Senin, 22 Agustus 2016

Gereja.


  Apakah Gereja itu?. Gereja bukan hanya bangunan, melainkan juga orang-orang yang termasuk didalamnya. Itu terdapat dalam Alkitab, Efesus 2:22 "Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh".
   Dalam konsep alkitabiah, gereja adalah perhimpunan suatu umat dan bukan bangunannya. Dalam suratnya kepada "gereja" di Roma rasul Paulus menulis, "Salam juga kepada jemaat di rumah mereka..." (Rm. 16:5). Terlepas dari bagaimana jemaat itu berkumpul dan berbakti, dalam sebuah bangunan khusus untuk ibadah ataupun di rumah tinggal biasa yang hanya sesekali berfungsi sebagai tempat ibadah, selama ada sekelompok umat percaya yang berbakti secara teratur maka perhimpunan itu disebut "gereja." Jadi, gereja bisa eksis selama ada jemaatnya meski tanpa sebuah bangunan, tetapi sebuah bangunan tanpa jemaat bukanlah sebuah gereja. Sementara kekuatan dari sebuah bangunan gereja terletak pada fondasinya, keampuhan dari sebuah jemaat terletak pada persatuan para anggotanya.
    Sebagai sebuah bangunan, gereja terdiri atas campuran dari berbagai unsur material yang membuatnya tampak indah dan kokoh; sebagai sebuah jemaat, gereja terdiri atas campuran dari berbagai lapisan masyarakat yang membuatnya terlihat serasi dan kompak. Menariknya lagi, sebagaimana bahan-bahan bangunan gereja itu berasal dari unsur-unsur yang terdapat di alam sekitar, sebuah jemaat juga berasal dari unsur-unsur yang terdapat di tengah masyarakat.
   Menurut keempat Injil, istilah gereja dari bibir Yesus hanya muncul tiga kali (Mat. 16:18; 18:17).  Dalam PB ada dua konsep tentang gereja, yakni Gereja secara universil yang disebut sebagai "tubuh Kristus" (1Kor. 12:13-14, 27), dan Gereja setempat atau yang lazim disebut "jemaat-jemaat" (Gal. 1:2). Jadi, "gereja" secara universil berarti umat percaya atau orang Kristen dari zaman ke zaman tanpa mengenal sekte, aliran, atau denominasi. Bahkan, dalam pengertian yang luas gereja termasuk "jemaah di padang gurun" pada zaman Musa (Kis. 7:38) maupun "rumah untuk Allah" (ay. 47) pada zaman Salomo.
    Dalam PB, kata Grika yang diterjemahkan dengan "gereja" atau "jemaat" ada dua, yaitu koinōnia (="persekutuan"; Strong, G2842), dan ekklēsia (= "dipanggil keluar"; Strong, G1577). Jadi sebenarnya Gereja mengandung dua makna sekaligus dan keduanya merupakan dua sisi dari satu mata uang, integral dan tak terpisahkan antara satu sama lain: "dipanggil dari dunia sebagai sebuah persekutuan" kemudian "diutus ke dunia sebagai suatu kelompok pemberita injil." Gereja sejatinya adalah wadah di mana umat percaya dipersatukan dalam sebuah persekutuan, bukan untuk membentuk suatu perhimpunan yang eksklusif melainkan untuk diutus keluar sebagai pembawa terang Tuhan.
    Apakah tujuan gereja itu?. Untuk menjadi saksi bagi Allah. Itu terdapat dalam Alkitab, Yesaya 43:10-11 "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman Tuhan "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.  Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku".
   Apakah Misi Gereja itu? Itu terdapat dalam Alkitab, Yesaya 42:6-7 "Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa, untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.
   Siapakah yang Allah ingin lihat dalam gereja-Nya?. SEMUA ORANG . Itu terdapat dalam Alkitab, Yesaya 56:7 "mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakan dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa".
   Krstus adalah batu penjuru dan fondasi gereja. Itu terdapat dalam Alkitab, Efesus 2:19,20 "Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru."
Kristus adalah kepala jemaat/gereja. Itu terdapat di dalam Alkitab, Kolose 1:18 "Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat.  Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu".
Gereja adalah tubuh Kristus.  Itu terdapat dalam Alkitab, 1 Kor.12:13 "Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh, dan kita semua diberi minum dari satu roh".
   Bagaimana Kristus mengasihi gereja?. Sebagai seorang suami mengasihi isterinya. Itu ada terdapat dalam Alkitab, Efesus 5:25 "Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimna Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya  baginya.
   Gereja adalah sebuah rumah sakit untuk orang-orang berdosa. Hal itu ada dalam Alkitab, Lukas 5:31-32 "Lalu jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat."
Salah satu tugas gereja adalah untuk membantu berdiri bagi kebenaran. Itu dikatakan dalam Alkitab, Efesus 4:14,15 "sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala".
Apakah jenis tugas lain yang harus gereja lakukan?. Itu terdapat dalam Alkitab, Yakobus 1:27 "Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia."
Kehadiran di gereja adalah penting bagi ibadah kebaktian, dukungan, dan persiapan hari-hari terakhir.  itu terdapat dalam Alkitab, Ibrani 10:25 ""Janganlah kita menjauhkan diri dari dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat."
   Gereja bukan tentang satu orang, tetapi setiap orang yang bergabung bersama-sama di dalam Kristus.  Itu terdapat dalam Alkitab, Roma 12:5 "demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain."
   Setiap orang percaya memiliki satu kontribusi yang berarti/signifikan untuk dilakukan. Itu terdapat dalam Alkitab, 1 Kor.12:27 "Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya."
  Roh Kudus memberikan karunia-karunia untuk membangun gereja dalam kesatuan. Itu terdapat dalam Alkitab, Efesus 4:11-13 "Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pelerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus".
   Maksud dari karunia-karunia roh adalah untuk membangun gereja untuk berhasil bersama-sama. Itu terdapat dalam Alkitab, 1 Kor.14:12 "Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih daripada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat."
Gereja akan bertumbuh dalam takut akan Allah dan oleh Roh Kudus. Itu terdapat dalam Alkitab, Kisah 9:31 "Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai.  Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan.  Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus".
Seperti apakah Gereja Tuhan di akhir zaman akan terlihat?. Itu terdapat dalam Alkitab, Wahyu 14:12 "Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah-perintah Allah dan iman kepada Yesus".
Apakah kesamaan yang umat gereja Tuhan miliki?. Ada terdapat dalam Alkitab 1 Petrus 2:9 "Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib".
Apa panggilan Yesus untuk dilakukan oleh gereja-Nya?. Itu terdapat dalam Alkitab, Matius 28:18-20 " Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan kuasa di sorga dan di bum.  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melalukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.



Forgiveness
God is ready and waiting to forgive anyone who asks. It's in the Bible, Psalm 86:5, NKJV. "For You, Lord, are good, and ready to forgive,
and abundant in mercy to all those who call upon You"
God will always be waiting for us to return. It's in the Bible, Isaiah 44:22, ESV. "I have blotted out your transgressions like a cloud and your sins like mist; return to me, for I have redeemed you."
King David based his hope of forgiveness on God's compassion and unfailing love. It's in the Bible, Psalm 51:1, NKJV. "Have mercy upon me, O God, according to Your lovingkindness; according to the multitude of Your tender mercies, blot out my transgressions."
How great is God's mercy? It's in the Bible, Psalm 103:11-12, NKJV. "For as the heavens are high above the earth, so great is His mercy toward those who fear Him; as far as the east is from the west, so far has He removed our transgressions from us."
Even when we have been unfaithful, God is faithful to forgive us if we confess. It's in the Bible, I John 1:9, NKJV. "If we confess our sins, He is faithful and just to forgive us our sins and to cleanse us from all unrighteousness."
What if I am having trouble with forgiving someone else? It's in the Bible, Matthew 6:14-15, TLB. "Your heavenly Father will forgive you if you forgive those who sin against you; but if you refuse to forgive them, He will not forgive you."
Don't accumulate grudges and keep track of them. It's in the Bible, Matthew 18:21-22, NKJV. "Then Peter came to Him and said, 'Lord, how often shall my brother sin against me, and I forgive him? Up to seven times?' Jesus said to him, “I do not say to you, up to seven times, but up to seventy times seven."
God forgives us many times a day, we should do the same. It's in the Bible,  Luke 17:4, NKJV.  "And if he sins against you seven times in a day, and seven times in a day returns to you, saying, ‘I repent,’ you shall forgive him.”
Just like Jesus forgave others while being crucified, we are to forgive, whether or not others confess their faults. It’s in the Bible, Luke 23:33-34, NKJV. “And when they had come to the place called Calvary, there they crucified Him, and the criminals, one on the right hand and the other on the left. Then Jesus said, “Father, forgive them, for they do not know what they do.”And they divided His garments and cast lots.
Forgiveness doesn’t mean you excuse people’s sins. It’s in the Bible, Luke 17:3, NKJV. “Take heed to yourselves. If your brother sins against you, rebuke him; and if he repents, forgive him."
 We are to forgive others as God has forgiven us. It's in the Bible, Ephesians 4:32, NKJV. "And be kind to one another, tenderhearted, forgiving one another, even as God in Christ forgave you.
There is no possibility that Jesus will turn anyone away who seeks forgiveness. It's in the Bible, John 6:37, NKJV. "All that the Father gives Me will come to Me, and the one who comes to Me I will by no means cast out."
Through forgiveness, Christ provides complete deliverance from the penalty of sin. It's in the Bible, Colossians 2:13-14, ESV. "And you, who were dead in your trespasses and the uncircumcision of your flesh, God made alive together with him, having forgiven us all our trespasses, by canceling the record of debt that stood against us with its legal demands. This he set aside, nailing it to the cross."

Anger
A short-tempered man is a fool. It's in the Bible, Ecclesiastes 7:9, TLB. "Don't be quick-tempered—that is being a fool." It's in the Bible, Proverbs 19:11, TLB. "A wise man restrains his anger and overlooks insults. This is to his credit." It's in the Bible, Proverbs 16:32, TLB "It is better to be slow-tempered than famous; it is better to have self-control than to control an army."
Get over anger quickly. It's in the Bible, Ephesians 4:26-27, TLB. "If you are angry, don't sin by nursing your grudge. Don't let the sun go down with you still angry—get over it quickly; For when you are angry you give a mighty foothold to the devil."
What does Jesus warn about anger? It's in the Bible, Matthew 5:22, NKJV. " But I say to you that whoever is angry with his brother without a cause shall be in danger of the judgment. And whoever says to his brother, ‘Raca!’ shall be in danger of the council. But whoever says, ‘You fool!’ shall be in danger of hell fire."
How does God relate to anger? It's in the Bible, Psalm 103:8, NKJV "The LORD is merciful and gracious, slow to anger, and abounding in mercy."
How does Love relate to anger? It's in the Bible, 1 Corinthians 13:5, NIV. "It does not dishonor others, it is not self-seeking, it is not easily angered, it keeps no record of wrongs."
Don't fight back when wronged. It's in the Bible, I Peter 3:9, TLB "Don't repay evil for evil. Don't snap back at those who say unkind things about you. Instead, pray for God's help for them, for we are to be kind to others, and God will bless us for it."
Anger produces strife. It's in the Bible, Proverbs 30:33, NIV. "For as churning the milk produces butter, and as twisting the nose produces blood, so stirring up anger produces strife."
How should we react to someone's anger? It's in the Bible, Proverbs 15:1, NKJV. "A soft answer turns away wrath, but a harsh word stirs up anger"
Why do we forgive, rather than continue to be angry? Because God forgave us. It's in the Bible, Ephesians 4:30-32, NKJV. " And do not grieve the Holy Spirit of God, by whom you were sealed for the day of redemption. Let all bitterness, wrath, anger, clamor, and evil speaking be put away from you, with all malice. And be kind to one another, tenderhearted, forgiving one another, even as God in Christ forgave you."

Bad Language
What should our speech be like? What should be our usual way of talking? It’s in the Bible, Colossians 4:6, NIV. “Let your conversation be always full of grace, . . . so that you may know how to answer everyone.”
God asks us to rid ourselves of foul language. It’s in the Bible, Colossians 3:8, NIV. “But now you must rid yourselves of all such things as these: anger, rage, malice, slander, and filthy language from your lips.”
“Dirty stories, foul talk and coarse jokes—these are not for you. Instead, remind each other of God’s goodness and be thankful!” (Ephesians 5:4, TLB).
The Ten Commandments forbid the misuse of God’s name. It’s in the Bible, Exodus 20:7, TLB. “You shall not use the name of Jehovah your God irreverently, nor use it to swear to a falsehood. You will not escape punishment if you do.”
Our words affect our lives. It’s in the Bible, Proverbs 13:3, NIV. “He who guards his lips guards his life, but he who speaks rashly will come to ruin.”
What we believe is reflected in what we say. It’s in the Bible, Matthew 12:34, 35, NIV. “How can you who are evil say anything good? For out of the overflow of the heart the mouth speaks. The good man brings good things out of the good stored up in him, and the evil man brings evil things out of the evil stored up in him.”
God will hold us responsible for the words we speak. It’s in the Bible, Matthew 12:36, 37, NIV. “Men will have to give account on the day of judgment for every careless word they have spoken. For by your words you will be acquitted, and by your words you will be condemned.”
The words we use influence others. It’s in the Bible, 1 Timothy 4:12, NIV. “Don’t let anyone look down on you because you are young, but set an example for the believers in speech, in life, in love, in faith and in purity.”
What should characterize our way of speaking? It's in the Bible, Ephesians 5:4, TLB. "Dirty stories, foul talk and coarse jokes—these are not for you. Instead remind each other of God's goodness and be thankful!".


 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar