Rabu, 29 April 2015

Arti Tahun Pernikahan Dan Maknanya.


   Apakah makna tahun pernikahan yang anda jalani???dan apa juga kado yang tepat untuk melambangkan ulang tahun pernihakan??? berikut ulasan ulang tahun pernikahan dan maknanya :
1 tahun = kertas--Kertas melambangkan awal baru. Pernikahan pertama masih bagian awal kehidupan rumah tangga. Pasangan suami istri yang menentukan bagaimana mereka akan menjalani kehidupan bersama. Contoh hadiah bertema kertas : voucher belanja, kupon diskon, buku harian, selembar puisi yang dibingkai, dll
5 tahun = kayu-- Tradisi memberikan kayu pada ulang tahun pernikahan kelima berasal dari Wales. Kayu merupakan bahan alami yang dikenal kuat. Dengan demikian diharapkan kehidupan rumah tangga yang sudah menginjak usia kelima semakin kokoh. Contoh hadiah bertemakan kayu : mangkuk kayu, tatanan kayu untuk gelas, sandal kayu, bingkai kayu, dll.
7 tahun = tembaga atau wo--l Simbol tembaga dikenal sebagai simbol Dewi Venus atau Aphrodite (dewi cinta, kecantikan dan kesuburan) dalam mitologi Romawi dan Yunani. Hadiah pemberian tembaga bisa melambangkan ketiga hal tersebut. Sementara wol juga memberi makna yang tidak kalah penting dari tembaga yaitu kehangatan. Contoh hadiah tembaga atau wol : bingkai tembaga, pajangan tembaga, sweater, selimut wol, dll.
10 tahun = timah atau aluminium --Memberikan hadiah dari bahan timah atau aluminium merupakan simbol pengharapan agar pasangan suami istri tetap bisa saling menyesuaikan diri dan tidak kaku meskipun pernikahan sudah berjalan selama 10 tahun. Contoh hadiah bertemakan timah atau alumunium : peralatan memasak dari bahan aluminium, perhiasan dari bahan pewter (99% berbahan timah), dll.
12 tahun = linen atau sutera --Kelebihan-kelebihan linen dan sutra yang berbahan serat halus, terasa sejuk saat disentuh dan semakin lembut setiap kali dicuci, diharapkan juga menjadi kelebihan pasangan suami istri yaitu bersifat lembut, menyejukkan hati namun tetap tangguh. Contoh hadiah bertema linen atau sutera : seprei linen, selendang sutra, sarung bantal sofa, dll.
15 tahun = kristal --Dalam beberapa kebudayaan, ulang tahun pernikahan ke – 15 dilambangkan dengan kaca. Itu sebabnya kristal dijadikan lambang ulang tahun ke 15 ini. Contoh hadiah bertema kristal : pajangan, lampu, perhiasan.
20 tahun = porselen --Setelah mengarungi bahtera rumah tangga selama dua dekade, ini saatnya anda merayakannya bersama orang-orang tercinta melalui jamuan makan. Inilah alasan porselen dijadikan simbol pernikahan ke-20. Contoh hadiah bertemakan porselen : pajangan, peralatan makan, boneka, guci, vas, perhiasan, dll.
25 tahun = perak --Perak merupakan simbol keharmonisan yang sangat diperlukan untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Contoh hadiah : perhiasan, pajangan, bingkai, cermin, manset.
30 tahun = mutiara --Dalam mitologi india, mutiara dianggap sebagai tetesan embun yang jatuh ke lautan. Mutiara merupakan lambang kecantikan, kedamaian dan kemuliaan. Tiga hal ini lah yang pas dianggap mewakili makna ulang tahun pernikahan ke 30. Contoh hadiah bertemakan mutiara : perhiasan, tas hias, pajangan, dll.
35 tahun = karang-- Karang memiliki kerangka sangat keras dan berperan penting dalam kehidupan bawah laut. Pasangan suami istri pun harus memiliki sifat yang tangguh. Mereka berdua adalah pemeran utama kehidupan berumah tangga. Contoh hadiah bertemakan karang yaitu lukisan bawah tanah atau tiket wisata pantai.
40 tahun = ruby --Ruby salah satu batu-batuan berharga berwarna merah. Dalam kehidupan bangsa-bangsa Asia, batu ini termasuk salah satu yang dianggap penting bahkan ada yang mengatakan ruby lebih berharga daripada berlian karena lebih langka. Batu ini melambangkan kesehatan, kesejahteraan, kebijaksanaan dan gairah. Pemberian ruby pada ulang tahun penikahan dimaksudkan agar kehidupan berumah tangga terus diberkahi keberuntungan dan rezeki. Contoh hadiah bertemakan ruby : perhiasan, pernik hadiah, pajangan, dll.
50 tahun = emas-- Emas adalah bahan metal yang paling digemari di seluruh dunia. Ada yang berwarna kuning, putih dan kemerahan. Di banyak adat istiadat, emas adalah lambang keharmonisan. Hampir sama dengan ulang tahun pernikahan ke-25, di Jerman, para suami juga memberikan semacam karangan bunga kepada istrinya. Bedanya, di ulang tahun pernikahan ke 50, karangan bunga ini dibuat dari emas. Inilah kemudian yang menjadi cikal bakal pernikahan emas. Contoh hadiah bertemakan emas : perhiasan, jam tangan, dll.


 __semoga dapat menambah wawasan__


ASAL MULA BUDAYA PERAYAAN HARI ULANG TAHUN PERNIKAHAN:


   Peringatan perayaan hari ulang tahun pernikahan tentu tidak lahir begitu saja. Budaya tersebut berasal dari dunia barat. Pada tahun 1659, John Evelyn menulis buku mengenai pesta ulang tahun pernikahan yang diberi judul “Diary”. Kemudian Samuel Pepys juga menuliskan buku yang serupa, namun fokusnya lebih kepada pesta kawin perak untuk usia pernikahan 25 tahun. Tulisan tersebut lalu dipublikasikan di tahun 1806 oleh Anna Letina Barbauld yang juga menulis tentang pernikahan perak. Tahun 1860 di Inggris dipublikasikan mengenai kawin emas untuk peringatan usia 50 tahun pernikahan. Tahun 1872 pesta kawin intan menyusul bagi pasangan yang telah menikah selama 60 tahun. Sejak itulah ulang tahun pernikahan diperingati oleh segenap masyarakat. Belakangan muncul istilah-istilah yang mengikuti terkait ulang tahun pernikahan mulai dari yang pertama.
1 = kawin kertas
 2 = kawin kapas/mori
 3 = kawin kulit
 4 = kawin buah/buahan/bunga/buku
 5 = kawin kayu/balok
 6 = kawin besi
 7 = kawin tembaga/kuningan
 8 = kawin karet
 9 = kawin gerabah
 10 = kawin aluminium
 11 = kawin baja
 12 = kawin sutera / linen/nilon
 13 = kawin renda
 14 = kawin gading
20 = kawin cina
 25 = kawin perak
 30 = kawin mutiara
 35 = kawin jade/karang/jade
 40 = kawin rubi
 50 = kawin emas
 55 = kawin zamrud
 60 = kawin intan
   Mengingat ulang tahun pernikahan meski tanpa harus membuat pesta perayaan adalah hal yang cukup berguna. Manusia kadang membutuhkan tonggak-tonggak sejarah untuk menghikmati kesyukuran yang sampai di tangannya. Namun alangkah lebih baik jika tanpa harus menunggu ulang tahun pernikahan tiba, setiap kepala mampu membangun keindahan persepsi atas pasangan masing-masing. Ketika hari ini rambut perak mungkin bertebaran di sana sini di kepala, kenangkan bahwa ketika rambut indah berkilau itu telah menemani perjalanan hingga puluhan tahun berikutnya.
   Ketika rasa kesal dan jengkel sempat singgah karena hal-hal kecil dan perbedaan sudut pandang, bahwa dulu kala begitu engkau mendambakan melewati jalan terjal bersamanya dengan segala kemungkinan yang terjadi. Ketika tangan yang lembut kini telah keriput, kenangkan bahwa waktu yang dipinjamkanNya tak kan merubah persepsi kehangatan kasih yang mengaliri kedua telapaknya.  Meski fisik dan rupa beranjak menua, namun rasa dan cinta yang terjaga di tempatnya tak kan mengurangi kemampuan diri untuk terus memuliakannya. Ya, ulang tahun pernikahan adalah sekadar sarana atau media dan seremonial semata. Ia tidak sekadar perlu diperingati, tetapi lebih urgent untuk dihikmati. Karena jauh di lubuk hati terdalam, diperlukan kesungguhan untuk merawat anugerah dan berkah yang dilimpahkanNya yaitu pasangan hidup yang telah dipersandingkanNya untuk kita. Cinta adalah kalori bagi kekuatan hati yang tak pernah habis tercerna melintasi waktu, untuk siapa pun mereka yang mampu menghargai anugerah terindah Sang Maha Cinta itu sendiri.


   Bagi pasangan yang telah bertahun-tahun bersama mungkin hari ulang tahun pernikahan sudah menjadi hal yang biasa. Kebanyakan pasangan tidak lagi merayakannya dengan sesuatu yang spesial seperti di awal tahun pernikahan. Namun sebenarnya merayakan ulang tahun pernikahan memiliki makna yang lebih dari sekedar bertukar kado, dan bisa membuat pernikahan semakin awet. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita yang diceraikan suaminya, 45% dari mereka lupa tanggal ulang tahun pernikahan.
   Tentu Anda tidak ingin berakhir dengan perceraian seperti pasangan-pasangan tersebut bukan? Untuk itu ketahui alasan mengapa merayakan ulang tahun pernikahan menjadi begitu penting dan emosional seperti yang dikutip dari Professors House.
   Alasan utama pentingnya merayakan hari ulang tahun pernikahan adalah karena hari itu merupakan hari yang paling bermakna dalam hidup. Tanpa disadari, hari pernikahan telah menjadi masa transisi. Sejak hari itu, Anda mulai tumbuh bersama sebagai pasangan, mengevaluasi kembali segala sesuatu yang penting mengenai pasangan hidup dan pernikahan. Setelah bertahun-tahun hidup dan menghadapi masalah bersama, Anda dan pasangan jadi lebih mengenal dan mengerti bahwa kehidupan pernikahan buat Anda berdua jadi lebih mengenal toleransi, kompromi, dan kasih sayang. Jadi tak ada salahnya jika Anda merayakan hari ulang tahun untuk 'melihat kebelakang' bahwa Anda dan pasangan telah melalui berbagai masalah dan mampu mengatasinya bersama. Ketika masa pacaran, kebanyakan pasangan tak lupa merayakan tahun 'jadian' mereka secara spesial. Baik dengan makan malam romantis, mengunjungi tempat wisata atau sekedar bertukar kado. Namun ketika menikah, kebiasaan tersebut mulai hilang dan disertai rasa jenuh terhadap pasangan. Oleh karena itu, banyak yang berharap agar perasaan cinta ketika menikah tetap sama seperti di masa pacaran. Untuk mengatasinya, buatlah momen spesial seperti merayakan ulang tahun pernikahan. Perayaan itu bisa menjadi momen spesial untuk mengenang kembali perasaan cinta yang menggebu-gebu seperti awal jumpa. Merayakan ulang tahun pernikahan bersama juga akan memberikan gambaran kepada pasangan menikah lainnya.
   Pasangan-pasangan yang dekat dengan kehidupan Anda juga harus diakui dan diberikan pujian atas komitmen yang telah mereka pegang bertahun-tahun. Contohnya saja, pernikahan orang tua atau bahkan kakek nenek Anda. Anda mungkin tidak pernah tahu masalah apa saja yang telah mereka lalui, namun ketika pasangan tersebut berdiri bersama dan merayakan hari ulang tahun pernikahan mereka, Anda akan melihat mengenai kekuatan cinta, komitmen dan selanjutnya mengajari serta memotivasi Anda untuk tidak cepat menyerah terhadap semua masalah yang Anda alami. Tidak perlu merayakan hari spesial ini secara besar-besaran, namun buatlah momen spesial yang benar-benar bermakna untuk Anda dan pasangan. Seperti makan malam berdua, atau berlibur bersama.


1 tahun--Pernikahan Kertas ; 2 =Cotton; 3 =Kulit; 4=Linen; 5=Kayu; 6=Besi; 7=Lana; 8=Bronze.
9=Clay; 10=Aluminium;11=Baja; 12=Sutra; 13=Lace Wedding;14=Gading;15=Kristal
16=Ivy; 17=Wallflower; 18=  Quartz; 19=Honey suckle; 20=Porcelain; 21=Oak Jubilee;
22 =Copper; 23 =Air; 24 = Granit; 25=Perak; 26 = Roses; 27 = Jet; 28 = Amber; 29 =Garnet.
30 =  Pearl Anniversary; 31=Ebony; 32 = Copper; 33 = Tin; 34 = Poppy; 35 = Coral; 36 =Flint.
37 =Batu; 38 =Jade; 39 = Agate; 40 =Ruby; 41 = Topaz; 42 = Jasper; 43 = Opal; 44 =Turkuoise.
45 = Sapphire; 46 = Ibu Pearl; 47 =Amethyst; 48 = Feldspar; 49 = Zirkon; 50 =Golden Jubilee.
55 =Emerald; 60 = Intan; 65 =Platinum; 70 = Titanium; 80 = Oak Jubilee; 85=Marmer; 90 = Granit    95=  Onyx ;  100 =  Tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar