Jumat, 02 April 2021

PENDAHULUAN KITAB INJIL MATIUS.







Penulis:  MATIUS.

   Alkitab tidak pernah mengatakan bahwa Matius adalah penulisnya; namun, bukti bahwa Matius sebagai penulis Injil Matius adalah kuat.

1.  Penulis mula-mula selalu mengkreditkan Injil kepada Matius. William Barclay mengutip sebuah pernyataan dari salah satu sejarawan gereja mula-mula(yang paling awal), seorang bernama Papias (thn 100 SM), yang mengatakan, "Matius mengumpulkan perkataan Yesus dalam bahasa Ibrani". 

   Irenaeus (sekitar AD 175), uskup suci Lyons, menulis: 'Matius juga mengeluarkan Injil tertulis di antara orang Ibrani dalam dialek mereka sendiri, sementara Petrus dan Paulus berkhotbah di Roma dan meletakkan dasar-dasar gereja' (Irenaeus, Against Heresies, 3.1.1).

2.  Matius memenuhi syarat untuk menulis Injil. Dia pernah menjadi pemungut pajak, yang berarti dia terlibat dalam transaksi-transaksi bisnis besar.

   Sebuah studi tentang Injil menunjukkan bahwa penulis memiliki minat pada angka-angka, angka-angka yang besar (Mat 18:24; 28:12), dan statistik (Mat 1:17).

   Pekabaran-pekabaran yang terperinci/mendetail tentang Yesus menunjuk pada seorang pria yang berpengalaman dengan tulisan cepat yang rupanya digunakannya dalam transaksi bisnis.

   Sangat sedikit yang diberikan dalam Kitab Suci tentang Matius.

a. Dia adalah salah satu dari dua belas rasul (Mrk. 2:14)

b. Dia meninggalkan semua untuk mengikuti Kristus (Luk.5: 27-28)

c. Dia telah memperkenalkan teman-temannya kepada Kristus dengan mengundang mereka ke pesta yang dia berikan untuk menghormati Kristus (Luk.5: 29).

 TANGGAL PENULISAN.

   Tidak secara pasti. Tapi sekitar tahun 50-70 Masehi. Itu ditulis beberapa tahun setelah kenaikan Yesus, namun sebelum tahun 70 M.

1. Kejatuhan Yerusalem, 70 M, adalah nubuatan/prophetic (Mat 24: 1).

2. Pernyataan seperti "sampai pada hari ini" (Mat 27: 8) dan "sampai sekarang ini" (Mat.28: 15) menyarankan tanggal beberapa saat setelah kenaikan Yesus, tetapi tidak terlalu jauh di masa depan.

3. Gereja Yerusalem yang tersebar karena penganiayaan (Kisah Para Rasul 8: 4) menunjukkan tanggal beberapa saat setelah kenaikan. Injil tidak akan diperlukan selama gereja dan para rasul bersatu.

4. Kutipan dari Irenaeus menunjuk bahwa penulisan kitab Matius diadakan selama pemerintahan Nero, "ketika Paulus dan Petrus berada di Roma."

KEPADA SIAPA DITULIS:

   Injil ditulis semula untuk orang Yahudi. Namun, itu menyatakan suatu pekabaran untuk semua, pekabaran yang memproklamasikan pengharapan Mesianik dunia bagi Pelepas Agung.

TUJUAN PENULISAN:

   Untuk menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias, Juruselamat dan Raja yang dinubuatkan oleh para nabi Ibrani. Matius adalah sebuah buku yang kuat, buku yang ditulis untuk mendorong kepercayaan kepada Yesus. Matius disusun untuk membuktikan bahwa semua nubuat P.L. dipenuhi di dalam Yesus, tukang kayu dari Nazaret. Ini memiliki satu tema yang berulang: "Semua ini telah dilakukan, agar digenapi semua yang diucapkan oleh para nabi, yang mengatakan ..."  Ini diulangi kira-kira enam belas kali, dan ada 93 kutipan P.L.

TAMPILAN KHUSUS.

1.  Matius adalah Injil Gerejawi.(The Ecclesiastical Gospel).  

  Selama berabad-abad, Matius telah digunakan secara luas oleh gereja. Materinya diatur/disusun terutama oleh subjek, bukan oleh suatu urutan kronologis yang ketat. Ini  merupakan pengaturan/penyusunan topikal dari pelayanan dan pengajaran2 Yesus. Karena itu, ini sangat berguna bagi gereja: sebagai permintaan maaf untuk mempertahankan iman, sebagai buku pegangan pengajaran untuk orang percaya yang baru, dan sebagai buku kebaktian untuk dibaca dalam kebaktian gereja.

2. Matius adalah Injil Pengajaran.(The Teaching Gospel) Banyak dari ajaran Yesus diatur/disusun sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah diajarkan dan dengan mudah dijalankan. Materi ini terlihat jelas dalam lima bagian.

a. Khotbah diatas Bukit (Mt.5-7)

b. Para jurukabar Mesias dan misi mereka (Mat 9-10: 42).

c. Perumpamaan2 Mesias (Mat 13).

d. Para murid Messias dan perilaku mereka terhadap satu sama lain (Mat 18).

e. Nubuatan Mesias tentang kedatangan-Nya kembali dan akhir zaman: percakapan diatas bukit Zaitun yang agung (Mat. 24-25).

3. Matius adalah Injil Kerajaan(The Royal Gospel or The Kingdom Gospel). Inti/jantung dari Injil Matius adalah bahwa Yesus adalah Raja. Yesus adalah Putra Daud, raja Israel yang terbesar. Dia adalah pemenuhan nubuatan Mesianik yang meramalkan kedatangan seorang Raja seperti Daud.

a. Silsilahnya menunjukkan Dia sebagai anak Daud oleh kelahiran (Mat 1: 1-17).

b. Dia disebut Raja Daud berkali-kali (Mat 2: 2; 9:27; 15:22; 20:30; 21: 9,15; 22:42).

c. Dia secara pribadi mengklaim kekuasaan seorang raja dengan melampaui hukum: "Aku berkata kepadamu ..." (Mat 5: 21,27,34,38,43).

d. Dia secara dramatis menunjukkan diri-Nya menjadi Raja dengan kemenangan-Nya masuk ke Yerusalem (Mat 21: 1-11).

e. Ia dengan sengaja menerima gelar Raja di hadapan Pilatus (Mat.27: 11).

f. Salibnya bertuliskan, "Raja orang Yahudi" (Mat.27: 11).

g. Dia mengklaim kekuasaan tertinggi dari Raja Segala Raja, "Semua kekuasaan diberikan kepadaku" (Mat.28: 18).

h. Kata: Kerajaan "digunakan lima puluh kali dan" Kerajaan Surga "32 kali.

4. Matius adalah Injil Apokaliptik (The Apocalyptic Gospel). Di antara Injil, itu memiliki catatan paling komprehensif tentang kedatangan Tuhan kembali dan akhir zaman (Mat 24-25).

5. Matius adalah Injil Gereja (The Gospel of the Church). Ini adalah satu-satunya Injil Sinoptik yang menyebutkan gereja (Mat 16: 13-23; 18:17; cp.Mk.8: 27-33; Luk.9: 18-22).

6. Matius adalah Injil orang Yahudi ( The Gospel of the Jew). Matius tidak pernah gagal untuk menunjukkan bahwa Yesus memenuhi nubuatan Perjanjian Lama. Dia membuat lebih dari seratus kiasan atau kutipan dari Perjanjian Lama. Dia bertekad untuk memaksa orang Yahudi percaya bahwa Yesus adalah Mesias.

Sumber: The Preacher’s Outline, The Gospel According to   Matthew, hlm.1-2.

Diterjemahkan oleh: Pdt.H.M.Siagian,MPTh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar