Rabu, 22 Juli 2020

PENDALAMAN ALKITAB (4)


KEDATANGAN YESUS KEDUA KALI - Khotbah 25 Mei 2017 Kebaktian ...
4. BILA YESUS DATANG UNTUK ANDA

Kata Pengantar:
   Selamat datang dalam blogspot Agape Ministry. Anda bisa mengunjunginya dengan mengklik: https://marryhot.blogspot.com.
   Media ini menyajikan pelajaran Alkitab On line.  Untuk itu kami ucapkan selamat datang, semoga dapat mengikuti pelajaran yang ke 4 yang berjudul: “BILA YESUS DATANG UNTUK ANDA”.  Sebelum memulai pelajaran ini, kami mohon saudara terlebih dahulu berdoa meminta petunjuk, berkat dan pengertian dari Tuhan Allah di sorga terhadap pelajaran ini. Semoga pelajaran ini menjadi sarana yang mendekatkan hidup saudara kepada Tuhan Allah serta menerima keselamatan yang Dia sediakan bagi siapapun yang percaya dan menerimanya dengan iman. Terimakasih.

Pendahuluan:

  Armando Valladares, telah menjalani hukuman 30 tahun di penjara Castro karena “kejahatan” berdoa di satu gereja pada hari Natal. Setelah sekian tahun diperlakukan tidak wajar, dia telah menjadi kurus, keriput dan jauh berbeda dari dirinya yang dulu.
  Para petugas penjara menyiksa, menghina dan membuat orang ini kelaparan, namun ia menolak untuk mengingkari imannya.
  Ada sesuatu yang membuat ia bertahan yakni: satu janji yang ia telah buat kepada seorang wanita muda bernama Martha.  Ia telah bertemu dan jatuh cinta ketika ia sama-sama ada di penjara.  Wanita ini sangat tertarik kepada iman Armando yang penuh kesabaran. Tidak lama setelah pasangan ini menikah dalam upacara sipil yang diadakan di halaman penjara, Martha dipaksa untuk berimigrasi ke Miami.  Perpisahan mereka sangat menyakitkan.
  Namun Armando berhasil menyelundupkan sebuah janji kepada kekasihnya. Diatas secarik kertas yang sudah dibuang ia telah menuliskan janjinya sbb: “Aku akan datang kepadamu, Bayonet yang merentang di balik punggungku tidak lagi menjadi masalah bagiku”.
  Narapidana ini bertekad bahwa, bagaimanapun juga, ia dan Martha akan mengikat janji mereka di satu gereja di hadapan Allah. Satu hari kelak perpaduan mereka akan sempurna. “Anda selalu bersamaku,” ujarnya kepada wanita itu.
  Saudaraku,...Janji Armando membuat ia bertahan melalui tahun-tahun perlakuan yang tidak adil yang bisa merusak semangat kebanyakan pria. Dan disisi lain, itu juga yang membuat Martha kekasihnya itu terus bertahan.
  Ia bekerja tanpa lelah memberitahukan kepada media untuk menarik perhatian umum kepada penderitaan suaminya, Ia tidak pernah putus asa.

I.J A N J I.
  Kita boleh jadi dicobai untuk meragukan, apakah benar Yesus akan turun suatu hari dari angkasa biru di atas sana untuk suatu reuni yang luar biasa itu?.
  Kita telah berpisah begitu lama. Kebahagiaan akhir akan kita alami setelah melewati sejarah dunia yang panjang dan tragis ini. Namun, ada satu hal yang bisa membuat pengharapan itu tetap hidup dalam hati kita.
  Dan itu adalah janji Yesus untuk kembali.
  Sesaat sebelum berpisah dengan para murid-Nya untuk naik menuju ke surga, Yesus telah membuat janji ini :
  Mari kita buka Alkitab kita dan membacanya dalam kitab Yohanes 14:1-3 (Baca....).
  Saudaraku,...Sebelum Yesus naik ke surga, Ia meyakinkan para pengikut-Nya, “AKU AKAN DATANG KEMBALI!”. Ia berjanji AKAN kembali dan membawa semua yang percaya kepada-Nya ke satu tempat istimewa yang Ia telah persiapkan untuk kita.
  Kitab Suci berbicara tentang kedatangan-Nya kita-kira 2500 kali.  Kenyataan bahwa Yesus segera datang ke dunia pada kali yang kedua sama pastinya dengan kenyataan bahwa Ia pernah hidup di atas bumi ini 2000 tahun yang lalu.
  Dulu kala, Allah berjanji bahwa seorang Mesias akan datang, seorang PELEPAS yang akan memikul segala pelangggaran kita dan memberikan pengampunan atas dosa manusia.  Janji itu tampaknya terlalu bagus untuk di sebut benar bagi banyak orang pada zaman dulu yang bermain lumpur dosa selama hidup mereka.
  Tetapi Yesus benar datang dan mati di atas salib. Janji itu menjadi kenyataan yang lebih mulia dari pada yang orang bayangkan. Janji_nya untuk kembali ke dunia akan menjadi kenyataan juga.  Kita dapat percaya kepada SEORANG yang mengasihi kita, untuk kembali dan mengumpulkan mereka kepada siapa Ia telah membayar dengan harga yang tak terkira besarnya.
   Selama di penjara, Armando terus menyelundupan sajak-sajak, pesan-pesan dan gambar-gambar kepada Martha. Dan akhirnya wanita ini berhasil menerbitkan beberapa dari tulisan-tulisannya.  Kepandaian mereka menulis menarik perhatian dunia. Pemerintah-pemerintah mulai menekan Castro untuk membebaskan orang yang dipenjarakan karena keyakinannya.
   Presiden Perancis campur tangan secara pribadi dan akhirnya pada bulan Oktober 1982 Armando telah dibawa dengan pesawat terbang menuju Paris.
   Sulit sekali baginya untuk percaya bahwa ia bebas—walaupun setelah pesawat itu mendarat.  Namun, setelah dua dasawarsa menderita, rindu dan menunggu, Armando akhirnya berlari ke pelukan Martha yang sedang menunggu.  Beberapa bulan kemudian pasangan yang berbahagia ini berdiri di Gereja St.Kieren, Miami dan mengulangi janji mereka di hadapan Allah. Akhirnya perpaduan mereka sempurna.  Janji kekasihnya  Armando kepada Martha terpenuhi: “Aku akan datang kepadamu.”
   Dapatkah saudara membayangkan betapa suatu reuni yang luar biasa terjadi bila akhirnya kita bisa melihat Yesus muka dengan muka?.  Pemunculan-Nya yang penuh kemuliaan itu akan menghapuskan semua penderitaan dan frustrasi, menghapuskan semua kepedihan yang kita terus sembunyikan dalam hati kita.
   Kembalinya Yesus akan memenuhi kerinduan kita yang terdalam dan pengharapan kita yang paling menyenangkan.  Dan kita akan berangkat menuju kekekakan persekutuan yang akrab dengan Oknum yang paling istimewa di semesta alam.  Saudaraku,...YESUS SEGERA DATANG!. Apakah saudara rindu bertemu dengan-Nya?.

II. BAGAIMANAKAH CARA YESUS DATANG?.

(1).APAKAH YESUS AKAN DATANG SECARA RAHASIA? .
  
   Kita baca dalam Matius 24:25-27. (buka dan baca...)
  
   Kilat akan memancar dengan jelas sekali yang dilihat oleh mata dalam jarak yang sangat jauh, sehingga kedatangan Yesus itu bukanlah suatu peristiwa yang bersifat rahasia dan subyektif.

(2).APAKAH YESUS DATANG LAGI SEBAGAI MANUSIA SESUNGGUHNYA?.

Baca Kisah 1:10-11......
 
   Pada hari kenaikan-Nya dari dunia ini, dua malaikat meyakinkan para murid bahwa: “Yesus yang sama” yang terangkat ke angkasa—bukan orang lain—akan datang kembali secara pribadi sebagai Raja di atas segala raja.
   Yesus yang sama yang menyembuhkan orang sakit dan membuka mata orang buta. Yesus yang sama yang berbicara dengan ramah kepada perempuan yang berzina.
   Yesus yang sama yang menghapuskan air mata dukacita dan menyambut anak-anak ke pangkuan-Nya.
   Yesus yang sama yang mati di salib Kalvari, beristirahat dalam kubur, dan bangkit dari kematian pada hari ketiga.

(3).APAKAH YESUS PASTI DATANG SEHINGGA KITA BISA MELIHAT DIA?.
   Baca Wahyu 1:7 (bagian bertama).
   Semua yang hidup ketika Yesus datang kembali, baik orang benar maupun orang jahat, akan menyaksikan kedatangan-Nya kembali.  Berapa banyakkah, menurut Yesus sendiri yang akan melihat kedatangan-Nya kembali?.  Buka Alkitab saudara dalam Matius 24:30....
   Semua yang masih hidup di bumi ini akan menyaksikan kedatangan-Nya yang kedua.

(4).SIAPAKAH YANG AKAN MENYERTAI YESUS BILA IA DATANG?.
   Baca Alkitab Matius 25:31-----
   Bayangkanlah bagaimana megahnya bila Yesus kembali dengan seluruh kemuliaan, yang dikelilingi oleh “semua malaikat”.

(5). BISAKAH KITA MERAMALKAN WAKTU YANG TEPAT AKAN KEDATANGAN YESUS KEMBALI?.
   Kita buka Alkitab kita dalam Matius 24:36,44.......

   Semua orang akan melihat kedatangan Yesus yang penuh kemuliaan, tetapi banyak yang tidak bersedia untuk itu. Apakah Anda secara pribadi bersedia bagi kedatangan Yesus?.

III. APAKAH YANG YESUS PERBUAT BILA IA DATANG KEMBALI?.

(1)       YESUS AKAN MENGUMPULKAN SEMUA YANG SELAMAT YANG TERPILIH.
  Baca Alkitab dalam Matius 24:31......
   Jika Anda mengizinkan Yesus mempersiapkan hati dan kehidupan Anda, maka Anda akan menyambut Dia dengan penuh kesukaan sebagai Juruselamat Anda.

(2). YESUS AKAN MEMBANGKITAKAN ORANG BENAR YANG MATI.
    Kita buka Alkitab kita dan membacanya dalam
 1 Tesalonika 4:16.....(Baca).
   Yesus akan turun dari surga dengan suara nyaring.
   Suara-Nya yang berkuasa itu terdengar di seluruh dunia.  Itu akan membuka kubur-kubur di semua pemakaman dan membangkitkan jutaan orang yang telah menerima Yesus sepanjang zaman.
   Betapa sukacitanya hari itu!.

(3).YESUS AKAN MENGUBAH SEMUA ORANG BENAR PADA WAKTU KEDATANGAN-NYA.
   Bukan hanya orang benar yang sudah mati, tetapi juga bagi orang benar yang masih hidup.
   Kita bisa baca selanjutnya dalam firman Tuhan dalam 1 Tesalonika:17.....
   Untuk mempersiapkan kita bagi kekekalan, Kristus akan mengubah tubuh kita yang fana dan bisa mati ini menjadi tubuh yang cantik dan kekal.
   Hal inilah yang dikatakan dalam 1 Korintus 15:51-53....(baca....).  Bila Yesus datang pada kali yang kedua, “kita semua akan diubahkan”.
   Saudaraku,...Coba bayangkan,... tidak ada lagi sakit persendian, lumpuh atau kanker.  Semua Rumah Sakit tutup dan tutup pula semua rumah duka.  Karena Kristus telah datang!.

(4). YESUS AKAN MEMBAWA SEMUA ORANG BENAR KE SURGA.
   Yesus sendiri telah berjanji, “....Aku akan datang kembali dan membawa kamu ketempat-Ku” (lihat Yohanes 14:1-3).
   Petrus berbicara mengenai warisan umat tebusan “tersimpan di surga untuk kamu” (1 Petrus 1:4).
   Kita bisa berharap untuk menggali keajaiban kota Allah, Yerusalem yang baru dan mengenal Bapa kita yang di Sorga.

(5). YESUS AKAN MENGHAPUSKAN KEJAHATAN DAN PENDERITAAN SALAMA-LAMANYA.
  
   Orang jahat---mereka yang terus menerus menolak semua kasih karunia yang ditawarkan Yesus---sebenarnya menerima hukuman karena diri mereka sendiri. Pada saat mereka memandang wajah Yesus yang datang kepada mereka dalam awan-awan, suatu kesadaran yang tiba-tiba akan dosa ternyata amat sakit untuk mereka pikul; mereka berseru kepada gunung-gunung dan batu-batu,”...Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas takhta dan terhadap murka Anak Domba itu” (Wahyu 6:16).  Mereka memilih mati daripada berdiri di hadapan pancaran cahaya Yesus yang dilihat oleh semua orang itu.  Mereka tahu bahwa suara yang sekarang menggelegar dari angkasa itu pernah menghimbau dengan penuh keramahan kepada mereka untuk menerima anugerah Ilahi.
   Mereka yang hilang dalam lumpur karena mengejar UANG atau kepelesiran atau kedudukan, sekarang menyadari bahwa mereka telah menyia-nyiakan satu-satunya hal yang sangat berharga dalam hidup ini.
   Ini adalah wahyu yang membinasakan.  Sebenarnya, tidak seorang pun dari mereka harus hilang.
   Allah sendiri, “tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup.....” (Yehezkiel 33:11). “Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat” (2 Petrus 3:9).
   Yesus menghimbau kita, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Matius 11:28).  Tetapi, sangat disayangkan, ada banyak orang yang mengesampingkan undangan-Nya yang penuh kemurahan itu.

IV. SUDAH SEDIAKAH ANDA BAGI KEDATANGAN YESUS?.
   Bagi Yesus, memerlukan harga yang sangat mahal untuk menjamin kita memperoleh masa depan yang penuh kemuliaan bersama Dia “di Rumah Bapa-Ku”.
   Harganya adalah Hidup-Nya.
   Mari kita baca firman-Nya dalam Ibrani 9:28....
   Juruselamat yang mati di salib untuk mengangkat dosa-dosa Anda akan kelihatan “kedua kalinya”, dan Ia akan “membawa keselamatan bagi mereka yang menantikan Dia”. Kristus mengorbankan diri-Nya agar dapat menawarkan keselamatan bagi masing-masing kita.  Tetapi tanpa kedatangan yang kedua, salib itu sia-sia.  Kristus ingin memberikan kepada kita jaminan rumah yang kekal bersama Dia. Agar supaya itu menjadi kenyataan, kita harus membiarkan Dia menguasai hati kita sebagai Juruselamat dan Tuhan sekarang ini juga.
   Tidak lama lagi Allah kita, Juruselamat kita, akan turun dari awan-awan untuk melepaskan kita.

Kesimpulan:
   Bersediakah Anda untuk menyambut Raja itu dengan segala kemuliaan-Nya?.  Jika belum, undanglah Yesus secara pribadi ke dalam kehidupan Anda sekarang juga. Sama seperti kedatangan Yesus ke dunia ini akan mengatasi masalah-masalah dunia, demikian juga kedatangan-Nya ke dalam hati Anda akan menolong Anda mengatasi masalah-masalah Anda sehari-hari sekarang ini.
   Seorang yang sanggup mengatasi masalah dapat melepaskan Anda dari kesalahan dan beban dosa dan memberikan Anda hidup kekal.
   Kedatangan Yesus ke dalam satu kehidupan bisa mengubah kehidupan itu selama-lamanya sedemikian dramatisnya seperti perubahan yang terjadi pada kedatangan Yesus ke dunia kita ini. Anda dapat bergantung pada Yesus.  Ia akan mempersiapkan Anda bagi kedatangan-Nya dan memberikan Anda jaminan kehidupan yang indah dan bahagia selama-lamanya.
   Kiranya ini menjadi doa saudara:
   Ya Bapa di surga : Hati saya berdebar dengan antisipasi yang besar sementara saya menantikan Yesus datang lagi. Sekarang, ya Yesus, datanglah ke dalam hati saya dengan cara yang lebih dalam dari sebelumnya. Persiapkanlah saya agar bersedia bila Engkau datang lagi. Terimakasih banyak!. Amin.

 KERTAS PERTANYAAN
PELAJARAN 4 : “BILA YESUS DATANG UNTUK ANDA”.

1.  Bacalah pelajaran Alkitab yang Anda telah terima melalui online ini seluruhnya.
2.  Isilah pertanyaan-pertanyaan yang terlampir disini.
3.  Kirimkan jawaban Anda kepada kami via Whats App.(w.a). agar kami bisa melihat hasilnya bahwa Anda benar-benar mengikuti pelajaran ini.

PERTANYAAN:
   Bubuhilah tanda (X) di depan pernyataan yang benar.
1.   _____Sebelum Yesus naik ke surga ia berjanji,”Aku akan datang lagi”.
______Kedatangan Yesus yang kedua disebut paling sedikit 2500 kali dalam Alkitab.
______Karena janji kedatangan Yesus yang pertama telah terpenuhi, maka kita bisa merasa pasti yang Ia akan datang kedua kali.

2.  ______Tidak ada yang rahasia mengenai kedatangan Yesus yang kedua kali.
______Yesus akan datang kedua kalinya sebagai Seorang Manusia yang sebenarnya.
______Semua orang yang masih hidup akan melihat Yesus bila Ia kembali.
______Malaikat-malaikat surga akan menyertai Yesus bila Ia kembali.
______Alkitab memberikan tanggal yang pasti kapan Yesus datang lagi.
    
     3.  Bila Yesus datang
______Ia akan mengumpulkan semua yang selamat yang menantikan Dia.
______Ia akan membangkitkan orang saleh yang sudah mati yang tidur di kubur.
______Ia akan mengubah tubuh orang-orang benar agar mereka tidak akan sakit dan tidak akan mati lagi.
______Ia akan mengumpulkan orang benar dan membawa mereka ke surga.
______Ia akan meninggalkan beberapa orang benar untuk tinggal di bumi ini.
______Orang jahat yang masih hidup di bumi akan dibinasakan.

   Jawablah pertanyaan dari hati-ke hati ini:
   Bagaimana perasaan Anda mengenai kedatangan kembali Kristus yang segera itu?.

Salam dan doa kami:
Pdt.H.M. Siagian, MPTh. W.A: 0811 1945 034

1 komentar:


  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus