Minggu, 14 Juni 2020

PENDALAMAN ALKITAB (11)


11. ADILKAH ALLAH ITU?

Kata Pengantar:
   Selamat datang dalam blogspot Agape Ministry. Anda bisa mengunjunginya dengan mengklik: https://marryhot.blogspot.com.
   Media ini menyajikan pelajaran Alkitab On line.  Untuk itu kami ucapkan selamat datang, semoga dapat mengikuti pelajaran yang ke 11 yang berjudul: “ADILKAH ALLAH ITU?”.  Sebelum memulai pelajaran ini, kami mohon saudara terlebih dahulu berdoa meminta petunjuk, berkat dan pengertian dari Tuhan Allah di sorga terhadap pelajaran ini. Semoga pelajaran ini menjadi sarana yang mendekatkan hidup saudara kepada Tuhan Allah serta menerima keselamatan yang Dia sediakan bagi siapapun yang percaya dan menerimanya dengan iman. Terimakasih.
Pendahuluan:
   Seorang anak laki-laki di pusat kota terbunuh oleh peluru nyasar dari para geng ketika ia sedang mengerjakan pekerjaan rumah di meja belajarnya.
   Kemudian ada lagi seorang ibu muda di pinggiran kota menemukan anaknya terjangkit AID melalui transfusi darah yang sudah tertular.
   Tragedi semacam itu akan terus berlangsung di dunia kita ini. Dan kita ingin sekali mendapatkan jawaban atas semua ini. Dimanakah Allah dalam satu dunia yang penuh penderitaan dan kematian yang sia-sia?.
   Pemazmur meyakinkan kita bahwa “...bumi penuh dengan kasih setia TUHAN”(Mazmur 33:5).
   Tetapi jika itu memang benar, mengapa Dia tidak mengakhiri saja penderitaan dan tragedi itu?.
   Wahyu 20 menunjukkan bagaimana dan KAPAN Allah akan mengakhiri DOSA dan PENDERITAAN.
I.           SERIBU TAHUN TERUNGKAP.
   Wahyu pasal 20 membicarakan mengenai Masa 1000 tahun setelah kedatangan Kristus yang kedua.
   Peristiwa-peristiwa yang menyertai masa 1000 tahun adalah peristiwa pertikaian terakhir antara Kristus dan Setan yang telah terjadi sejak dosa masuk ke dalam semesta alam.
   Drama ini mulai di surga ketika Lusifer yang menjadi cemburu kepada Kristus, memulai suatu peperangan melawan malaikat-malaikat yang tidak berdosa, kemudian telah dibuang, dan jatuh ke dalam dunia kita ini.  Drama ini terus berlanjut di atas bumi, di Taman Eden, kemudian berlangsung terus untuk berabad-abad lamanya sampai mencapai puncak awalnya ketika Iblis itu memaksa manusia untuk menyalibkan Kristus.
   Drama ini akan mencapai puncak akhirnya pada akhir MASA 1000 tahun bilamana dunia yang penuh dosa ini dibersihkan dan diletakkan di bawah kendali Kristus.
   Wahyu 20 menyatakan kepada kita bahwa masa 1000 tahun itu dipisahkan oleh dua kebangkitan.
   Siapakah yang Allah akan bangkitkan dari kematian pada KEBANGKITAN PERTAMA yang terjadi pada awal Masa 1000 tahun?.
   Mari kita baca Wahyu 20:6....
   Yang “berbahagia dan kudus”, mereka yang telah menerima Yesus sebagai Juruselamat mereka, bangkit pada “kebangkitan pertama”.  Jika orang benar akan “berkerajaan” bersama Kristus selama masa 1000 tahun, mereka harus dibangkitkan pada AWAL Masa 1000 tahun.  Siapakah yang akan dibangkitkan pada kebangkitan kedua pada akhir Masa seribu tahun?.
   Mari silahkan baca Alkitab Anda dalam Wahyu 20:5..
   “Orang-orang mati yang lain” disini, tidak lain adalah orang jahat yang SUDAH MATI, karena orang benar yang,”berbahagia dan kudus,” dibangkitkan pada awal masa 1000 tahun.  Jadi Masa 1000 tahun ditandai oleh DUA KEBANGKITAN yaitu: Kebangkitan orang benar pada AWAL, dan kebangkitan orang jahat pada AKHIR Masa 1000 tahun.
II.         KEBANGKITAN PADA KEDATANGAN KRISTUS.
   Kebangkitan PERTAMA, yaitu bagi orang benar, terjadi pada KEDATANGAN KRISTUS YANG KEDUA.
   Mari kitab buka dan baca: 1 Tesalonika 4:16,17...
   Bila Yesus datang lagi, Ia membangkitkan “orang yang mati dalam Kristus” dan mengangkat mereka, bersama-sama dengan orang benar yang masih hidup, ke SURGA.
   Oleh karena yang jahat terus terikat dalam dosa, mereka tidak tahan hidup di hadapan hadirat Allah, dan mereka binasa pada kedatangan Kristus (Lukas 17:26-30).
III.      SETAN DIRANTAI DI BUMI 1000 TAHUN LAMANYA.
   Pada waktu Masa 1000 tahun itu mulai, semua orang benar telah diangkat ke surga dan semua orang jahat mati.  Apakah yang terjadi di dunia ini selama 1000 tahun?.  Mari kita buka dan baca: Wahyu 20:1-3.
   Pada kedatangan Yesus, Setan dibelenggu dan tetap dirantai selama 1000 tahun.
   DIMANAKAH SETAN DIPENJARA?. Di “ABYSS” (Jurang Maut), kata Gerika yang berarti “sangat dalam” atau “lubang tak berujung.”  Buku Kejadian 1:2, edisi Bahasa Gerika dari buku Perjanjian Lama menggunakan kata “Abyss” untuk menggambarkan BUMI DALAM KEADAAN YANG BELUM BERBENTUK SEBELUM HARI-HARI PENCIPTAAN ITU MULAI.  Jadi bumi kita adalah “Abyss (jurang maut)” di mana Allah memenjarakan Setan.
   Alkitab menerangkan Setan dibelenggu dengan “rantai raksasa”.  Apakah ini rantai secara harfiah?. TIDAK.
   Ini hanyalah LAMBANG, satu rantai KEADAAN LINGKUNGAN.  Setan ingin sekali terus menipu orang selama 1000 tahun. Tetapi ia tidak menemukan lagi satu orang benar untuk di goda, karena mereka semua telah berada di SURGA.  Dan ia tidak dapat menemukan satu orang jahat untuk dipimpin, karena mereka SEMUA SUDAH MATI, tidur dalam debu bumi. Karena tidak bisa menipu atau menggoda SEORANG PUN, ia beredar-edar di dunia yang KOSONG , berusaha untuk MERENUNGKAN semua kepedihan dan bencana yang diakibatkan olehnya selama di dunia ini.
IV.      ORANG BENAR MENGHAKIMI ORANG JAHAT.
   Masa seribu tahun juga adalah Masa PENGHAKIMAN.
   Tetapi ingat, bahwa penghakiman itu terdiri dari 4 TAHAP PENTING :
1.  Penghakiman awal bagi ORANG BENAR sebelum kedatangan Kristus yang kedua.
2.  PAHALA orang benar pada kedatangan yang kedua.
3.  Penghakiman orang jahat pada Masa 1000 tahun.
4.  Ganjaran kepada Setan dan orang jahat pada akhir masa itu.
   Sekarang kita akan melihat tahap 3 dan 4, penyelidikan dan ganjaran bagi orang jahat.
   Kita telah melihat bahwa orang benar yang mati yang telah dibangkitkan dan orang benar yang masih hidup diangkat ke surga bersama-sama pada kedatangan Kristus yang kedua.  Mereka berada di rumah, di surga selama 1000 tahun. Apakah yang mereka lakukan?.
   Kita buka dan baca dalam 1 Korintus 6:2-3 (tolong buka dan baca Alkitab Anda). Lalu Wahyu 20:4.
   Selama 1000 tahun, orang benar akan memeriksa kembali perbuatan-perbuatan orang jahat dan malaikat-malaikat yang gugur, termasuk pemimpinnya, Setan. 
   Sungguh tepat bagi para syuhada/yang mati syahid, para pemenang, orang-orang yang ikut dalam peperangan mempertahankan Injil untuk memeriksa dan mengerti penghakiman Allah terhadap orang jahat.
   Allah dengan penuh kemurahan telah memberikan kepada umat manusia yang harus ditebus kesempatan untuk menilai perlakuan dan tindakan Allah terhadap orang jahat.  Mungkin kita mempunyai banyak pertanyaan, seperti: “Mengapa bibi saya tidak ada di sini?.
   Kelihatannya ia orang baik.” Bila kita memeriksa catatan dan menghakimi orang mati”....(ayat 12), kita akan melihat sendiri bahwa dalam semua perlakuan-Nya kepada umat manusia, Allah itu bijak dan adil kepada semua orang.  Kita akan melihat betapa Roh Kudus memberikan manusia kesempatan demi kesempatan untuk bergantung kepada Allah, dan keadilan untuk setiap hukuman itu akan jelas semuanya.
V.         SETAN DILEPASKAN PADA AKHIR MASA SERIBU TAHUN.
   Pada akhir 1000 tahun, Alkitab menyatakan: Kita baca dalam Wahyu 21:2.... Kota yang mulia ini telah menjadi rumah kita untuk 1000 tahun.  Sekarang KOTA SUCI—dengan Kristus dan semua orang yang telah ditebus-Nya berada di dalamnya—TURUN dari surga ke dunia ini.
   Apakah yang Setan buat pada akhir 1000 tahun itu?.
   Mari kita baca Wahyu 20:7-9.

KEDATANGAN KRISTUS YANG KEDUA
1.  Orang benar diangkat ke surga.
2.  Orang jahat dibinasakan.
3.  Orang benar yang mati dibangkitkan.
KEBANGKITAN PERTAMA
1.  Orang benar di surga menghakimi orang jahat.
2.  Orang jahat mati di bumi yang sunyi sepi.
3.  Setan ditantai dbi bumi yang sunyi sepi.
4.  Tanpa seorang pun yang bisa di goda.
MILLENIUM – 1000 TAHUN.
1.  Yerusalem Baru turun ke bumi.
2.  Bersama Kristus dan orang-orang benar.
3.  Orang jahat maju menuju Yerusalem baru.
4.  Orang jahat dihakimi dan dibinasakan oleh api.
5.  Dunia dijadikan baru.
6.  Orang jahat dibangkitkan.
KEBANGKITAN KEDUA
   Orang jahat dibangkitkan pada kebangkitan kedua pada akhir 1000 tahun (ayat 5).  Ketika orang-orang benar yang ada dalam kota suci turun ke bumi dan orang jahat bangkit, Setan akan “dibebaskan untuk sedikit waktu lamanya.”(ayat 3). Sekarang ia(setan) mempunyai orang-orang jahat lagi untuk dipimpin dan sasarannya adalah orang-orang benar. Tanpa menunggu sejenak pun, ia(setan) segera mulai membentuk orang-orang jahat itu menjadi satu pasukan yang sangat besar. Setan memberikan perintah untuk maju melawan kota itu.
   Sementara orang jahat mengambil posisi di sekitar Yerusalem Baru (ayat 9), mereka merasakan sedikit kengerian akan kebinasaan-kebinasaan untuk selama-lamanya.
VI.      PEMANDANGAN PENGHAKIMAN TERAKHIR.
   Di sini, untuk pertama kali, umat manusia bertemu muka dengan muka. Yesus memimpin umat tebusan Allah yang berada di dalam kota. Setan mengepalai kekuatan orang jahat yang berada di luar dinding.
   Pada saat yang sangat kritis ini, Allah menjalankan tahap akhir dari penghakiman dan orang jahat tiba di hari yang menentukan itu di pengadilan.
   Mari kita baca firman Tuhan dalam Wahyu 20:11,12.
   Sementara orang jahat berdiri di hadapan takhta keadilan, seluruh kehidupan mereka terbuka di hadapan mereka.  Dari catatan-catatan yang ada di surga, Yesus, Hakim Yang Adil, secara tesmi mengungkapkan seluruh kisah mengenai apa yang telah Ia perbuat kepada umat manusia dan malaikat yang telah jatuh.
   Sementara alam memandang dengan perhatian penuh.
   Sambil berdiri di hadapan takhta Allah, Yesus memberikan kepada semua orang satu pemandangan menyeluruh mengenai karya penebusan-Nya.
   Ia menyatakan bahwa Ia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang. Ia masuk ke dalam dunia kita ini dalam rupa manusia, tinggal dan hidup tanpa dosa ditengah-tengah pergumulan dan pencobaan, melakukan satu pengorbanan yang tertinggi di salib dan melayani sebagai PEMBELA di surga.
   Akhirnya, ketika dengan penuh kesengsaraan melangkah maju dan menanggung hukuman bagi mereka yang tetap menolak kasih karunia-Nya, semua orang di semesta alam akan mengakui keadilan dan perlunya tindakan penghakiman akhir yang suci ini.
   Baca Filipi 2:5-11.  Sejak dosa mulai, Iblis selalu memfitnah tabiat Allah, menuduh-Nya tidak bersikap adil.  Tetapi sekarang semua pertanyaan terjawab, semua keragu-raguan teratasi. Sekarang semua makhluk di semesta alam mengakui bahwa Yesus, Anak Domba Allah, layak mendapatkan kasih dan pengabdian dari kita.
   Seluruh rencana dan tujuan Allah sekarang telah nyata semuanya dan tabiat Allah berdiri dengan teguh dan benar.  Bukan hanya yang diselamatkan, tetapi malaikat jahat dan Setan sendiri akan mengakui bahwa jalan Allah adalah adil dan benar.  Semua akan melihat bahwa kejahatan dan mementingkan diri telah membawa hanya kepada ketidakbahagiaan dan ketidakpuasan dan tidak patut dilanjutkan.
VII.    AKHIR DOSA.
   Walaupun Setan bersama sejumlah besar orang jahat dan kuat mengakui bahwa jalan Allah itu benar, hati mereka tidak berubah, tabiat mereka tetap jahat. Dan setelah penghakiman diumumkan, orang jahat:
   Mari kita baca Wahyu 20:9-15....(buka dan baca).
   Pada penghukuman akhir, API dari Allah yang kekal akan membinasakan dosa dan mereka yang dengan keras kepala bersandar padanya. Setan bersama semua yang hilang, binasa dalam “KEMATIAN KEDUA”, kematian kekal di mana tidak ada lagi KEBANGKITAN. Sebab pemberontakan orang-orang jahat itu membuat mereka tidak cocok untuk mendapatkan kebahagiaan sejati dan mereka di binasakan bersama Iblis dan para malaikatnya.
   Api surga dengan sempurnanya membersihkan bumi dari segala kerusakan dosa; Allah akhirnya memiliki alam semesta yang bersih, tidak lagi dinodai oleh kejahatan.
   Pertikaian yang begitu hebat antara yang baik dan yang jahat, antara Kristus dan Setan, sudah berakhir dan Kristus berdaulat. Tirai dari drama dosa yang lama itu telah jatuh dan bangkit dengan kemuliaan DUNIA BARU dengan segala kemungkinan yang tanpa batas.
VIII. BUMI DIBERSIHKAN DAN DIBARUI.
   Dari abu pembakaran yang membersihkan dan yang terakhir ini, akan tercipta satu DUNIA BARU:
   Baca Wahyu 21:1-5....(buka dan baca Alkitab Anda).
   Dipulihkan kepada keindahannya yang mula-mula, bumi menjadi rumah umat tebusan untuk abad-abad yang tak berkesudahan. Bebas dari mementingkan diri, sakit, dan penderitaan, kita memiliki seluruh alam semesta untuk dijelajahi, hubungan yang indah untuk dikembangkan dan kekekalan untuk duduk di kaki Yesus mendengar, belajar dan mengasihi.
   Dimanakah Anda ingin berada pada hari itu?.
   Sudahkan Anda menentukan untuk bersama Kristus di dalam kota dan selamat selama-lamanya?. Atau maukah Anda berada di luar kota tanpa Kristus dan hilang selama-lamanya?.  Jika Anda sudah meletakkan hidup Anda di tangan Yesus, Anda tidak akan pernah perlu mengalami kengerian yang tak terkira, dari mereka yang berada di luat kota, yang menyadari bahwa mereka akan hilang selama-lamanya.
   Bagaimanapun hidup Anda, jika Anda letakkan hidup Anda di tangan Yesus sekarang, Anda bisa berada di dalam kota bersama Kristus dan orang tebusan.
   Jika Anda belum melakukannya, berikanlah hati Anda sekarang, dan Ia akan menyelubungi Anda dengan kasih dan pengampunan-Nya.  Inilah kesempatan Anda. Inilah hari keselamatan Anda.

PERTANYAAN UNTUK DI JAWAB:

PELAJARAN 11 :”ADILKAH ALLAH ITU”

1.    Bacalah pelajaran Alkitab yang Anda telah terima melalui online ini seluruhnya.
2.    Isilah pertanyaan-pertanyaan yang terlampir disini.
3.    Jika berkenan, tolong kirimkan kembali jawaban Anda kepada kami via Whats App.(w.a). Terimakasih, Tuhan memberkati.
PERTANYAAN:
   Bacalah kembali pelajaran ini, lalu jawablah pertanyaan sesuai dengan nomor di sisi kiri, lalu berilah tanda silang (X) di depan pertanyaan yang BENAR di setiap bagian.
1.  Orang benar “Yang berbahagia dan suci” akan dibangkitkan pada _____awal dari masa 1000 tahun._____akhir dari masa 1000 tahun.
Orang jahat akan dibangkitkan pada:____awal dari masa 1000 tahun.   ____akhir dari masa 1000 tahun.
2.  Masa 1000 tahun dimulai
____pada kedatangan Kristus kedua kali.  ____pada tahun 2025.
Pada kedatangan Kristus yang kedua orang benar yang hidup akan:
 _____diangkat ke awan-awan untuk berjumpa dengan Kristus. _____dibinasakan oleh cahaya kedatangan Kristus.
Pada kedatangan Kristus yang kedua “orang mati dalam Kristus” akan:
____dibangkitkan, dan diangkat ke surga bersama orang benar yang masih hidup.
____tinggal dalam kubur.
____diubahkan untuk menjadi tidak berdosa dan kekal.
Pada kedatangan Kristus yang kedua orang jahat yang masih hidup:
____akan dibinasakan oleh cahaya kemuliaan.
____menerima Kristus dan diangkat ke surga.
3.  Mengapa Setan tidak memiliki satu orang pun untuk digoda selama masa 1000 tahun?.
____Dia akan dirantai di bumi ini.
____Orang jahat mati.
____Orang jahat berada di api neraka.
4.  Apakah yang akan dilakukan orang benar di surga selama 1000 tahun?.
_____menghakimi orang jahat. _____membangun bait suci.
5.  Siapakah yang dibangkitkan pada kebangkitan yang kedua pada akhir masa 1000 tahun?.
_____orang jahat yang mati.  ____orang benar yang mati.
Pada akhir dari masa 1000 tahun, yang berikut ini akan datang ke bumi:
____Yerusalem yang baru.          ____Setan.
____orang yang selamat.             ____Kristus.
6.  Pada waktu Yerusalem Baru turun ke bumi dan semua makhluk yang pernah hidup hadir, siapakah yang akan mengakui bahwa Setan telah bersalah dan bahwa Allah telah lebih dari adil?.
_____orang yang selamat.       ____orang yang sesat.
_____para malaikat.                ___Setan.
_____tidak satupun dari kelompok diatas.
    7,8 Dimanakah saudara berada pada akhir dari masa
          1000 tahun ketika Kristus akan memurnikan
           dunia ini dengan api dan menjadikannya suatu
           dunia yang baru yang sempurna untuk menjadi
           tempat tinggal yang kekal bagi orang yang
           selamat?.
              ___didalam kota bersama Kristus dan selamat
                   selamanya.
              ___di luar kota tanpa Kristus dan hilang selama-
                   nya.

Oleh: Pdt.H.M.Siagian, MPTh.
W.A. 0811 1945 034

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus