Rabu, 22 Juli 2020

PENDALAMAN ALKITAB (1)


1. KITA BISA MEMPERCAYAI ALKITAB
Kata Pengantar:
   Selamat datang dalam blogspot Agape Ministry. Anda bisa mengunjunginya dengan mengklik: http:marryhot.blogspot.com.
   Media ini menyajikan pelajaran Alkitab On line.  Untuk itu kami ucapkan selamat datang, semoga dapat mengikuti pelajaran yang akan kita mulai dengan pelajaran yang pertama berjudul: “Kita Bisa Mempercayai Alkitab”.  Sebelum memulai pelajaran ini, kami mohon saudara terlebih dahulu berdoa meminta petunjuk, berkat dan pengertian dari Tuhan Allah di sorga terhadap pelajaran ini. Semoga pelajaran ini menjadi sarana yang mendekatkan hidup saudara kepada Tuhan Allah serta menerima keselamatan yang Dia sediakan bagi siapapun yang percaya dan menerimanya dengan iman. Terimakasih.

Pendahuluan:
   Ilustrasi:
   Beberapa waktu yang lalu, sebuah kapal Inggris bernama “Bounty” yang sedang berlayar dilautan lepas telah ditenggelamkan oleh beberapa pemberontak terkenal.
   Akhirnya para pemberontak tersebut terdampar dan tinggal dengan  seorang wanita pribumi di pulau terpencil bernama PITCAIRN, Pacifik Selatan.  Kelompok pemberontak ini terdiri dari 9 pelaut Inggris, 6 pria Tahiti, 10 wanita Tahiti dan seorang gadis berusia 15 tahun.
   Seorang dari pelaut itu mengetahui bagaimana menyuling alkohol dan di edarkan kepada umum. Sebagai akibatnya segera penduduk pulau itu rusak karena mabuk-mabukan.  Dan akibat berikutnya telah terjadi perkelahian di antara pria dan wanita disitu serta berkembang menjadi saling melakukan kekerasan.  Setelah beberapa waktu berlalu, hanya satu orang yang masih hidup dari yang terdampar mula-mula di pulau itu. Namanya ialah: Alexander Smith.
   Rupanya Alexander Smith telah menemukan sebuah ALKITAB dari sebuah peti yang dia ambil dari kapal sebelum tenggelam.  Ia mulai membacanya dan bukan hanya membacanya tetapi juga mengajarkannya kepada orang lain apa yang dikatakan Alkitab itu.  Kemudian, apa yang terjadi?. Akhirnya hidupnya berubah dan akhirnya juga turut mengubah kehidpan semua yang berada di pulau itu.  Orang-orang pribumi sangat terisolasi dari dunia luar. Tetapi tahun 1808 sebuah kapal dari Amerika Serikat bernama “Topaz” telah mendarat di pulau tersebut.  Para awak kapal setelah mendarat disana, ternyata mereka menemukan (di pulau itu) suatu masyarakat yang mengagumkan, makmur tanpa minuman keras, tanpa penjara, dan tanpa kejahatan.
   Apakah yang membuatnya demikian, saudaraku?.
   Ternyata, Alkitab telah mengubah pulau itu dari NERAKA DUNIA menjadi contoh dari apa yang Allah inginkan terjadi bagi dunia ini.  Dicatat bahwa keadaan tersebut tetap demikian sampai sekarang ini.

   Pembahasan:
   Kita tentu bertanya: Apakah Allah masih berbicara kepada orang banyak saat ini melalui halaman-halaman Alkitab (Kitab Suci)?.  Sudah tentu jawabnya ialah PASTI!,  
   Ilustrasi: Sebagai pengaruh dari mempelajari Alkitab.
   Pada suatu hari seorang narapidana telah menuliskan kesaksiannya sbb:
   “Saya berada di penjara menunggu giliran hukuman mati karena berbuat satu kejahatan.  Sebelum saya mengikuti pelajaran Alkitab, saya telah hilang, tetapi sekarang setelah mempelajari Alkitab, sekarang saya memiliki sesuatu untuk saya harapkan nanti, dan telah menemukan kasih yang baru dalam Kitab Suci Alkitab”.  Sungguh kesaksian yang luar biasa saudaraku!.
   Alkitab memiliki kuasa yang PASTI dapat mengubah kehidupan seseorang.  Bila seseorang dengan sungguh-sungguh mulai belajar Alkitab, maka kehidupan itu akan berubah secara dramatis.
I.           TUHAN ALLAH BERBICARA KEPADA KITA MELALUI ALKITAB.
  Saudaraku,...setelah menjadikan Adam dan Hawa, laki-laki dan perempuan pertama di bumi, Allah berbicara kepada mereka muka dengan muka.
1.  Namun, ketika Allah mengunjungi Adam dan Hawa setelah mereka berdosa di taman eden, apakah yang pasangan itu telah lakukan?.
   Mari buka Alkitab saudara dalam Kejadian 3:8 (P.L.)  (Baca).
   Saudaraku,..DOSA telah menghalangi hubungan muka dengan muka dengan Allah.
2.  Setelah dosa masuk ke dunia kita ini, bagaimanakah Allah berkomunikasi dengan manusia?.  Baca dan bukalah Alkitab saudara dalam Amos 3:7 (P.L.). Saudaraku,..Allah tidak membiarkan kita GELAP terhadap hidup dan arti hidup ini.  Melalui para Nabi-Nya—yakni orang-orang yang Allah panggil untuk berbicara dan menulis atas nama-Nya—IA telah menyatakan jawabanNya terhadap pertanyaan-pertanyaan besar dalam hidup ini.
II.SIAPAKAH YANG MENULIS ALKITAB?.
   Ketika Para nabi masih hidup, mereka memberikan pekabaran Allah melalui suara dan pena dan setelah mereka mati, tulisan-tulisan mereka tetap hidup.  Pekabaran-pekabaran nubuatan ini kemudian dikumpulkan oleh tuntunan Allah ke dalam satu buku yang kita sebut dengan ALKITAB.
3.  Tetapi apakah tulisan-tulisan mereka dapat dipercaya?.  Baca 2 Petrus 1:20,21 (P.B).
--Para penulis Alkitab menulis bukanlah menurut kehendak atau “pikiran” mereka sendiri, tetapi menulis mereka digerakkan/dikendalikan oleh Roh Allah.  Alkitab itu adalah buku Allah sendiri.
   Allah menceritakan kepada kita mengenai siapa diri-Nya, dan menyatakan maksud-Nya kepada umat manusia dalam Alkitab.  Itu menunjukkan pandangan Allah akan masa lalu dan juga membuka masa depan, memberitahukan bagaimana masalah kejahatan akhirnya akan teratasi dan akan datang ke dunia kita ini.
4. Apakah semua/sebahagian Alkitab itu merupakan pekabaran Allah?.  Baca: 2 Timotius 3:16,17.
   Kitab suci mempengaruhi manusia secara menakjubkan karena “SELURUH” Alkitab adalah “nafas Allah,”—suatu dokumen inspirasi buku Allah.
   Para nabi menulis apa yang mereka lihat dan dengar dalam bahasa manusia, tetapi pekabaran mereka langsung berasal dari Allah sendiri.  Jadi jika Anda ingin mengetahui apakah sebenarnya hidup ini, bacalah Kitab Suci Alkitab.  Membaca Kitab Suci akan mengubah hidup Anda.  Lebih banyak Anda membacanya dengan penuh doa, maka lebih banyak kedamaian pikiran yang akan Anda alami.
   Roh Suci yang sama yang mengilhami para nabi untuk menulis Kitab Suci, akan membuat ajaran Alkitab. Injilnya akan berhasil mengubah hidup Anda jika Anda mengundang Roh itu hadir sementara Anda membaca Alkitab.
III.KESATUAN ALKITAB.
   Alkitab terdiri dari 66 buku. 
   à39 buku Perjanjian Lama- ditulis antara tahun 1400 sampai 400 SM.
à27 buku Perjanjian Baru, disusun antara tahun 50-100 M.  Nabi Musa memulai dengan 5 buku pertama Alkitab
 (Kejadian,Keluaran, Bilangan, Imamat dan Ulangan) sekitar tahun 1400 SM.  Rasul Yohanes menulis buku terakhir dari Alkitab, Wahyu, sekitar tahun 95 M.
   Antara penulisan buku pertama dan buku terakhir dari Alkitab masanya ada 1500 tahun, sekurang-kurangnya ada 38 nabi yang telah memberikan sumbangan penulisan Alkitab itu.  Beberapa orang penulis Alkitab, hidup pada waktu yang berbeda, beberapa diantaranya terpisah ratusan tahun. Latar belakang mereka, ada pedagang atau pengusaha, yang lain gembala, nelayan, serdadu, dokter, penghotbah, raja—intinya adalah manusia dari berbagai latar belakang.  Mereka bekerja di bawah pemerintahan yang berbeda dan hidup dalam peradaban dan falsafah yang berlainan.
   Namun, inilah keajaibannya:àJika ke 66 buku dalam Alkitab dengan 1189 fasal dan terdiri dari 31.173 ayat, kita menemukan KESATUAN dan KESELARASAN yang sempurna dengan pekabaran yang terdapat di dalamnya.
 (Tidak bertentangan satu dengan yang lain—karena sumbernya adalah sama yaitu dari pikiran Allah).  Kesatuan Alkitab yang luar biasa itu membuktikan bahwa walaupun manusia menuliskan pemikiran itu, mereka diilhami oleh Allah.

IV.ADA BEBERAPA ALASAN, ANDA DAPAT MEMPERCAYAI ALKITAB.
(1)        Perlindungan terhadap Alkitab ini luar biasa.
   Semua manuskrip yang mula-mula dari Alkitab dibuat dengan TANGAN—jauh sebelum ada percetakan.  Para nabi membuat salinan dari manuskrip aslinya dan membagi-bagikannya.  Sebagian (ribuan) dari salinan-salinan manuskrip tersebut masih ada. Manuskrip Ibrani dari Perjanjian Lama yang ada 150-200 tahun sebelum Kristus telah ditemukan di Laut Mati tahun 1974, sangatlah menakjubkan karena gulungan kitab yang berusia 2000 tahun ini berisi kebenaran yang persis sama dengan yang kita temukan dalam buku Perjanjian Lama yang dicetak sekarang ini.  Inilah bukti yang sangat kuat bahwa firman Allah dapat dipercaya.
   Para Rasul mula-mula menulis banyak dari Perjanjian Baru sebagai surat yang mereka kirim kepada gereja-gereja Kristen yang dibentuk setelah kematian dan kebangkitan Kristus (Kolose 4:16).
   Lebih dari 4500 manuskrip dari semua atau sebagian dari Perjanjian Baru dipamerkan di museum Agung dan perpustakaan-perpustakaan Eropa dan Amerika.  Beberapa di antaranya bertanggalkan abad ke 2 yang lalu.  Dengan membandingkan manuskrip-manuskrip yang mula-mula ini dengan Alkitab sekarang, kita dapat melihat bahwa Perjanjian Baru juga tetap tidak berubah sejak mula pertama itu ditulis.  Sekarang Alkitab telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 2500 bahasa dan dialek.  Firman Allah tetap menjadi buku terlaris di dunia; lebih dari 150 juta Alkitab yang terjual setiap tahun.
(2)        Ketepatan sejarah Alkitab sangat mengagumkan.
   Banyak penemuan arkeologi yang meneguhkan ketepatan tulisan Alkitab. Para ahli sejarah telah menemukan tablet-tablet(lembaran) tanah liat dan batu peringatan yang telah menjelaskan nama-nama, tempat dan peristiwa yang sebelumnya dikenal hanya dari Alkitab. Sebagai contoh, baca dalam Kejadian 11:31....”ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan....”.
   Karena Alkitab saja yang berbicara tentang Ur, beberapa pakar menyatakan bahwa tidak pernah ada kota seperti itu.  Lalu para ahli penggalian purbakala (arkeolog) menemukan satu menara kaabah di sebelah selatan Irak dengan satu silinder di dasarnya tertulis dalam bentuk tulisan kuno yang berisi nama Ur.  Kemudian diketahui bahwa Ur adalah kota metropolis yang hebat zaman dahulu dengan peradaban yang sangat tinggi.  Kota itu telah dilupakan, hanya Alkitab saja yang melindungi namanya—sampai para arkeolog meneguhkan kebenarannya.
(3)       Ketepatan penggenapan dari ramalan Alkitab membuktikan bahwa Anda dapat percaya akan Alkitab.

Kitab Suci berisi banyak ramalan yang mengagumkan mengenai peristiwa-peristiwa masa depan yang sekarang telah digenapi di hadapan mata kita.
V. BAGAIMANAKAH MEMAHAMI ALKITAB?.

   Anda perlu mengingat prinsip-prinsip ini:
1. Belajarlah Alkitab dengan hati yang penuh doa.
      Hampirilah Alkitab dengan satu hati dan pikiran      terbuka melalui doa.  Jika demikian maka Firman itu benar-benar menjadi suatu hubungan yang bersifat pribadi dengan Yesus (Yohanes 6:13-14).
2. Bacalah Alkitab tiap hari.
   Belajar Alkitab tiap hari adalah kunci mendapatkan kuasa dalam hidup kita dan mempertemukannya dengan pikiran Allah (Roma 1:16).
3.  Tanyakanlah: Apakah yang ingin dikatakan oleh penulis Alkitab?.
  Oleh memahami arti ayat-ayat, kita bisa menerapkannya dengan baik ke dalam kehidupan kita sekarang ini.
4.  Belajar Alkitab berdasarkan topik (judul pelajaran).
   Bandingkanlah ayat demi ayat.  Yesus menggunakan cara ini untuk menunjukkan bahwa Dialah Mesias : Baca Lukas 24:27...
   Dengan menggabungkan semua yang Alkitab hendak katakan mengenai satu pokok pelajaran tertentu kita akan memperoleh pandangan yang berimbang.
5.  Pelajari Alkitab agar menerima kuasa hidup bagi Kristus.
   Firman Allah digambarkan dalam buku Ibrani 4:12 sebagai pedang bermata dua yang tajam.  Itu lebih dari sekadar kata-kata di atas kertas, itu adalah senjata yang hidup di tangan kita untuk memerangi pencobaan dosa.
6.  Dengarlah sementara Allah berbicara kepada Anda melalui firman-Nya.
   Jika seorang ingin mengetahui kebenaran Alkitab mengenai satu pokok pelajaran ia harus menurut apa yang diajarkan (Yohanes 7:17), bukan apa yang orang pikirkan atau apa yang diajarkan satu gereja.
VI. ALKITAB DAPAT MENGUBAH HIDUP ANDA.
   
è Bukalah firman Tuhan dalam Mazmur 119:130.....
   -Mempelajari Alkitab akan memperdalam “pemahaman”, memberikan Anda kekuatan untuk mengalahkan kebiasaan yang merusak dan menyanggupkan Anda mengembangkan kepribadian seutuhnya : tubuh, pikiran, moral dan rohani.
   Alkitab berbicara kepada hati kita. Ini menyangkut pengalaman kemanusiaan: lahir, mengasihi, pernikahan, masalah orang tua dan kematian.
   Kitab Suci menyembuhkan luka yang yang terdalam dalam sifat manusia, dosa dan penderitaan yang diakibatkan oleh dosa itu.
   Firman Allah bukanlah buku untuk satu peradaban, satu zaman, satu bangsa, atau satu kebudayaan.  Meskipun Alkitab ditulis di Timur, tetapi itu juga menarik bagi pria dan wanita di Barat.
   Firman Tuhan memasuki rumah orang yang sederhana dan istana orang kaya. Anak-anak menyenangi kisah-kisah Alkitab yang menarik.  Pahlawan-pahlawan dalam Alkitab mengilhami orang muda. Mereka yang sakit, yang kesepian dan yang berusia lanjut menemukan penghiburan di dalamnya dan pengharapan untuk hidup yang lebih baik.
   Saudaraku,..Oleh karena Allah bekerja melalui Alkitab, itu memiliki kuasa yang besar. Itu meluluhkan hati yang keras melawan semua emosi manusia, melembutkan dan mengisinya dengan kasih.  Kita telah melihat Alkitab mengubah seorang yang sebelumnya penjahat dan penghisap opium menjadi pengkhotbah yang bersemangat.  Mengubah seorang pembohong dan pendusta menjadi seorang yang jujut dan benar, menarik orang dari keinginan untuk bunuh diri dan memberikan kepada mereka awal yang baru yang penuh harapan.
   Alkitab membangkitakan kasih di antara musuh-musuh.  Membuat orang sombong menjadi rendah hati dan yang mementingkan diri menjadi pemurah.
   Alkitab menguatkan kita yang lemah, memberikan sukacita dalam kesedihan, penghiburan dalam duka, menuntun kita yang dalam ketidakpastian dan memberikan kita kelegaan saat kelelahan.  Itu menunjukkan kepada pria dan wanita bagaimana hidup dengan penuh semangat dan bagaimana mati tanpa rasa takut.

KESIMPULAN:
   Saudaraku, Buku Allah, Alkitab bisa mengubah hidup Anda juga!.  Anda akan melihat dengan lebih jelas lagi bila Anda terus belajar Firman-Nya melalui On line ini. Apakah sebabnya Alkitab itu ditulis bagi kita?.  Yesus menjawab :  Kita baca: Yohanes 20:31...
   Alasan terbesar kita harus berkenalan dengan Kitab Suci ialah karena di situ penuh dengan gambar-gambar yang menyatakan Yesus Kristus dan menjamin kita mendapatkan hidup yang kekal.
   Oleh karena memandang Yesus melalui Alkitab, kita diubahkan dan menjadi makin seperti Dia.
   Mulai sekarang, temukanlah kuasa firman Allah yang dapat membuat Anda makin seperti Yesus.
   Saat ini Anda berdoa untuk mengakhiri pelajaran!.

KERTAS PERTANYAAN
PELAJARAN 1 : “KITA BISA MEMPERCAYAI ALKITAB”.

1.  Bacalah pelajaran Alkitab ini seluruhnya, yang telah Anda terima via on line ini.
2.  Isilah pertanyaan-pertanyaan yang terlampir disini.
3.  Kirimkan jawaban Anda kepada kami via Watch up.(w.a). agar kami bisa melihat hasilnya bahwa Anda benar-benar mengikuti pelajaran ini.
Jika pernyataan berikut BENAR, lingkari B; Jika SALAH, lingkari S.
1.   B.  S.  Sebelum dosa masuk ke dalam dunia ini, Allah berbicara muka dengan muka kepada Adam dan Hawa.
B.  S.  Setelah dosa masuk ke dalam dunia ini, Allah berbicara kepada manusia melalui nabi-nabi.
   2.  B.  S . Pekabaran Allah yg.diucapkan melalui para nabi dimuat dalam buku yang kita sebut Alkitab.
        B.  S.  Nabi-nabi yg.menulis Alkitab di ilhami oleh Roh Allah.
        B.  S.  Hanya sebagian tertentu dari Alkitab yang diilhami Roh Allah.
        B.  S.  Kekuatan Alkitab itu disebabkan oleh usianya yang sudah sangat tua.
   3.  B.  S. Alkitab ditulis antara tahun 200 TM sampai 1500 TM.
   4.   B.  S.  Sejarah Alkitab tidak tepat.
         B.  S.  Kegenapan ramalan Alkitab membuktikan ketetapan Alkitab.

·       Baca lagi Bagian V dari pelajaran ini, lalu bubuhkan tanda B. di depan setiap pernyataan yang benar.
______   Untuk mengerti Alkitab kita harus belajar dengan penuh doa.
_______ Dengan membandingkan semua yang Alkitab ingin katakan mengenai satu pokok pelajaran, kita mendapatkan pandangan yang berimbang.
________ Sementara kita belajar Alkitab, kita harus membiarkan Alkitab berbicara tentang dirinya sendiri.
_________ Mempelajari Firman Allah adalah merupakan perlindungan dan pertahanan kita melawan dosa dan pencobaan.
_________ Kita harus memegang keyakinan kita walaupun itu bertentangan dengan Alkitab.
PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN: Oleh karena Alkitab mengubah hidup seseorang dan memberikan kebahagiaan, penghiburan, tuntunan, keselamatan dan hidup kekal melalui Yesus Kristus, apakah Anda rindu untuk menemukan hidup baru yang diberikan oleh mempelajari Alkitab?._________
N.B. Anda bisa kirim jawabannya kepada kami via w.a dengan cara menuliskan urutannya saja dengan sederhana.  Terimakasih. Tuhan memberkati!
Pdt.H.M. Siagian, MPTh.  WA: 0811 1945 034


1 komentar: