Jumat, 12 Oktober 2018

Pengalaman Perjalanan TOUR ke Korea Selatan: OKTOBER 2018.

Day 1 JAKARTA - SEOUL.

Pada jam 17:10 pagi bersama isteri berangkat dari rumah ke Terminal Damri di Kayuringin, Bekasi. Dengan menaiki mobil Damri Royal tepat jam 17:40 berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta, terminal 2D. Kamipun tiba di Bandara tepat jam 19:29 dan bergabung dengan Tour Guide Sdr.Rexy Steve bersama ke 19 orang lainnya di belakang Restaurant Maxx Coffee.  Jadi kami berjumlah 21 peserta Tour Enjoy Korea Super Promo, selain Tour Guide.  Pada jam 21:00 tiba saatnya pengurusan bagasi dan tiket serta semua passport pun dibagi-bagikan kepada seluruh peserta.  Pada jam 21:30, tour guide mengadakan briefing sejenak untuk memberikan pengarahan agar mengetahui hal-hal apa yang akan diketahui dan dilakukan dalam perjalanan tour. Setelah itu semua peserta memasuki imigrasi dan janji bertemu di ruang tunggu no.5D pada jam 23:00. Tidak lama kemudian kami pun boarding kedalam pesawat Asiana Airline dan take off pada jam 23:50.     Puji Tuhan, paginya kami pun tiba di bandara Incheon, Seoul-Korea Selatan tepat jam 09:00 pagi waktu Korea yang berbeda 2 jam lebih cepat dari waktu di Indonesia.

Suhu udara di Korea saat musim gugur 20 derajad Celsius.  Kami segera antri di imigrasi untuk kemudian mengambil bagasi. Semua telah diatur oleh tour guide.  Ternyata dalam tour grup kami berkenalan dengan Siska, teman Persis dulu waktu masih bekerja di PT Mane, Jakarta. Tampak berpose sejenak di Incheon International Airport bersama seorang putrinya yang turut serta dalam rombongan.  Setelah keluar dari bandara Incheon, kami pun disambut oleh Tour Guide Korea bernama Omni Christine yang sudah menyiapkan satu Bis untuk perjalanan kami selanjutnya yang dimulai pada pagi hari itu.  Tidak terasa pada jam 10:15 pagi kami pun semua masuk kedalam bis. Tour Leader Korea, Omni Christine pernah 5 tahun di UGM Yogyakarta dan di Bandung, berkuliah mengambil bidang sastra Indonesia.     Orangnya tidak mau diambil photonya.  Namun sebelum naek bis, saya sempat berphoto disamping bis kami, hehehe....

Setelah semua koper peserta disusun rapi dalam bus, perjalanan kami dimulai dengan mengunjungi desa negeri dongeng Songwol-Dong Fairy Tale Village yang merupakan daerah perumahan yang di dekor (dihias) sedemikian rupa oleh warganya dengan tema fairytale.  Untuk masuk kesini tidak diperlukan tiket alias GRATIS.

Kamipun melanjutkan perjalanan ke Nami Island dan pada jam 14:10 kami berhenti dulu dan makan siang di perbatasan Nami Island.  Makanan yang dihidangkan adalah daging ayam yang sudah dipotong-potong kecil dan memanggangnya langsung didepan masing-masing, tetapi karena kami makanan vegetarian, maka sajian khusus pun disiapkan bagi kami berdua dengan isteri. Tidak lama setelah makan siang, kami pun tiba di terminal kapal Nami Maid Ferry dan naek ke dalam kapal pada jam 15:15 menuju Nami Island.  Jarak tempuh tidak begitu jauh karena pada jam 15:60 kami telah mendarat di Nami Island.

Nami Island terletak di provinsi Gangwon, salah satu pulau kecil yang sangat terkenal di Korea Selatan.  Ini adalah sebuah pulau buatan hasil dari pembangunan suatu bendungan.
   Nama NAMI diambil dari nama Jenderal Nami, yang memenangkan perang melawan pemberontak pada masa Dinasti Joseon dan diduga dikubur di pulau tersebut. Lokasi ini juga terkenal sebagai lokasi Drama TV Korea yaitu: "Winter Sonata".
   Setelah itu kami meneruskan perjalanan dan pada jam 17:38 tiba di Soyanggang Sky Walk dimana kami dapat melihat keindahan Ulamho Lake dari lantai kaca dengan panjang 156 meter.  Kemudian jam 18:00 kami diantar menuju Mt.Sorak untuk bermalam. Sebelum itu pada jam 19:40 kami singgah dulu di Restoran Sukcu untuk makan malam. Kemudian baru tiba jam 20:26 di Mt.Sorak dan menginap di HYUNDAI SOO RESORT, 153 imokro sokchosi gangwon Korea Selatan Ph:+82-33635-9090.

DAY 3 MT.SORAK-SEOUL.
   Pada jam 07:00 kami breakfast di Restaurant lantai 10 dan pada jam 07:30 berangkat ke Mt.Sorak. Disini kami ke Gwomgeumsung Fortress dengan cable car, kami naek cable car.  Kemudian mengunjungi Shinheungsa Temple dengan Grand Bronze Buddha.

Jam 10:00 am. berangkat ke Seoul dan tiba jam 12:00, langsung ke Pusat Kosmetic KRW Charm and charm. Disini dijual bermacam kosmetik dan para salesnya banyak dari mahasiswa Indonesia yang studi di Korea Selatan.Tapi hanya melihat-lihat saja karena tampaknya harganya tidak terjangkau sebab mahal.  Jam 13:00, kami makan siang di kota SEOUL.  Jam 14:15 berangkat lagi melalui  Blue House jam 14:30 dan langsung Ke Gyongbok Palace Museum.  Kemudian jam 16:00 menuju N. Seoul Tower untuk melihat kota Seoul dari atas ketinggian.  Malam harinya freetime shoppping di Dongdaemun Fashion Market.

DAY 4: SEOUL:
   Pada hari ini kami diajak city tour mengunjungi Ginseng Center, Duty Free Shop dan belajar membuat KIMCHI, Jumapok dan nasi kepal. Terus menggunakan pakaian tradisional Hanbok.  Kemudian jam 13:12 kami berangkat untuk makan siang.  Pada jam 14:20 kami ke Bukchon Hanok Village (Rumah-rumah traditional Korea).
   Pada sore harinya kami menyaksikan pertunjukan Chef Show yang terkenal di Korea.
   Setelah itu Free time di Myeongdong Street --shopping dan makan malam.

Hari ke3 dan ke 4, kami menginap di WD Hotel, Sillim-ro 349, Gwanak-gu,Gwanak
Seoul,Korea Selatan,08760  Ph: +82 2-6746-8007

Day 5: SEOUL - JAKARTA.
   Pagi hari kami diajak ke Amethyst Showcase(Diamond Centre), Red Pine dan Korean Food & Souvenir Supermarket sebelum kami diantar ke Incheon Airport.

Pesawat yang membawa kami ke Korea Selatan ialah: Asiana Airline: Flight OZ 762 jam: 23:50 - 08.50.  Pesawat yang membawa kami dari Incheon Airport - Jakarta: Asiana Airline Flight No: OZ.761 Jam: 16:55 - 22:15.

Maz.135:5-6 "Sesungguhnya aku tahu, bahwa TUHAN itu maha besar dan Tuhan kita itu melebih segala allah.  Tuhan melakukan apa yang dikehendaki-Nya, di langit dan di bumi, di laut dan di segenap samudera raya"