Jumat, 30 Oktober 2020

YESUS SEBAGAI GURU AGUNG

 









Pelajaran Alkitab 5, Trw.IV,2020.

(Jesus as the Master Teacher)

Ayat hafalan:

  “Sebab Allah yang telah berfirman:’Dari dalam gelap akan terbit terang!’  Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang tampak pada wajah Kristus”.

 

1.  Billy Graham menceritakan kisah ketika dia telah mengunjungi para tentara di sebuah rumah sakit dengan ditemani oleh jenderal mereka. Ada Seorang tentara muda “sangat hancur sehingga dia berbaring telungkup di atas alat kanvas dan baja”. Seorang dokter telah berbisik kepada Graham, "Saya ragu bahwa dia bisa berjalan lagi." Prajurit itu mengajukan permintaan kepada jenderal: “Tuan,. . . Aku berjuang untukmu, tapi aku belum pernah melihatmu. Bisakah aku melihat wajahmu? ” Jadi sang jenderal turun, menyelinap di bawah alat kanvas dan baja itu, dan berbicara dengan prajurit itu. Saat Graham menyaksikan, air mata jatuh dari prajurit itu ke atas pipi jenderal.

 

2.  Jika saudara meluangkan waktu untuk membaca beberapa halaman pertama dari buku yang luar biasa, The Desire of Ages oleh Ellen White, saudara akan menyadari bahwa kondisi umat manusia sebelum kelahiran Yesus sangatlah buruk. Jadi, apa yang Allah lakukan? Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal, Yesus Kristus ke dunia untuk menunjukkan kepada manusia wajah-Nya.Umat manusia terkapar dan berdarah dan membutuhkan visi Tuhan yang dapat menyembuhkannya. Dan adalah rencana Allah bahwa kita harus melihat wajah Yesus Kristus.  Ketika kita menyaksikan Yesus turun ke dunia ini, apakah yang dapat kita pelajari dari Dia?.

   I.MENYATAKAN BAPA.(Minggu)

  

   Mari kita perhatikan ayat-ayat berikut ini:

   Ibrani 1:1-4 Ini adalah permulaan surat Paulus kepada jemaat Ibrani. Disebutkan disini: “Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya....”  Yesus datang ke dunia untuk menunjukkan kepada umat manusia siapa sesungguhnya Bapa itu.  Di masa yang lampau, penyataan Allah datang melalui para nabi; namun,penyataan terakhir dan lengkap datang dalam Yesus.

 

4. Ayat-ayat ini memperjelas bahwa Yesus Kristus tidak dilahirkan sebagai manusia biasa. Pencipta alam semesta, Raja dari semua raja, Penguasa malaikat, memilih untuk menjadi bayi laki-laki yang tidak berdaya di bumi ini. Mengapa Dia melakukan itu? Dia memiliki satu tujuan yang Agung, yaitu: Mengajarkan kepada  kita kebenaran tentang Bapa-Nya!

 

5. Sebagai manusia yang berdosa, kita tidak dapat melihat wajah Allah tanpa dibinasakan (Maksudnya bila kita melihat wajah Allah, kita akan binasa, karena Ia adalah bagaikan api yang menghanguskan). Tapi, Allah memilih untuk memecahkan masalah dengan mengirimkan Yesus sebagai "gambar wujud Allah/gambaran yang diekspresikan dari pribadi-Nya" (Ibrani 1: 3, NKJV *) atau "jejak yang tepat dari keberadaan Allah." (Ibrani 1: 3, NRSV *)

 

6. Jadi, jika kita ingin tahu seperti apa Allah itu, kita harus secara intens mempelajari teladan Yesus.

  “Seandainya Allah Bapa datang ke dunia kita dan tinggal di antara kita, merendahkan diri-Nya, menutupi kemuliaan-Nya, agar umat manusia memandang-Nya, sejarah kehidupan Kristus yang kita miliki tidak akan diubah .... Dalam setiap tindakan Yesus, dalam setiap pelajaran dari instruksi-Nya, kita harus melihat dan mendengar serta mengenali Allah. Dalam penglihatan, dalam pendengaran, pada dasarnya, itu adalah suara dan gerakan Bapa.” — Ellen G. White, That I know Him hlm. 338.4.

 

7. Jadi, apa yang seharusnya kita pelajari sebagai manusia dari kehidupan dan kematian Yesus?

Baca 2 Korintus 4: 1-6. Dalam ayat-ayat ini Paulus memperjelas bahwa Kristus adalah serupa dengan Allah. Bandingkan Yohanes 14: 9.

 

8. Kita tidak tahu persis bagaimana Paulus mempelajari kehidupan Kristus. Mengikuti pengalamannya di jalan Damaskus, dia pergi ke gurun Arab dan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memikirkan masalah tersebut. Dia mungkin telah menghafal banyak Perjanjian Lama dalam bahasa Ibrani. Perjanjian Baru belum ditulis saat itu. Tetapi, tidak lama kemudian, melayani para petobat di Korintus, dia menulis:

1 Korintus 11: 1: “Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus”.

 

9. Yohanes 1: 14,18 memberitahu kita dengan jelas bahwa Yesus datang untuk membuat kebenaran tentang Bapa-Nya diketahui.   Namun, sayangnya, kita juga membaca dalam Yohanes 1:11: “Dia datang ke negerinya sendiri, tetapi bangsanya sendiri tidak menerima dia.” (GNB *) Itu mungkin adalah ayat paling menyedihkan di seluruh Alkitab.

 

10. Jadi, mengapa Kristus perlu datang untuk mewakili Bapa dengan benar?

 

II.MENYATAKAN BAPA (Lanjutan): Hari Senin.

  “Terang itu muncul tatkala kegelapan dunia adalah yang paling kelam...”Hanya ada satu pengharapan bagi bangsa manusia...supaya pengetahuan tentang Allah dapat dipulihkan kepada dunia”. Kristus datang untuk memulihkan pengetahuan ini. Ia datang untuk menyingkirkan pengajaran palsu yang olehnya mereka yang mengaku mengenal Allah salah menggambarkan-Nya. Ia datang untuk menyatakan sifat hukum-Nya, untuk menyatakan keindahan kesucian itu dengan tabiat-Nya sendiri”.  EG. White, Seri Membina Anak,Jld.3,hlm.66-68.

   Segala sesuatu yang Yesus telah lakukan di dunia ini dalam kehidupan-Nya memiliki satu tujuan: “Penyataan Allah untuk mengangkat martabat manusia”.   idem, hlm.73,74.

 

11. Everything Jesus did in His life on earth had a single purpose: “The revelation of God for the uplifting of humanity.”—Ellen G. White, Education* 82.5

 

12. Apa yang menakjubkan adalah bahwa, meskipun menghabiskan siang dan malam dengan kelompok murid-Nya - hingga 3½ tahun dengan beberapa dari mereka - Philipus masih berkata kepada-Nya: "'Tuhan, tunjukkan Bapa; hanya itu yang kami butuhkan. '”(Yohanes 14: 8, GNB *) Dan, tidak diragukan lagi, Yesus menjawab dengan suara sedih:“' Untuk waktu yang lama aku telah bersama kalian semua; namun kamu tidak mengenalku, Philipus? Siapapun yang telah melihatku telah melihat Bapa. '”(Yohanes 14: 9, GNB *) Dan itu adalah percakapan yang terjadi di ruang atas pada malam sebelum Ia disalibkan!

13. Kita sekarang hidup hampir 2000 tahun kemudian dan memiliki keuntungan karena memiliki Perjanjian Baru dan tulisan Ellen White untuk membantu kita. Apakah kita masih membutuhkan Roh Kudus untuk menunjukkan kepada kita Bapa? Berapa banyak umat Masehi Advent Hari Ketujuh yang benar dan sepenuhnya memahami masalah dalam kontroversi besar termasuk bagaimana menafsirkan pesan malaikat ketiga dengan benar?

 

III. MEMBACA PIKIRAN GURU AGUNG.

14. Baca Filipi 2: 1-11.Nasihat supaya bersatu dan merendahkan diri seperti Kristus.  Ini membahas mengenai keberadaan Kristus yang ada sebelum semuanya ada.

 

15. Perhatikan bagaimana bagian ini berhubungan dengan keilahian Kristus, inkarnasi-Nya, kemanusiaan-Nya, dan penerimaan-Nya atas kematian di kayu salib! Tidak mungkin membayangkan ada orang yang turun dari posisi Kristus di surga dan sekarat dengan kematian seorang penjahat biasa, disalibkan di kayu salib. Adakah yang bisa merendahkan diri lebih dari itu?

   Disebuah palungan di Betlehem dan dari Guru Agung kita belajar sebuah pelajaran yang berbeda bahwa pekerjaan Allah yang terbesar dari pendidikan dan keselamatan bukanlah dicapai dengan cara meninggikan diri kita tetapi dengan merendahkan diri di hadapat Tuhan dan menjadi pelayan bagi orang lain. 

 

IV. GURU AGUNG DAN REKONSILIASI.

16. Jadi, apa yang dapat kita pelajari dari kehidupan dan kematian Yesus? Pikirkan tentang pelayanan-Nya, mukjizat-Nya, ajaran-Nya, dan khotbah-khotbah-Nya.

2 Korintus 5: 16-21:

 

17. Bayangkan saran2 luar biasa dibuat dalam ayat-ayat ini. Bandingkan Yohanes 15:15. “Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku”.

18. Tuhan telah menjangkau turun dari ruang tahta surga untuk mendamaikan kita; Dia ingin kita menjadi sahabat-Nya! Umat manusia telah lari dari-Nya sejauh yang kita bisa.

Tapi, Tuhan terus mengejar kita, meminta kita untuk kembali. Akankah kami menanggapi?

 

19. Apa yang Tuhan rencanakan untuk dicapai dengan penghinaan yang luar biasa?

Kolose 1: 15-20:--“Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena didalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia..dst.

   Malaikat tidak dapat sepenuhnya menggambarkan karakter Allah, tetapi hanya Kristus saja, yang merupakan peniruan Allah yang hidup, tidak bisa gagal untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Satu-satunya cara dia bisa mengatur dan menjaga agar orang tetap benar adalah dengan membuat dirinya dapat dilihat/terlihat dan akrab/familiar di mata mereka .... Ellen G. White, The Signs of the Times,* January 20, 1890, par. 6,9.

 

IV.GURU AGUNG DAN REKONSILIASI.

20. Rencana Allah adalah untuk berbicara banyak tentang kebenaran ke seluruh alam semesta. Pekabaran inti dari rencana itu adalah agar Yesus Kristus mengungkapkan kebenaran tentang Bapa-Nya. Itulah seluruh tujuan misi-Nya di bumi ini!

21. Jadi, mengapa banyak orang yang menyebut dirinya Kristen percaya bahwa Yesus datang hanya untuk mati dan "membayar harga" untuk dosa-dosa kita. Yesus sebenarnya datang untuk sesuatu yang jauh lebih besar dari itu!

 

22. Meskipun kita tidak pernah bisa menyamai skala kosmik dari pekerjaan Guru Agung sebagai Pendamai, kita diundang untuk berpartisipasi dalam "pelayanan rekonsiliasi" di lingkungan kita sendiri. (2 Korintus 5:18) Mungkinkah ini yang ada dalam pikiran Yesus ketika Dia berdoa: "'Sebagaimana Engkau mengutus Aku ke dunia, Aku juga telah mengutus mereka ke dunia'"? (Yohanes 17:18, NKJV *)

 

 

 

V.MURID-MURID PERTAMA GURU AGUNG:

23. Apa yang luar biasa adalah bahwa baru saja dilahirkan sebagai bayi laki-laki merupakan kesaksian bagi beberapa orang yang tidak pernah lupa! Kita tahu tentang Yusuf dan Maria, para gembala yang mengawasi kawanan domba mereka di sekitar Betlehem, dan orang bijak yang datang dari timur.

 

24. Coba bayangkan diri Anda di sana malam itu, mengamati domba di bukit Betlehem ketika para malaikat menampakkan diri kepada para gembala itu.  Baca ceritanya dalam Lks.2:8-20.

 

25. Misalkan Anda adalah seorang malaikat yang diutus oleh Tuhan untuk memberi tahu Maria atau Yusuf, atau orang bijak, atau bahkan untuk bernyanyi di perbukitan Betlehem.    

 

   Mempertimbangkan apa yang kita ketahui tentang status umat manusia pada saat itu, menurut Anda seberapa besar peluang Anda untuk membuat suatu kesan? Kita tidak tahu apakah Maria memiliki bidan untuk membantunya melahirkan bayinya. Kita tidak tahu berapa lama persalinannya berlangsung. Kita hanya tahu bahwa Bayi itu dibaringkan di dalam palungan yang kemungkinan terbuat dari kayu atau batu, tempat makan hewan. Apa yang para malaikat pikirkan saat melihat itu?

 

26. Siapakah Yesus dari Nazaret? Jawaban saudara harus bergantung pada latar belakang orang yang saudara ajak bicara. Kepada seorang anak yang sekarat karena kanker di rumah sakit, pesannya harus sangat sederhana dan lugas: “Yesus mengasihimu, dan Dia adalah Temanmu.” Tapi untuk

seseorang dengan beberapa pelatihan teologis dan mencari pemahaman yang lebih dalam tentang kebenaran, apakah Anda siap untuk mengatakan kepadanya kebenaran tentang karakter Tuhan?

 

27. Passing the torch adalah ungkapan bahasa Inggris yang diambil dari perlombaan di mana setiap pelari mengoper obor atau tongkat kepada pelari yang menggantikannya dalam perlombaan. Dalam pelajaran ini, kita telah melihat bahwa Tuhan memberikan obor kepada Putra-Nya, Yesus Kristus. Dan kita melihat yang berikut di dalam Yesus:

-“Ia (Yesus) adalah cahaya kemuliaan Allah”(Ibr.1:3a).

-“Yesus adalah gambar “wujud Allah”(Ibrani 1:3b).

-“Kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah” (2 Kor.4:4).

-“Terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang tampak pada wajah Kristus”.(2 Kor.4:6).

-“Barang siapa telah melihat Aku(Yesus), ia telah melihat Bapa.

   Ketika kita melihat Yesus, kita melihat gambaran yang akurat tentang seperti apa Bapa itu.

 

28. Sekarang saatnya obor atau tongkat itu diserahkan dari Yesus kepada kita. Akankah kita melakukan pekerjaan bersaksi kepada dunia sehingga sejarah kejahatan dapat dibungkus dan ditutup?

 

29. Yesus tidak membiarkan kita berputar-putar, mencoba menyelesaikan tugas ini sendiri. Roh Kudus telah dikirim untuk membantu kita dengan segala cara yang Dia bisa. Bisakah kita meminta Associate yang lebih baik dalam tugas ini?

 

30. Ada banyak ayat dalam Alkitab yang menyatakan bahwa meskipun Yesus adalah gambar Allah yang diekspresikan, kita juga telah, atau akan, diciptakan menurut gambar Allah. (Lihat Kejadian 1:26; Roma 8:29; 2 Korintus 3:18; Yohanes 8:12; Matius 5:14.)

 

31. Setiap hari, apakah kita melihat dan diubahkan kedalam gambar Kristus? Apakah para pengajar, para guru, dan para profesor kita sepenuhnya memenuhi syarat untuk mewakili Yesus Kristus sewaktu mereka mengajar anak-anak kita?

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar