1.Pengertian Penginjilan
Penginjilan adalah sebuah kosa kata yang
sangat umum dalam kehidupan kita sebagai orang kristen dan sebagai warga
gereja. Sebagai sebuah kata yang umum, makna dan pengertian akan penginjilan
ternyata masih banyak disalah-mengerti oleh orang kristen. Penginjilan sering
dianggap sebagai tugas dari seorang hamba Tuhan belaka dan bukan tugas bagi
semua orang percaya tanpa terkecuali. Hal ini akan bertambah kompleks ketika
bebicara tentang cara dan metode penginjilan yang berbeda-beda.
Dasar Alkitabiah
Sebelum membahas akan penginjilan, penulis
akan menyajikan dasar Alkitabiah yang paling jelas bagi penginjilan yaitu
Amanat Agung Kristus yang berbunyi: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua
bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20). Bagian Firman Tuhan ini disebut sebagai Amanat Agung karena diberikan oleh Yesus setelah kebangkitan-Nya dan menjelang kenaikan-Nya ke sorga kepada semua orang percaya tanpa terkecuali.Jadi jelaslah bahwa tugas penginjilan memang tugas bagi hamba Tuhan dan juga semua orang percaya tanpa terkecuali.Selain Amanat Agung, ada alasan-alasan lain mengapa kita harus melakukan penginjilan yaitu:
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20). Bagian Firman Tuhan ini disebut sebagai Amanat Agung karena diberikan oleh Yesus setelah kebangkitan-Nya dan menjelang kenaikan-Nya ke sorga kepada semua orang percaya tanpa terkecuali.Jadi jelaslah bahwa tugas penginjilan memang tugas bagi hamba Tuhan dan juga semua orang percaya tanpa terkecuali.Selain Amanat Agung, ada alasan-alasan lain mengapa kita harus melakukan penginjilan yaitu:
1. ALLAH menghendaki semua orang
diselamatkan. (1 Timotius 2 : 3-4) “Itulah yang baik dan yang berkenan kepada
Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan
memperoleh pengetahuan akan kebenaran.
2. Kasih kepada KRISTUS dan sesama (2
Korintus 5: 14, 18-20). “Sebab kasih KRISTUS yang menguasai kami, karena kami
telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka
semua sudah mati.Dan semuanya ini dari ALLAH, yang dengan perantaraan KRISTUS
telah mendamaikan kita dengan diriNya, dan yang telah mempercayakan pelayanan
pendamaian itu kepada kami.Jadi kami ini adalah utusan-utusan
KRISTUS……………berilah dirimu didamaikan dengan ALLAH.
3. Ketaatan sebagai bukti kasih. (Yohanes 14
: 21-23) “Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang
mengasihi Aku …….Jika seseorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firmanKu……….
4. Kerelaan. (Yesaya 6 :18)Nabi Yesaya
merupakan contoh baik dari sikap terhadap panggilan ALLAH. (1)Ada sebuah
pendapat yang menarik yang ditulis oleh Yakub Tri Handoko, MTh terhadap Amanat
Agung (Mat 28:19-20) sbb: Mayoritas orang memahami inti amanat agung terletak
pada penginjilan (band. kata “pergilah” yang diletakkan di awal kalimat) dan
langkah selanjutnya adalah pemuridan, baptisan dan pengajaran. Bagaimanapun,
menurut struktur kalimat Yunani di ayat 19-20, inti amanat agung justru
terletak pada pemuridan. Hal ini didasarkan pada mood imperatif untuk kata
kerja “jadikanlah murid” (lit. “muridkanlah”) yang diikuti oleh tiga participle
(anak kalimat), yaitu “pergi”, “baptiskanlah” dan “ajarkanlah”. Penggunaan kata
“muridkanlah” di sini menempatkan penginjilan dalam konteks mempelajari hukum
(ajaran) Yesus. (2).Di sini penulis tidak bermaksud membantah pendapat Handoko,
tetapi ada sebuah pertanyaan yang mendasar yang perlu untuk diutarakan yaitu:
tanpa melakukan penginjilan, siapa yang akan dimuridkan?.jadi jika inti dari
Amanat Agung adalah memuridkan, artinya melakukan penginjilan (yang akan
menghasilkan murid) adalah tindakan yang sangat penting sekali.
Pengertian Penginjilan
Ada beberapa definisi penginjilan yang ada,
antara lain:
1. Archbishops Committee (tahun 1918)
mendefinisikan kata menginjili/to evangelize sbb:
is so to present Christ Jesus in the power of the Holy Spirit, that men shall come to put their trust in God through Him, to accept Him as their Saviour,and serve Him as their King in the fellowship of His Church.(untuk menghadirkan Yesus Kristus dalam kuasa Roh Kudus, sehingga semua orang akan datang dan percaya kepada Tuhan melalu Yesus, menerima Dia sebagai juruselamatnya dan untuk melayani Dia sebagai raja dalam persekutuan gereja-Nya. (3)
is so to present Christ Jesus in the power of the Holy Spirit, that men shall come to put their trust in God through Him, to accept Him as their Saviour,and serve Him as their King in the fellowship of His Church.(untuk menghadirkan Yesus Kristus dalam kuasa Roh Kudus, sehingga semua orang akan datang dan percaya kepada Tuhan melalu Yesus, menerima Dia sebagai juruselamatnya dan untuk melayani Dia sebagai raja dalam persekutuan gereja-Nya. (3)
2. J.I. Packer mendefinisikan penginjilan
sebagai memberitakan Inijil, kabar baik. Penginjilan adalah pengkomunikasian
yang dilakukan oleh orang kristen sebagai penyambung lidah Allah yang
menyampaikan berita pengampunan Allah kepada orang berdosa. (4)
3. The Department of Evangelism of the
Presbyterian Church USA menyatakan: “Evangelism is joyfully sharing the good
news of the sovereign love of God and calling people to repentance, to personal
faith in Jesus Christ as savior and Lord, to active membership in the church
and to obedient service in the world.” (Penginjilan adalah dengan gembira
membagikan kabar baik tentang kedaulatan kasih Allah dan memanggil manusia
untuk bertobat, untuk percaya secara pribadi pada Yesus sebagai juruselamat dan
Allah, aktif dalam pelayanan di gereja dan untuk melayani di dunia dengan
patuh.” (5)
Jawatan Penginjil adalah salah satu dari 5
jawatan yang terdapat di dalam Alkitab.Dikenal juga dengan Evangelist.Ada makna
yang dalam untuk jawatan Penginjil ini, melalui artikel ini kita dapat mengupas
lebih jauh makna tersebut.
- Arti
dari Jawatan Penginjil
1. Evangelist/gospeler/revivalist : A preacher of the Christian gospel
2. Preach : Speak, plead, or argue in favour of; Deliver a sermon
3. Gospel : Four books in the New Testament that tell the story of Christ's life and teachings; An unquestionable truth; The body of teachings of a religious group that are generally accepted by that group; A doctrine that is believed to be of great importance
4. Revival: The coming again into activity and prominence, An evangelistic meeting, The conversion of waste land into land suitable for use of habitation or cultivation
Sebenarnya arti dari kata penginjil itu
sangat bagus, berarti seharusnya kita bangga bila ada yang diberikan jawatan
penginjil.
Katakan dengan keras,"saya bangga menjadi penginjil dan saya akan menceritakan History Yesus Kristus"
Katakan dengan keras,"saya bangga menjadi penginjil dan saya akan menceritakan History Yesus Kristus"
2. Pengertian Pujian
Definisi Pujian Menurut Bahasa Ibrani
Barak,
kata dasar: Barak-berkat. Kata ini dipergunakan untuk: Menyanjung, memberi
hormat, memberkati, memuji, merayakan, memuja, mengakui Allah sebagai sumber
berkat, mengakui Allah sebagi sumber kuasa. Bentuk pujian ini menyatakan suatu
sikap penghormatan dan keheningan di hadapan Allah.Tidak ada pernyataan dalam
kata ini tentang ekspresi vokal ataupun ucapan.(Mazmur 103:1-2, Mazmur
103:20-23)
Shabach,
berasal dari akar kata yang berarti berseru dengan suara keras. Kata ini
dipergunakan untuk: Sorak kemenangan, memuji, memuliakan, memegahkan, berseru
tentang kemuliaan, kuasa, kemurahan dan kasih Allah, bermegah dalam Tuhan
Tetapkan pujian ini ada dalam roh kita, keluarkan lewat mulut, proklamasikan
pujian ini. Dengan demikian pujian ini merupakan pekik kemenangan dan kejayaan
Tuhan kita.(Mazmur 47:2, Mazmur 63:4, Mazmur 89:16, Mazmur 117:1, Yesaya
12:6)
Towdah,
kata dasar: Toda–Korban syukur yang dinaikkan oleh orang-orang Israel. Kata ini
diturunkan dari Yadah, yang berhubungan dengan penggunaan tangan sebagai
ungkapan pengakuan, pemujaan dan pengorbanan. Kata ini dipergunakan untuk: Mengucap
syukur, menaikkan korban pujian sebagai tindakan iman, memberikan pengakuan.
Bentuk pujian ini harus dinaikkan dengan sukacita walaupun situasi dan kondisi
tidak mengajak untuk bersukacita, yang penting adalah kita mau melakukannya.(Mazmur
42:5, Mazmur 50:23, Mazmur 69:31-32, Mazmur 100:4, Mazmur 107:22, Yesaya 51:3,
II Tawarikh 29:31)
Definisi Pujian Terhadap Tuhan
Pujian kepada Tuhan adalah tindakan untuk
mengagungkan, membesarkan dan memuliakan Tuhan atas apa yang telah Tuhan
perbuat, apa yang sedang Tuhan perbuat dan apa yang akan Tuhan perbuat dalam
hidup kita. Pujian merupakan tindakan kemauan.Pujian harus berfungsi menurut
kehendak dan bukan emosi.Kita harus mau dan memutuskan untuk memuji Tuhan
sekalipun kita dalam keadaan tidak senang untuk melakukannya.Pujian tidak
tergantung pada perasaan hati, melainkan didasarkan pada kebesaran Tuhan (Mazmur
103).Ciri utama dari pujian adalah adanya perayaan dan sukacita yang
meluap-luap. Diekspresikan dengan menyanyi, memekik, memainkan alat musik,
manari-nari dan ekspresi luar yang lain. Arah pujian yaitu sesuatu yang kita
tujukan langsung kepada Tuhan (bersifat vertikal) pujian pengagungan. Dan
sesuatu yang kita ungkapkan kepada orang lain tentang Tuhan (bersifat
horizontal).
Pertanyaan: "Apa arti dari ibadah
Kristen?"
Jawaban: Artidarikata YunaniPerjanjian Baruyang palingsering diterjemahkan"menyembah" (proskuneo) adalah"jatuh sebelum" atau"sujud." Ibadahadalah keadaan(sikap) semangat. Karenaitu adalah, aksi individuinternal,bisa/harus dilakukansebagian besar waktu(atau sepanjang waktu) dalam hidup kita, terlepas daritempat atau situasi(Yohanes 4:21). Oleh karena itu, orang-orang Kristenmenyembahsepanjang waktu, tujuh hari seminggu. Ketikaorang-orang Kristensecara resmiberkumpuldalam ibadah, masihpenekananharus padaindividumenyembah Tuhan. Bahkan dalamjemaat, pesertaperlu menyadaribahwa merekamenyembahTuhan sepenuhnyasecara individual.
Sifat ibadahKristen adalahdari dalam ke luardanmemilikidua bagianyang sama pentingnya. Kita harusmenyembah"dalamroh dan kebenaran" (Yohanes 4: 23-24). Menyembahdalam rohtidak ada hubungannyadenganposturfisik kita. Ini ada hubungannyadenganlubuk hatikamidan membutuhkanbeberapa hal. Pertama, kitaharus dilahirkan kembali. TanpaRoh Kudusberadadi dalam diri kita, kitatidak bisa menanggapi Allah dalam ibadahkarena kita tidakmengenal Dia. "Tidak ada yang tahu apa yang dipikirkan AllahkecualiRoh Allah" (1 Korintus2: 11b). RohKudusdalam diri kitaadalah orang yangmemberikan energi ibadah karena Dia pada dasarnya memuliakan diri-Nya, dan semua penyembahan yang benar memuliakan Allah.
Kedua, menyembahdalam rohmembutuhkanpikiranyang berpusat padaAllahdandiperbaharui denganKebenaran. Paulus mendorong kita untuk"mempersembahkan tubuhmu sebagaipersembahan yang hidup, yang kudusdanberkenan kepada Allah, yang merupakanibadahspiritualAnda. Janganmenjadi serupa dengan duniaini, tetapi berubahlaholehpembaharuan pikiranAnda"(Roma 12: 1b, 2b). Hanya ketikapikiran kitaberubah dariyangberpusat padahal-hal duniawiuntuk menjadiberpusat padaTuhan dapatkita menyembahdalam roh. Gangguandariberbagai jenisdapatmembanjiripikirankami saat kamimencoba untukmemujidanmemuliakan Tuhan, menghalangiibadahkita yang sebenarnya.
Ketiga, kita hanya bisamenyembahdalam rohdengan memilikihati yang murni, terbuka danbertobat. KetikahatiRaja Dauddipenuhi denganrasa bersalah atasdosanyadengan Batsyeba(2 Samuel11), iamerasa sulit untukibadah. Dia merasabahwa Tuhanjauhdari dia, dan dia"mengerang sepanjang hari" terasa berattanganAllahatasnya(Mazmur 32: 3-4). Tapi ketikadia mengaku, persekutuan dengan Allahdipulihkandan ibadahdan pujiantercurahdarinya. Dia mengertibahwa"pengorbanan Tuhanadalahjiwa yang hancur; yanghancur dan remukhati "(Mazmur 51:17). Pujian dan penyembahankepada Allahtidak bisa datangdari hatiyang penuh dengandosa yang tidak diakui.
Bagian keduadariibadat sejatiadalah ibadah"dalam kebenaran." Semuaibadahadalah tanggapan terhadapkebenaran, danapa yangadalah kebenaranyang terkandung dalamFirman Allah. Yesus berkatakepada Bapa-Nya, "Firman-Mu adalah kebenaran" (Yohanes 17: 17b). Mazmur 119mengatakan, "Taurat-Mu adalah kebenaran" (ayat. 142b) dan"Firman-Mu itu benar" (ay.160A). Untuk benar-benarmenyembah Allah, kita harus memahamisiapa Dia danapa yang telah dilakukan, dansatu-satunya tempatIatelah sepenuhnyamengungkapkandiri-NyadalamAlkitab. Ibadahadalah ekspresipujiandari kedalamanhatikita terhadapTuhan yangdipahamimelaluiFirman-Nya. Jika kitatidak memilikikebenaranAlkitab, kita tidakmengenal Allahdan kita tidakdapat benar-benarmenyembah.
Karenatindakaneksternaltidak pentingdalam ibadah Kristen, tidak ada aturanmengenai apakahkita harus duduk, berdiri, jatuh, diam, ataumenyanyikan pujiankeras sementaradalam ibadahperusahaan.Hal-hal iniharus diputuskanberdasarkan sifatdarijemaat. Yang paling pentingadalah bahwa kitamenyembah Allahdalam roh(dalam hati kita) dan kebenaran(dalam pikiran kita.)
Jawaban: Artidarikata YunaniPerjanjian Baruyang palingsering diterjemahkan"menyembah" (proskuneo) adalah"jatuh sebelum" atau"sujud." Ibadahadalah keadaan(sikap) semangat. Karenaitu adalah, aksi individuinternal,bisa/harus dilakukansebagian besar waktu(atau sepanjang waktu) dalam hidup kita, terlepas daritempat atau situasi(Yohanes 4:21). Oleh karena itu, orang-orang Kristenmenyembahsepanjang waktu, tujuh hari seminggu. Ketikaorang-orang Kristensecara resmiberkumpuldalam ibadah, masihpenekananharus padaindividumenyembah Tuhan. Bahkan dalamjemaat, pesertaperlu menyadaribahwa merekamenyembahTuhan sepenuhnyasecara individual.
Sifat ibadahKristen adalahdari dalam ke luardanmemilikidua bagianyang sama pentingnya. Kita harusmenyembah"dalamroh dan kebenaran" (Yohanes 4: 23-24). Menyembahdalam rohtidak ada hubungannyadenganposturfisik kita. Ini ada hubungannyadenganlubuk hatikamidan membutuhkanbeberapa hal. Pertama, kitaharus dilahirkan kembali. TanpaRoh Kudusberadadi dalam diri kita, kitatidak bisa menanggapi Allah dalam ibadahkarena kita tidakmengenal Dia. "Tidak ada yang tahu apa yang dipikirkan AllahkecualiRoh Allah" (1 Korintus2: 11b). RohKudusdalam diri kitaadalah orang yangmemberikan energi ibadah karena Dia pada dasarnya memuliakan diri-Nya, dan semua penyembahan yang benar memuliakan Allah.
Kedua, menyembahdalam rohmembutuhkanpikiranyang berpusat padaAllahdandiperbaharui denganKebenaran. Paulus mendorong kita untuk"mempersembahkan tubuhmu sebagaipersembahan yang hidup, yang kudusdanberkenan kepada Allah, yang merupakanibadahspiritualAnda. Janganmenjadi serupa dengan duniaini, tetapi berubahlaholehpembaharuan pikiranAnda"(Roma 12: 1b, 2b). Hanya ketikapikiran kitaberubah dariyangberpusat padahal-hal duniawiuntuk menjadiberpusat padaTuhan dapatkita menyembahdalam roh. Gangguandariberbagai jenisdapatmembanjiripikirankami saat kamimencoba untukmemujidanmemuliakan Tuhan, menghalangiibadahkita yang sebenarnya.
Ketiga, kita hanya bisamenyembahdalam rohdengan memilikihati yang murni, terbuka danbertobat. KetikahatiRaja Dauddipenuhi denganrasa bersalah atasdosanyadengan Batsyeba(2 Samuel11), iamerasa sulit untukibadah. Dia merasabahwa Tuhanjauhdari dia, dan dia"mengerang sepanjang hari" terasa berattanganAllahatasnya(Mazmur 32: 3-4). Tapi ketikadia mengaku, persekutuan dengan Allahdipulihkandan ibadahdan pujiantercurahdarinya. Dia mengertibahwa"pengorbanan Tuhanadalahjiwa yang hancur; yanghancur dan remukhati "(Mazmur 51:17). Pujian dan penyembahankepada Allahtidak bisa datangdari hatiyang penuh dengandosa yang tidak diakui.
Bagian keduadariibadat sejatiadalah ibadah"dalam kebenaran." Semuaibadahadalah tanggapan terhadapkebenaran, danapa yangadalah kebenaranyang terkandung dalamFirman Allah. Yesus berkatakepada Bapa-Nya, "Firman-Mu adalah kebenaran" (Yohanes 17: 17b). Mazmur 119mengatakan, "Taurat-Mu adalah kebenaran" (ayat. 142b) dan"Firman-Mu itu benar" (ay.160A). Untuk benar-benarmenyembah Allah, kita harus memahamisiapa Dia danapa yang telah dilakukan, dansatu-satunya tempatIatelah sepenuhnyamengungkapkandiri-NyadalamAlkitab. Ibadahadalah ekspresipujiandari kedalamanhatikita terhadapTuhan yangdipahamimelaluiFirman-Nya. Jika kitatidak memilikikebenaranAlkitab, kita tidakmengenal Allahdan kita tidakdapat benar-benarmenyembah.
Karenatindakaneksternaltidak pentingdalam ibadah Kristen, tidak ada aturanmengenai apakahkita harus duduk, berdiri, jatuh, diam, ataumenyanyikan pujiankeras sementaradalam ibadahperusahaan.Hal-hal iniharus diputuskanberdasarkan sifatdarijemaat. Yang paling pentingadalah bahwa kitamenyembah Allahdalam roh(dalam hati kita) dan kebenaran(dalam pikiran kita.)
3.Penginjilan melalui pujian
|
Seringkali orang menganggap bahwa Pekabaran
Injil (PI) hanya dapat dilakukan dalam bentuk massal, seperti dengan
mengadakan kebaktian kebangunan rohani yang dilakukan di gereja besar, atau
di stadion. Dengan demikian, hanya orang tertentu yang dapat melakukannya,
yaitu orang yang memiliki karunia untuk berbicara di hadapan ratusan atau
ribuan orang. Padahal, itu tidak benar. Dalam Alkitab kita juga mengenal adanya
pekabaran Injil yang dilakukan secara pribadi. Dengan metode ini, tidak
diperlukan karunia khusus, seperti adanya kemampuan untuk berbicara di
hadapan ratusan atau ribuan orang. Yang diperlukan adalah kemauan dan
keberanian untuk membagikan berita Injil. Setiap orang memiliki kemampuan
untuk berbicara kepada perorangan. Karena itu, metode PI pribadi dapat
dilakukan oleh setiap orang yang sungguh rindu untuk melakukannya. Yang
menjadi pertanyaan adalah, mengapa melakukan pekabaran Injil? Bagaimana melakukan
PI pribadi? Hal itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini.
I. Motivasi Mengabarkan Injil Ada satu pernyataan yang sangat menarik dan menantang saya, yaitu: “When the people know the why, they will know the how” (Jika orang-orang mengetahui mengapa melakukan sesuatu, maka mereka akan tahu bagaimana melakukannya). Karena itu, marilah kita melihat alasan mengapa mengabarkan Injil. Alkitab memberikan beberapa alasan penting mengapa kita harus mengabarkan Injil. Pertama, karena kehendak Allah. Allah menghendaki agar orang berdosa diselamatkan, karena itu, mereka harus mendengar berita Injil yang menyelamatkan mereka. Kedua, karena takut akan murka Allah: Rasul Paulus pernah menulis, “Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan, karena itu kami berusaha meyakinkan orang…jadi kami adalah utusan2 Kristus…dalam nama Kristus kami meminta: berilah dirimu didamaikan dengan Allah” (2Kor.5:11;20). Allah juga menyerukan melalui nabi Yehezkiel: “Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan sesuatu dari padaKu, peringatkanlah mereka atas namaKu. Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati!-dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati akan kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu“ (Yehez.3:17-18). Ketiga, karena amanat agung dan teladan Tuhan Yesus: Dalam Injil Markus kita membaca, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala mahluk” (Mark.16:15). Jika kita membaca dan mengamati seluruh Injil, maka kita akan melihat tentang Tuhan Yesus yang memberitakan Injil: Tentu kita akan sangat tertantang membaca pernyataan Tuhan Yesus di mana Dia menyimpulkan makna kedatanganNya ke dalam dunia dengan pernyataan berikut: “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang” (Mrk.1:38). Keempat, karena didorong oleh kasih Kristus. Rasul Paulus menegaskan kebenaran ini ketika dia mengatakan, “Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. Dan Kristus sudah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka. (2Kor.5:14-15). Kelima, karena teladan rasul2. Seluruh isi kitab Kisah Para Rasul mendemonstrasikan bagaimana para rasul meresponi perintah Tuhan Yesus untuk memberitakan Injil kepada seluruh mahluk. Keenam, karena kasih kepada orang berdosa. Salah satu ayat yang sangat terkenal dalam seluruh kitab suci bicara mengenai hal ini. Rasul Yohanes menulis, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yoh.3:16). Ketujuh, karena hutang kepada orang berdosa. Rasul Paulus menulis hal ini kepada jemaat di kota Roma, “Aku berhutang, baik kepada orang Yunani, maupun kepada orang bukan Yunani, baik kepada orang terpelajar, maupun kepada orang tidak terpelajar. Itulah sebabnya aku ingin untuk memberitakan Injil kepada kamu…”(Ro.1:14-15). Kedelapan, karena sukacita dan mahkota. Kepada jemaat di Tesalonika dia menulis, “Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatanganNya, kalau bukan kamu? Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami” (1Tes.2:19-20).
Kesembilan, karena maranata.
Rasul Petrus menulis:
“Jadi jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup, yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah” (2Pet.3:11-12a). II Dasar PI Pribadi Barangkali ada yang bertanya, “Mengapa kita harus melakukan PI pribadi? Tidakkah sebaiknya kita mengupayakan PI massal? Dengan demikian, Injil dapat didengarkan oleh sejumlah orang sekaligus, tidak hanya oleh satu orang. Apakah dasarnya PI pribadi tersebut? Untuk itu, selain karena hal tsb di atas, marilah kita lihat beberapa dasar untuk melakukan PI pribadi di bawah ini. Pertama adalah mengikuti teladan Tuhan Yesus: Jika kita mengamati Alkitab Perjanjian Baru, maka kita menemukan bahwa separuh dari murid Tuhan Yesus diperoleh dengan PI pribadi. Kedua, teladan Filipus: Kis.8: 26-40. Pada bagian ini kita melihat bahwa setelah Filipus memberitakan Injil secara besar-besaran di kota Samaria (Kis.8:4-25), malaikat Tuhan memerintahkan Filipus untuk pergi ke tempat sunyi di sekitar Gaza. Untuk apa? Ternyata bukan untuk melakukan satu penginjilan besar-besaran lainnya, namun untuk memberitakan Injil ke pada seorang sida-sida dari Etiopia. Ketiga, kita juga melihat pentingnya PI pribadi dari pernyataan hamba Tuhan, termasuk mereka yang justru memiliki karunia dalam memimpin KKR massal, seperti Spurgeon dan Moody. Pandangan mereka kita kutip di bawah ini: C.H.Spurgeon: “Personal witness is the work that counts most”. D.L. Moody: “The way to reach the masses is to reach them one by one”. Dean Inge: “Preaching is like taking a bucket of water and throwing it over a number of open-necked bottles, whereas personal soul winning is taking each bottle to the tap and filling it”. Stephen Olford: “Preaching is likened to shaking a tree to harvest the fruit. The fruit falls all right, but so often with resultant bruising and damage. Personal evangelism is like taking a ladder and climbing into the tree to reach and pick the fruit carefully and successfully. Keuntungan PI Pribadi: a. Dari segi psikologis: lebih mudah. Ada orang yang takut berbicara di hadapan kelompok yang agak besar, mereka ini langsung merasa “dag dig dug”, sehingga tidak tahu apa yang harus dilakukan dan katakan. Namun demikian, seringkali perasaan takut seperti ini seringkali tidak muncul jika yang dihadapi adalah satu orang saja. b.Dari segi ekonomis: lebih murah. Kebaktian kebangunan rohani (KKR) dilakukan dalam jarak waktu yang cukup lama, misalnya sekali dalam 1-2 tahun. Mengapa? Banyak penyebabnya, salah satunya adalah masalah dana. Hal ini tidak diperlukan dalam PI pribadi. Karena itu, sesungguhnya PI pribadi dapat dilakukan sesering mungkin, tergantung kerinduan dan pimpinan Roh Kudus. c. Dari segi politis: lebih memungkinkan. d Selain dari masalah dana tersebut di atas, di beberapa tempat dan daerah tertentu, sungguh tidak mudah melaksanakan KKR dengan mengundang jemaat dalam jumlah besar. Seringkali untuk melaksanakan hal ini diperlukan pengurusan surat izin, yang kadangkala berakhir dengan kegagalan. Dalam kondisi seperti ini, PI pribadi menjadi jawaban yang sangat tepat, karena tidak ada orang atau peraturan yang dapat melarang orang melakukan PI Pribadi. III Bagaimana melakukan Pekabaran Injil? “No action talk only”, demikian bunyi sebuah pernyataan yang menyindir berbagai teori tanpa tindakan kongkrit. Karena itu, sekarang kita akan melihat bagaimana PI itu dapat dilaksanakan. Ada tiga hal yang sangat penting untuk diketahui dalam pemberitaan Injil. Pertama, mengenal kondisi orang yang akan diinjili. Siapakah orang berdosa itu sesungguhnya? Menurut rasul Paulus dalam Efesus 2:1-3, kondisi manusia di luar Kristus adalah: Pertama, mati secara rohani. Karena kematian rohani inilah Alkitab menggambarkan manusia berdosa sebagai “BUTUTUL”. Maksudnya, buta, tuli dan tumpul. Kedua, manusia ada dalam perbudakan dosa. Gambaran manusia yang diperbudak oleh dosa sangat menonjol dalam surat-surat Paulus. Kepada jemaat di Roma dia menegaskan hal tersebut dengan mengatakan, “Sebab waktu kamu hamba dosa, kamu bebas dari kebenaran. Dan buah apakah yang kamu petik dari padanya? Semuanya itu menyebabkan kamu merasa malu sekarang, karena kesudahan semuanya itu adalah kematian”(Ro.6:20-21; baca juga 7:14,24). Ketiga, manusia seharusnya dimurkai. Sebagai akibat dari perbudakan dosa tersebut di atas, maka sangat wajar bila akhirnya manusia seharusnya berada dalam murka Allah. Rasul Paulus menandaskan kengerian akibat perbudakan dosa tersebut dengan mengatakan, “Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai sama seperti mereka yang lain” (Ef.2:3b, baca juga Ro.1:18-32; 2:4-5). Kedua, mengenal berita yang harus disampaikan Dari sekian banyak kebenaran dalam Alkitab, berita manakah yang harus disampaikan? Pekabaran Injil harus dibedakan dengan pengajaran. Yang pertama bertujuan untuk membawa orang berdosa untuk bertobat dan datang kepada Tuhan Yesus untuk menerima pengampunan dosa dan keselamatan serta hidup kekal (Yoh.3:16). Sedangkan yang kedua bertujuan untuk membawa petobat baru tersebut untuk bertumbuh semakin dewasa dalam imannya, dan menuju kedewasaan yang penuh (2Pet.3:18 dan Ef.4:13). Karena itu, dalam PI pribadi ini, kita perlu menyampaikan enam fakta yang sangat penting: a.Semua orang berdosa (Ro.3:23). b.Upah dosa adalah maut (Ro.6:23). c.Kristus telah mati untuk membayar hukuman (Ro.3:25; 1Pet.3:18). d.Harus menerima Kristus (Yoh.1:12). e.Keselamatan adalah anugerah (Ef.2: 8). f.Keyakinan keselamatan (1Yoh.5: 13; Ro.5:10) Ketiga, mengenal metode yang harus disampaikan Dari segi jumlah pendengarnya, maka umumnya pekabaran Injil dilakukan dalam tiga bentuk: Pertama, dalam bentuk massal, seperti KKR. Hal ini dapat dilakukan secara berkala, misalnya pada saat penerimaan mahasiswa baru, retret, atau mengadakan KKR di kampus, atau gabungan beberapa kampus, bahkan mengadakan KKR untuk seluruh kalangan (umum). Kedua, dalam bentuk kelompok. Hal ini dapat dilakukan melalui PIPA (Pekabaran Injil melalui Penelaahan Alkitab). Maksudnya orang yang akan diinjili dimasukkan dalam kelompok Penelaahan Alkitab, di mana dalam kelompok tersebut dipilih bahan yang melaluinya dapat dilakukan penginjilan. Ketiga, dalam pendekatan pribadi; PI Pribadi. Kita akan membahas metode ini dalam satu bab khusus. Metode pemberitaan Injil Dari segi penyampaian, Stephen Olford memberikan 6 macam metode PI pribadi, yaitu: 1.The shock approach. Metode ini digunakan bila kita tidak memiliki cukup banyak waktu untuk melakukan dialog bertahap dan berencana (Cth: Yoh.3). Karena itu, PI dilakukan secara tiba-tiba. 2.The gentle approach. Metode ini sangat relevan dilakukan di kampus atau terhadap tetangga, atau teman se kantor. Dalam hal ini kita mendemonstrasikan buah2 Roh dalam kehidupan kita, yang melaluinya Allah dapat menterjemahkannya. 3.The conversational approach. Metode ini memerlukan kemampuan berkomunikasi yang baik, serta wawasan yang luas. Dengan demikian, kita dapat bercakap-cakap dengan bebas dengan orang yang dilayani sambil memasukkan berita (fakta-fakta) Injil tersebut di atas. 4.The literature approach. Kita bersyukur cukup banyak traktat diterbitkan yang bertujuan untuk PI. Sebagai contoh: Jalan menuju damai dengan Allah (Billy Graham), Empat hukum rohani (LPMI), dll. Dengan metode ini kita harus selalu membawa traktat tersebut yang siap untuk dibagi-bagikan kepada orang yang akan dilayani. 5.The after meeting approach. Setelah kebaktian atau pertemuan2 di KKR atau seminar, kita dapat memperhatikan orang2 tertentu yang memerlukan pelayanan lanjutan. Sebagai contoh: Filipus melakukan PI kepada sida2 Etiopia pada Kis.8: 26-40. 6. The planned interview approach. Kita dapat meminta pimpinan Tuhan kepada siapa kita melakukan PI pada hari atau minggu tertentu. Untuk itu, siapkanlah beberapa pertanyaan, atau cerita, kesaksian, yang dapat membawa orang tersebut kepada Kristus. Metode ini sangat baik dilakukan bila didampingi oleh seorang teman yang juga mampu melakukan PI. Dengan demikian, PI dapat dilakukan secara bersama, saling mendukung dan mendoakan.
Kesimpulan
|
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan
bahwa Pujian kepada Tuhan adalah tindakan untuk mengagungkan, membesarkan dan
memuliakan Tuhan atas apa yang telah Tuhan perbuat, apa yang sedang Tuhan
perbuat dan apa yang akan Tuhan perbuat dalam hidup kita. Pujian merupakan
tindakan kemauan.Pujian harus berfungsi menurut kehendak dan bukan emosi.Kita
harus mau dan memutuskan untuk memuji Tuhan sekalipun kita dalam keadaan tidak
senang untuk melakukannya.Pujian tidak tergantung pada perasaan hati, melainkan
didasarkan pada kebesaran Tuhan (Mazmur 103).Ciri utama dari pujian
adalah adanya perayaan dan sukacita yang meluap-luap. Diekspresikan dengan
menyanyi, memekik, memainkan alat musik, manari-nari dan ekspresi luar yang
lain. Arah pujian yaitu sesuatu yang kita tujukan langsung kepada Tuhan
(bersifat vertikal) pujian pengagungan. Dan sesuatu yang kita ungkapkan kepada
orang lain tentang Tuhan (bersifat horizontal). Oleh sebab itu, ada banyak cara
melakukan penginjilan tidak hanya melaui EE,PI tetapi juga melaui Pujian.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar