Selasa, 02 Juni 2020

PENDALAMAN ALKITAB (10)


10. RAHASIA POLA HIDUP SEHAT

Kata Pengantar:
   Selamat datang dalam blogspot Agape Ministry. Anda bisa mengunjunginya dengan mengklik: https://marryhot.blogspot.com.
   Media ini menyajikan pelajaran Alkitab On line.  Untuk itu kami ucapkan selamat datang, semoga dapat mengikuti pelajaran yang ke 10 yang berjudul: “RAHASIA POLA HIDUP SEHAT”.  Sebelum memulai pelajaran ini, kami mohon saudara terlebih dahulu berdoa meminta petunjuk, berkat dan pengertian dari Tuhan Allah di sorga terhadap pelajaran ini. Semoga pelajaran ini menjadi sarana yang mendekatkan hidup saudara kepada Tuhan Allah serta menerima keselamatan yang Dia sediakan bagi siapapun yang percaya dan menerimanya dengan iman. Terimakasih.

Pendahuluan:
   Para peneliti modern sekarang ini sangat sulit mengakui kebenaran, yaitu bahwa manusia adalah merupakan satu kesatuan yang UTUH.  Apa yang kita sering bagi menjadi bagian-bagian tubuh, pikiran dan roh dari seseorang sebenarnya saling berhubungan dan tak terpisahkan.
   Dengan kata lain, apa yang mempengaruhi pikiran, juga mempengaruhi tubuh.  Kondisi rohani kita berpengaruh pada kondisi tubuh dan sebaliknya. Kita adalah manusia seutuhnya.  Contohnya, para peneliti ilmu pengetahuan telah menemukan dalam suatu penelitian yang cermat bahwa kebahagiaan, tawa yang penuh kegembiraan dapat menghasilkan perubahan yang pasti dalam sistem kekebalan tubuh seseorang.
   Sebenarnya Anda dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit dengan lebih baik oleh selalu GEMBIRA!.  Penelitian ini menunjukkan betapa eratnya kerjasama antara pikiran dan tubuh itu.
   Ribuan tahun yang lalu firman Allah menunjukkan hubungan yang penting antara pikiran dan tubuh yang baru saja diterima sebagai teori dalam bidang kedokteran.
   Mari kita buka Alkitab kita dalam Amsal 17:22...
   Menurut Rasul Yohanes, berapa eratkah hubungan antara pikiran dan tubuh dengan kesehatan rohani kita?.
   Alkitab berkata dalam 3 Yohanes 2: “Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan SEHAT-SEHAT SAJA DALAM SEGALA SESUATU, sama seperti jiwamu baik-baik saja”.
   Pencipta kita ingin agar kita “sehat-sehat saja”.
   Firman Allah bisa menjadi sumber kesehatan kita, dan juga sebagai sumber kehidupan yang kekal.
   Karena kesehatan pikiran dan tubuh serta kesegaran rohani berjalan bergandengan tangan, Paulus menyampaikan himbauan ini dalam 1 Korintus 10:31...
   Injil mencakup pemulihan tubuh dan roh.  POLA HIDUP sehat dapat menolong kita menjadi orang Kristen yang bersemangat.  Berikut ini terdapat 8 prinsip yang baik diikuti jika Anda benar-benar ingin menghidupkan suatu kehidupan yang lebih sehat dan lebih berhasil guna.
I.           UDARA BERSIH.
   Udara bersih dan segar perlu untuk kesehatan.
   Ventilasi (keluar masuk udara) yang cukup di rumah dan di tempat kerja pada hari siang dan pada waktu tidur malam hari, menjamin bahwa darah kita akan selalu menyalurkan cukup oksigen ke seluruh bagian tubuh. Menghirup udara dalam-dalam pada waktu berjalan pagi adalah cara yang baik sekali untuk mengisi oksigen ke dalam tubuh Anda.  Jenis udara yang kita hirup sangatlah penting.  Hati-hati agar Anda tidak menghirup asap, gas atau bakteri-bakteri dari udara dari satu sumber yang tidak diketahui asalnya.
   Merokok mengotori udara dan merupakan salah satu pembunuh terbesar. Penelitian ilmiah telah menegaskan hubungan sebab-akibat antara tembakau dan kanker paru, emphisema (pembengkakan paru) dan penyakit jantung.  Ketagihan tubuh pada nikotin dalam rokok membuat perokok sulit sekali meninggalkan kebiasaan itu.  Rokok akan membunuh lebih banyak manusia bila kecenderungan sekarang ini terus berlangsung.
II.         CAHAYA MATAHARI.
   Manfaat cahaya matahari itu banyak:
a.  15 sampai 30 menit berjemur di pagi hari atau sore hari menolong tubuh menyerap atau membuat sendiri vitamin D, yaitu zat gizi/hormon yang perlu untuk kulit.  Vitamin D menolong darah menghasilkan kalsium dan fosfor yang membangun dan memperbaiki kepadatan tulang.
b.  Cahaya matahari berfungsi sebagai pembasmi kuman dan pencegah infeksi/peradangan.
c.  Matahari memberikan tenaga kepada tumbuh-tumbuhan untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat...Tanpa proses ini hewan dan manusia akan mati kelaparan.
d.  Cahaya matahari juga menolong seorang menyesuaikan diri dengan pekerjaan di malam hari dan memulihkan tekanan yang berhubungan dengan hari siang yang gelap di musim dingin.
Peringatan:
   Cahaya matahari juga bisa berbahaya. Berjemur terlalu lama bisa membuat kulit terbakar, meningkatkan risiko kanker kulit, mempercepat penuaan, merusak mata dan mengakibatkan katarak di mata.

III.      ISTIRAHAT.
   Tubuh harus beristirahat untuk memperbaiki dirinya sendiri.  Kita harus meluangkan waktu untuk rekreasi dan istirahat untuk memulihkan ketegangan kerja dan tanggung jawab keluarga. Tanpa istirahat yang cukup orang seringkali menjadi gugup merasa takut, tertekan dan mudah tersinggung.  Ketegangan emosi seperti ini bisa membuat orang sakit, yang memaksa kita untuk harus beristirahat, yaitu sesuatu yang dikehendaki tubuh selalu. Tidak ada pengganti untuk tidur nyenyak di malam hari.  Memberdayakan kembali baterai rohani kita setiap hari juga penting untuk kesehatan rubuh.
   Waktu untuk renungan setiap hari bagi orang Kristen, belajar Alkitab dan berdoa akan menyembuhkan tubuh dan jiwa.  Kita juga perlu istirahat dari lingkaran kerja, satu hari istirahat dari lingkaran kerja, satu hari istirahat tiap minggu dan liburan tahunan atau semesteran.
IV.      GERAK BADAN.
   Gerak badan penting bagi kesehatan:
a.  Gerak badan menolong menormalkan tekanan darah.
b.  Gerak badan membuat lebih banyak darah sampai keseluruh bagian tubuh dan menjaga kehangatan di bagian tubuh yang paling jauh.
c.  Gerak badan memulihkan tekanan tubuh dan perasaan, menolong Anda merasa lebih baik dalam kehidupan ini. Gerak badan biasanya obat terbaik mengatasi kekuatiran dan tekanan hidup (Stres).
d.  Gerak badan menyediakan tenaga listrik untuk otak dan sel-sel syaraf.  Itu akan menyehatkan dengan merangsang sistim kekebalan.  Bila tubuh tetap bergerak badan secukupnya, otak akan berpikir lebih kreatif dan berdaya guna.
e.  Gerak badan menjaga kulit dan tubuh tetap segar bugar.
f.    Gerak badan membuat Anda lebih bersemangat dan memperlambat kelelahan tubuh dan pikiran.
g.  Gerak badan menolong otak memproduksi zat kimia yang membuat Anda merasa sehat dan meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit
   Bila Anda belum bergerak badan, mulailah dengan lambat dan tingkatkan secara perlahan-lahan sementara Anda meningkatkan daya tahan Anda.  Baik sekali berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai.
   Tujuan Anda seharusnya adalah melakukan gerak badan apapun, yang sebanding dengan berjalan kaki satu setengah kelometer dalam 15 menit, empat atau lima kali seminggu.

V.         A I R.
   Karena air perlu untuk semua sel tubuh, kita harus minum banyak air.
a.  70% dari berat tubuh terdiri dari air.
b.  Tubuh memerlukan sekitar 2,5 liter air perhari untuk menjalankan fungsinya seperti biasa. Beberapa dari fungsi-fungsi ini ialah peredaran darah, pembuangan kotoran, pengangkutan zat makanan dan pencernaan...
c.  Manusia pada umumnya mempunyai antara 15 sampai 40 milyar sel otak. Tiap sel mengandung 70 sampai 85 persen air. Air yang cukup untuk disalurkan kepada sel-sel ini akan membantu mental Anda selalu siap, membantu mencegah dipresi dan mudah tersinggung.
d.  Bukan hanya air yang Anda minum itu penting.  Mandi dengan air dingin atau air hangat tiap hari memperbaiki peredaran sehingga memberdayakan tubuh dan pikiran.  Mandi juga menenangkan syaraf yang terganggu, yang bisa mengakibatkan penyakit karena menurunnya sistim kekebalan. Mandi juga membuang kotoran di kulit dan menurunkan demam.
VI.      MAKANAN YANG BAIK.
   Pada waktu penciptaan, Allah menyuruh Adam dan Hawa memakan kacang-kacangan, padi-padian dan buah-buahan (Kejadian 1:29).  Setelah Adam dan Hawa berdosa, daun-daunan ditambahkan  pada makanan mereka.(Kejadian 3:18). Setelah air bah, Pencipta menambahkan makanan daging yang “HALAL” ke dalam makanan mereka(Kejadian 7:2-3; 9:1-6).
   Daging hewan mengandung lemak jenuh dan kolesterol, yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, strok, sakit jantung, kanker, kegemukan, penyakit kencing manis dan penyakit-penyakit lainnya.  Sekarang banyak dokter yang menasehatkan mereka yang memakan daging agar hanya memakan ikan dan daging yang tidak berlemak dan dimasak dengan baik, tidak dalam jumlah banyak dan tidak terlalu sering.
   Oleh karena orang yang vegetaris (tidak makan daging) lebih sehat dan hidup lebih lama, banyak pakar di bidang gizi dan kesehatan menganjurkan kita untuk kembali kepada makanan asli manusia yaitu: kacang-kacangan, padi-padian, buah-buahan dan ditambah dengan sayur-sayuran.  Jika Anda ingin mulai memakan makanan vegetaris, pastikan bahwa Anda mula-mula mengerti bagaimana menyediakan makanan yang seimbang tanpa daging.  Makanlah 5 atau 6 porsi berbagai buah-buahan, kacang-kacangan, padi-padian, bijih-bijian serta sayur-sayuran.
   Penting sekali mengikutsertakan sari buah ke dalam makanan bersama-sama dengan sayur berwarna hijau dan kuning. Gunakan tepung gandum pecah kulit, dan beras merah gantinya beras putih.
   Makanlah 6 porsi atau lebih zat tepung dan karbohidrat lengkap. Ganti makanan lemak daging Anda (mentega, susu, minyak, dll) dengan lemak vegetaris.
   Makanan yang disebut di atas itu, cukup tanpa daging, jika Anda gunakan susu.  Mereka yang memilih daging sebagai bagian dari makanan mereka harus memakan daging yang Alkitab sebutkan sebagai “halal” atau cocok untuk manusia memakannya.  Ketika Allah memberikan manusia izin memakan daging setelah Air Bah (Kejadian 7:2-3, Imamat 11:47), Ia menjelaskan daging mana yang HALAL dan mana yang HARAM yang tidak baik untuk dimakan.  Baca IMAMAT 11 dan ULANGAN 14 tentang daftar burung-burung, binatang dan ikan yang Allah katakan tidak boleh menjadi makanan kita.
   Menurut pasal ini, hewan yang HALAL  harus berkuku belah dan memamah biak.  Ikan yang HALAL haruslah bersisik dan bersirip. Burung pemakan bangkai tidak boleh dimakan.
   Diantara binatang-binatang yang haram, BABI disebut secara khusus dan dilarang untuk dimakan (Ulangan 14:8). Persentasi yang tinggi dari tubuh manusia yang di otopsi terinfeksi dengan cacing pita BABI.
   Cacing yang kecil ini terjangkit kepada orang yang memakan babi yang terinfeksi.  Para peneliti ilmiah sekarang ini mengungkapkan mengapa Allah menetapkan bahwa beberapa jenis daging itu haram.
   Mungkin salah satu alasannya adalah bahaya penyakit seperti penyakit cacing pita di daging babi.
   Sebab lain, mungkin akibat yang merusak dari lemak jenuh terhadap sistim pencernaan manusia.
VII.    HINDARKAN HAL-HAL YANG MERUSAK.
   Apa peringatan Alkitab mengenai minuman BERALKOHOL?.  Buka dan baca Alkitab Anda dalam Amsal 20:1 dan 1 Korintus 6:10  (baca)...
   Alkohol mempengaruhi sistim tubuh berikut ini:
a.  Sistim Kekebalan—Alkohol menurunkan kemampuan sel darah putih untuk menyerang penyakit, sehingga meningkatkan risiko sakit pernafasan, tuberculosis, hepatitis dan beberapa jenis kanker.
b.  Sistim endokrin—Dengan hanya dua atau tiga gelas alcohol sehari akan meningkatkan risiko keguguran, kematian bayi dalam kandungan dan kelahiran bayi yang belum cukup umur.
c.  Sistim peredaran—Penggunaan alcohol meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah jantung, mengurangi gula darah dan meningkatkan lemak darah dan tekanan darah, sehingga meningkatkan tekanan darah tinggi.
d.  Sistim pencernaan—Alkohol melukai perut, sehingga menyebabkan pendarahan perut/lambung...  Kebiasaan menggunakan alkohol meningkatkan risiko hati berlemak, hepatitis, dan kanker hati.
Alkohol bertanggungjawab atas besarnya persentase bunuh diri, kematian akibat kecelakaan mobil, pelecehan anak dan pertengkaran rumah tangga.
VIII. PERCAYA PADA KUASA ALLAH.
   Seorang yang dihantui oleh rasa takut dan rasa bersalah akan mendapati sulit mendapatkan manfaat sepenuhnya dari praktek hidup sehat yang kita baru saja uraikan. Tetapi seorang yang memiliki iman yang positif kepada Allah akan menikmati kesehatan yang prima.
   Buka dan baca Alkitab Anda dalam :Mazmur 103:2-4.
Ilustrasi:
   David Larson, adalah seorang konsultan dari Lembaga Kesehatan Mental di Amerika Serikat, suatu kali mengadakan penelitian yang cermat mengenai hubungan antara agama dan kesehatan.  Penelitiannya menunjukkan adanya hubungan yang langsung antara penyerahan orang Kristen dan Kesehatan.  Ia terkejut mempelajari bahwa : Mereka yang menghadiri gereja, hidup lebih lama dan mereka yang tidak.
   Pengunjung gereja yang setia, kurang terkena serangan jantung, pengerasan pembuluh darah utama, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya.  Mereka yang beriman kepada Allah hidup lebih produktif karena mereka kurang tertekan, tidak peminum alkohol, dipenjarakan karena melanggar hukum berulang-ulang atau terperangkap kepada perkawinan yang tidak bahagia.
   Percaya KEPADA KUASA ILAHI adalah kunci kepada kebugaran yang sebenarnya, hidup sehat dan bahagia.
   Sekitar 50.000 orang Advent berumur di atas 30 tahun diteliti, khususnya di California.  Hasilnya menunjukkan bahwa pria Advent hidup 8.9 tahun lebih lama dan wanita 7,5 tahun lebih lama dari penduduk pada umumnya.
   Penelitian di negeri Belanda, Norwegia, Polandia, menunjukkan hasil yang sama.  Para peneliti menghubungkan jangka hidup yang lebih lama dari orang Advent dengan penurutan mereka kepada sebagian atau semua dari 8 prinsip kesehatan yang dikemukakan dalam pelajaran ini.  Mereka yang menurut prinsip-prinsip ini bukan hanya memiliki umur hidup yang lebih lama, tetapi juga mempunyai kualitas hidup yang jauh lebih baik.
   Menerapkan pandangan Alkitab ke dalam hidup kita membuat perbedaan dalam semua jalan kehidupan yang praktis, memberikan bukti yang meyakinkan bahwa Kekristenan adalah agama yang paling praktis dan masuk akal di seluruh dunia.
   Itu mengubah manusia—pikiran mereka, perbuatan mereka—dan menciptakan satu pola hidup yang baru.
   Karena hubungan yang dekat antara pikiran, tubuh dan kehidupan rohani kita, orang Kristen yang menghidupkan firman Allah akan mau menuruti prinsip-prinsip pola hidup sehat sementara mereka menyediakan diri bagi kedatangan Yesus yang kedua (1 Yohanes 3:1-3).
   Kristus bukan hanya mau kita bersedia bertemu dengan Dia bila Ia kembali.  Ia juga mau meningkatkan kualitas hidup Anda sekarang.
   Ia bisa bekerja sama dengan Dia dengan menuruti prinsip dasar kesehatan yang dari Allah.
   Yesus berjanji membebaskan kita dari semua kebiasaan yang merusak melalui KUASA-NYA “yang bekerja dalam diri kita”(Efesus 3:20)...
   Jika Anda berusaha untuk mengalahkan kebiasaan kebiasaan yang merusak tubuh seperti menggunakan TEMBAKAU atau minum ALKOHOL, niat Anda yang baik untuk meninggalkan hal itu sering mengalami kegagalan.
   Tetapi dengan memohon kuasa Allah yang “bekerja dalam diri” Anda, Allah akan memberikan Anda kekuatan untuk mengalahkannya.  Firman Allah berjanji:
   Baca Filipi 4:13 “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”.
   Tutuplah pelajaran ini dengan doa penutup. Termakasih.

PERTANYAAN UNTUK DI JAWAB:
PELAJARAN 10 :”RAHASIA POLA HIDUP SEHAT”

1.    Bacalah pelajaran Alkitab yang Anda telah terima melalui online ini seluruhnya.
2.    Isilah pertanyaan-pertanyaan yang terlampir disini.
3.    Jika berkenan, tolong kirimkan kembali jawaban Anda kepada kami via Whats App.(w.a). Terimakasih, Tuhan memberkati.
PERTANYAAN:
   Bacalah kembali pelajaran ini, lalu jawablah pertanyaan sesuai dengan nomor di sisi kiri, lalu tulis (X) di depan kalimat yang BENAR dalam bagian itu.
0.   B.   S.Kesehatan tubuh dan rohani kita berjalan seiring satu sama lai.
1.   B.     S. Kitab Injil menyertakan pemulihan tubuh dan rohani.
2.   B.      S.Tuhan menginginkan agar kita menikmati kesehatan yang baik.
3.   B.      S.Merokok mengotori udara dan salah satu pembunuh terbesar sekarang.
4.   B.       S.Sinar matahari membantu tubuh membuat vitamin C.
5.   B.    S.Tubuh harus mendapatkan istirahat untuk dapat memperbaiki dirinya sendiri.
   Berilah tanda (X) di depan pernyataan yang paling tepat untuk melengkapi setiap kaliman.
6.  Pada penciptaan, manusia diberi makanan dari:
______kacang-kacangan, biji-bijian dan buah2an.
______daging dan sayur-sayuran.
Tuhan melarang untuk memakan binatang yang haram:
______karena penggunaaannya akan berbahaya.
______sebagai penebusan dosa.
7.  Penggunaan minuman beralkohol adalah:
____berbahaya bagi sistim pencernaan, peredaran darah, hormon dan kekebalan tubuh kita.
____disarankan di dalam Alkitab.
8.  Orang yang mengikuti prinsip kesehatan:
_____telah diketahui hidup sekitar 8 tahun lebih lama daripada penduduk pada umumnya.
_____tidak hidup lebih lama, tetapi hidup lebih sehat, dan bahagia.
9.  Kristus tertarik:
_____hanya kepada pertemuan kita dengan Dia pada kedatangan-Nya yang ke dua kali.
_____untuk meningkatkan kualitas hidup kita sekarang dan bersiap bila Dia datang kembali.
PERMOHONAN DOA: Yesus berjanji untuk membebaskan kita dari setiap kebiasaan yang merusak.  Jika Anda memerlukan pertolongan dengan masalah alkohol, atau mengatasi kebiasaan merokok, atau mempunyai masalah di dalam kehidupan yang perlu dipecahkan, izinkanlah kami mendengarnya dan kami akan berdoa agar Yesus datang dekat kepada Anda dan menolong Anda.


Oleh: Pdt.H.M. Siagian, MPTh.
W.A. 0811 1945 034

2 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus