Selasa, 02 Juni 2015

Keterlambatan

 
Syah Iran Mohammad Reza Pahlevi, Lahir di Teheran, Iran 26 Oktober 1914 dan meninggal di Kairo, Mesir, 27 Juli 1980.  Dia adalah seorang Kaisar Iran dari sejak tahun 1991 - 1979.  Pernah menceraikan :
1. Putri Fawzia- dari Mesir yang melahirkan putri Syahnaz.
2. Putri Soraya - Tapi tidak melahirkan anak.
   Tetapi ia kawin lagi dengan Farah Diba, seorang mahasiswi dari Prancis.  Mengawininya untuk mengharapkan putera mahkota yang akan melanjutkan kerajaan.  Pada mulanya ia perlu mengadakan penyesuaian dengan keadaan istana.  "Kupikir,..kalau aku terlambat 15 menit untuk menghadiri sesuatu upacara, apa salahnya?," katanya kepada Syah Iran.  Namun Syah mengatakan: "Saya tidak mau terlambat".
   Pada suatu upacara penting kerajaan, dimana dia terlambat datang 10 menit dari waktu yang ditentukan.  Dalam hal ini Syah mencela dia.  "Terlambat 10 menit, apa salahnya", kata isterinya membela diri.
   Syah menjawab: "Itu berarti, kamu membiarkan lebih kurang 100 orang lainnya harus berdiri menunggu kedatanganmu".  Jangan biarkan mereka tersiksa sedemikian.

   Farah Diba sang isteri berkata: "Aku mengerti keinginan Syah. Akan ku usahakan bahwa LAIN KALI aku tidak akan TERLAMBAT LAGI".

                  Warnasari No.22, Nov.1980 hlm.184.

Catatanku, 04 Mei 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar