Sabtu, 08 Agustus 2015

6. Ester dan Mordekai.


Bacaan Alkitab: Ester 1-10; 1 Kor.9:19-23; Yoh.4:1-26; Kis.17:26; Mat.22:21; Roma 1:18-20.
Ayat Hafalan: Ester 4:14.
1. Kisah Ester dan Merdekai adalah salah satu yang sangat menantang bagi orang Yahudi yang percaya Alkitab dan orang2 Kristen.  Kita tidak tau mengapa Mordekai dan Ester berada di Sushan, ibukota kekaisaran Persia, setelah orang2 Yahudi telah diberi izin setidaknya duakali untuk kembali ke Yerusalem.  Sebagai seorang yatim piatu Ester dibawa sepupunya(her cousin)Mordekai, yang juga sebagai ayah angkatnya, dan tampaknya Ester dibesarkan sebagai seorang Yahudi yang setia.  Pelajaran ini mengemukakan prinsip menarik yang dapat membantu kita mengerti apa maksudnya bersaksi dalam situasi khusus.
2.Peristiwa kitab Ester terjadi pada awal abad ke 5 SM.
3. Historical setting(Pengaturan sejarah) : Peristiwa dalam buku Ester menutupi bagian 10 tahun 483-473 SM dari pemerintahan Xerxes I (486-473 BC). Peristiwa2 itu terjadi dicatat dalam Ezra fasal 6,7. Xerxer I (memerintah 485-465 BC =seorang raja Persia dan suami Ester. Ahasyweros(Xerxes I) menggantikan ayahnya Darius Hystaspis tahun 485 BC. Kitab Ester menggambarkan Raja sebagai:
i.Memerintah sebuah kerajaan besar.
ii.Sangat kaya.
iii.Terus menerus buat pesta.
iv.Kejam dan kurang pandangan kedepan (Ester 1:13-22).
4.Ketika Ester dipilih untuk berada dalam kontes kecantikan dan juga setelah kontes kecantikan, Mordekai menyarankan setidaknya 2x untuk menyembunyikan identitasnya (Ester 2:10,20). Anda menduga kenapa ia lakukan hal itu?. Apa yang bisa kita pelajari dari pengalaman mereka yang mungkin cocok pada zaman kita ini?. Jika dengan mengungkapkan bahwa Anda seorang Kristen menempatkan Anda dalam bahaya tanpa membantu dengan cara apapun dalam penyebaran Injil, tidak perlu mengungkapkan identitas Anda, misalnya di daerah Islam.  Pertimbangkanlah kasus orang-orang Kristen yang mula-mula. Bagaimana kalau kerja di negeri China, Rusia atau didaerah komunis lainnya?.
5. ESTER DI ISTANA RAJA: Baca Yohanes 4:1-26. Dalam kisah ini Yesus kepada perempuan Samaria itu secara berterus terang menyatakan bahwa diri-Nyalah Mesias itu (Ia terbuka), kenapa sementara diantara kaum-Nya sendiri Ia tidak terbuka seperti itu?. Yesus melihat bahwa perempuan itu akan menggunakan pengetahuannya untuk membawa orang-orang lain untuk membagikan kasih karunia-Nya (D.A hlm.190.3).  Contoh yang diberikan Yesus menyatakan bahwa seseorang tidak harus menyatakan segala sesuatu sekaligus pada setiap kesempatan. Kebijaksanaan adalah suatu kebajikan (Prudence is a virtue).
6. UNTUK SAAT YANG SEPERTI INI: Baca Ester 3:1-5.  Atau baca ayat hafalan diatas sekali. Isi cerita mulai terurai (Jalan cerita).  Ketika Haman diangkat menjadi perdana menteri Raja, Mordekai menolak untuk tunduk kepadanya ketika ia lewat.  Ketika Haman menemukan siapa adanya Mordekai dan mengapa ia tidak mau membungkuk, ia sangat marah.  Leluhur Haman dan Mordekai adalah bermusuhan selama beberapa generasi. Pada awal sejarah Israel, raja Saul telah diduga menghapus leluhur Haman secara lengkap (1 Samuel 15).  Haman adalah turunan langsung raja Agag, salah satu raja Amalek.  Haman berpikir, ini adalah satu kesempatan untuk memusnahkan pula saingan lama (old rivals).
7. Baca Ester 3:8-13 dan Kis.17:26.  Haman berusaha menggambarkan orang-orang Yahudi sebagai orang2 yang tidak setia (disloyal) dan membawa masalah dalam kerajaan. Haman ber-argument bahwa karena mereka berbeda maka mereka harus dihapuskan (eliminated), dan ia akan membayar 10 000 talenta (Ester 3:9) ke kas kerajaan (yang telah dicuri dari orang-orang Yahudi itu).
8. Artaxerxes I Longimanus (Artahsasta)-465-423 BC adalah anak ke 3 dari Xerxes I dan penggantinya ke tahta Persia.  Tentu mengenal Ester. Dia adalah raja yang memberi posisi kepada Ezra dan Nehemia menolong membangun kembali Yerusalem.
9. Mengapa Anda pikir Ester, teman2nya dan orang2 Yahudi di Susa berpuasa? (Ester 4:15,16)?.
   Apakah hal itu untuk mendapatkan perhatian Tuhan?. Apakah untuk mendapatkan dukungan moral dan dukungan spiritual dari orang-orang Yahudi yang di Susa dan dari Allah? (Hal ini diperlukan supaya Esther jelas pikirannya bila menghadap raja.
   MORDEKAI DAN HAMAN. Baca Ester 5-8. Bagaimanakah Ester sanggup menyelamatkan bangsanya?. Dengan mengundang raja dan Haman dalam 2 pesta yang berbeda dan kemudian akhirnya menyatakan identitasnya, Ester telah menyegel rencana melawan Haman.
10. Mengapa raja tidak bisa tidur setelah malam pertama berpesta dengan Ester?. Apakah karena ia terlalu banyak makan atau minum anggur?.(Ester 6:1-3). Pada waktu sebelumnya Mordekai telah melakukan tindakan yang sangat baik yang mengakibatkan keselamatan nyawa raja.  Baca Ester 4:12-16. Bukankah mudah bagi Ester untuk menolak arahan Mordekai dan berpura-pura dia seperti orang Persia bukan orang Yahudi saat krisis dating?. Tapi dengan jelas, dia bersedia mengorbankan hidupnya untuk berdiri membela prinsip (seperti Yusuf dan Daniel waktu berada di luar negeri (di negeri asing).



















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar