Minggu, 20 Mei 2018

PELAJARAN ALKITAB


PENCIPTAAN:
PERMULAAN SEGALA SESUATU DAN BERKAT-BERKAT ALLAH YANG PERTAMA BAGI MANUSIA.

Ayat hafalan: Kejadian 1:26; Kejadian 2:7,8.

1.   Dari siapakah dunia dan semua isinya (segala sesuatu) datang?. Atau siapakah yang menciptakan dunia dan segala sesuatu yang ada di dunia ini?.  Baca: Kejadian 1:1; Kisah 17:24.
2.   Bagaimana manusia itu dijadikan pada waktu penciptaan?. Kejadian 1:27.
3.   Dari apakah manusia itu dibentuk?. Baca: Kejadian 2:27.
4.   Bagaimanakah Allah menyediakan kesenangan dan kebahagiaan manusia?. Baca: Kejadian 2:8,9.
CATATAN:
   Dengan membaca Kejadian Fsl.I dan II, kita mempelajari berkat-berkat Allah yang luar biasa yang diberikan kepada manusia ketika Allah menciptakannya.  Manusia telah dijadikan sesuai dengan gambar Allah.
   Dia memiliki sebuah dunia yang indah. Telah dijadikan sempurna; dengan pepohonan dan bunga-bunga, burung dan binatang-binatang semuanya dekat kepadanya dan langit diatas telah diatur dengan permata-permata yang berkilauan (terdapat bintang-bintang).
   Untuk rumah mereka Allah telah membuat sebuah taman yang didalamnya Allah telah menaruh pohon kehidupan, dan juga pohon pengetahuan baik dan jahat.

   Dengan ini, Allah telah menguji Adam dan Hawa untuk melihat apakah mereka sungguh-sunggu mengasihi Allah. Jika mereka telah benar-benar telah mengasihi Allah, mereka tentu akan menurutinya; tetapi jika mereka tidak menurut Allah, itu sebuah pertanda bahwa mereka tidak mengasihi dan tidak percaya kepada Allah.  Kedalam taman, malaikat-malaikat telah datang dari surga untuk berbicara dengan Adam dan Hawa dan mengajar mereka tentang dunia-dunia lain.  Namun hal yang terbaik dari semua, Allah sendiri datang berbicara dengan mereka (Baca Patriachs and Prophets, halaman 50).  Kemudian kita melihat bahwa Allah telah memberikan kepada manusia setiap berkat yang disediakan baginya.  Mari kita sebut kembali berkat-berkat itu:
   Manusia telah diciptakan menurut gambar Allah: Memiliki kehidupan, bahwa dia dapat menikmati semua yang diciptakan; pemerintahan dunia, sebuah rumah dengan setiap perkara yang indah didalamnya, pohon kehidupan, kesukaan berbicara dengan Allah. Allah juga telah menciptakan SABAT untuk kesukaan bagi manusia (Kejadian 2:1-3).
5.   Sebutkan dua pohon istimewa yang ada dalam taman itu:  Kejadian 2:9 –Pohon kehidupan dan pohon pengetahuan baik dan jahat.
6.   Apa yang akan jadi akibatnya jika Adam dan Hawa memakan dari pohon pengetahuan baik dan jahat?. Baca: Kejadian 2:17, akan mati.
7.   Ketika manusia telah makan, hukuman apa yang Allah timpakan kepada manusia itu?. Baca: Kejadian 3:17-19.
8.   Berapa banyak yang dipengarui oleh perintah ini?.  Baca: Roma 5:12 “All have sinned”. Roma 6:23 “Upah dosa ialah kematian”.
9.   Sejak hari itu, bagaimana Allah katakan tentang kehidupan manusia?. Baca Ayub 14:1,2 – Like a flower.
CATATAN:
   Disini kita lihat bahwa kehidupan itu pendek, dan bahwa kita akan merasakan kesusahan (troubles) dan penyakit dan kemudian mati.
10.                Bagaimana Yesus berbicara tentang kematian?. Yesus berbicara tentang kematian seperti satu keadaan TIDUR. Pada suatu kali Dia berkata: “Teman kita Lazarus sedang tidur, dan waktu murid-murid tidak mengerti apa yang dimaksudkan,....Dia berkata, Lazarus mati (Yohanes 11:11-14).
11.                Dimanakah orang mati selama periode (masa istirahat ini?).  Mereka tidur didalam tanah (Daniel 12:2). Ayub berkata waktu ini: Ayub 17:13.
12.                Berapa banyak orang mati mengetahui sementara mereka tidur dalam kubur mereka?. “Orang-orang yang hidup mengetahui bahwa mereka akan mati, tetapi orang mati tidak tahu apa-apa”. (Pengkhotbah 9:5).
13.                Apakah orang mati akan tinggal dalam kubur mereka selama-lamanya?. Baca: Yeh.37:12; 1 Kor.15:22.
14.                Pada waktu kebangkitan, apakah semua akan mendapat upah yang sama?. Jawabnya: Tidak! Baca: Yohanes 5:28,29.
15.                Bagaimana kita boleh yakin tentang kebangkitan kepada kehidupan?. Baca Yohanes 11:25,26.
16.                Kapankah Yesus akan memberikan kehidupan kepada orang yang telah percaya dan menurut kepada-Nya?. Baca: Yoh.6:40 At the last day.
17.                Apa yang terjadi(menimpa) mereka yang tidak percaya? Baca: Wahyu 21:8.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar