Senin, 23 Maret 2020

PENDALAMAN ALKITAB (5)


Hasil gambar untuk Surga dalam Alkitab
5. RUMAH ANDA DI SURGA.

Kata Pengantar:
   Selamat datang dalam blogspot Agape Ministry. Anda bisa mengunjunginya dengan mengklik: https://marryhot.blogspot.com.
   Media ini menyajikan pelajaran Alkitab On line.  Untuk itu kami ucapkan selamat datang, semoga dapat mengikuti pelajaran yang ke 5 yang berjudul: “RUMAH ANDA DI SURGA”.  Sebelum memulai pelajaran ini, kami mohon saudara terlebih dahulu berdoa meminta petunjuk, berkat dan pengertian dari Tuhan Allah di sorga terhadap pelajaran ini. Semoga pelajaran ini menjadi sarana yang mendekatkan hidup saudara kepada Tuhan Allah serta menerima keselamatan yang Dia sediakan bagi siapapun yang percaya dan menerimanya dengan iman. Terimakasih.

Pendahuluan:
   Dari sejak dahulu, banyak orang yang memiliki kepercayaan bahwa ada suatu kehidupan di balik kehidupan yang sekarang ini.  Puji Tuhan, pada tahun 2019 saya bersama isteri memiliki kesempatan berkunjung ke Holy Land, Israel. Tepatnya tanggal 25 Pebruari 2019 bersama rombongan tour mengunjungi Old City, Giza disebelah barat sungai Nil.  Disana terdapat 110 pyramid-pyramid yang kecil.  Pyramid I yang terbesar ialah tempat Firaun CHEOP di makamkan.
   Kami melihat disana dibangun 3 pyramid, masing-masing satu untuk Ayah, anak dan cucu.
   Tahun 2589 SM Raja Cheop memilih kawasan Giza untuk tempat membangun Pyramid2 tersebut.
   Bentuknya dibuat segitiga karena Amon Ra, dewa mereka yang berkuasa cahayanya berbentuk segitiga dan selain itu dibentuk segitiga agar tahan gempa.
   Inilah bangunan terbesar yang pernah didirikan oleh manusia, sudah berusia 4800 tahun lalu.  Ada 2.3000.000 batu yang di susun untuk sebuah pyramid dan berat setiap batu 2,5 ton. Sedangkan berat sebuah pyramyd keseluruhan ialah 6.848.000 ton.
   Mengapa bangunan itu didirikan?.  Para Firaun, ingin agar makam mereka tetap aman selamanya.  Mereka percaya bahwa setelah mati, jiwa itu akan tetap hidup, dan untuk alasan itu lah mereka memelihara mayat itu sebagai mummy.  Makanan, pakaian dan perhiasan permata, dll—dimasukkan ke dalam makam-makam itu.
   Ini satu bukti: Kepercayaan para pendirinya tentang adanya kehidupan di balik kematian (SURGA).

I.APAKAH SURGA ITU SATU TEMPAT YANG SECARA FISIK BENAR-BENAR ADA?.

   Sekarang, Yesus sedang menyediakan tempat yang sesungguhnya untuk kita di surga yang benar-benar ada juga.  Kita buka dan baca Alkitab kita dalam Yohanes 14:1-3 (baca...).
   Ia datang ke dunia kita ke dua kali untuk membawa kita ke satu istana yang dibuat di kota surgawi yang kemuliaannya melebihi impian kita yang terbesar sekalipun: yaitu YERUSALEM BARU.
   Setelah kita tinggal di sana 1000 tahun, Kristus bermaksud membawa rumah surgawi ke planet bumi ini.
   Manakala Yerusalem Baru turun, api akan membersihkan dan menyucikan seluruh dunia. Lalu, planet kita yang dibarui menjadi rumah tinggal yang tetap bagi yang diselamatkan (Wahyu 20:7-15.).
   Apakah yang digambarkan Yohanes, yang menulis Wahyu selanjutnya?.  Buka Wahyu 21:1-3....(baca).
   Setelah diubah oleh api, siapakah, yang dijanjikan Yesus akan menempati bumi baru itu?.  Kita buka Alkitab kita dalam Matius 5:5....  Kristus berjanji akan mengembalikan ciptaan-Nya yang sempurna kepada keindahannya yang mula-mula dan orang yang rendah hatinya “akan mewarisi bumi”.
II. APAKAH KITA AKAN MEMILIKI TUBUH YANG SESUNGGUHNYA DI SURGA?.
   Ketika Yesus tampak kepada murid-murid-Nya dengan tubuh yang dibangkitkan dan dipermuliakan, bagaimanakah Ia menggambarkannya?.
   Buka Alkitab Anda dalam Lukas 24:39...
   Yesus memiliki tubuh yang sebenarnya; Ia mengundang murid-murid menjamah Dia (Yohanes 20:17). Pada kesempatan ini Yesus berjalan di rumah yang sebenarnya, bercakap dengan orang yang sebenarnya dan makan makanan yang sebenarnya (Lukas 24:43).
   Surga tidak dihuni oleh arwah-arwah, tetapi manusia yang sesungguhnya yang menikmati kehidupan rohani dan yang memiliki “tubuh yang mulia”.
   Mari kita baca firman Allah dalam Filipi 3:20,21...
   Kita memastikan bahwa tubuh kita di surga akan sama kokoh dan nyata seperti tubuh Kristus setelah kebangkitan-Nya.  Kita bertanya,...Bisakah kita mengenali keluarga dan sahabat kita di surga?.
   Buka dan baca dalam 1 Korintus 13:12....
   Di surga, kita “akan mengenal sepenuhnya”.  Kita akan mengerti dan menghargai satu sama lain lebih dalam daripada di dunia kita sekarang ini.  Murid-murid Yesus mengenal Yesus dengan tubuh surgawi-Nya sebab muka-Nya sangat dikenal (Lukas 24:36-43).
   Maria mengenal Dia di kuburan karena nada suara-Nya yang sudah dikenal ketika Ia memanggil namanya (Yohanes 20:14-16). Kedua murid di Emaus mengenali Dia karena gerakan-gerakan tertentu dari tubuh-Nya yang biasa bagi mereka.  Ketika mereka memperhatikan cara tamu mereka memberkati makanan, mereka mengenal Dia sebagai Tuhan melalui perilaku-Nya (Lukas 24:13-35).  Umat tebusan pasti akan mengalami reuni “muka dengan muka” yang sangat mendebarkan itu di surga.  Bayangkan kegembiraan karena mengenal senyum khas dari pasangan Anda, atau suara panggilan yang di kenal dari seorang anak yang Anda beringkan untuk beristirahat pada waktu yang lalu atau sikap-sikap yang menyenangkan dari beberapa sahabat yang dikasihi.
   Kita memiliki kekekalan untuk memperdalam ikatan hidup kita yang paling berharga dan mengembangkan persahabatan yang akrab dengan orang-orang yang paling mempesona di semesta alam ini.

III. APAKAH YANG AKAN KITA LAKUKAN DI SURGA?.
   Banyak kegiatan yang menantang kita di surga.
   Bagaimanakah mengenai merancang rumah idaman kita?.  Mari kita ringkaskan apa yang dinyatakan dalam Yesaya 65:17-22:
   “Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru......
    Aku akan bersorak-sorak karena Yerusalem, dan bergirang karena umat-Ku...
    Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga...
    Orang-orang pilihan-Ku akan menikmati pekerjaan tangan mereka”.
   Saudaraku yang kekasih dalam Tuhan Yesus,...
   Yesus sudah menyediakan rumah pribadi bagi kita di kota suci, Yerusalem Baru (Yohanes 14:1-3; Wahyu 21).
   Ayat-ayat ini memberitahukan bahwa kita juga merancang dan membangun rumah-rumah lain—barangkali rumah desa yang indah, merancang kebun dengan tanaman hidup di surga yang kaya keanekaragamannya.  Dan siapa tahu suatu petualangan teknologi tinggi menanti kita dalam masyarakat Allah yang sudah maju?.  Penemuan ilmu pengetahuan kita sekarang dan petualangan ruang angkasa sekarang akan seperti permainan anak-anak bila kita mulai menjelajahi “rumah Bapa” kita.
   Apakah Anda menyukai deru air terjun yang indah, padang rumput yang tenang, hutan padat berhujan dan kembang yang harum semerbak?.
   Mari kita buka firman Tuhan dalam Yesaya 51:3...(buka).
   Allah akan mengubah bumi menjadi Taman Eden asli.
   Tidak ada lagi pencemaran minyak atau asap atau kekeringan; danau tetap jernih bagaikan kristal, pohon yang megah berdiri dan lereng gunung yang tak menakutkan.  Bukan hanya keindahan dunia, tetapi juga kemampuan kita untuk menyerapnya akan lebih besar.
   Itu akan seperti hari pertama berada di luar rumah setelah sakit yang sangat lama. Apakah Anda senang menikmati sesuatu yang baru?. Belajar?. Mencipta?.
   “Di sana, pikiran yang kekal akan merenungkan dengan kesukaan yang tak pernah gagal keajaiban kuasa penciptaan, rahasia kasih penebusan....Setiap bagian akan dikembangkan, semua kemampuan akan meningkat.  Penyelidikan akan pengetahuan tidak akan melelahkan atau menguras tenaga. Usaha yang paling besar dapat terus maju, aspirasi yang tertinggi tercapai, ambisi puncak menjadi kenyataan dan masih akan muncul cita-cita tertinggi baru yang akan digapai, keajaiban-keajaiban baru untuk dikagumi, sasaran baru yang memerlukan kuasa pikiran, jiwa dan tubuh.
   Seluruh kekayaan alam akan dibuka untuk dipelajari oleh umat tebusan Allah”.
      The Great Contoversy (Nampa, Idaho; Pasific Presss Publishing Association, 1950), hlm.677.

IV. APAKAH KEJAHATAN AKAN MENGANCAM SURGA LAGI?.
   Mari kita baca dalam Wahyu 21:27...(baca).
   Allah akan dengan sempurnanya menghapus dosa dan akibatnya yang sangat mengerikan itu; itu tidak akan pernah muncul lagi.  Bila Yesus datang, “kita akan menjadi sama seperti Dia” (1 Yohanes 3:2).
   Gantinya menolak dorongan untuk membunuh, mencuri, berdusta, atau memperkosa, kita akan mengejar kasih karunia surgawi.
   “(Allah) akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu”. Wahyu 21:4.
   Bahkan musuh utama, kematian, akan lenyap.
   Di negeri surgawi di mana terdapat masa muda yang abadi, umat tebusan itu “baka” (1 Korintus 15:53); tidak akan ada lagi penduduk mengalami umur tua yang renta.
   Surga bukan hanya membinasakan akibat dosa, tetapi juga membalikkannya. Bayangkan apa yang akan terjadi pada mereka yang bergumul dengan cacat seumur hidup:
   Kita buka dan baca firman Tuhan dalam Yesaya 35:5,6.(Baca...)

V. APAKAH SESUATU YANG PALING MENAKJUBKAN DI SURGA?.
   Bayangkan melihat Tuhan semesta alam muka dengan muka.  Kita baca dalam Wahyu 21:3.....
   Allah yang mahakuasa berjanji untuk menjadi sahabat dan guru kita.  Betapa sukacitanya duduk dekat di kaki-Nya!. Bayangkan apa yang akan dilakukan para musisi untuk bisa bergaul beberapa saat dengan Beethoven dan Mozart.  Bayangkan berapa banyak yang seorang ahli fisika akan peroleh bila mendapatkan kesempatan duduk bersama Albert Einstein, atau berapa besar artinya bagi seorang pelukis berbicara dengan Michelangelo atau Rembrant.  Bayangkanlah, umat tebusan akan memperoleh kesempatan istimewa yang tak terbatas.
   Mereka akan bercakap-cakap dengan PENCIPTA semua lagu, ilmu pengetahuan dan seni.  Mereka akan begitu akrab dengan Pikiran yang paling agung dan Hati yang paling dalam di semesta alam ini. Dan hubungan ini akan tertuang ke dalam suatu perbaktian.
   Kita buka Alkitab kita dalam Yesaya 66:23.....
   Di pusat kota surga berdiri takhta Allah yang putih dan agung. Dilingkari oleh warna pelangi zamrud, wajahnya bercahaya bagaikan matahari terik. Di bawah kakinya laut kaca meluas ke segala jurusan.  Pada permukaan kristal ini yang memantulkan kemuliaan Allah, umat tebusan berkumpul untuk menuangkan seluruh pujian kegembiraan yang meluap-luap.
   Mari kita buka Yesaya 35:10 (baca...).
   Disini ada Seorang yang kebaikan-Nya tidak pernah hilang sedetik pun.  Kesetiaan, kesabaran dan kasih sayang-Nya terus berlaku. Pujilah nama-Nya yang suci!.

VI. ANDA HARUS BERADA DI SANA!.
   Yesus merindukan pertemuan muka dengan muka itu.
   Itu sebabnya Ia ingin melepaskan Anda dari dosa dengan harga yang begitu mahal itu. Anda harus bertekad menjadikan Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat.
   Anda memerlukan keampunan yang diberikan di salib, karena:  Baca Wahyu 21:27.......
   Yesus melepaskan kita dari dosa, bukan di dalam dosa.
   Kita harus datang pada-Nya melalui kuasa-Nya dan memisahkan diri dari ketidakmurnian dan ketidaksucian.  Yesus adalah kata kunci untuk masuk kedalam kerajaan-Nya yang segera datang itu.
   Dan kerajaan itu dapat dimulai sekarang juga di dalam hatimu. Bila Kristus melepaskan kita dari dosa, Ia menciptakan surga kecil di dalamnya.  Ia dapat menolong kita mengatasi kekhawatiran, kemarahan, hawa nafsu, ketakutan dan rasa bersalah yang mewabah pada kita.
   Pengharapan surga bukanlah berarti lepas dari masalah-masalah kehidupan; itu menolong menciptakan lebih banyak surga di atas bumi.  Dalam satu jajak pendapat yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa “mereka yang percaya akan kehidupan setelah kematian mendapatkan hidup yang lebih bahagia dan lebih percaya kepada manusia melebihi dari mereka yang tidak percaya.”
   Tidak ada sesuatu pun yang mempengaruhi secara lebih dramatis kepada kehidupan Anda sekarang ini daripada suatu hubungan yang sehat dengan Yesus Kristus.  Perhatikan bagaimana Petrus menggambarkan pengaruh iman yang hidup itu:  Mari kita buka firman Tuhan dalam 1 Petrus 1:8-9 (baca...).
   Semua ini---dan surga juga.  Sudahkah Anda menemukan kehidupan kehidupan yang berlimpah yang Kristus ingin Anda mengalaminya?.  Janganlah menolak undangan-Nya yang penuh kemurahan itu.
   Mari kita baca Wahyu 22:17........(baca).

Kesimpulan:
   Yesus ada bersama Anda sekarang, berbicara ke dalam hati Anda sementara Anda membaca kalimat-kalimat ini.
   Ia mengundang Anda untuk “Datang!” “Datang”! “Datang”!.  Ia sangat berharap tidak juga memaksa.
   Jika Anda belum melakukannya, saat ini di atas segalanya adalah kesempatan bagi Anda untuk meneliti tawaran-Nya.  Mengapa Anda tidak mengatakan kepada-Nya bahwa Anda menerima anugerah-Nya dan mau memanfaatkan kekekalan itu bersama Dia?.  Katakan kepada-Nya bahwa Anda mengasihi-Nya. Berterimakasihlah kepada-Nya atas semua yang Ia telah perbuat untuk Anda dan semua yang Ia sedang rencanakan bagi Anda. Jika ada sesuatu di antara Anda dan Allah, mintalah Dia membuat Anda rela membuangnya.  Hari ini, sementara Anda mendengar suara-Nya, sementara hati Anda mau menyambutnya, berikanlah dirimu kepada-Nya tanpa pamrih.
   Tundukkanlah kepala Anda saat ini lalu berkata, “Yesus, Tuhanku, aku datang. Aku berikan hatiku kepada-Mu. Aku mau menjadi milik-Mu selama-lamanya, Amin”.

KERTAS PERTANYAAN
PELAJARAN 5 : “RUMAH ANDA DI SURGA”.

1.  Bacalah pelajaran Alkitab yang Anda telah terima melalui online ini seluruhnya.
2.  Isilah pertanyaan-pertanyaan yang terlampir disini.
3.  Kirimkan jawaban Anda kepada kami via Whats App.(w.a). agar kami bisa melihat hasilnya bahwa Anda benar-benar mengikuti pelajaran ini.

PERTANYAAN:
   Bacalah lagi bagian dalam pelajaran 5 yang sesuai dengan nomor yang ada di samping kiri, lalu jika jawabannya Benar, lingkari B; jika Salah, lingkari S.

1.B   S  Sekarang Yesus sedang menyediakan tempat bagi kita di surga yang nyata.
   B   S  Pada kedatangan Yesus yang kedua, Ia akan membawa kita ke surga.
   B     S   Akhirnya, orang yang selamat akan kembali ke Yerusalem Baru di dunia yang seluruhnya baru.

2.B    S   Di surga kita akan mempunyai tubuh yang sebenarnya seperti tubuh Yesus yang dibangkitkan itu.
   B       S    Setelah kebangkitan-Nya, Yesus tidak memiliki tubuh yang sesungguhnya.
   B      S    Setelah kebangkitan-Nya, pengikut-pengikut Yesus mengenali Dia melalui wajah-Nya, suara-Nya dan perilaku-Nya.
   B       S     Kita akan membina persahabatan yang akrab dengan keluarga dan sahabat-sahabat kita di surga.

Bubuhkan tanda (X) di depan bukti Alkitab yang BENAR yang memberitahukan apa saja yang dilakukan oleh orang yang diselamatkan di Surga.

3.__Membangun rumah.     __Menanam di pekarangan.
   __Menyantap makanan    __Menikmati hidup.
      yang sebenarnya.
  ___Membunuh dan makan___Menikmati keindahan.
      daging binatang.
  ___Tinggal di padang         ____Mengalami hal2 yg.baru.
       yang tandus.

Bubuhkan tanda (X) di depan bukti Alkitab yang BENAR yang memberitahukan seperti apakah surga itu nanti.

4._____Tanpa dosa.        ___Tanpa penderitaan.
   _____Tanpa sakit.        ___Sakitnya hanya sekali-sekali.

5.___Berbakti di takhta  ___Yesus Teman kita.
        Allah.
   ____Menyanyi dengan ____Sedikit saja yang suci.
         hati yang gembira.

   Jawablah pertanyaan dari hati ke hati ini:
  Maukah Anda meminta Kristus untuk masuk ke dalam kehidupan Anda agar Anda dapat mengalami surga di dalam hati Anda sekarang dan bersedia untuk tinggal di rumah yang Yesus sediakan untuk Anda di surga?______
   Terimakasih, Tuhan memberkati kita!

(Disediakan oleh: Pdt.H.M. Siagian,MPTh).
W.A : 0811 1945 034

Tidak ada komentar:

Posting Komentar