Rabu, 29 April 2015

Mengapa Perlu Sehat?


Pendahuluan:
   Sebagai orang Kristen kita ingin sehat.  Mengapa?. Karena Kristus telah menebus kita.  Bila Anda membuka 1 Korintus 6:19,20 dikatakan disini: ...."muliakanlah Allah dengan tubuhmu".
   Melalui tubuh, kita dapat belajar mengenal Dia. Rencana Keselamatan mencakup pemulihan gaya hidup sehat, dan memberi kita anugerah untuk memperkembang kebiasaan-kebiasaan hidup yang baik bagi kesehatan.
Pembahasan:
   Iklan sebuah bank berkata: "Disini Anda akan menemukan beberapa keuntungan hidup yang terbesar".  Namun dibagian bawah terdapat tulisan kecil yang memuat banyak persyaratan. Salah satu: "Mengatur uang kita dengan cara bijaksana".  Kesehatan harus kita pandang sebagai suatu Penanaman Modal.  Pandangan Ellen White menyatakan: "Hidup sehat akan diperoleh dengan kebiasaan hidup yang baik dan dapat memberikan bunga yang berlipat ganda.  Kesehatan yang baik merupakan modal yang lebih berharga daripada DEPOSITO di Bank.
   Alkitab---bagaikan sebuah buku rekening yang didalamnya terdapat beberapa keuntungan yang paling besar bagi kehidupan.  Kita dapat bergembira karena jemaat kita telah mengetahui hubungan kesehatan dengan kerohanian sejak tahun 1863.  Meningkatnya minat dunia dewasa ini terhadap kesehatan, memberikan kesempatan khusus kepada kita untuk menarik jiwa kepada Yesus, Pencipta Agung kehidupan dan pemelihara kesehatan fisik dan rohani itu.
   MENGAPA PERLU SEHAT atau MENGAPA ANDA MAU SEHAT?.
   Ada beberapa alasan sbb:
1. Karena kesehatan yang baik membuat hidup lebih menyenangkan.
2. "Apapun yang merusak kesehatan bukan hanya mengurangi kekuatan tubuh melainkan turut melemahkan kuasa mental dan moral.  Kebiasaan buruk yang dimanjakan akan mempersulit seseorang untuk membedakan yang benar dan yang salah sehingga lebih sulit melawan kejahatan.
   Tubuh adalah satu-satunya sarana bagi pikiran dan jiwa untuk mengembangkan tabiat".
                                E.G. White, The Ministry of Healing, hlm.128,130.


   Pada setiap akhir hari penciptaan, Allah melihat pekerjaan-Nya dan menyatakannya baik...tetapi barulah setelah Ia menciptakan Adam dan Hawa. Ia menyatakan bahwa segala yang diciptakan-Nya itu sungguh amat baik adanya (Kejadian 1:31).
   "Mengenai kesehatan Adam dan Hawa" Bergairah dan sehat.  Memang manusia hasil ciptaan tangan Allah itu sempurna dalam segala segi, pikiran dan tubuh".
                          E.G. White, Testimonies fot the Church Jilid IV, hlm.29.
   Kenapa kesehatan Adam dan Hawa itu sempurna?.  Jawabnya ialah, karena Allah telah menunjukkan kebaikan-Nya dengan jalan memberikan makanan mereka :
   Kejadian 1:29 - Segala tanaman berbiji dan segala buah pohon-pohonan yang berkelimpahan...Kecuali--buah satu pohon (Kejadian 2:16,17).
   Kelimpahan seperti itu akan lebih memudahkan mereka menuruti perintah Allah dalam Kejadian 2:16,17 itu.  Oleh sebab itu, ketidak percayaan dan pelanggaran Adam dan Hawa bukannya disebabkan karena mereka kekurangan.  Adanya pohon itu membuktikan bahwa Adam dan Hawa sebagai makhluk yang mempunyai kebebasan.  Mereka boleh memilih mempercayainya atau tidak mempercayainya.
        TETAP SETIA:
   Selama Adam dan Hawa memilih untuk tetap setia kepada hukum-hukum Allah, mereka tetap menikmati kesehatan, kebahagiaan dan hidup yang kekal.  Tetapi Kejadian 3:1-3 menunjukkan ketidak setiaan mereka dan untuk itu diperlukan rencana penebusan.
   Dengan memilih tidak mempercayai Allah, Adam dan Hawa menunjukkan bahwa janji setan lebih menarik bagi mereka daripada hubungan mereka dengan Pencipta mereka.  Disinilah letak kejahatan yang sebenarnya, bukan pada buah pengetahuan baik dan jahat itu.
   PERLUNYA RENCANA PENEBUSAN: Kejadian 3:5 :
* Menunjuk kepada pertikaian diantara pengikut setan (1 Yoh.3:10), dengan Kristus, benih wanita itu (Wahyu 12:7-9; Wahyu 12:1-5; Galatia 3:16,19).
*Pertentangan besar yang dimulai di sorga (Wahyu 12:7-9), dilanjutkan di bumi ini, di mana Kristus kembali mengalahkan setan (Ibr.2:14, dan akan berakhir kelak dengan kebinasaan setan pada akhir Millenium (Wahu 20:10).
*Kini hubungan Adam dan Hawa dengan Allah bergantung kepada iman mereka terhadap  janji datangnya seorang Penyelamat.  Melalui Kristus, setan dan dosa ditaklukkan, dan kepada manusia diberikan kuasa untuk mematuhi hokum alam dan hokum moral Allah yang mengatur kesehatan.


APA AKIBAT DOSA ADAM DAN HAWA TERHADAP KESEHATAN MEREKA?.
   Sejak Adam dan Hawa memilih tidak mempercayai Allah, mereka jadi terpisah dari sumber kesehatan sejati itu.
KESEHATAN MEREKA HANCUR :
   Kejadian 3:16--susah payah dan rasa sakit melahirkan anak.
   Ayat 18 - "Kita dapat berkesimpulan bahwa jumlah dan muru kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan yang diberikan kepada manusia pada mulanya telah sangat merosot sehingga makanan sehari-hari manusia terpaksa sebagian menjadi sayur-sayuran.  Perubahan ini boleh jadi disebabkan tidak adanya lagi unsur tertentu dari pohon kehidupan, perubahan iklim, dan kemungkinan yang terbesar sebagai ganjaran kepada manusia supaya bekerja keras mencari nafkah mereka".
                     SDA Bible Commentary, Jilid 1, hlm.234,25.
   Kejadian 3:19, 22 --Akhirnya manusia pasti menjadi tua dan akhirnya mati.
   Kristus yang berdiam di dalam hati itulah yang menyanggupkan kita mematuhi hukum Allah, yang didalamnya tercakup hukum kesehatan dan juga 10 perintah.  Keselamatan itu sepenuhnya pemberian, Allah mengampuni dosa kita, kemudian mengubah hati kita, lalu memulihkan fisik, mental, dan rohani kita.
   GAYA HIDUP SEHAT:
   Gaya hidup sehat tidak dapat menyelamatkan kita (Galatia 5:4).  Tetapi jika kita benar-benar percaya kepada Kristus, Roh Kudus akan menolong kita untuk menghidupkan kebiasaan hidup sehat yang membuat kita tetap cekatan dan kuat.
   YESUS MEMPERHATIKAN KESEHATAN MANUSIA :
   Dari 35 mujijat yang dicatat dalam buku Injil, 19 diantaranya adalah penyembuhan penyakit/cacat. Matius 4:23,24; 14:35,36; Markus 1:30-34; Mark.1:30-34.
   "Yesus menggunakan lebih banyak waktunya menyembuhkan orang-orang sakit daripada berkhotbah.  Mukjijat-mukjijat-Nya--membuktikan kebenaran kata-kata-Nya, bahwa Ia tidak datang untuk membinasakan tetapi untuk menyelamatkan". E.G. White, The Ministy of Healing, hlm.19.
   Markus 5:25-34 -Satu dari 19 mukjijat kesembuhan dari penyakit.
      -Perempuan yang sudah 12 tahun pendarahan.
      -Ada hubungan iman dan kesehatan.
     - Imanmu telah menyembuhkanmu.
   Yesus menghendaki agar orang banyak mengetahui bahwa bukan jamahan akan pakaiannya itu yang menyembuhkan tubuh wanita itu melainkan IMANNYA.  Mempercayai yang pertama (jamahan yang menyembuhkan) itu  berarti mempercayai takhyul.
   "Prinsip yang menunjang kesehatan 3500 tahun yang silam---tetap membawa hasil yang sama sekarang ini". SDA Bible Commentary Jilid 1, hlm.757.
   "Orang-orang Israel yang baru lepas dari perbudakan--cara hidupnya masih kotor, tidak sehat dan membahayakan, perlu sekali dididik dengan cara ketat di padang belantara sebelum mereka memasuki Kanaan". E.G. White, The Ministry of Healing, hlm.277.




Sumber : Catatan pribadiku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar