Kamis, 23 April 2015

Makanan pada masa Mengandung dan Kanak-kanak.

DIET DURING PREGNANCY AND CHILDHOOD
(Makanan pada masa mengandung dan anak-anak)


Pendahuluan:
   Berbicara mengenai diet waktu mengandung dan masa anak-anak, kita perlu mengetahui hubungan antara ibu dan anak, antara diet serta pertumbuhan fetus(bayi dalam kandungan).  Kita juga perlu mengetahui perkembangan anak-anak mulai dari bayi sampai masa toddler, karena masa-masa inilah yang sangat penting dalam hidup manusia, sebab karakter, intelligence serta kesehatan anak sangat dipengaruhi oleh masa fetus, masa bayi dan mada toddler.
   Masa fetus ialah: masa bayi dalam kandungan; masa bayi: antara 0-2 tahun dan toddler: 1-3 tahun.
   Menurut penyelidikan yang diadakan oleh para ahli ilmu jiwa bahwa dari masa anak-anak dilahirkan sampai dia berumur 4 tahun kita sebagai orang tua dapat mempertinggi/meningkatkan(to raise) I.Q (Intelligence quotion) dari seorang anak.
   Ny. E.G. White menulis: "Banyak orang tua menganggap bahwa masa prenatal itu adalah hal yang kecil pengaruhnya, akan tetapi sorga tidaklah sependapat dengan hal ini.  Pekabaran yang disampaikan oleh malaikat Tuhan, dan dua kali diberikan dalam sifat yang suci, menunjukkan bahwa masa ini memerlukan pikiran kita yang sangat berhati-hati".
                           Counsels on Diet and Food, hlm.217.
Catatan: Masa Prenatal adalah masa sebelum lahir. Periode awal perkembangan manusia yang dimulai ketika ovum(indung telur) wanita dibuahi oleh sperma laki-laki sampai dengan waktu kelahiran seorang individu.  Masa ini pada umumnya berlangsung selama 9 bulan (280 hari) sebelum lahir.
   "Tiap-tiap tetesan minuman keras yang diminum olehnya untuk memuaskan nafsu makan adalah membahayakan kesehatan tubuh, mental serta moral anaknya dan sutu dosa yang langsung terhadap khaliknya".   Ibid, hlm.217.
   "Seorang ibu yang ingin menjadi guru buat anak-anaknya haruslah membangun tabiat dan penyangkalan diri sebelum bayinya dilahirkan, karena dia akan memindahkan nilai yang sama yaitu karakter yang kuat atau yang lemah".  Ibid, hlm.219.


I.DIET PADA MASA PRENATAL DAN MASA MENYUSUI:
 Phisiology:
   Zat-zat makanan dibawak keseluruh tubuh melalui peredaran darah termasuk kedalam uterus (rahim ibu).  Didalam rahim terdapat placenta (uri) yang melekat pada dinding rahim, mempunyai tali yang disebut umbilical cord.  Pada tali tersebut terdapat dua macam peredaran darah yaitu vena dan artery.  Dalam fetus peredaran ini terbalik karena vena yang membawak darah yang bersih sedangkan artery membawa darah yang berisi sisa-sisa pembakaran.  Dari dinding uterus darah yang bersih dibawak melalui vena-umbilicalis ke fetus dan darah yang berisi sisa-sisa pembakaran dibawak kembali melalui artery umbilicalis.  Itu sebabnya hubungan antara ibu dan anak tidak dapat dipisahkan.


PENTINGNYA DIET PADA MASA PRENATAL DAN MENYUSUI:
   Gizi yang baik untuk bayi dimulai jauh sebelum dia dilahirkan.  Pertumbuhan manusia lebih cepat pada masa dalam kandungan daripada masa-masa yang lain.  Kita dapat bayangkan cepatnya pertumbuhan itu yang dimulai hanya kira-kira 1 gram pada masa consepsi (masa pertemuan sperma dengan indung telur) sampai beratnya 3(tiga) kg. pada waktu lahir.   Pertumbuhan ini dapat dicapai karena gizi yang dilengkapi dari peredaran darah ibu.  Sudah barang tentu apa yang dimakan oleh ibu sangat mempengaruhi gizi bayi sebelum lahir.  Apabila kita melihat ibu yang diserang penyakit waktu mengandung atau seorang ibu yang kekurangan makanan waktu tersebut atau kita katakan saja kekurangan vitamin pada masa itu maka sesudah bayi itu dilahirkan lama cepatnya maka keadaan ini dapat dilihat dalam bayinya.
   Karena pertumbuhan bayi yang belum dilahirkan itu sangat cepat maka sudah barang tentu ibu ini sangat memerlukan protein, kalsium, iron(zat besi) serta vitamin-vitamin dengan jumlah yang besar pula.  Apabila keadaan mengizinkan maka ibu ini haruslah meminum susu dengan jumlah yang banyak pula paling sedikit 650 cc sehari, akan tetapi bila tidak mungkin meminum susu sedemikian banyak maka ini dapat diganti dengan kedelai, tahu, tempe dan kacang-kacangan dengan jumlah lebih banyak dari biasa. Sayur-sayuran pun sangat penting artinya terlebih sayuran hijau, buah-buahan dan minyak mentega, karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, ubi dan talas serta macaroni, dll. 
   Karena bayi tersebut memerlukan kalsium untuk pertumbuhan gigi dan tulang maka si ibu perlu meminum kalsium tambahan untuk hal ini. 
   Karena kebutuhan makanan ibu pada masa prenatal tidak jauh bedanya dengan ibu yang sedang menyusui, maka dibawah ini dicantumkan daftar makanan yang perlu untuk ibu pada masa prenatal dan masa menyusui(lactation)


Pregnancy(Mengandung)                        Lactation (Menyusui)
-Kalori             2500 kalori.                      -3000 kalori.
-Protein                85 gr.                               100 gr.
-Kalsium              1,5 gr                                   2 gr.
-Iron(Zat besi)      15 mg.                                15 mg
-Vitamin A       6000 I.U.                            8000 I.U.
-Vitamin B1          1,8 mg.                             2,3 mg.
-Vitamin B6           2,5 mg                             3 mg.
-Vitamin C          100 mg                            150 mg.
-Vitamin D    400-800 I.U.                       400-800 I.U.


II. MAKANAN BAYI
   Makanan yang terbaik untuk bayi adalah susu ibu (Asi) karena susu ini bersih, murah, mudah disediakan, steril, tidak dapat basi dan dapat diberikan dimana saja.  Apabila cukup air susu ibu maka tidak perlu memberikan makanan tambahan selama 2-3 bulan, akan tetapi apabila air susu ibu tidak cukup maka perlu memberikan tambahan, hal ini dapat dilihat dari pertambahan berat badan si anak.  Bagi ibu-ibu yang tidak mungkin untuk menyusui anaknya maka perlu diganti dengan susu sapi, formulanya perlu ditanyakan kepada dokter berapa banyak susu dan air yang ditambahkan dan ada kalanya diberikan tambahan gula pada bayi-bayi tertentu.  Biasanya formulanya 1:40, yaitu tiap-tiap satu dendok makan susu ditambahkan air sebanyak 40 cc.
MAKANAN TAMBAHAN UNTUK BAYI :
   Sering dokter menganjurkan makanan tambahan kepada bayi pada umur apabila berat bayi itu tidak bertambah dan pada bayi-bayi yang ibunya tidak sanggup mencukupi air susu.


CARANYA MEMBERIKAN MAKANAN TAMBAHAN:
   Kebanyakan bayi menjadi marah apabila diberikan makanan sebelum menyusui, jadi untuk beberapa waktu berikan dulu bayi itu minum susu, barulah diberi makan. Apabila dia sudah biasa dengan makanan maka boleh coba memberikan makanan lebih dahulu baru susu. Berikan waktu pada bayi untuk menyesuaikan diri dengan makanan yang baru; untuk waktu yang pertama berikan satu atau dua sendok sekali makan dan teruskan cara ini beberapa hari sampai bayi menunjukkan kesukaannya akan makanan itu.  Apabila bayi sudah biasa dengan makanan prtama dalam 2(dua) minggu maka boleh memberikan makanan yang lain lagi seperti buah-buahan: pisang, apple, nenas diparut, jeruk manis diperas, pepayah dikerok.  Biasanya buah-buahan diberikan pada jam 12 siang dan 4 sore, akan tetapi hal inipun tergantung pada keadaan.  Menurut penyelidikan yang dilakukan oleh para nutritionist yang ditulis pada majalah Health and Home Februari, 1973 di Manila maka pisang mempunyai gizi yang cukup seperti vitamin B,A, C dan mineral-mineral, hidrat arang, itulah sebabnya di Jepang pisang ini dimasukkan sebagai makanan pokok untuk bayi.
   Sayur-sayuran diberikan sesudah dia biasa makan cereal dan bauah-buahan selam 2-4 minggu.  Biadanya dimulai dengan bayam, kangkung, tomat, labu kuning, wortel, beet dan ubi jalar.
   KUNING TELUR :
   Pada umur 6-12 bulan bayi-bayi memerlukan banyak zat besi untuk pembentukan sel-sel darah merah berhubung karena pertumbuhannya yang begitu cepat, maka perlu diberikan kuning telur yang berisi zat-zat tersebut.  Harus dimulai memberikan dengan jumlah yang sedikit karena sering menimbulkan allergic.  Apabila ada anggota keluarga yang allergic terhadap telur maka kita perlu menunggu sampai bulan yang ke 9 (Sembilan).


JUMLAH SUSU DALAM 24 JAM MENURUT BERAT BADAN:


Berat bayi           Umur          Antara jam                Jumlah 24 jam        Jumlah sekali minum
2 1/2-3 kg    Dibawah 1 bln         3 jam                     7-8 kali                         60cc
3 1/2-4 kg            idem             3-4 jam                      5-8 kali                  90-120 cc
4 1/2-5 kg       1-2 bln                  4 jam                         5 kali                        120 cc
5 1/2-6 kg       2-3 bln                  4 jam                      4-5 kali                  150-180 cc
   6 1/2 kg        3-4 bln                 4 jam                          4 kali                        210 cc
   7 kg              4-5 bln.                4 jam                          4 kali                        240 cc
7 1/2 kg.          5 blm keatas        4/6 jam                    3-4 kali                        240 cc


JUMLAH SUSU:
   Dibawah 1 bulan: 90 cc sekali minum.
   1 bulan - 3 bulan : 100-180 cc sekali minum.
   Jangan lebih daripada 240 cc sekali minum.


WAKTU PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN BUAT BAYI:
UMUR                     JAM                    MAKANAN
3/5  bulan                  10 pagi           Bubur susu dan Vit.A/D 5 tetes.
                                  12 siang         Buah-buahan + biscuit.
                                    4 sore           idem
5 1/2 - 6 bulan           10 pagi          Bubur susu + Vit.A/D 6 tetes.
                                  12 siang         Buah-buahan + biscuit.
                                    2 sore.          Nasi tim.
                                    4 sore           Buah-buahan + biscuit.
                                    6 sore.          Nasi Tim + Vit.A/D.


UMUR 10 - 12 BULAN:
   Saat inilah bayi disapih.  Agar tidak menyakiti bayi, seminggu sebelum disapih baiklah bayi itu diberikan menetek/menyusui 1 kali saja, misalnya hanya malam hari, paginya diberikan susu sapi 1 gelas.


III. MAKANAN ANAK USIA 1 TAHUN:
   Makanan anak usia 1 tahun tidak banyak berbeda dengan makanan pada waktu dia berusia kurang dari 1 tahun.  Umumnya makanannya masih  dalam bentuk lunak.  Baik nasi ataupun sayuran dan lauk pauknya seperti tahu, tempe, daging hendaknya dimasak sedemikan rupa hingga pencernaannya tidak terlalu sukar.  Dalam masa ini anak-anak sudah dapat diperkenalkan dengan makanan yang disebut: "finger food" seperti biscuit, makanan yang dapat dipegang. Disamping itu anak mulai dibawa didalam suasana "waktu makan keluarga", yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam.
   Dalam usia ini susu tetap merupakan makanan yang essential bagi anak-anak.  Menjelang usia pertengahan tahun kedua ini, anak-anak dapat mulai diajar minum dari gelas atau cangkir, dan makan dengan sendok.


IV. MAKANAN ANAK DALAM USIA 3 TAHUN:
   Lebih banyak makanan padat yang harus diberikan. Dibuat sedemikan rupa sehingga mudah ia makan dan mudah dipegang dengan jarinya ataupun disendoknya.  Karena anak pada usia ini suka sekali memasukkan jarinya kemulutnya maka makanan yang agak besar potongannya dapat memuaskan dia.  Kesehatan anak pada masa ini masih sangat labil.  Dalam usia-usia ini anak mudah diserang penyakit infeksi seperti: campak, batuk, dll.  Terlebih bila gizi anak itu tidak begitu baik.
   Protein perlu diperbanyak dan sayur-sayuran serta buah-buahan dan vitamin yang terdapat pada pisang, wortel, susu, daging dan ikan serta protein lainnya.


Sumber:  Catatanku dari Universitas Advent Indonesia 1971.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar