Kamis, 16 Januari 2020

TINGGAL DENGAN YESUS.


Pendahuluan:
   Selamat Hari Sabat, saudara2ku...
   Hari sabat yang suci ini adalah merupakan hari persekutuan umat Tuhan (Umat MAHK beribadah saat ini di seluruh dunia).
   Tahun 1870 hanya ada 1 orang saja diantara 250.552.
   Tetapi sekarang ini, dalam setiap satu hari, ada 2057 orang Advent yang dibaptiskan.  Setiap hari ada 4-5 gereja yang di organiser.  Tahun 1972 – Missionary modern telah dimulai ke benua lain.
   Illustrasi:
   Ada seorang missionary yang dikirim ke India: William Carey.
   Ia adalah seorang yang mengharapkan perkara-perkara besar dari Allah.  Ia mempunyai misi ke India. Dia disebut sebagai Bapa Missionary modern.  Di India, ia telah mendirikan percetakan, terjemahkan Alkitab ke dalam 20 bahasa India.

   Siapakah William Carey?. Apakah seorang doktor? Pastor?.
   Ia adalah seorang tukang sol sepatu.  Dibelakang sol sepatunya ada tulisan: “Saya memperbaiki sepatu untuk membayar biaya-biaya kehidupan. Tapi menarik jiwa-jiwa adalah pekerjaanku”.
   Saudara-saudaraku yang kekasih...
   Perkara-perkara besar dapat dibuat oleh kaum awam.  Kalau semua anggota berpartisipasi, barulah pekerjaan ini dapat diselesaikan.
   Tidak peduli apa yang menjadi pekerjaan saudara, tapi kita lakukan semua pekerjaan kita  untuk membayar kehidupan, tetapi “ MENARIK JIWA ADALAH PEKERJAANKU”. (Ucapkan sama-sama sebanyak 2x).

   Saudara2ku,...
   Kita mengharapkan pekerjaan yang besar.  Program yang akan dilaksanakan diwaktu mendatang bukan hanya melalui KKR seperti yang biasa selama ini kita adakan.  Di Amerika Utara telah menggunakan NET 96—dengan 40 bahasa.  Mark Finley –bila berkhotbah, ada 14 negara ikut berpartisipasi.
   Sekarang kita bekerja dengan Net 98 yang dapat siarkan 70 bahasa termasuk bahasa Indonesia.  Organisasi kita akan berencana membuat KKR Internasional melalui satelit dan mau dimasukkan melalui SCTV.  Ini disebut dengan Program Evangelisasi Satelit).  Januari 99 – akan disebarkan melalui 400 bahasa.  Dengan program satelit di U.S.A. Fritz Henry, seorang awam yang memiliki perusahaan dan senang menarik jiwa.  Tuhan telah memberkatinya dengan 16.000 jiwa.  Siapakah dia ini?.  SEORANG AWAM.
   Program ini tidak akan berhasil kalau tidak ada KERJASAMA.
Saudara2ku yang kekasih,...
   Alkitab ini memberi pertanyaan : Baca Yesaya 6:8—Jawab Yesaya.  Apakah rahasia daripada Yesaya?. Bagaimana sampai ia memberi sambutan yang positip?.  Rupanya ia baru bertemu dengan Allah.
   Kita baca ayat sebelumnya.  Dia memandang kemuliaan Allah.
   Baca Yesaya 6:5 –Celakalah aku!.
Saudara2ku,...
   Seorang yang telah memandang Allah dan mengenal Allah—
Sambutannya ialah: INI AKU, UTUSLAH AKU!.
   Apabila kita telah menemukan Allah (Yesus) didalam diri kita—maka tidak lain dan tidak bukan, kita akan jawab: Disinilah aku.

   ANDREAS—adalah seorang yang mencari kebenaran.  Ia telah menjadi murid Yohanes.  Andreas berjalan dari Betsaida 24 jam perjalanan untuk dengan khotbah Yohanes.  Dia adalah seorang yang mencari kebenaran.  Suatu saat dia mendengar Yohanes berkata (dalam Yoh.1:29 “Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia”.
   Kemudian dia lihat seorang yang berumur 32 tahun. Baca Yohanes 1:37.  Ayat 38-39—Tetapi Yesus menoleh kebelakang, dst... 
   Kata : “Marilah” (datanglah) adalah kata kunci dalam Kekristenan (P.L. dan P.B).
   Kepada Zakheus, Yakobus, Petrus dan Andreas dan kepada kita sendiri, Yesus berkata: “Marilah, hai kamu yang menanggung beban berat, Aku akan memberi sentosa kepadamu”.
   Ada sebanyak 642 x kata “Marilah” disebut dalam Alkitab.
   Apakah ada beban dan masalah yang Anda alami karena banjir?.  Alkitab berkata: “Marilah...Yesus tetap memanggil: “Marilah!.  Yesus rindu mengurangi beban kita masing-masing.
   Dikatakan tadi dalam Yohanes 1:38..”Maka mereka pun datang dan melihat dimana Yesus tinggal, dan mereka tinggal bersama-sama dengan Dia”.  Waktu itu kira-kira jam 4.  Mereka tinggal bersama-sama dengan Dia (Yesus).
   Saudara2ku,..
   Hanya mereka yang tinggal dengan Yesus dan yang mengenal cinta Yesus yang akan mengalami kebahagiaan.
   Yesus ---adalah sumber KEBAHAGIAAN.  Kalau kita datang kepada-Nya, kita akan bahagia.
   Kata “TINGGAL” (ay.39)...menyebabkan kuasa yang besar dalam kita.  Yang berikut: “PERGILAH”..(Kata yang berakhiran “LAH”)...Marilah, Tinggallah, Pergilah !.
   Apa yang terjadi sesudah Andreas tinggal dengan Yesus?.
   Andreas pun pergi menceritakan-Nya kepada Simon Petrus.
   Yohanes 1:40 “Kami telah menemukan Mesias”(artinya Kristus).
   Inilah yang kita harapkan untuk kita lakukan.  Kita berbahagia karena telah menemukan Yesus, tetapi apakah reaksi kita setelah itu?. Apakah kita Pergi?.
   ADA BEBERAPA LANGKAH YANG PERLU KITA LAKUKAN:
1.  Mengabarkan tentang kasih Yesus kepada yang terdekat (orang yang terdekat). Andreas tidak lupa pergi kepada saudaranya sendiri.  Kita lupa kepada saudara kita sendiri, kita pergi kepada yang lain.  Ilustrasi:  Pada suatu kali ada orang KEHILANGAN DOMPET. Dia pergi ke jalan. Orang bertanya: dimana hilangnya?. Jawabnya: Di rumah, tapi dicarinya di jalan (Karena di rumah gelap).
2.  NUH BANGUN BATERA.  Untuk siapa dia bangun?.  Baca Ibrani 11:7—KELUARGANYA!.
   Saudara2ku,...
   Tugas kita yang utama: Untuk menyelamatkan anggota keluarga kita sendiri.  Saya yakin bahwa saudara2 telah berhasil melakukan hal ini.  Dan inilah yang telah dibuat oleh Andreas.  Mungkin saudara2 berkata: Oh, saya ini tidak sanggup?/
   Dalam Yohanes 6—Yesus berkata kepada murid2-Nya mengenai KRISIS  yang sedang mereka hadapi.  Saat itu ada 5000 yang kelaparan.  Kita baca Yohanes 6:7...
   “Roti seharga 200 dinar tidak cukup” (Gaji 8 bulan untuk kasi mereka itu semua makan).  Bagaimana jalan keluar terhadap krisis itu?.  SIAPA YANG DATANG?. Jawab: Andreas (Yoh.6:9).
   Andreas berkata: Disini ada 5 ketul roti dan 2 ikan.
   PERTANYAAN SAYA: Mengapa Andreas bisa tahu, ada roti dan ikan?.  Ternyata dia mempunyai Public Relation yang baik, pengaruh yang memiliki potensi pada anak2 sekalipun—untuk membuat mujizat dalam pekerjaan Tuhan.
Ilustrasi:
   Di KUBA—ada seorang anak bernama: PEDRO (Anak pendeta kita berumur 5 tahun). Disana umur 5 tahun sudah siap sekolah. Ayahnya setiap pagi berdoa: Tuhan, kiranya PEDRO bisa jadi saksi di sekolah.  Pada suatu kali, ada murid2 yang ribut dan guru sulit menyuruh mereka supaya diam. Anak itu berkata: “Bu guru,...bagaimana kalau kita berdoa?.  Pedro pun berdoa, dan keributan pun berhenti.
   Kemudian ibu guru berkata:
1.  Anak macam apa ini?.
2.  Bapamu siapa? Jawab: Guru Injil.  Boleh aku belajar?.
  Akhirnya: Ibu guru dan 5 orang saudara2nya di baptis.  Luar biasa. Dia seorang yang berpengaruh.
   Mari kita baca Yoh.12:20-22—Pengalaman dari orang2 Yunani yang mencari Yesus.
   Mengapa orang Yunani pergi kepada Pilipus?.  Kemudian orang2 Yunani dibawa lagi kepada Andreas dan Andreas dan Pilipus pun menyampaikannya pula kepada Yesus.
   Banyak orang yang bisa menjadi perantara (Batu loncatan untuk memperkenalkan mereka kepada Yesus).
   Saudara2ku yang kekasih,...
   Kita juga bisa memenangkan jiwa seperti Andreas.
   Dalam Yoh.1:40 dan Yoh.6:8—Untuk setiap kata Andreas, selalu ditulis: “Andreas saudara Simon Petrus”.
   ARTINYA: Bahwa dia bukan Evengelis ternama seperti Petrus, tetapi dia adalah orang yang menarik Petrus.

KONKLUSI:
   Kita jangan meremehkan pekerjaan Roh Kudus kepada saudara-saudara kita!.  Mengapa kita tidak sampaikan?.  Ada yang berkata dalam hatinya: “Mana mungkin mereka terima kita”?.
   Saudara2ku,..Kita jangan remehkan pekerjaan Roh Kudus!.
   Dalam D.A. 142 “Tuhan dapat selamatkan manusia tanpa pertolongan kita..tetapi Tuhan menghendaki supaya masing-masing merasa sukacita didalam penarikan jiwa.
   Kita memerlukan lebih banyak berperan serta.
   Yesus bertanya: “Siapakah yang mau kusuruhkan?
   Respons: Ini aku, utuslah aku!,
   Kalau orang tinggal dalam Kristus, sambutannya adalah: PERGI.  Jika ini merupakan kerinduan saudara,...mari kita berdoa.
                            ==0==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar