SATU PERJANJIAN KEKAL
(An
Everlasting Covenant)
Pel.SS
No.4, Trw.II, 2021.
Ayat
hafalan:
Kejadian 15:7 “Lagi Firman
TUHAN kepadanya: “Akulah Tuhan,
yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu
menjadi milikmu”.
-Akulah TUHAN --Antara ayat 6 dan 7 pasti ada interval yang panjang. Wahyu baru( The new revelation) terjadi pada siang hari, tampaknya menjelang akhir hari (vs 12 dan 17), sedangkan penglihatan sebelumnya terjadi pada malam hari (ayat 5). Ini mungkin terjadi keesokan harinya. Kondisi awal wahyu baru tidak dijelaskan.
Untuk ketiga kalinya Allah meyakinkan Abram
bahwa dia akan memiliki seluruh tanah Kanaan (lihat Kejadian 12: 7; 13: 14,15).
Tetapi statusnya tidak berubah sedikit pun sejak dia pertama kali memasuki
Kanaan. Kadang-kadang Allah mengulangi janji itu, dan Abram telah menerimanya
tanpa pernah melihat tanda yang terlihat dari penggenapannya. Dia masih
tunawisma ketika dia tiba dari Mesopotamia, dan masih belum memiliki anak.
Wajar jika pertanyaan muncul di benaknya.
( 1 SDA BC hlm.312-313).
Dan, setelah beberapa tahun yang relatif, keadaan menjadi sangat buruk lagi( so
bad), sehingga Dia harus memilih Abram / Abraham (disebut sebagai
Abraham atau Abram / Abraham dalam
materi ini kecuali ketika membahas perubahan namanya seperti yang tercatat
dalam Kejadian 17 atau dalam kutipan menggunakan Abram), memanggilnya menjauh dari pengaruh2 jahat keluarga dan lingkungannya
untuk memulai kembali (to restart yet again).
2. Dia telah
mencoba beberapa kali untuk bekerja dengan keturunan Abraham. Mengikuti
petunjuk Allah, Musa membawa mereka keluar dari pembuangan/penawanan orang
Mesir. Zerubabbel dan Yosua dan persentase yang sangat kecil dari orang Israel
kembali ke Palestina setelah penawanan Babilonia.
3. Di zaman
Perjanjian Baru, Yesus harus mengakui bahwa upaya-Nya untuk orang Israel
sebagian besar tidak berhasil. Jadi, Dia memulai kembali dengan gereja Kristen.
Gereja Kristen itu memiliki permulaan yang luar biasa dengan para rasul dan
murid, tetapi memburuk hingga membutuhkan Reformasi Protestan yang menekankan
kembali perlunya hanya mengikuti Kitab Suci. Tetapi, setelah 300 tahun
berikutnya, gereja-gereja Protestan tidak jauh berbeda dengan “gereja
ibu”(mother church), mereka telah pergi (they had left). Akhirnya, setelah
Kebangkitan Adven yang agung, Masehi Advent Hari Ketujuh muncul. Apakah kita
akan berhasil meskipun di masa lalu begitu banyak yang gagal?
4. Berulang
kali, dari generasi ke generasi, Allah telah menjangkau umat manusia,
menawarkan janji dan perjanjian.(promises and covenants). Dalam pelajaran ini
kita akan berfokus terutama pada hubungan-Nya dengan Abraham. Itu adalah
kesempatan pertama Allah yang tercatat untuk menjelaskan dengan sangat rinci
apa yang Dia pikirkan untuk rencana keselamatan.
5. Apa yang bisa
kita pelajari tentang Allah dari nama-Nya? Apa arti dari nama2 yang berbeda?
Mengapa Allah mengubah nama Abram menjadi Abraham?
6. Dari
generasi ke generasi, nama telah dikaitkan dengan pergerakan2, kebenaran, dan
ide/gagasan. Apa yang terlintas di benak Anda saat memikirkan Martin Luther,
Abraham Lincoln, Albert Einstein, Martin Luther King, Jr., Mahatma Gandhi, atau
Dorcas dari Alkitab?
7. Bangsa
Semit dalam Perjanjian Lama, yang tinggal di Timur Dekat, sangat mementingkan
arti nama2 orang.
8. Ketika
Allah pertama kali mendekati Abraham, Dia mengidentifikasi diri-Nya dengan nama
YHWH / Yahweh seperti yang tercatat dalam Kejadian 15: 7.
Nama YHWH muncul 6,828 kali dalam P.L. Kata itu berbentuk kata kerja dalam
bhs.Ibrani haya, to be(“menjadi”)—yang artinya “the Eternal One”(Dia yang kekal);”the Existent One”(Dia
yang ada); “the Self-Existing One”(Dia yg.ada dengan sendirinya); “the
Self-sufficient One /”the One who live eternally”---(Dia yang hidup
selama-lamanya).
Jadi yang
ditekankan dari gelar Allah sebagai Yahwe disini ialah tentang sifat2 Allah:
bahwa Dia ada dengan sendirinya dan setia. Menunjukkan bahwa Allah sebagai
Allah yang hidup, Sumber kehidupan yang berbeda dengan para dewa kafir yang
tidak memiliki keberadaan.
9. Ketika
Allah mendekati Musa di padang gurun saat dia menggembalakan domba, Dia muncul
di semak yang terbakar dan meminta Musa untuk melepaskan sepatunya. Ketika Musa
bertanya siapa Dia, Allah berkata, "AKU ADALAH AKU." Apa arti nama
seperti itu? (Lihat Keluaran 3:14). Nama ini menyiratkan tidak hanya bahwa
Allah adalah Allah yang kekal (Eternal/Everlasting God), tetapi juga bahwa Dia
adalah Sahabat pribadi bagi manusia. Allah ingin Musa dan, sebelumnya, Abraham
mengetahui nama-Nya.
10. Jadi, apa
yang terlintas di benak Anda saat memikirkan nama Yahweh, Yehuwa, atau Allah?
Apakah kamu memikirkan cinta? Kebaikan? Dan peduli? Atau, apakah Anda
memikirkan ketakutan? Kekerasan? Dan disiplin?
Ketika memikirkan
tentang nama-nama Allah, sangatlah penting bagi kita untuk mengingat bahwa Allah dalam Perjanjian Lama adalah Yesus
Kristus! Kita tidak boleh melupakan itu! (Lihat Lukas 24:44; 1 Korintus 10:
1-4; dan Yohanes 5:39.)
11. Namun,
kita perlu memahami bahwa ada banyak nama2 berbeda yang diberikan kepada Allah
dalam Perjanjian Lama. Selain nama Elohim dan Yahweh, muncul nama lain untuk
Tuhan: ’El Shaddai.
Nama 'El Shaddai digunakan hampir secara
eksklusif oleh Musa dalam kitab Kejadian
dan Ayub, buku pertama yang dia telah tulis.
Satu terjemahan literal dari Kejadian 17:1-6
mungkin seperti ini, Yahwe(Yehovah) telah menampakkan diri kepada Abraham dan
berkata: ‘Akulah yang Mahakuasa; hiduplah dihadapan-Ku, dengan tidak bercela;
dan Aku akan membuat perjanjian antara Aku dan engkau, dan akan membuat engkau
begitu banyak... Dan engkau akan menjadi bapa dari satu bangsa yang
besar,...dan Aku akan membuat engkau bertambah banyak”. Nama yang sama ini
muncul juga dalam Kejadian 28:3, manakala Ishak berkata bahwa ‘Yang Mahakuasa’,
El-Shaddai akan memberkati Yakub, membuatnya beranak cucu, dan menjadikannya
banyak.
Kejadian 17:1-2 “Ketika Abraham berumur 99 tahun, maka Tuhan
menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya:’Akulah Allah Yang
Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela”. Aku akan mengadakan
perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak.”
Mari kita jabarkan sedikit. Kata El terkait
dengan Elohim (“Pada mulanya Elohim menciptakan langit dan bumi”), dan itu
berarti kemahakuasaan, kekuatan, keunggulan. Gelar ini, bagi Allah, Elohim
dilihat melalui seluruh kisah penciptaan Kejadian.
Kata El, darinya, diterjemahkan “Allah”
sekitar 200 kali, itu juga mengandung
arti Allah yang berkuasa.
Shaddai, itu berarti “dada”(breast), memberikan ide
tentang seseorang yang menyediakan, yang memelihara, dan yang memuaskan.
Berhubungan dengan kata untuk El, itu menggambarkan gagasan “Yang perkasa
dan berkuasa yang dapat menyediakan dan memelihara”.
12. Ada
sejumlah ayat dalam Alkitab yang menggunakan ungkapan 'El atau' El-Shaddai yang
sering diterjemahkan "Allah Yang
Mahakuasa." Lihat Kejadian 28: 3; 35:11; 43:14; 49:25; dll.
13. Apakah
Allah benar-benar perlu memberi tahu kita bahwa Dia Mahakuasa? Apakah kita
ingin menyembah Allah yang dikenal sebagai "dewa/ilah yang lemah"?
Atau, "dewa/ilah ikan"? Atau, "dewa/ilah kambing"?
“Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan
engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Karena itu namamu bukan
lagi Abram melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa
sejumlah besar bangsa”.
14.
Orang-orang di Timur Dekat kuno sering memilih
nama dengan sangat hati-hati. Lihat juga item # 33 di bawah ini.
Meskipun nama2 Allah datang dengan
pengertian rohani dan teologi yang penting, nama2 itu tidak berakhir hanya pada
Allah. Nama2 orang di Timur Dekat Kuno bukan hanya cara mengidentifikasi yang
tidak punya arti seperti yang sering terjadi pada kita. Memberi nama seorang
anak perempuan Maria atau Susi tidak banyak berbeda dengan sekarang ini. Akan
tetapi, bangsa Semitik memberi nama seseorang memiliki arti dan biasanya
terdiri dari satu anak kalimat atau kalimat pendek yang berisi harapan atau
ekspresi rasa syukur orang tua.
Sebagai contoh, Daniel artinya “Allah adalah
hakim”, Yoel artinya “Yahwe adalah Allah”; atau Nathan artinya “Pembenaran
Allah.” Oleh karena arti penting yang
melekat pada nama2 itu, maka nama sering diganti untuk menggambarkan satu
perubahan hidup dan lingkungan seorang yang radikal.
15. Di zaman
yang lebih modern, orang cenderung memberikan nama panggilan/nama julukan (nickname) kepada orang lain.
Sangat sulit untuk mengubah nama resmi/legal
name seseorang; jadi, kita biasanya mengabaikannya dan mengganti suatu nama
panggilan untuk seseorang.
Jadi, apa yang
kita pahami ketika kita melihat Allah mengubah nama Abram yang artinya “bapa
ditinggikan/father is exalted” menjadi Abraham yang artinya “bapak dari banyak
orang/father of a multitude”(Bapa sejumlah besar bangsa).
Bagaimana ini berhubungan dengan Janji
perjanjian Allah untuk kita dan Abraham?
16. Bayangkan
Allah — telah berjanji kepada Abraham beberapa kali setelah dia berusia 75
tahun bahwa Dia akan memberinya banyak anak, dan, akhirnya, pada usia 99,
menikah dengan seorang wanita yang telah lama menopause — mengulangi janji itu
bahwa dia akan menjadi bapa dari banyak orang!
17. Mari kita
menggali lebih dalam gagasan tentang perjanjian (covenant).
“Berfirmanlah Tuhan kepada Abram: “Pergilah
dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang
akan Kutunjukkan kepadamu, Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar,
dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi
berkat. v.7 “Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu”.dst...
18. Supaya lebih
memahami janji perjanjian Allah dan hubungan dengan Abraham, pertimbangkan
Ibrani 11: 8 dan Kejadian 12: 1-3,7. Ayat-ayat ini menunjukkan fase pertama
dari janji2 perjanjian Allah. Allah memberi Abraham perintah (a command) dan
kemudian berjanji untuk memberkatinya jika dia mengikutinya.
Kejadian 15: 7-20: ay.9 “Firman Tuhan
kepadanya:”Ambillah bagi-Ku seekor lembu betina berumur 3 tahun, seekor kambing
betina berumur 3 tahun, seekor domba jantan berumur 3 tahun, seekor burung
tekukur dan seekor anak burung merpati.
19. Bagian/perikop
ini merupakan perluasan dari apa yang
Allah telah katakan kepada Abraham sebelumnya. Perhatikan bahwa Allah
menampakkan diri kepada Abraham, mungkin dalam sebuah penglihatan, dan kemudian
memanggilnya untuk mematuhi perintah tertentu yang Allah berikan padanya,
diikuti dengan janji ilahi akan berkat besar.
20. Jadi,
mengapa upacara aneh memotong hewan menjadi dua, meletakkannya di tanah, dan
lewat di antara mereka? Bukti arkeologi terbaru telah menunjukkan bahwa memang
demikian
cara umum
untuk membuat kesepakatan serius di antara orang-orang dari mana Abraham
berasal. Allah bertemu dengannya di mana dia berada. Dipercaya bahwa memotong
hewan menjadi dua dan meletakkannya di tanah menyiratkan bahwa jika seseorang
melanggar perjanjian, inilah yang akan terjadi padanya. Hari ini, kami akan
meminta pengacara untuk membuat dokumen atau dokumen hukum.
21. Akhirnya,
ketika Abraham berusia 99 tahun, kita sampai pada tahap ketiga dan terakhir
dari perjanjian ilahi yang dibuat Allah dengannya.
22. Ketika dia
berusia 99 tahun dan tampaknya hampir tidak mungkin bagi Abraham untuk memiliki
anak sendiri — terutama dari Sarah, - Allah menampakkan diri kepadanya untuk
pengalaman pembuatan perjanjian yang
ketiga. Akibatnya, Allah berkata: “Turutilah aku dan selalu lakukan apa
yang benar; dan jika kamu melakukannya, saya akan mengubah nama Anda. Aku akan
membuat perjanjian abadi denganmu untuk memberikan kepadamu dan banyak
keturunanmu wilayah dari Efrat sampai Mesir. " Selain itu, perjanjian itu
akan menjadi perjanjian yang kekal, berlaku untuk semua yang akan menjadi
keturunan Abraham.
Galatia 3: 7,29: “Jadi kamu lihat; bahwa
mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham. Dan jikalau kamu
adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak
menerima janji Allah”.
23. Menurut
Anda apa hubungannya dengan pekabaran
malaikat pertama yang terkenal yang dicatat dalam Wahyu 14: 6-7?
Apakah Allah Yang Mahakuasa masih berbicara?
Berapa banyak orang yang termasuk dalam janji-Nya? Apa yang harus kita lakukan
untuk menjadi bagian darinya?
24. Abraham
diminta untuk mengikuti beberapa instruksi Allah yang, kadang-kadang, tampaknya
hampir mustahil untuk dilaksanakan.
“Allah telah memanggil Abraham untuk menjadi guru firman-Nya, Dia telah memilih dia untuk menjadi bapa bangsa yang besar, karena Dia melihat bahwa Abraham akan mengajar anak-anaknya dan keluarganya dalam prinsip-prinsip hukum Allah.
Dan yang memberi kekuatan pada ajaran
Abraham adalah pengaruh hidupnya sendiri. Rumah tangganya yang besar terdiri
dari lebih dari seribu jiwa, banyak dari mereka adalah kepala keluarga, dan
tidak sedikit tetapi baru saja bertobat dari kekafiran. Rumah tangga seperti itu membutuhkan tangan
yang kuat di pucuk pimpinan.
Tidak ada metode yang lemah dan bimbang yang
akan mencukupi. Tentang Abraham Tuhan berkata, "Aku tahu dia, bahwa dia
akan memerintahkan anak-anaknya dan seisi rumahnya untuk hidup menurut jalan yang
ditunjukkan Allah." Kejadian
18:19.
Namun otoritasnya dijalankan dengan
kebijaksanaan dan kelembutan sedemikian rupa sehingga hati dimenangkan.
Kesaksian dari Penjaga ilahi adalah,
"Mereka akan menjaga jalan Tuhan, untuk melakukan keadilan dan
penghakiman." Kejadian 18:19. Dan pengaruh Abraham melampaui rumah
tangganya sendiri.
Di mana pun dia mendirikan tendanya, dia
mendirikan di sampingnya altar untuk pengorbanan dan penyembahan. Ketika tenda
dilepas, altar tetap ada; dan banyak orang Kanaan yang berkeliling, yang
pengetahuannya tentang Allah telah diperoleh dari kehidupan Abraham, hamba-Nya,
tinggal di altar itu untuk mempersembahkan korban kepada Yehuwa. — Ellen G.
White, Education * 187.2.
“Rumah tangga Abraham terdiri lebih dari
seribu jiwa. Mereka yang dipimpin oleh ajarannya untuk menyembah satu Allah,
menemukan rumah(home) di perkemahannya; dan di sini, seperti di sekolah, mereka
menerima petunjuk yang akan mempersiapkan mereka untuk menjadi wakil dari iman
yang benar. Dengan demikian tanggung jawab yang besar ada padanya.
Dia melatih kepala keluarga, dan metode
pemerintahannya akan dilaksanakan dalam rumah tangga yang harus mereka pimpin.
— Ellen G. White, Patriarchs and Prophets * 141.1.
25. Terkadang,
kita sebagai manusia cenderung berpikir bahwa kita harus melakukan semuanya
sendiri. Namun, janji Allah jauh di luar kemampuan kelompok manusia(human
group) mana pun untuk mencapainya sendiri. Karena itu, kita membutuhkan anugrah
Allah. Abraham membutuhkan kasih karunia Allah. Tapi, kita masih perlu terus
maju dan melakukan yang terbaik untuk melaksanakan bagian kita dari perjanjian
tersebut.
Kejadian
18:19: “Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada
anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang
ditunjukkan Tuhan, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya Tuhan
memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya”.
Yakobus 2:17 Iman tanpa perbuatan mati.
26. Jadi,
bagaimana menurut Anda? Apakah Allah meminta terlalu banyak kepada Abraham?
Apakah Allah meminta terlalu banyak dari kita?
27. Apakah kita mematuhi perjanjian Allah?
Atau, apakah kita melanggarnya? Bagaimana Anda melanggar perjanjian?
Dengan ketidaksetiaan, ketidaktaatan, dan
mengabaikan hubungan yang sudah terbangun/mapan. Namun, perhatikan bahwa bukan
kondisi penganugerahan (condition of bestowal) yang dilanggar, melainkan kondisi pemenuhannya/penggenapannya.
Perjanjian
masih tersedia. Jika kita tidak menindaklanjuti dengan ketaatan, kita hilang/kalah.(lose)
28. Pikirkan
tentang kisah lengkap orang Israel seperti yang tercatat dalam Perjanjian Lama
dan bagaimana karena ketidaktaatan dan pemberontakan mereka, mereka telah menyerah
menerima berkat terakhir dari Allah.
29. Dalam
pelajaran terakhir kita, kita mempelajari bagaimana pelangi adalah janji bagi
Nuh dan keturunannya.
Dalam pelajaran ini, kita fokus pada Abraham
dan perlunya sunat. Apa gunanya
sunat?
Sunat
“ditetapkan/ditakdirkan:
(1) untuk membedakan keturunan/benih Abraham
dari orang kafir/ bukan orang Yahudi (Efesus 2:11),
(2) untuk terus mengingat akan perjanjian
Yehuwa. (Kej. 17:11),
(3) untuk mendorong perkembangan moral yang
murni (Ul. 10:16),
(4) untuk menggambarkan pembenaran oleh iman
(Roma 4:11),
(5) untuk menjadi lambang sunat hati (Rm.
2:29), dan
(6) untuk membayangkan upacara baptisan orang
Kristen (Kol. 2:11, 12). ”- The SDA
Bible Commentary, vol. 1, hlm, 322, 323.
*Kejadian 17:10 baca—setiap anak laki-laki
harus disunat.
30. Sementara
pelangi terus menandakan janji Allah untuk semua manusia untuk selama-lamanya,
persyaratan sunat tidak lagi menjadi persyaratan yang diperlukan bagi umat
Allah.
Pada zaman Perjanjian Baru, arti sunat
sebagian besar sudah hilang. Perhatikan apa yang Paulus katakan tentang sunat.
(Roma 4:11; Galatia 5:6; Gal.6:15; 1
Kor.7:18-19 –Oleh iman kita diterima oleh Allah).
31. Sebagai
orang Kristen zaman modern yang mempelajari Alkitab kita, kita menjadi percaya
bahwa kita diselamatkan oleh iman, hubungan
perjanjian yang dimungkinkan dengan Tuhan.
Tetapi, jangan pernah kita lupa bahwa iman
itu berhasil (that faith works). Iman
yang tidak mengarah pada tindakan/action di pihak seorang Kristen adalah iman
yang mati.
“Banyak yang tetap di uji sama seperti
Abraham. Mereka tidak mendengar suara Allah langsung dari surga, tetapi Dia
memanggil mereka melalui ajaran2 firman-Nya dan peristiwa2 pemeliharaan-Nya.
Mungkin mereka dituntut untuk meninggalkan karir mereka yang menjanjikan
kekayaan dan hormat, meninggalkan hubungan2 yang menyenangkan dan menguntungkan,
dan berpisah dari kaum keluarga, masuk kedalam sesuatu yang kelihatan hanyalah
langkah penyangkalan diri, kesukaran dan pengorbanan. Allah memiliki pekerjaan
untuk mereka untuk dilakukan; tetapi kehidupan yang nyaman dan pengaruh dari
teman-teman serta sanak saudara akan menghambat perkembangan tabiat yang
penting untuk pencapaiannya. Dia memanggil mereka untuk keluar dari
pengaruh-pengaruh dan bantuan manusia, sehingga menuntun mereka merasakan
kebutuhan akan pertolongan-Nya, dan bergantung kepada-Nya saja, agar Allah
dapat menyatakan diri-Nya sendiri kepada mereka. Siapakah yang siap pada panggilan
pemeliharaan Tuhan untuk menolak rencana2 yang penting dan hubungan
kekeluargaan?. Ellen G.White, Patriachs and Prophets,pp.126,127.
32. Aspek apa
dari perjanjian perjanjian dengan Abraham yang masih abadi/kekal?
33. Apakah
adil untuk mengatakan bahwa apa yang kita baca dalam Kejadian 17: 3-5 dengan
perubahan namanya menunjukkan perubahan dalam hubungan antara Allah dan
Abraham? Mirip dengan item # 14 di atas:
34. Menarik
untuk dicatat bahwa ada orang lain dengan nama yang sama disebutkan dalam
Bilangan 16: 1-2 dan 1 Raja-raja 16:34. Tapi, di ayat-ayat itu, namanya dieja
Abiram.
35. Mari kita
tinjau sekarang perjanjian tiga tahap yang dibuat Allah dengan Abraham.
“Allah membuat perjanjian tiga tahap dengan
Abraham. Yang pertama dilaporkan dalam Kejadian 12: 1-3; yang kedua dalam
Kejadian 15: 1-21; dan yang ketiga dalam Kejadian 17: 1-14. ”- Gerhard M. Hasel
dan Michael G. Hasel, The Promise: God’s Everlasting Covenant, hal. 34.
36. Ujian
terakhir(Final test) Abraham datang ketika dia berusia 120 tahun. Dia diminta untuk membawa putra yang berharga
itu, Ishak, ke sebuah negara yang berjarak tiga hari perjalanan untuk
mengorbankan dia. Abraham pergi, tentu saja. Untungnya, saat tangannya diangkat
dengan pisau, siap untuk melakukan perbuatan yang mengerikan, Tuhan menahan
tangan itu dan memberikan penggantinya.
“Bagi Abraham, “Ini adalah alasan utama untuk menamai tempat kejadian ini Jehovah-jireh. Itu adalah pengingat yang terus menerus akan kasih karunia yang luar biasa dari Yahweh yang telah melakukan kelepasan ini. . . . Betapa besar dan mulia kelepasan yang telah disediakan oleh kasih karunia Yehuwa, dan betapa tidak terduga dan dramatisnya! Ekstremitas manusia selalu merupakan kesempatan Allah, tidak hanya untuk kelepasan tetapi juga untuk mengajarkan pelajaran yang luar biasa dari tujuan-Nya serta pemeliharaan. ”- Nathan Stone, Names of God (Chicago, IL: Moody Press, 1944), hlm. 62, 63.
37. Kita
diberitahu bahwa Allah tidak hanya mengetahui nama kita, tetapi Dia juga
menghitung jumlah rambut di kepala kita! (Matius 10:30; Lukas 12: 7)
38. Sebagai
tanggapan, seberapa baik kita mengenal Allah? Kita telah mempelajari beberapa
bagian yang menyarankan bahwa kunci dari hubungan yang kekal dengan Allah dan
kehidupan kekal adalah mengenal Allah
dengan baik. (Lihat Yeremia 31: 31-34 dan Yohanes 17: 3).
39. Banyak orang Kristen, mungkin memang berhak,
suka berfokus pada kasih Allah dan pengampunan-Nya atas semua dosa mereka.
Tetapi, jika Allah itu maha penyayang dan maha pengampun, apakah Dia masih meminta
kita untuk benar-benar mematuhi perintah-perintah-Nya? Apakah Dia membutuhkan
ketaatan kita? Apakah kita percaya bahwa kebahagiaan terbesar datang kepada mereka yang menaati-Nya?.
MINGGU: YAHWE DAN PERJANJIAN
ABRAHAMIS.
Kejadian 15:7 “Lagi Firman TUHAN kepadanya: “Akulah Tuhan, yang membawa
engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi
milikmu”.
-Akulah
TUHAN --Antara ayat 6 dan 7 pasti ada interval yang panjang. Wahyu baru( The new revelation) terjadi
pada siang hari, tampaknya menjelang akhir hari (vs 12 dan 17),
sedangkan penglihatan sebelumnya terjadi
pada malam hari (ayat 5). Ini mungkin terjadi keesokan harinya, atau
mungkin nanti. Kondisi awal wahyu baru tidak dijelaskan.
-Untuk memberikan negeri ini kepadamu:
Untuk ketiga kalinya Allah meyakinkan Abram
bahwa dia akan memiliki seluruh tanah Kanaan (lihat Kejadian 12: 7; 13: 14,15).
Tetapi statusnya tidak berubah sedikit pun sejak dia pertama kali memasuki
Kanaan. Kadang-kadang Allah mengulangi janji itu, dan Abram telah menerimanya
tanpa pernah melihat tanda yang terlihat dari penggenapannya. Dia masih
tunawisma ketika dia tiba dari Mesopotamia, dan masih belum memiliki anak.
Wajar jika pertanyaan muncul di benaknya.
( 1 SDA BC hlm.312-313).
Ketika Allah pertama kali masuk dalam satu hubungan perjanjian dengan Abraham, Allah memperkenalkan diri-Nya dengan nama YHWH (yang didalam Alkitab sebagai TUHAN. Dalam Kej.15:7 KJV, semua ditulis dengan huruf besar dan diucapkan dengan Yahwe. Jadi Kejadian 15:7 ini dibaca secara literal, “Akulah YHWH yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim...dst”.
Kadang2 nama itu sama seperti merek dagang. Ketika kita mendengar nama itu, segera kita mengingat sifat-sifat sifat-sifatnya. Misalnya, sifat2 apa yang muncul dalam pikiran ketika anda misalnya berpikir tentang nama-nama seperti: Albert Einstein, Martin Luther King Jr, Gandhi dan Dorkas?. Masing2 nama ini terhubung dengan idealisme dan watak tertentu.
Mis: Arti nama Einstein = Memiliki kemampuan
mengajar; Ramah namun pemalu,dst.
Bangsa Semit (Semitic) dalam Perjanjian
Lama, yang tinggal di Timur Dekat, sangat mementingkan arti nama2 orang.
Kutipan: “Orang2 Ibrani selalu berpikir bahwa
sebuah nama itu menggambarkan sifat atau watak pribadi yang diberi nama, atau
pikiran2 dan emosi dari seorang yang memberikan nama, atau situasi lingkungan
yang dekat dengan orang itu ketika nama tersebut diberikan.” The SDA BC
jld.1,hlm.523.
Nama YHWH muncul 6,828 kali dalam P.L. Kata itu berbentuk kata kerja dalam bhs.Ibrani haya, to be(“menjadi”)—yang artinya “the Eternal One”(Dia yang kekal);”the Existent One”(Dia yang ada); “the Self-Existing One”(Dia yg.ada dengan sendirinya); “the Self-sufficient One /”the One who live eternally”---(Dia yang hidup selama-lamanya).
Jadi yang
ditekankan dari gelar Allah sebagai Yahwe disini ialah tentang sifat2 Allah:
bahwa Dia ada dengan sendirinya dan setia. Menunjukkan bahwa Allah sebagai
Tuhan yang hidup, Sumber kehidupan yang berbeda dengan para dewa kafir yang
tidak memiliki keberadaan.
Yahwe adalah nama pribadi Allah, yang
mengumumkan perjanjian Allah dengan Abraham dalam Kejadian 12:1-3 untuk pergi
dari negerinya, ke negeri yang akan ditunjukkan Allah, membuat dia menjadi
bangsa yang besar dan memberkati dia, membuat namanya masyhur; memberkati orang
yang memberkati dia dan mengutuk orang yang mengutuk dia.
Ketika Allah mendekati Musa di padang gurun
saat dia menggembalakan domba, Dia muncul di semak yang terbakar dan meminta
Musa untuk melepaskan sepatunya. Ketika Musa bertanya siapa Dia, Allah berkata,
"AKU ADALAH AKU." Apa arti nama seperti itu? (Lihat Keluaran 3:14).
Nama ini menyiratkan tidak hanya bahwa Allah adalah Allah yang kekal
(Eternal/Everlasting God), tetapi juga bahwa Dia adalah Sahabat pribadi bagi
manusia. Allah ingin Musa dan, sebelumnya, Abraham mengetahui nama-Nya.
Allah mau agar Abraham, juga Musa agar mengenal nama-Nya, karena nama itu menyatakan identitas-Nya, menyatakan sifat pribadi-Nya, dan karakter-Nya. Dan dari hal ini, kita dapat percaya kepada janji-janji Allah kepada kita. (Maz.9:10—Allah tempat perlindungan pada waktu kesesakan; 91:14-Allah membentengi kita). End.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar