Jumat, 17 Januari 2020

1. KASIH


PEMBINAAN WATAK

   Pendahuluan:
   Pembinaan Watak sangat penting, karena sebagai murid Kristus harus mempunyai watak yang menyerupai Kristus.  Pendalaman Alkitab ini adalah bertujuan untuk menolong kita mempelajari, menghayati dan memiliki watak yang benar sebagai seorang murid Kristus.  Setiap anggota Kelompok Pendalaman Alkitab kiranya dapat dibangun dan berakar di dalam kebenaran-kebenaran Kristus, dan bukan hanya sekedar hadir dan mengikuti KPA untuk menyelesaikan bahan pelajaran saja.

   Agar tujuan benar-benar tercapai, mari kita usahakan dan gumulkan dengan sungguh-sungguh sebagaimana Rasul Paulus katakan: “supaya tiap orang sampai kepada kesempurnaan dalam Kristus” (Kol.1:28,29). 
   Kiranya kasih karunia Allah menyertai kita dalam menuju kesempurnaan dan kemuliaan-Nya.

PELAJARAN 1:  KASIH.

A.  TUJUAN.
   Anggota mengenal kasih dan mewujukan kasih, mengasihi Tuhan dan sesama (saling mengasihi).
B.  Evaluasi.
   Evaluasi keadaan masing-masing, bagaimana hubungan dengan Tuhan, orang tua/keluarga, teman-teman, dan orang-orang lain di sekitar kita.  Sharingkan hal itu.
C.  Pemahaman Alkitab.
        Ada beberapa fakta mengenai kasih menurut Alkitab, yaitu:
1.  Allah adalah Kasih (Yoh.4:7-21).  Identitas kasih Allah adalah kasih yang menyelamatkan.  Kasih-Nya telah dinyatakan dalam diri Tuhan Yesus Kristus (Yoh.3:16).
  Dan kasih itu dinyatakan dalam seluruh eksistensi hidup-Nya, yaitu hati, perasaan, pikiran, akal budi dan seluruh perilaku hidup Yesus.
2.  Allah mengasihi manusia dan memberikan hukum kasih kepada manusia sebagai hukum yang terutama (Mrk.12:28-34).  Kasih juga merupakan buah Roh Kudus yang utama (Galatia 5:22). Dan diantara iman, pengharapan dan kasih, yang terbesar adalah kasih (1 Kor.13:13).
3.  Sumber kasih adalah dari Allah (Yoh.4:7).  Kasih itu ditujukan untuk objek kasih.  Objek kasih Allah adalah manusia, dan objek kasih manusia adalah Allah dan sesamanya.  Jadi ada timbal balik, dengan kata lain, saling mengasihi.
4.  Ciri seorang murid Kristus adalah saling mengasihi (Yoh.13:34,35). Dan kasih Allah akan sempurna didalam kita kalau kita saling mengasihi (1 Yoh.4:12).
-Berdasarkan beberapa fakta-fakta tersebut, kita selidiki lebih lanjut kebenaran firman Tuhan dalam 1 Yoh.4:7-21:
1. Kebenaran Allah dalam hal kasih (ayat 7-12).
      Selidiki dalam tiap ayat, apa yang dikatakan mengenai Allah dan kasih?. Selidiki apa tujuan Allah mengasihi?. Bagaimana/cara Allah mengasihi?.

2. Perintah untuk saling mengasihi (ayat 7-16).
    -Apa dasarnya?.  Ayat-ayat mana yang menjelaskan hal itu?. Apa hubungan antara perintah saling mengasihi dengan persekutuan didalam Allah (ayat 12,16).  Mengapa demikian?.

3. Penerapan Pribadi.
    Bukti kasih (ayat 17-21).
    Mudah sekali berteori tentang kasih. Tetapi kasih, baru kasih kalau ada wujudnya. Apa buktinya kita mengasihi Allah menurut ayat-ayat ini?.

4.Apa yang Tuhan inginkan dalam hidup anda?.
   Apakah hal-hal yang menghalangi anda untuk mengasihi?
   Bagaimana cara anda mengasihi Allah dengan sungguh-sungguh?.
   Apa yang dapat anda lakukan sebagai tindakan berdasarkan kasih?.
D. Proyek Ketaatan.
-Mengasihi seseorang sebagai dasar untuk P.A. (pilih seorang dari anggota keluarga, teman atau yang lain) dengan memberi perhatian dalam berbagai bentuk (mis.menelepon, mengunjungi, dll).
-Membina kasih (saling mengasihi diantara anggota KPA) dengan memperhatikan keadaan dan kepentingan anggota yang lain selain kepentingan diri sendiri.
E. Doa bersama.
  1. Mengucap syukur atas terbentuknya KPA.
  2. Masing-masing anggota secara terbuka, mengutarakan pergumulan yang sedang dihadapi, untuk didoakan secara bergiliran.
  3. Mendoakan, agar dengan pertolongan Tuhan KPA  dapat sungguh-sungguh dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar