan angka untuk mengukur pergerakan Roh pada abad pertama. Artinya, dia menghi-
 tung baptisan. Dlm.Kisah 2:41 –bahwa 3000 orang dibaptis dalam satu hari di satu tempat.
  Di Kisah 4:4 , ia berbicara bahwa jumlah mereka menjadi kira2 5000 orang laki-laki.
 dan dalam Kis.5:14, banyak orang datang kepada Tuhan dan dibaptis.
  Itu adalah sejumlah besar orang yang bergabung dengan gereja dalam waktu yang relatif singkat.   Mengapa gereja mula2 bertumbuh begitu pesat adalah karena gereja terus diper-barui melalui penanaman gereja-gereja baru.
13. Adalah Penting untuk memperhatikan aspek yang lain mengapa terjadi  ledakan pertumbuhan  di gereja Kristen mula-mula: Beberapa cerita2 yang sangat penting yang kita ketahui ialah dengan melibatkan individu2 seperti Lydia, kepala penjara di Filipi dan keluarganya, seorang gadis budak yang kerasukan setan di Filipi, sida-sida Ethiopia, dll. Mengapa menurut Anda Allah melakukan upaya yang sangat luar biasa untuk menjangkau seorang individu seperti yang Dia telah lakukan bagi sida2  Etiopia itu?
14. Tradisi Yahudi mengharuskan bahwa jika ada setidaknya 10 keluarga di kota, desa, atau kota tertentu, mereka harus mendirikan sebuah sinagog. Gagasan ini rupanya telah dibawa kepada pemikiran orang Kristen dan tentu akan membutuhkan banyak tempat2 berkumpul bagi orang Kristen untuk bersatu berkumpul.
 Kita mengetahui bahwa mereka sering bertemu di rumah-rumah. Kelompok-kelompok Kristen mula2 juga bertemu di halaman bait kudus di Yerusalem! Bayangkan ledakan pertumbuhan  dari pertemuan kelompok Kristen itu benar-benar telah menjadi tantangan bagi para anggota dewan Sanhedrin pada waktu itu.
Bag.3- ROH KUDUS DAN KESAKSIAN.
   Sepanjang kitab Kisah Para Rasul, Roh Kudus hadir dengan penuh kuasa.
15. Baca Kisah 7:55; 8:29; 11:15; 15: 28-29; dan 16: 6-10. Hal-hal berbeda apa yang dilakukan Roh Kudus pada kesempatan2 itu untuk membantu dalam penyebaran Injil?  Pikirkanlah  tentang Stefanus, menatap ke langit ketika ia dirajam dan melihat Yesus berdiri di sisi kanan Allah!. Dia menguatkan Stefanus utk bersaksi bagi Tuhannya di hadapan massa yang kejam yang melempari dia dengan batu sampai mati.
 Ingat bagaimana Philipus dibimbing secara ajaib menuju kereta sida2  Ethiopia itu. Lihatlah apa yang Allah telah lakukan untuk membuat Petrus menjangkau Kornelius dan keluarganya.

16. Kita mungkin tidak diberi tanggung jawab membawa Injil ke benua2 baru; namun, dalam menyebarkan Injil, kuasa Roh Kudus, bagaimanapun, adalah  efektif juga pada  zaman kita.
 
Coba bayangkan betapa menariknya jika setiap orang di kelas sekolah Sabat kita keluar bersaksi dengan cara tertentu setiap minggu dan dapat kembali dengan kisah-kisah luar biasa tentang pekerjaan Roh Kudus pada hari Sabat berikutnya. Apakah Anda pikir bahwa hal itu bisa juga terjadi pada saat ini.?
-Pelayanan Roh Kudus pada abad pertama benar-benar menakjubkan. Roh Kudus aktif
 di gereja Perjanjian Baru dan aktif dalam kehidupan gereja saat ini.  Dia masih aktif dan bekerja hari ini, sama seperti yang dilakukan-Nya pada zaman para Rasul dan dan gereja mula-mula.

Bag.4. ROH KUDUS, FIRMAN, DAN KESAKSIAN.

17. Jadi, apakah pekerjaan Roh Kudus yang paling penting?
     Pekerjaan Roh Kudus yang paling penting dalam sejarah dunia kita adalah memberikan
Alkitab kita kepada berbagai penulis dan juga melestarikannya dari generasi ke generasi, melalui penyalinan dan terjemahan yang dilakukan secara akurat...

Sebagai hasilnya, hari ini, di tangan kita, kita memiliki Firman Tuhan.
Itu semuanya dilakukan di bawah petunjuk  dan bimbingan Roh Kudus.  Firman Tuhan  adalah inti dari kesaksian gereja Perjanjian Baru.
--Hal ini kita boleh baca dalam: Kisah 4:4,31; Kisah 8:4 dan Kisah 11:19-26.
*Roh Kudus melakukan hal2 yang luar biasa sebagaimana dicatat dalam kitab Kisah Para
Rasul. Dia mengubah kehidupan dan kebiasaan yang sudah mendarah daging.
Apa alasannya?. Karena Roh Kudus yang mengilhami Alkitab, mengilhami dan mengubah kita juga ketika kita membacanya.  Ketika kita membagikan Firman Allah kepada orang lain, Roh Kudus bekerja untuk mengubah hidup mereka melalui Firman yang di ilhamkan-Nya.  Allah telah berjanji untuk memberkati Firman-Nya, bukan kata-kata kita.
  Jadi KUASA ada dalam Firman Allah.

Bag.5 KUASA ROH KUDUS YANG MENGUBAH HIDUP.
  Roh Kudus mengerjakan mukjizat dalam kehidupan manusia.
18. Bacalah Kisah 16: 11-15,23-34; 17: 33-34; 18: 8.
  Apa yang dapat dan harus kita pelajari dari pengalaman2 pertobatan ini di mana Paulus memengaruhi kehidupan orang-orang dalam kedudukan sosial yang sangat berbeda - dari mulai elit Areopagus sampai kepada para pemimpin sinagoge.
Pikirkanlah orang-orang yang secara khusus disebutkan seperti: Lidia, seorang pengusaha wanita Yahudi yang makmur; kepala penjara di  Filipi( sbg seorang pegawai negeri sipil kelas menengah Romawi); Dionysius, (sbg anggota majelis  hakim Aeropagus di Atena); dan lain-lain.  Roh Kudus dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Mengubahkan, baik laki2 maupun perempuan, kaya dan miskin,  berpendidikan dan tidak berpendidikan.
  Sejarah kisah2 ini mengungkapkan bahwa ketika kita bersaksi untuk Kristus dalan membagikan firman-Nya kepada orang lain, Roh Kudus akan melakukan hal2 yang luar biasa dalam kehidupan semua jenis orang dari segala macam latar belakang, budaya,
pendidikan dan kepercayaan. (Anda bisa baca A.A. 50.1 dan D.A. hlm.671-672.)
19. Apa yang dapat Anda lakukan sebagai individu Kristen dan Advent untuk menyebarkan kebenaran tentang Allah? Anda bisa membagikan literatur. Anda bisa memberikan pelajaran Alkitab berikut pelajaran yang telah disiapkan sebelumnya. Anda dapat berpartisipasi dengan orang lain dalam kelompok untuk melakukan upaya penginjilan.
  Roh Kudus memiliki banyak cara lain di mana Anda dapat bekerja dengan-Nya jika Anda memberikan kepada Dia kesempatan.
Apa yang mencegah Anda membagikan iman Anda? Apakah Anda pemalu? Apakah kamu takut? Apakah Anda merasa terlalu bodoh?
Ingatlah bahwa jika Anda bersaksi, Roh Kudus akan menjadi Penuntun Anda.
20. Menyebarkan Injil kepada orang-orang di seluruh dunia adalah misi Allah nomor satu  untuk diselesaikan sebelum Yesus  datang kembali. (Lihat Matius 24:14.) Dan ketika seseorang memutuskan untuk meninggalkan jalan2nya yang jahat dan menjadi seorang Kristen, ingatlah bahwa Lukas 15: 7,10 memberitahukan kepada kita bahwa ada sukacita di surga! Tidakkah Anda ingin membuat surga bersukacita?
21. Kita harus selalu ingat bahwa pekerjaan mempertobatkan jiwa adalah pekerjaan Roh Kudus.
Itu bukan pekerjaan kita! Kita hanya bekerja sama(We are just cooperating).Kita bukanlah  kekuatan/kuasa utama dalam aktivitas itu.
22. Pikirkan tentang apa yang Anda ketahui tentang para murid yang Yesus pilih untuk mengikuti-Nya. Ketika mereka bergabung dengan Yesus, mereka berpikir bahwa mereka akan menjadi anggota kabinet kerajaan-Nya untuk memerintah orang-orang Yahudi dari Yerusalem. Tetapi, Dia memilih mereka untuk menyebarkan Injil ke dunia dan mati sebagai martir!
23. Tidakkah Anda berharap bahwa Anda harus memiliki kisah-kisah tentang upaya penginjilan seperti yang dimiliki oleh semua murid dan para rasul lainnya?
   Ada satu masa di mana Roh Kudus menutup satu pintu, supaya Ia dapat membuka yang lain. Hal ini pernah terjadi dalam kehidupan Rasul Paulus. Pada perjalanan misionarisnya yang kedua, Paulus “dicegah oleh Roh Kudus untuk memberitakan Injil di Asia”(Kis.16:6,7).
   Motif Paulus hanyalah mengkhotbahkan Injil, namun dimana-mana pintu kesempatan itu tertutup di hadapannya.  Kemudian secara ajaib dalam sebuah mimpi, “seorang laki-laki dari Makedonia berdiri dan memohon kepadanya, berkata, ‘Menyeberanglah ke Makedonia dan tolonglah kami” (Kisah 16:9).  Pada waktu itu, Allah menutup pintu ke wilayah tertentu di Asia (Bitinia), sebab pintu ke seluruh benua itu telah terbuka untuk Injil.
   Ketika Roh Kudus menutup SATU PINTU, Dia membuka yang lain. Allah adalah Allah pintu yang terbuka. Salah satu fungsi dari Roh Kudus adalah membuka hati kepada Injil.
Ilustrasi:  Ada sebuah cerita tentang sepasang kekasih yang memesan kulkas.
  Segalanya tampak berjalan dengan baik waktu pengantar barang membantu memasang
 kulkas tersebut.  Mereka mengisi kulkas itu dengan makanan  dan kemudian
 meninggalkan kulkas itu selama 2 minggu untuk berlibur.  Saat mereka kembali
 dan membuka kulkas itu, mereka disambut dengan bau yang sangat menyengat.
   Buah-buahan telah menjadi busuk, sayur-sayuran juga menjadi busuk, dan makanan
 yang lain telah basi. Mereka mendapati bahwa ada pemadaman listrik selama beberapa hari
 lamanya.  Sdr2ku,...Makanan mereka harus dibuang.
   Ketika tidak ada pasokan listrik, makanan terbuang.  Demikian juga pada saat Kuasa
Roh Kudus tidak mengalir lewat kehidupan kita kepada orang lain, bukan hanya kesaksian
 kita menjadi tidak efektif, bahkan itu dapat terbuang dengan sia-sia.
 
Saudara2ku yang kekasih,
   Marilah kita bekerjasama dengan Roh Kudus, dengan demikian kita akan dapat melihat
 kuasa Rahmat Allah yang dapat melakukan mukjizat dalam hidup manusia.
============================================



2 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus