Rabu, 15 Januari 2020

MENJADI MURID YANG BERKEMBANG.


Pendahuluan:

   Matius 28:19,20.
   Salah satu tujuan (Tugas) utama gereja ialah: Membawa pria/wanita kepada pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus, yakni: untuk menjadikan semua bangsa murid Kristus yang berkembang.
   Menurut ayat ini—wilayah tugasnya ialah: SELURUH DUNIA INI, sedangkan tugas ini disebut sebagai PERINTAH AGUNG dari Tuhan kita Yesus Kristus.
   Matius 28:19 “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku!”. Kata-kata yang di ucapkan oleh Yesus ini telah memulai suatu gerakan yang telah mengubah dunia.

   Selama 3 tahun Yesus telah mencurahkan hidup-Nya untuk memberi teladan kepada beberapa orang biasa yang sederhana—karena itu adalah murid-murid-Nya.  Mereka bersama-sama dengan Yesus ketika Ia menenangkan laut,...Memberi makan ribuan orang dengan makanan siang yang dibawa oleh seorang anak laki-laki; Membangkitkan orang yang sudah mati, dan kemudian Ia sendiri bangkit dari antara orang mati.
   Yesus berkata kepada para murid-Nya itu bahwa mereka akan melakukan hal-hal yang lebih besar lagi.
   Dan sementara Yesus meninggalkan mereka dengan kata-kata itu, mereka siap untuk bergerak!. Dengan kuasa Roh Kudus, murid-murid telah menyembuhkan orang sakit, memberi hidup kepada orang-orang yang sudah mati, dan telah menggemparkan seluruh dunia, sehingga mereka didalam Kisah 17:6 dituduh sebagai orang-orang yang telah “mengacaukan seluruh dunia”.

   Body:
   Saudara-saudaraku, para pengikut Yesus yang mula-mula dahulu, yakni murid-murid-Nya adalah orang-orang yang aktif dan penuh semangat melaksanakan perintah agung tersebut.
   Namun, ratusan tahun telah berlalu, dan gerakan itu pun terus maju.  Sekarang kita hidup dalam abad 20. Apakah yang harus kita lakukan sebagai murid-murid-Nya abad ke 20 ini?.

   Seorang Atheis terkemuka pernah mengatakan pernyataannya kepada seorang Kristen sbb: “Jika kamu orang Kristen ingin menunjukkan kepada kami bahwa Allah telah menebus kamu, sebaiknya kamu mulai bertindak seperti orang-orang yang telah ditebus”.
   Bagaimana bertindak seperti orang-orang yang telah ditebus, teristimewa di dunia kita yang penuh dengan penyakit dosa dan sudah meningkat kejahatannya ini?.
   Bertindak seperti orang-orang yang telah ditebus disini artinya bahwa:
1.  Kita harus bertindak seperti murid-murid-Nya yang mula-mula.
2.  Allah memanggil kita agar menjadi murid yang berkembang, Allah memanggil kita kepada pelayanan pemuridan.
3.  Menjadi murid Kristus yang turut mengambil bagian dalam melaksanakan perintah agung Yesus Kristus.
4.  Menjadi murid Yesus yang mau memenuhi keinginan Allah.
   Tuhan kita berkata kepada ke 11 murid-Nya, “Pergilah keseluruh dunia dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku”.
   Satu-satunya penjelasan yang masuk akal untuk perintah itu ialah: Bahwa Tuhan kita tidak mengharapkan ke 11 murid-Nya untuk melaksanakan tugas itu sendiri.
   Jelaslah bahwa Ia mengharapkan Roh Kudus melaksanakan tugas ini melalui PEMURIDAN.
   Arti Pemuridan: KITA MENJADI MURID---Memuridkan orang-orang yang pada gilirannya akan memuridkan orang-orang lain pula bagi Juruselamat kita.  Allah akan melaksanakan perintah agung ini dengan perantaraan orang-orang seperti Anda dan saya!.  Orang Kristen adalah satu-satunya orang yang membawa suntikan untuk penyeakit dosa dan Allah ingin memakai hidup anak-anak-Nya/murid-murid-Nya untuk mengubah masyarakat.

   Sebagai seorang murid, kita harus mau memenuhi panggilan Allah yakni kepada pelayanan pemuridan, dan ikut terlibat dalam tugas ini adalah sungguh-sungguh merupakan hak istimewa bagi saudara dan saya.
   Apakah keuntungan yang diperoleh bila bersedia menyambut panggilan kepada pelayanan pemuridan?.
1.  Bahwa Ia dapat menembangkan watak pribadi yang kuat dan dinamis secara efektif.  Pada waktu seseorang menyambut panggilan ini, ia akan berkembang sebagai seorang murid dan mulai memuridkan orang-orang lain, kemudian terjadilah perkembangan watak pribadinya.  Perkembangan watak yang terjadi dalam hidup seorang murid akan mempengaruhi dan menguntungkan hal-hal seperti mata pencahariannya dan juga banyak bidang lain dalam kehidupannya.(Yakni: Unsur yang terpenting untuk mencapai sukses dalam kehidupan}.
2.  KEUNTUNGAN KEDUA:  Bertumbuh menjadi seorang pribadi yang mempunyai keinginan untuk menyenangkan Allah.  Salah satu kekuatan terbesar yang dihadapi oleh orang percaya dewasa ini ialah TEKANAN LINGKUNGAN.  Misalnya: Tekanan dari tetangga atau teman yang dapat menyebabkan dia kehilangan identitasnya.  Ada juga tekanan untuk melakukan apa yang dilakukan oleh kelompok dan pergi ke tempat mereka pergi; atau kalau tidak, ia menghadapi risiko menjadi orang luar/orang yang terasing dari kelompok tersebut.  Pada waktu seorang murid tumbuh dalam hubungannya dengan Kristus, Ia mempunyai kesempatan untuk dibebaskan dari segala tekanan lingkungan ini.  Untuk mendapatkan kepuasan, ia tidak lagi memandang kepada sekelompok teman—melainkan ia memandang kepada Kristus untuk memperoleh damai dan kepuasan yang diberikan-Nya.  Kenyataan ini memungkinkan dia untuk benar-benar hidup sebagai seorang PRIBADI.  Ia tidak usah menjadi serupa dengan orang-orang disekelilingnya, karena ia hidup bagi Yesus dan bukan bagi mereka.  Ia menjadi seorang pribadi yang mempunyai keinginan untuk menyenangkan Allah.
3.  BERKEMBANG SEBAGAI PEMIMPIN.
   Setidak-tidaknya ada 2 macam pemimpin :
a.   PEMIMPIN KARENA KEDUDUKAN:
   Contohnya:
-      Orang yang telah lulus dari Universitas dan mempunyai pangkat Letda didalam Angkatan Darat.  Setelah lulus, ia mengikuti program latihan selama 2 bulan dan segera setelah itu diserahi tugas memimpin satu peleton.  Orang-orang dalam peleton itu wajib mengikut pemimpin muda itu karena kedudukannya.
b.  PEMIMPIN KARENA PENGARUH.
   Contoh: Yesus.
   Orang mengikut Yesus karena kepribadian, karena perangai-Nya.  Orang mengikut Yesus atas pilihan sendiri.  Ia adalah seorang pemimpin karena PENGARUH.
4.  BERTAMBAH-TAMBAH DALAM HIKMAT.
   Sementara seseorang berkembang sebagai murid, Ia mengembangkan hubungannya dengan Allah dan semakin mengenal Alkitab pengetahuannya akan Alkitab semakin bertambah sehingga ia tidak hanya sekadar dikuasai oleh pancainderanya saja, karena ia memiliki dasar yang baru untuk mengambil keputusan.
   HIKMAT ALLAH:
   Apabila orang mengambil keputusan yang mutlak, ia mempunyai keyakinan bahwa keputusan yang telah diambilnya itu benar.  Keyakinan ini memberikan kepadanya TUJUAN dan Harga diri.
5.  SIKAPNYA SECARA KESELURUHAN LAMBAT LAUN BERUBAH DARI SIKAP NEGATIF KPD.SIKAP POSITIF.
   Sementara seorang murid belajar untuk menyandarkan diri pada Firman Allah dan tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh pengalaman negatif yang ada disekelilingnya, sikapnya secara keseluruhan lambat laun berubah dari sikap negatif ke sikap positif.  Ini adalah karena Firman Allah bersifat positif.
   Orang yang hidupnya dipimpin oleh Roh Kudus tidak dihantui oleh kekwatiran, kerisauan atau kemurungan yang terus menerus, karena ia telah menyerahkan hidupnya kepada Tuhan dan sekarang segala masalahnya menjadi masalah Tuhan.
   Hal ini dapat benar-benar menambah umurnya, dan pada saat yang sama juga, menjadikan tahun-tahun tambahan itu tahun-tahun yang lebih sehat.
    Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa keadaan mental seseorang dapat mempengaruhi tubuh jasmaninya.  Kerisauan menimbulan penyakit kulit dan serangan jantung, sedangkan kekuatiran menimbulkan sakit kepala dan banyak gangguan lain yang parah.  Karena itu, sementara seseorang berkembang sebagai MURID, sikapnya yang baru akan menjadi suatu kekuatan yang positif yang dapat benar-benar memperpanjang umurnya dan memperbaiki mutu kehidupannya.
   KESIMPULAN:
   Saudara2ku yang kekasih,...Keterlibatan kita dalam pelayanan pemuridan akan memberi kesempatan bagi kita untuk mengambil bagian dalam mengubah masyarakat, yaitu dengan melaksanakan perintah Agung dan pada saat yang sama juga kita akan mengalami perkembangan perangai/watak pribadi yang semakin menyerupai Kristus.  Dalam kehidupan ini. Seseorang mungkin dapat melibatkan diri dalam banyak hal yang dapat memberikan kepadanya kepuasan pribadi sampai taraf tertemtu.
   Tetapi, tidak ada sesuatu yang lain yang dapat menyamai KEPUASAN PRIBADI yang diperoleh dari keterlibatan dalam pelayanan PEMURIDAN.
   Keputusan untuk melibatkan diri dalam pelayanan pemuridan ini mungkin adalah merupakan salah satu keputusan terpenting yang akan anda ambil pada saat ini.
   Dapatkah Anda menyebutkan bidang lain dimana anda dapat mencurahkan waktu anda untuk pelayanan pekerjaan Tuhan?.

                                     ===o===


Tidak ada komentar:

Posting Komentar