Sabtu, 18 Januari 2020

3. DISIPLIN


PELAJARAN 3- DISIPLIN.

A.  Tujuan
Anggota mengenal kehidupan disiplin dan menjadi murid Kristus yang disiplin.
B.  Evaluasi

-Ayat hafalan
-Proyek yang lalu, khususnya pengalaman ketaatan sikap rendah hati.
      C. Pemahaman Alkitab.
        Ada bermacam-macam kedisiplinan, seperti: disiplin belajar, disiplin dalam menjalankan tugas, disiplin sebagai olahragawan dan sebagainya.  Pengertian disiplin mengandung unsur: tertib, teratur, sungguh-sungguh, taat, menguasai diri.  Semua itu untuk  menunjang suatu hasil yang baik dan sempurna.
   Demikian pula dalam kehidupan iman Kristen, khususnya dalam kehidupan seorang murid Kristus harus disiplin.
   Tanpa kedisiplinan kita tidak dapat bertumbuh dan melayani Tuhan dengan baik. Bahkan dapat jadi batu sandungan.
   Ada beberapa pengertian menurut konteks Alkitab yang harus dimengerti mengenai kedisiplinan, yaitu:
·        Disiplin dalam hal menguasai diri (1 Kor.9:26-27); Gal.5:22-23; 2 Pet.1:5-6).  Penguasaan diri yang dimaksud adalah menguasai keinginan tubuh yang bertentangan dengan kehendak Tuhan yang dinyatakan dalam Firman-Nya.  Dengan adanya disiplin dalam penguasaan diri, kita dapat semakin maju dalam pertumbuhan iman, dan dalam melayani Tuhan.
·        Disiplin dalam hal menunjukkan kesungguhan (Ibr.6:11,12; 2 Petr.1:10). Kesungguhan yang dimaksud adalah kesungguhan dalam iman, dalam mentaati Firman Tuhan, dalam pelayanan, dan dalam pekerjaan Tuhan, tidak menjadi lamban.
·        Disiplin dalam hal ketertiban, teratur, dan ketekunan (1 Kor.14:40; Kol.2:5; Kis.2:42,46; 13:43).
   Sesuai dengan arti kata dalam ayat-ayat tersebut, disiplin disini dimengerti dalam hal tertib dan teratur dan berlangsung terus menerus (secara tekun). Disiplin dalam pengertian ini menunjang atau erat hubungannya dengan pengertian disiplin sebelumnya.
   Jika disimpulkan, pengertian disiplin menurut Alkitab adalah sungguh-sungguh dalam kehidupan Kristen (doa, Firman Tuhan, bersaksi dan hidup dalam kebenaran). Secara praktis bagaimana melatih hidup yang disiplin?.
Selidiki: 2 Timootius 2:1-7.
1.  Dalam ayat 1, ditegaskan supaya menjadi kuat oleh kasih karunia Kristus. Menjadi kuat dalam hal apa?.
2.  Ayat 2 sangat tepat bagi kehidupan murid Kristus,  pelajari pula artinya “percayakanlah” dan bagaimana hal ini mungkin dilaksanakan? (hubungkan dengan kedisiplinan).
3.  Pada ayat 3-7, tugas mempercayakan diri dapat disamakan dengan seorang prajurit, seorang olahragawan, dan seorang petani. Satu persatu dalam ayat-ayat ini dijelaskan  sebagai contoh kedisiplinan. Sedikit ciri-ciri kedisiplinan yang ada pada mereka dan bahaslah ciri-ciri tersebut.
Penerapan pribadi:
4.  Berdasarkan janji Tuhan, bahwa Ia akan memberi pengertian (ayat 7). Secara khusus, pengertian yang mana Tuhan kehendaki dalam kehidupan pribadi anda, sebagai murid yang disiplin?.  Apa saja yang menjadi kekurangan dan yang harus diperbaiki?.
D.Proyek Ketaatan.
-Terapkan dan wujudkan sikap & sifat disiplin dalam penguasaan diri khususnya penguasaan keinginan tubuh (malas, kenikmatan tubuh, dsb).
-Terapkan dan laksanakan sikap & sifat disiplin dalam membina orang lain, pilih satu teman untuk dibimbing atau dipercayakan mengenai kehidupan Kristen (pembinaan kehidupan Kristen dasar, pemuridan dan seterusnya).
-Terapkan dan kembangkan sikap & sifat disiplin dalam saat penunggu pagi, penghafalan ayat, PA, doa, KPA, studi, pekerjaan, ke gereja/persekutuan kemudian evaluasi hasilnya.

E.Untuk dilakukan minggu ini
1. Ayat hafalan:..........................
2.Proyek ketaatan:.....................
3.Pelajaran berikut dipersiapkan pada hari:............
4.Pemimpin pertemuan berikutnya.

E.Doa bersama.

-Mendoakan orang-orang yang dipilih dalam proyek supaya sesuai dengan pilihan Tuhan.
-Mendoakan kedisiplinan masing-masing anggota KPA, dengan lebih dahulu mengakui kekurangannya (sebutkan dalam hal apa saja kurang disiplin).
-Mendoakan tetap berlangsungnya proyek-proyek dalam pelajaran 1,2 dan 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar