Rabu, 08 Juni 2016

DIABETES

TAHUKAH ANDA ?
Setiap 6 Detik, Satu Orang Meninggal Akibat Diabetes
9,1 Juta Penduduk Indonesia Hidup dengan Diabetes di Tahun 2014
Indonesia Merupakan Peringkat 5 Negara Penderita Diabetes Terbanyak.
*Dan yang Lebih Mengkhawatirkan 70% Orang Indonesia Tak Sadar Kena Diabetes
APA ITU DIABETES?
Diabetes adalah suatu penyakit dimana pankreas tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa. Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah yang terhubung ke organ organ tubuh menjadi bermasalah sehingga dapat menyebabkan komplikasi seperti: Stroke, Kebutaan, Jantung Koroner, Impoten bahkan sampai amputasi.
SIAPA YANG BERESIKO TERKENA DIABETES ?
- Riwayat (keturunan) diabetes di keluarga
- Makan-makanan yang tinggi gula, lemak dan kalori
 - Kurang olahraga (lebih suka nonton TV sambil makan, dll) - Kegemukan (obesitas)
- Tingginya kadar gula saat hamil - Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol dan bersoda
APA TANDA-TANDA TERKENA DIABETES ?
Gejala penyakit diabetes mellitus
- Penglihatan kabur - Luka sulit sembuh - Mengalami Kesemutan - Sering Buang Air Kecil
 - Mudah Mengantuk - Berat Badan Turun Drastis
- Bayi Lahir lebih dari 4 kg
- Cepat Merasa Lapar
 - Gairah Sex Menurun
- Badan Terasa Gatal-Gatal

10 CARA AMPUH MENCEGAH DIABETES : Merdeka.com - Diabetes adalah penyakit serius yang kasusnya meroket dalam beberapa tahun terakhir. Jutaan orang di dunia didiagnosis terjangkit diabetes karena gaya hidup tidak sehat dan kurang berolahraga. Sebelum terlambat, berikut adalah 10 cara mencegah diabetes, seperti dilansir Times of India.
1. Tahu apa itu diabetes Sebelum memulai tindakan pencegahan terhadap diabetes, sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya diabetes itu. Setelah Anda akrab dengan penyakit ini, Anda dapat memulai terapi pencegahan Anda dengan mudah.
2. Mengurangi porsi makan Mengurangi porsi makan setiap hari bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari diabetes.
3. Olahraga Berolahraga setiap hari membantu menjaga berat badan yang sehat, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. Jadi, berolahragalah setiap hari selama minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal.
4. Menurunkan berat badan Berat badan berlebih dapat menjadi memperbesar risiko seseorang terkena diabetes. Jadi, pastikan bahwa Anda dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap normal.
5. Sarapan sangat penting Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.
6. Hindari makanan berlemak Junk food dan makanan yang biasa Anda beli di jalan umumnya tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Ini pada gilirannya juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya.
7. Hindari minuman manis Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.
8. Makan banyak sayuran Daging memang lezat, namun Anda tidak harus memakannya setiap hari, karena dapat menimbulkan risiko diabetes. Dengan demikian, perbanyak konsumsi sayuran setiap hari. Mereka akan membantu Anda mencegah diabetes.
9. Hindari stres Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan.
10. Tidur nyenyak Mendapatkan setidaknya enam jam tidur di malam hari sangat penting untuk mencegah diabetes. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan menggila. Inilah sepuluh cara mencegah diabetes. Sebelum terlambat, Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini dan memulai gaya hidup sehat.
Daftar Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes
Menu Makanan Sehat Untuk penderita Diabetes
– Bagi penderita diabetes, memilih makanan yang tepat dan sehat juga perlu diperhatikan, sebab jika penderita salah dalam mengkonsumsi makanan hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah akan meningkat. Kadar gula darah yang semakin meningkat bagi penderita diabetes, dapat menyebabkan resiko gangguan kesehatan lainya seperti sakit jantung, pusing, kelelahan, kesadaran menurun, bahkan gangguan saraf. Untuk itu bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes sebaiknya tetap waspada terhadap makanan yang akan dikonsumsi. Umumnya penderita diabetes akan diberikan terapi nutrisi medis atau terapi dengan pola makan yang teratur. Terapi tersebut bertujuan agar Anda bisa mengkonsumsi makanan rendah lemak yang bergizi namun tetap aman bagi penderita diabetes. beberapa dibawah ini merupakan daftar menu makanan sehat untuk penderita diabetes.
Menu makanan sehat untuk penderita diabetes
1. Makanan yang memiliki karbohidrat komplek atau terbuat dari gandum antara lain : • Roti gandum • kentang panggang • nasi merah • sereal gandum • Oatmeal (baca: sarapan oatmeal tiap pagi mampu menurunkan diabetes )
2. Daging-dagingan yang diolah dengan cara direbus dan dikukus. 3. Sayur-sayuran yang diolah dengan cara dikukus, direbus, dan dimakan mentah. Sayuran sehat yang baik antara lain bayam dan brokoli.
4. Buah-buahan untuk penderita diabetes sebaiknya buah yang segar, bisa dijadikan jus namun jangan ditambahkan dengan gula.
5. Tahu yang diolah dengan cara dikukus Pop corn Ikan : salmon, tuna, makarel dan sarden. Tapi hindari mengkonsumsi ikan tongkol, karena kadar merkutrinya sangat tinggi.
6. Telur rebus
7. Susu yang rendah lemak
Bagi penderita diabetes sangat dilarang mengkonsumsi masakan yang diolah dengan cara digoreng, sebab makanan yang berminyak mengandung banyak kolestrol jahat yang tidak baik bagi penderita diabetes. Selain itu, makanan yang mengandung kadar gula cukup tinggi seperti nasi putih, juga menjadi salah satu makanan pantangan diabetes. Seperti yang Kita tahu bahwa penyakit diabetes ini belum bisa disembuhkan tapi hanya bisa dikendalikan dengan pengendalian seumur hidup. Sehingga sangat penting bagi penderita untuk bisa menjaga asupan makanan makanan yang baik agar kadar gula darah tidak semakin meningkat. Selain itu rajinlah berolah raga, karena olah raga sangat berguna untuk membakar kadar gula berlebih di dalam darah. Dan yang lebih penting periksakan dan konsultasikan penyakit Diabetes Anda dengan Dokter untuk penanganan serta pemberian obat yang aman.
Itulah beberapa menu makanan sehat untuk penderita diabetes. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar