Jumat, 10 April 2020

Pel.Alkitab (SS), 04 April 2020


Pelajaran Alkitab: Trw II, 04 April 2020.
KEUNIKAN ALKITAB
BAGAIMANA CARA MENAFSIRKAN ALKITAB
1.  KEUNIKAN ALKITAB.
1. Alkitab terdiri dari 66 buku, dan ditulis lebih dari 1.500 tahun di tiga benua (Asia, Afrika [Mesir], dan Eropa) oleh lebih dari empat puluh penulis, Alkitab itu unik. Tidak ada buku lain, sakral atau religius, seperti itu. Dan tidak heran.
Bagaimanapun, itu adalah Firman Tuhan.
Ada lebih dari 24.600 manuskrip Perjanjian Baru yang masih ada dari empat abad pertama setelah Kristus. Dari naskah asli Plato, ada tujuh, Herodotus ada delapan, dan Homer's Iliad sedikit lebih banyak yaitu 263 salinan yang masih ada.
Oleh karena itu, kita memiliki bukti yang kuat tentang integritas teks Perjanjian Baru. — Panduan Pelajaran Alkitab Sekolah Sabat Dewasa * untuk Sabat, 28 Maret.
2. Mengapa ada begitu banyak manuskrip Perjanjian Baru dibanding daripada dokumen kuno terkenal lainnya?
Alkitab adalah buku pertama yang diketahui diterjemahkan, buku pertama di Barat yang diterbitkan oleh percetakan, dan buku pertama yang didistribusikan secara luas ke dalam begitu banyak bahasa sehingga dapat dibaca oleh 95 persen penduduk bumi saat ini. —Pemandu Pelajaran Alkitab Sekolah Sabat Dewasa * untuk Sabbat, 28 Maret. [Bagaimana dengan 5% lainnya?]
3. Alkitab luar biasa dalam isinya dan pekabarannya. Allah yang sama yang telah mengilhami para nabi dan para rasul untuk menulis Alkitab masih aktif di zaman kita dalam penggenapan nubuatan2 dan ajaran Alkitab. (2 Timotius 3: 16-17; Yohanes 14: 16-17; Yohanes 15:26; 16:13).
4. Peran apakah yang telah dimainkan Roh Kudus dalam memberi kita Kitab Suci dan dalam mengajar kita cara membacanya di zaman modern? Jika Roh Kudus adalah Seorang satu2nya yang memberikan pekabaran kepada para nabi ribuan tahun yang lalu, bukankah Dia akan menjadi yang terbaik untuk menafsirkan Alkitab kepada pikiran kita pada saat ini? Ilham dari Kitab Suci adalah hal terpenting yang telah dilakukan Roh Kudus.
5. Baca Ulangan 31: 30-32: 43(Senin). Perikop yang panjang ini mencakup beberapa kata terakhir yang Musa ucapkan kepada orang-orang Israel. Banyak prinsip yang perlu kita pelajari bahkan pada zaman ini termasuk dalam kata-kata ini. Bahkan berbicara tentang kemarahan Tuhan, dan pada awalnya terdengar seperti Tuhan akan menghancurkan umat-Nya. Tetapi, kemudian kita temukan dalam Ulangan 32:30 (GNB *) kata-kata ini: “TUHAN, Allah mereka, telah meninggalkan mereka; Tuhan mereka yang perkasa telah menyerahkan mereka. " Ini adalah persis kata-kata yang digunakan tentang penyaliban Kristus dalam Roma 4:25 dan apa yang Yesus sendiri katakan ketika di kayu salib seperti yang dicatat dalam Matius 27:46! Bayangkan menemukan uraian tentang murka Allah sejauh ini dalam sejarah Alkitab!
6. Tidak heran Musa merasa terdorong untuk membuat rekomendasi kuat kepada orang-orang yang ditemukan dalam Ulangan 32: 45-47 (GNB).
7. Dengan meninjau terus-menerus sejarah tindakan Allah dengan umat-Nya di bumi ini, itu akan membawa kita di bawah kuasa Roh Kudus dan semakin lebih dekat dengan-Nya. Dan kita tahu bahwa pada akhirnya, sekelompok orang yang benar-benar berkomitmen kepada Tuhan dan menaati Firman-Nya
dengan setia akan berdiri melalui peristiwa terakhir di bumi ini yang mengarah pada kedatangan kedua.
Wahyu14:12: Ini menuntut ketekunan dari umat Allah, mereka yang mematuhi perintah-perintah Allah dan setia kepada Yesus. — Good News Bible. *
8. Dalam Yohanes 1 kita membaca kisah sedih bahwa Yesus datang dari surga untuk menjangkau keluarga-Nya sendiri, yaitu umat-Nya di bumi ini, dan mereka menolak-Nya. Dia menjadi Manusia, dan mereka masih tidak mau mendengarkan Dia. Yesus datang pertama kali, dan Ia akan datang kembali; kedatangan- adalah fokus dari semua Kitab Suci. Jadi, mengapa kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus adalah bagian penting dari harapan kita untuk masa depan?
9. Alkitab telah datang kepada kita dari berbagai penulis yang ditulis di berbagai tempat oleh orang-orang dibawah berbagai keadaan. Beberapa pekabaran diberikan kepada orang-orang muda seperti Samuel, Daud, Daniel, dll.; yang lain diberikan kepada yang sudah lanjut usia, Johannes dan Daniel. Beberapa orang adalah budak; yang lain adalah penguasa. Beberapa adalah para karyawan biasa; yang lainnya adalah raja! Pikirkan kisah-kisah Yeremia, Amos, Daniel, Yesus, dan Yohanes.
10. Jadi, mengapa menurut Anda Allah telah memilih kelompok orang yang begitu beragam untuk jangka waktu yang begitu lama untuk menulis buku-Nya bagi-Nya? Apakah kita mengenalinya sebagai surat dari Tuhan kepada kita, bahkan di zaman kita? Banyak penulis Alkitab adalah saksi langsung(first-hand witnesses) dari peristiwa yang mereka laporkan.
Yang lain mengumpulkan informasi mereka dengan penelitian yang cermat/hati2 di antara mereka yang merupakan para pengamat langsung. (Lukas 1: 1-3)

Q-Senin:
“Allah senang/berkenan menyampaikan kebenaran-Nya kepada dunia melalui agen2 manusia, dan Dia Sendiri, oleh Roh Kudus-Nya, memilih orang-orang yang memenuhi syarat dan memampukan mereka untuk melakukan pekerjaan-Nya. Dia telah membimbing/menuntun pikiran untuk memilih apa yang harus di ucapkan dan apa yang harus di tulis. Harta karun itu telah dipercayakan kepada bejana tanah liat, namun sesungguhnya berasal dari Surga”.—Ellen G. White, —Ellen G. White, The Great Controversy* vi.3 (Introduction); Selected Messages,* Book 1, 26. 1 SM,26.
11. Salah satu hal yang membuat Alkitab unik adalah kenyataan bahwa seorang penulis tunggal, Allah Sendiri, mengilhami orang yang berbeda dalam keadaan yang berbeda selama periode waktu yang luar biasa untuk menulis satu pekabaran! Tidak ada seorang lain yang bisa melakukannya dengan cara itu.
Selasa:
12. Salah satu fitur/ciri/sifat/keistimewaan unik dari Alkitab adalah kenyataan bahwa hingga 30% dari isinya adalah dalam bentuk nubuatan atau literatur kenabian (Prophetic Literature) dan/ tulisan2 yg.menyatakan kejadian yang akan terjadi pada masa yg.akan datang. (Lihat Amos 3: 7; Kejadian 49: 8-12.)
13. Ada banyak nubuatan tentang kedatangan Yesus, hidup-Nya, dan kematian-Nya yang ditemukan dalam Perjanjian Lama. Salah satu yang paling jelas ditemukan dalam Yesaya 53. Mengapa dikatakan dalam Yesaya 53: 4: "Sementara itu kita berpikir bahwa penderitaannya adalah hukuman yang dikirim oleh Allah" (GNB * †)?
  (Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggung-Nya, dan kesengsaraan kita yang yang dipikul-Nya, padahal kita mengira Dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah”).
Dalam pengertian apakah Yesus menderita karena kejahatan yang telah kita lakukan?
14. Kelahiran Yesus diprediksi dalam Mikha 5: 2. Permulaan pelayanan-Nya diprediksi dalam Daniel 9: 24-27 sebagaimana kematian-Nya tiga setengah tahun kemudian. Kedatangannya ke Yerusalem dalam bentuk Raja yang dengan rendah hati menunggang seekor keledai, a colt of a donkey, dinubuatkan dalam Zakharia 9: 9. Setidaknya ada 65 nubuat mesianis langsung dalam Perjanjian Lama. Jika kita menambahkan semua "tipe" yang menanti Mesias, maka ada banyak nubuatan lagi. Kita bahkan diberitahu bahwa "tongkat kerajaan tidak akan berangkat/beranjak dari Yehuda"; (Kejadian 49:10) tetapi, fakta bahwa ada begitu banyak nubuat tentang Yesus dalam Perjanjian Lama dicerminkan oleh fakta bahwa Yesus sendiri sering menunjukkan bahwa peristiwa-peristiwa dalam hidup-Nya adalah penggenapan nubuatan2. (Lihat Lukas 9: 21-22; Matius 17: 22-23; 24: 1-2; Yohanes 14: 1-3.)
15. Tentu saja, dalam meninjau semua nubuatan ini dan penggenapan2nya, kita perlu memikirkan mengapa Yesus harus mati. Ini adalah pertanyaan terpenting dalam Alkitab. Tujuan kehidupan dan kematian Yesus bukan hanya untuk membayar harga yang diminta Allah sebelum Ia menyelamatkan orang berdosa! Yesus datang dan hidup dan mati untuk menunjukkan kebenaran kepada kita dan seluruh alam semesta tentang Tuhan sendiri. Untuk melakukan ini, Dia harus secara langsung menyangkal melalui hidup dan ajaran2-Nya banyak kesalahan penafsiran dan kebohongan dari Setan.
Rabu:
  “Alkitab itu unik jika dibandingkan dengan kitab-kitab “suci” lainnya karena ia disusun dalam sejarah. Ini berarti bahwa Alkitab bukan semata-mata pemikiran filosofis manusia (seperti Konfusius atau Budha), tetapi catatan perbuatan Allah dalam sejarah sementara bergerak maju ke arah tujuan tertentu. Dalam kasus Alkitab, tujuan-tujuan itu adalah: 1) Janji seorang Juruselamat(Messias) dan 2)Kedatangan Yesus yang ke dua kali. Ini adalah hal yang unik bagi iman Kristen-Yahudi, yang berbeda dengan pandangan bersiklus dari banyak agama dunia lainnya mulai dari Mesir kuno hingga agama-agama modern timur”.
This progression is unique to the Judeo-Christian faith, in contrast to the cyclical view of many other world religions from ancient Egypt to modern Eastern religions.—Adult Sabbath School Bible Study Guide* for Wednesday, April

16. Salah satu hal yang paling menakjubkan tentang kebangkitan Yesus adalah bahwa kita dijanjikan bahwa jika kita setia, kita dapat mengalami hal yang sama(kebangkitan) itu sendiri! (Lihat 1 Korintus 15: 3-5,51-55; Roma 8:11; 1 Tesalonika 4:14.)
17. Tidak hanya kehidupan dan kematian Yesus menggenapi nubuat dari Perjanjian Lama tetapi juga Perjanjian Baru menyediakan banyak saksi mata tentang peristiwa-peristiwa itu. Beberapa orang yang sama yang melihat Dia mati juga melihat Dia setelah Dia bangkit.
18. Paulus mengambil tema ini dan membuatnya sangat jelas bahwa jika apa yang kita percayai tentang kebangkitan Yesus Kristus tidak benar, maka harapan kita sia-sia dan kita percaya pada kebohongan. (1 Korintus 15)
19. Pikirkan tentang orang-orang yang melihat Yesus mati di kayu salib, dan kemudian, dua hari kemudian melihat Dia hidup! Bagaimana menurut Anda dua orang bernama Maria, yaitu: Maria Magdalena dan Maria ibu Yesus,
rasakan ketika mereka pertama kali menyadari bahwa Yesus memang hidup? (Lukas 24:34) Apakah Allah sedang bersembunyi?
20. Fakta bahwa Yesus bangkit dari kematian dan muncul sebagai Manusia kepada para murid pada beberapa kesempatan adalah bukti bahwa Allah memiliki kemampuan untuk membangkitkan kita bahkan jika kita tidur di dalam kubur. Jika kita tidak memiliki janji ini, kita tidak akan lebih baik dari para ateis yang percaya mereka akan mati dan tetap mati selamanya.
Kamis:
21. Ada beberapa peristiwa yang dicatat dalam Alkitab ketika ajaran-ajaran Kitab Suci telah hilang pandangan selama beberapa periode waktu, dan kemudian, ketika ditemukan kembali mengarah ke reformasi sejati. Baca 2 Raja 22: 3-20. Ketika Yosia(621 SM), raja muda(25 thn), ditunjukkan gulungan yang ditemukan di bait suci dan sebagian dibacakan kepadanya, dia merobek pakaiannya karena dia mengetahui seberapa jauh umat Allah telah jatuh dari rencana-Nya bagi mereka. Yosia kemudian melakukan kampanye untuk menghancurkan semua tempat penyembahan berhala di mana Baal dan dewa-dewa penyembah berhala lainnya disembah di seluruh negeri. Mereka mulai dengan membersihkan kuil itu sendiri.
Benar-benar respons yang luar biasa terhadap pembacaan Alkitab! Menurut Anda apa yang akan terjadi jika sebagian dari Kitab Suci dibacakan dengan keras di jalan pusat kota di kota besar di dunia kita saat ini? Adakah yang akan memperhatikan?
22. Salah satu bukti paling menakjubkan dari keunikan Alkitab adalah kemampuannya untuk mengubah kehidupan bahkan di zaman kita. (Yohanes 16:13; Roma 12:2).
23. Agar efektif, Alkitab harus dibaca dan dipahami secara individual oleh kita masing-masing. Tidaklah cukup untuk menerima ajaran beberapa pemimpin rohani, tidak peduli seberapa berbakat orang itu kelihatannya. Apa yang diperlukan untuk mewujudkan ini?
24. Masa-masa mengerikan ada di depan kita.
Khayalan besar terakhir akan segera terbuka di hadapan kita. Antikristus harus melakukan pekerjaannya yang luar biasa di hadapan kita. Begitu dekat akan palsu menyerupai benar sehingga tidak mungkin untuk membedakan antara mereka kecuali oleh Kitab Suci. Dengan kesaksian mereka setiap pernyataan dan setiap mukjizat harus diuji. — Ellen G. White, The Great Controversy * 593.1. †
Tidak seorang pun kecuali mereka yang telah membentengi pikiran dengan kebenaran Alkitab akan bertahan melalui konflik besar terakhir [594]. Kepada setiap jiwa akan muncul ujian penyelidikan(the searching test): Haruskah saya lebih menaati Tuhan daripada manusia? Jam yang menentukan masih ada sekarang. Apakah kaki kita ditanam di atas batu karang firman Allah yang kekal? Apakah kita siap untuk berdiri teguh dalam membela perintah-perintah Allah dan iman kepada Yesus? —The Great Controversy * 593.2-594.0. †
25. Dan apa tanggapan/respons kita?
Ini adalah tugas pertama dan tertinggi dari setiap makhluk rasional untuk belajar darinya
Tulisan suci apa itu kebenaran, dan kemudian berjalan dalam terang dan mendorong orang lain untuk mengikuti teladannya. Kita harus belajar Alkitab setiap hari dengan rajin, menimbang setiap pemikiran dan membandingkan tulisan suci dengan tulisan suci. Dengan bantuan ilahi kita harus membentuk pendapat kita untuk diri kita sendiri sebagaimana kita harus menjawab untuk diri kita sendiri di hadapan Allah. — The Great Controversy * 598.2.
26. Jadi, apa yang Tuhan pikirkan bagi kita?
“Dia datang ke dunia untuk menunjukkan kemuliaan Allah, bahwa manusia mungkin terangkat oleh kekuatannya yang memulihkan. Tuhan dimanifestasikan di dalam Dia sehingga Dia bisa dimanifestasikan di dalam mereka. Yesus tidak mengungkapkan sifat-sifat, dan tidak menggunakan kekuatan, yang mungkin tidak dimiliki manusia melalui iman kepada-Nya. KemanusiaanNya yang sempurna adalah apa yang dimiliki semua pengikut-Nya, jika mereka tunduk kepada Allah seperti Dia.” — Ellen G. White, The Desire of Ages 664.4.
[Bisakah kita melakukan mukjizat? Setiap hari pelayanan publik Yesus dan mungkin setiap hari dari sebagian besar hidup-Nya direncanakan bersama Bapa.]
Semua penurutan yang benar/ sejati datang dari hati. Itu adalah pekerjaan hati dengan Kristus. Dan jika kita menyetujui, Dia akan mengidentifikasikan diri-Nya dengan pikiran dan tujuan kita, sehingga menyatukan hati dan pikiran kita menjadi sesuai dengan kehendak-Nya, sehingga ketika menaati-Nya kita akan, tetapi melakukan impuls kita/gerak/dorongan hati sendiri. Kehendak, yang disempurnakan dan disucikan, akan menemukan kesenangan tertinggi dalam melakukan pelayanan-Nya. Ketika kita mengenal Tuhan sebagaimana hak istimewa kita untuk mengenal-Nya, hidup kita akan menjadi hidup dengan kepatuhan yang terus-menerus. Melalui penghargaan terhadap karakter Kristus, melalui persekutuan dengan Allah, dosa akan menjadi kebencian bagi kita. — The Desire of Ages * 668.3.
 [Bisakah ini benar-benar terjadi?]
Dosa dapat dilawan dan diatasi hanya melalui agen agung dari Pribadi Ketiga Ketuhanan, yang akan datang tanpa energi yang dimodifikasi, tetapi dalam kepenuhan kuasa ilahi. Rohlah yang membuat efektif apa yang telah dilakukan oleh Penebus dunia. Melalui Rohlah hati dibuat murni. Melalui Roh orang percaya menjadi bagian dari kodrat ilahi. Kristus telah memberikan Roh-Nya sebagai kuasa ilahi untuk mengatasi semua kecenderungan turun-temurun dan menumbuhkan kejahatan, dan untuk mengesankan karakter-Nya sendiri di atas gereja-Nya. — The Desire of Ages * 671.2. †
Citra Allah harus direproduksi dalam kemanusiaan. Kehormatan dari Tuhan, kehormatan Kristus, terlibat dalam kesempurnaan karakter dari umat-Nya. — The Desire of Ages * 671.3. †
27. Jadi, mengapa menurut Anda begitu banyak orang yang rela menjalani hidup mereka, bahkan mati sebagai martir, karena apa yang telah mereka pelajari dari Alkitab? Akankah kita berdiri dengan setia demi kebenaran dan bahkan rela mati, jika perlu, untuk apa yang kita pahami dari Kitab Suci? (Lihat Filipi 2: 5-11.)
28. Salah satu alasan paling meyakinkan untuk mempercayai Alkitab adalah kemampuan Allah untuk menciptakan dari yang tidak ada(out of nothing), dan dengan demikian, kemampuan-Nya untuk menciptakan kembali kita, ketika saatnya tiba. Ia juga memiliki kemampuan untuk memprediksi/meramalkan masa depan jauh di muka. Dua argumen ini dijabarkan secara terperinci dalam Yesaya 40-55.
29. Jika, pada kenyataannya, kita percaya bahwa kehidupan dan kematian Yesus adalah titik tertinggi dari Kitab Suci, apakah kita dapat menguraikan dengan jelas dan jelas mengapa Yesus harus mati?
30. Berapa banyak tempat dalam Perjanjian Baru yang dapat Anda pikirkan di mana Yesus secara khusus menyebutkan fakta bahwa hidup dan kematian-Nya akan menjadi penggenapan nubuat-nubuat dari Perjanjian Lama? (Lukas 24:44; Yohanes 5:39)
31.Mari kita mulai menyimpulkan: “Beberapa elemen penting membuat  (See..p.12).
A number of important elements make the Bible unique when compared to other religious books. Four elements, in particular, stand out in stark contrast to the philosophical and esoteric thoughts of the likes of Confucius, the Quran, and the Hindu sacred writings: (1) the Bible comprises up to 30 percent prophecy and prophetic literature; (2) the Bible is constituted in history, that is, it speaks of a God who acts in history; (3) the Bible events are placed in a spatial dimension of real geographical places, and (4) the Bible has the power to transform lives because of the God who speaks to us through His living Word. Is it any wonder, then, that for centuries it has inspired the greatest works of music, art, and literature? This week we will study why the Bible is unique and unrivaled and remains so, even with the fast growth of technology and knowledge in the twenty-first century.—Adult Teachers Sabbath School Bible Study Guide* 13. 32.

32. Kita hidup di dunia yang penuh dengan materi audiovisual yang dimaksudkan untuk terus mengalihkan perhatian kita. Bagaimana kita dapat mengesampingkan gangguan-gangguan ini ketika tiba saatnya untuk mempelajari Alkitab dan mempelajari Firman Allah? Berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk melakukan begitu banyak hal dibandingkan dengan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk mempelajari Alkitab?
33. Salah satu hal yang membuat Alkitab sangat bisa dipercaya adalah sifat teks yang mirip cerita.
Banyak lokasi geografis tertentu disebutkan di hampir setiap bagian Alkitab. Banyak dari lokasi-lokasi ini: (1) telah ditemukan, (2) telah digali, dan (3) diketahui sesuai dengan kisah Alkitab. Ada lokasi geografis yang lebih spesifik yang disebutkan di bagian pertama
20 bab dari Kejadian daripada yang ada di seluruh Quran / Quran! Semua hal ini membantu menjadikan Alkitab tampak dan sangat nyata.
34. Salah satu contohnya adalah kota Betlehem. Kata Betlehem berarti "rumah roti."
Di sana, Ruth bertemu Boaz, menikah, dan memiliki seorang anak laki2(putra) bernama Obed. Putra/anak  itu adalah ayah dari Isai dan kakek dari Raja Daud. Daud akan membangun dinasti yang akan berlanjut selamanya. Di sana, Dia yang kita kenal sebagai “Roti hidup” (Yohanes 6: 33-51) lahir.
Perhatikan bagaimana rantai tempat alkitabiah seperti Betlehem mengikat cerita itu bersama-sama.
35. Arkeologi modern juga telah menunjukkan bukti bahkan banyak kisah dalam Perjanjian Lama. Yosia mulai membersihkan tanah pemujaan dewa-dewa kafir. Kita sekarang dapat menggali reruntuhan beberapa bait suci yang mungkin dihancurkan oleh Yosia dan rekan-rekannya di zamannya.
36. Bagaimana semua fakta ini membantu mengukuhkan kepercayaan Anda pada Alkitab? Berdasarkan nubuat yang digenapi sebelumnya dalam Alkitab, apakah Anda yakin bahwa nubuat dalam Alkitab tentang peristiwa yang akan datang di hari-hari terakhir dapat diandalkan?
37. Tuhan ingin mengubah umat-Nya menjadi orang-orang Kristen yang benar-benar dalam nama dan perbuatan Kristen. Dengan cara yang kecil, dapatkah kita benar-benar menjadi seperti Yesus sendiri melalui studi yang cermat terhadap Alkitab di bawah bimbingan dan kuasa Roh Kudus yang mengubahkan?

(Oleh Pdt.H.M.Siagian, MPTh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar