Rabu, 22 Juli 2020

PENDALAMAN ALKITAB (3)


La La La Barcelona: Patung Nebukadnezar Untuk Barcelona
3. MASA DEPAN ANDA.

Kata Pengantar:
   Selamat datang dalam blogspot Agape Ministry. Anda bisa mengunjunginya dengan mengklik: http:marryhot.blogspot.com.
   Media ini menyajikan pelajaran Alkitab On line.  Untuk itu kami ucapkan selamat datang, semoga dapat mengikuti pelajaran yang akan kita LANJUTKAN dengan pelajaran 3 yang berjudul: “MASA DEPAN ANDA ”.  Sebelum memulai pelajaran ini, kami mohon saudara terlebih dahulu berdoa meminta petunjuk, berkat dan pengertian dari Tuhan Allah di sorga terhadap pelajaran ini. Semoga pelajaran ini menjadi sarana yang mendekatkan hidup saudara kepada Tuhan Allah serta menerima keselamatan yang Dia sediakan bagi siapapun yang percaya dan menerimanya dengan iman. Terimakasih.

Pendahuluan:

   Tanggal 17 Desember 1927, sebuah kapal selam A.S—pada saat Muncul di Provincetown, Massachusetts secara tidak sengaja ditabrak oleh Kapal Coast Guard sampai tenggelam.  Upaya dilakukan untuk selamatkan 6 korban yang terjebak di ruang torpedo depan.  Seorang penyelam menempelkan telinga helmnya ke sisi kapal dan telah menerima pesan berkode Morse: IS...THERE...ANY...HOPE?.(Apakah disana ada HARAPAN?). Ini tentu adalah sebuah pertanyaan yang bagus saat Anda terjebak didalam kapal selam.  Ketika kita melihat apa yang terjadi diseluruh dunia saat ini, tampaknya banyak yang membuat PESAN seperti ini: “Apakah disana ada harapan??.
   Manusia sangat membutuhkan pengharapan itu.
   Tetapi harapan itu sulit ditemukan di dunia kita ini---SAMPAI kita mengamatinya melalui pandangan nubuatan Alkitab.  Pelajaran ini akan meneliti nubuatan luar biasa yang telah mengilhami begitu banyak orang dengan harapan yang penuh semangat.

I.NUBUATAN ALKITAB YANG MENGHERANKAN.

   Kira-kira 500 tahun sebelum Kristus lahir, Allah memberikan kepada dunia ini sekelumit keterangan yang menarik mengenai MASA DEPAN melalui nabi Daniel.
   Allah mengemukakan sebelumnya tentang garis besar sejarah dunia untuk 2300 tahun, sejak zaman Daniel sampai zaman kita ini.  Nubuatan ini sebenarnya berasal dari satu mimpi yang Allah berikan kepada Nebukadnezar, raja Babilonia, kira-kira 2500 tahun yang lalu.  Mimpin ini sangat menggusarkan raja ini—tetapi ketika ia bangun pagi ia tidak mengingat rincian mimpi itu!.  Setelah semua orang bijak di Babilonia gagal membantu raja untuk mengingatkan kembali mimpinya atau menafsirkannya, seorang muda Ibrani pembuangan bernama Daniel muncul, mengaku bahwa Allah di surga bisa menyatakan semua rahasia.
   Berdiri di depan raja, Daniel dengan berani menyatakan:  Mari kita buka dan baca Alkitab kita dalam  Daniel 2:31-35.(Baca...).

II. NUBUATAN DITAFSIRKAN.
  Setelah menceritakan kepada Nubuadnezar yang sangat terkesan itu tentang apa sebenarnya yang ia telah lihat dalam khayalnya, Nabi Daniel menerangkan didalam Daniel 2:36 (Buka dan baca).

KEPALA EMAS:
  Kuasa dunia manakah yang Daniel katakan kepada raja yang dilambangkan dengan kepala emas?.
  Buka Alkitab dalam Daniel 2:37,38....
  Daniel sedang mengatakan kepada penguasa kerajaan terbesar di dunia itu: “Nebukadnezar,..Allah sedang memberitahukan kepada Anda bahwa kerajaan Andalah, Babilon, yang dilambangkan dengan kepala emas patung itu”.

DADA DAN LENGAN PERAK:
  Dari pandangan manusia, Babilon sepertinya menjadi satu kerajaan yang akan lestari selama-lamanya.
  Tetapi apakah kata nubuatan akan terjadi berikutnya?
  Mari kita baca Daniel 2:39 (Baca....)
  Dalam penggenapan ramalan Allah, Kerajaan Nebukadnezar hancur dan runtuh ketika Koresy, panglima Persia, mengalahkan Kerajaan Babilonia pada tahun 539 SM. Jadi dada dan lengan perak melambangkan Medo-Persia, kerajaan yang kuat lainnya.

PERUT DAN PAHA DARI TEMBAGA:
  Apakah yang dilambangkan dengan bagian dari patung logam ini?. 
  Daniel 2:39b “Kemudian suatu kerajaan lagi, yakni yang ketiga, dari tembaga, yang akan berkuasa atas seluruh bumi.”
  Perut dan paha dari tembaga melambangkan kerajaan Gerika (Yunani). Alexander yang Agung mengalahkan  Medo-Persia, dan itu membuat Gerika menjadi kerajaan dunia yang ketiga terbesar.  Kerajaan itu memerintah dari tahun 331 sampai 168 S.M.

KAKI DARI BESI:
  Mari kita buka Daniel 2:40 (Baca ayatnya...)
  Setelah Alexander wafat, kerajaannya melemah dan terbagi menjadi bagian dari faksi-faksi lawan sampai akhirnya pada tahun 168 S.M.pada perang Pydna, “Kerajaan Besi” Roma menggusur Gerika.
  Allah menggunakan kaki besi dari patung besar itu untuk melambangkan kerajaan dunia ke empat.
  Kaisar Agustus memerintah Kerajaan Roma ketika Yesus lahir sekitar 2000 tahun yang lalu (Lukas 21:1).
  Kristus dan rasul-rasul-Nya hidup pada zaman yang dilambangkan dengan kaki besi ini.
  Gibbon, sejarahwan abad ke 18, tidak diragukan mengetahui nubuatan Daniel ketika ia menulis: “Patung yang terdiri dari emas, perak, atau tembaga yang kiranya melambangkan bangsa-bangsa dan raja-rajanya, hancur seluruhnya oleh monarki besi dari Roma.”
  Edward Gibbon, The History of the Decline and Fall of Roman Empire(John D.Morris and Company) Vol.4 hlm.89.
  Coba pikirkan sejenak mengenai ramalan ini dari sudut pandang manusiawi. Bagaimanakah bisa Daniel, orang Ibrani yang hidup pada zaman Babilon, bisa mengetahui tentang berapa banyak kerajaan yang akan menang terhadap kerajaan lainnya ratusan tahun di depan?.
  Sulit sekali bagi kita untuk menggambarkan bagaimana persediaan pasar terjadi minggu depan?. Tetapi kenyataannya, Babilon, Medo-Persia, Gerika dan Roma berurutan satu dengan lainnya persis seperti yang diramalkan—bagaikan murid-murid sekolah yang penurut sedang berbaris.
  Apakah Allah mengendalikan Masa depan?. Bisakah kita memiliki pengharapan berdasarkan rencana-Nya yang Agung itu?. Jawabnya yang pasti, adalah Ya!.

TELAPAK DAN JARI-JARI KAKI DARI BESI BERCAMPUR TANAH LIAT:
 
  Akan adakah kekuasaan Dunia yang ke 5 akan mengikuti Roma?.   Kita buka Daniel 2:41,42...
  Nabi itu menubuatkan bukan adanya kerajaan dunia yang ke 5, tetapi pecahnya kerajaan besi, Roma.
  ROMA akan pecah menjadi 10 kerajaan, yang dilambangkan dengan TELAPAK dan JARI-JARI kaki patung itu. Apakah ini benar terjadi?. Ya, benar.
  Pada abad ke 4 dan ke 5 setelah Kristus, penyerbu yang kejam dari Utara menghancurkan kerajaan Roma dengan menyerang secara bergelombang. Akhirnya 10 bangsa menguasai sebagian besar wilayah Barat Roma dan 10 bangsa merdeka membentuk negaranya sendiri di kawasan Eropah.  Demikianlah, jari-jari kaki melambangkan bangsa-bangsa Eropah modern sekarang ini.

10 JARI KAKI ---10 BANGSA BESAR DI KERAJAAN EROPAH BARAT.

  Anglo Saxons ________(Inggeris).
  Franks_______________(Perancis)
  Alamanni_____________(Jerman)
  Lombards_____________(Italia)
  Ostrogoths____________(lenyap) tdk.ada lagi.
  Visigoths______________(Spanjol)
  Burgundians__________(Swiss)
  Vandals_______________(Afrika Utara,terakhir lenyap).
  Suevi__________________(Portugis)
  Heruli_________________(Lenyap setelah beberapa abad).

III. ZAMAN KITA DALAM NUBUATAN ALKITAB.
 
  Apakah nubuatan Daniel meramalkan bahwa ada usaha yang dibuat untuk mempersatukan bangsa-bangsa Eropah di bawah satu pemerintahan?.
  Mari kita baca Daniel 2:43.....
  Berulang-ulang kali orang-orang yang berkuasa telah mencoba mempersatukan Eropah, tetapi mereka selalu gagal mencapai tujuannya. Sebagai contoh: NAPOLEON BONAPARTE nyaris mencapai tujuannya dibanding orang lain untuk mempersatukan Eropah yang sudah terbagi itu, tetapi mungkin memikirkan mengenai nubuatan ini, ketika ia lari karena kalah dalam medan pertempuran di Waterloo, ia berseru. “Allah Yang Mahakuasa terlalu besar bagi saya”.
  Kaisar WILHELM II dan ADOLF HITLER membangun tentara yang paling kuat pada zamannya. Tetapi masing-masing mereka gagal mempersatukan Eropah dibawah kekuasaan mereka. MENGAPA?...Karena Firman Allah berlaku: “Orang-orang akan bercampur baur dan tetap tak dapat dipersatukan”.  Akibat dari dua perang dunia mempertegas bahwa Allah memegang kendali MASA DEPAN di tangan-Nya : Allah sepenuhnya memegang kendali. Itu sudah cukup memberikan kita harapan dan kedamaian pikiran serta yakin akan rancangan-Nya bagi hidup kita.

IV. MEMANDANG KE MASA DEPAN.

  Hanya satu bagian dari nubuatan Daniel yang belum digenapi. Apakah arti batu yang membentur patung pada kakinya, menghancurleburkannya dan menjadi satu gunung besar yang memenuhi seluruh bumi?.
  Kita buka dan baca Daniel 2:44...
  Saudaraku,...”Raja-raja itu” hanya bisa mengacu kepada raja-raja yang dilambangkan oleh kaki dan jari patung itu—penguasa-penguasa Eropah Modern yang ada pada zaman kita ini. Batu yang membentur patung dan menghancurkannya akan memenuhi seluruh bumi (ayat 34,35 dan 45).  Yesus segera akan turun dari surga “untuk membentuk satu kerajaan”, kerajaan-Nya yang penuh kebahagiaan dan damai.  Lalu Kristus, Batu zaman itu dan Raja di atas segala raja akan memerintah selama-lamanya!.
  Semua ramalan dalam Daniel 2 telah berlalu, KECUALI ramalan yang t e r a k h i r—yakni: jatuhnya batu yang membentur patung.  Menurut jadwal waktu Allah, kita sedang mendekati puncak yang paling agung, yakni kedatangan Kristus kembali ke dunia kita ini.
  Yesus Kristus, Putra Allah, segera akan mengakhiri pergumulan sejarah manusia yang penuh darah dan sangat panjang serta membangun kerajaan-Nya yang kekal yang penuh kasih dan kemurahan.

 V. MIMPI RAJA DAN ANDA.

  Nubuatan ini menunjukkan tangan pimpinan Allah dalam bangkitnya dan jatuhnya bangsa-bangsa.
  Allah mengetahui masa lalu dan nubuatan Alkitab ini menunjukkan dengan jelas bahwa Ia tahu juga MASA DEPAN.  Jika Allah mengatur pergerakan bangsa-bangsa dengan begitu tepatnya, pasti Ia dapat menuntun hidup masing-masing orang.  Yesus meyakinkan kita, “Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut....” (Matius 10:30-31).
  Karunia pemberian dari Allah dapat menjadi penangkal dari semua kekhawatiran dan rasa takut kita.
  Pengharapan yang Ia ilhamkan dapat menjadi jangkar bagi jiwa kita (Ibrani 6:19).
  Ilustrasi:
  Seorang ilmuwan abad ke 16, Erasmus menceritakan tentang satu kecelakaan dalam pelayaran yang tak pernah dapat dilupakan sepanjang sisa umur hidupnya.
  Kapal layarnya terdampar karena topan. Pada waktu gelombang jahat menghantam kapal dan mulai pecah, awak kapalnya pun panik. Penumpang nyaris histeris.
  Sebagian besar berteriak meminta pertolongan kepada santa (orang saleh) pelindung mereka, menyanyikan lagu-lagu rohani atau memohon dalam doa yang nyaring.
  Tetapi, Erasmus memperhatikan ada seorang penumpang yang berperilaku sangat berbeda.
  “Dari semua kami,” tulis Erasmus, ”orang yang paling tenang ialah seorang ibu muda yang menggendong bayi yang sedang menyusuinya. Ialah satu-satunya yang tidak berteriak, menangis, atau tawar menawar dengan surga.
  Ia tidak berbuat sesuatu pun kecuali berdoa dengan diam-diam bagi dirinya sendiri sementara memeluk bayinya dengan erat di pangkuannya”.
  Erasmus menyadari, doa ini adalah kelanjutan dari kebiasaan hidupnya yang selalu berdoa dengan teratur.  Kelihatannya ia(ibu muda tersebut) menyerahkan dirinya sendiri kepada Allah.
  Pada saat kapal itu mulai karam, ibu muda ini ditempatkan di atas papan, diberikan sebatang tiang kapal untuk digunakan sebagai dayung dan kemudian diterjunkan ke dalam ombak laut itu. Ia harus menggedong bayinya dengan satu tangan dan berusaha mendayung dengan tangan lainnya. Hanya sedikit orang yang mengira bahwa ia akan tahan melawan ombak yang menggulung itu. Tetapi iman dan kesabarannya membuat ia tetap berdiri teguh. Ibu dan anaknya inilah yang pertama tiba di pantai. Ibu tersebut selalu berharap kepada Allah yang akan menolongnya.

Kesimpulan:
  Saudaraku,...Berharap pada Allah yang layak dipercaya membuat semua berbeda—walaupun dunia kita seolah-olah akan hancur di sekitar kita.  Kita tidak berada di sana mengayuh sendirian. Satu tangan yang lebih kuat sedang menuntun dan memegang kita.
  Jika Anda mau datang kepada Kristus dalam penyerahan sepenuhnya, Ia akan memberikan satu iman yang akan melindungi Anda melewati semua badai.
  Temukanlah kedamaian yang Maha Besar yang Yesus janjikan: Baca firman-Nya dalam Yohanes 14:27....
  Apakah Anda memiliki damai itu?. Jika ya, bersyukurlah kepada Yesus, Juruselamat Anda.  Jika tidak, undanglah Dia masuk ke dalam kehidupanmu sekarang juga.
   (Mari kita tutup pelajaran kita ini dengan DOA:_____)

KERTAS PERTANYAAN
PELAJARAN 3 : “MASA DEPAN ANDA”.

1.  Bacalah pelajaran Alkitab yang Anda telah terima melalui online ini seluruhnya.
2.  Isilah pertanyaan-pertanyaan yang terlampir disini.
3.  Kirimkan jawaban Anda kepada kami via Whats App.(w.a). agar kami bisa melihat hasilnya bahwa Anda benar-benar mengikuti pelajaran ini.

PERTANYAAN:
*Bacalah kembali bagian pelajaran 3 ini. Sesuai dengan nomor pada sisi kiri, bubuhkan (X) di depan semua pertanyaan yang benar.

1.Nubuatan tentang patung besar dalam Daniel pasal 2,
____Meramalkan terlebih dahulu 2500 tahun sejarah dunia.
____Mengulangi 2500 tahun pertama dari sejarah dunia.
2.Kepala patung dari emas melambangkan kerajaan
___Assyria, diperintah oleh Raja Nabopolassar.
___Babilon, diperintah oleh Raja Nebukadnesar.
  Dada dan tangan patung dari perak melambangkan
___Kerajaan Medo-Persia (539 sampai 331 S.M.)
___Kerajaan Mesir (539 sampai 331 S.M.)
  Perut patung dari tembaga melambangkan kerajaan
___Gerika (331 sampai 168 S.M.)
___Roma (168 STM sampai 476 TM)
  Kaki patung dari besi melambangkan kerajaan
___Makedonia (168 STM sampai 476 T.M).
___Roma (168 STM sampai 476 T.M).
3.Telapak kaki patung dari besi bercampur tanah liat.
___Berarti bahwa Eropah “akan bersatu lagi” dan menjadi penguasa dunia.
___Berarti bahwa Eropah Modern, “tidak akan bersatu lagi”.
4.Batu yang membentur kaki dan menghancurkaannya
___Melambangkan Kristus yang segera datang untuk mendirikan kerajaan-Nya.
___Melambangkan Perang Dunia III.

 Baca lagi bagian V dan VI, kemudian jika pernyataan ini BENAR, lingkari huruf (B); jika SALAH, lingkari (S).

5.B   S   Jika Allah dapat mengatur pergerakan bangsa-bangsa sedemikian tepatnya, pasti Ia dapat menuntun kehidupan kita masing-masing.
PERTANYAAN DARI HATI KE HATI:
  Apakah Anda rindu secara pribadi untuk meminta Yesus menuntun hidup Anda sehingga Anda dapat menjadi warganegara dalam kerajaan yang tidak lama lagi akan didirikan-Nya?_________

Salam dan doa kami:
Pdt.H.M. Siagian MPTh, WA: 0811 1945 034

1 komentar: