Jumat, 14 Agustus 2015

7. Yesus: Tuan Pemilik Misi


JESUS: THE MASTER OF MISSIONS.
Bacaan Alkitab : 2 Tim.1:8,9; Yes.42:1-9; Dan.9:24-27; Luk.2:8-14; Mat.10:5,6; Kis.1:1-14.
Ayat Inti            : Yohanes 20:21.
1.Sejak pemberontakan setan di sorga, Trinitas: Bapa, Anak dan Roh Kudus harus berurusan dengan (menangani) kekeliruan, tuduhan-tuduhan dan kebohongan. Ketika manusia telah bergabung di sisi/pihak setan dengan menerima kebohongannya di pohon yang ada di taman eden, Allah telah memulai rencana yang telah ditetapkan di tempat itu dari sejak kekekalan untuk menyelamatkan manusia. Tujuan mereka adalah sekali lagi, mengembalikan/memulihkan manusia untuk bersatu dan penuh keharmonisan dengan Ilahi.  Menurut Kitab Suci, kegiatan inti Trinitas adalah misi Bapa, Putra dan Roh Kudus. Semuanya terlibat dalam penyelamatan umat manusia.
2. Yesus mengesampingkan ke Ilahian-Nya(set aside) untuk mengambil atas dirinya sifat manusia untuk menjangkau kita dalam kebutuhan yang dalam (Pil.2:5-11)--Ia mengosongkan diri-Nya sendiri, menjadi sama dengan manusia.
3. Kitab Suci menunjukkan 3 metode utama yang ditugaskan kepada kita dalam menjalankan misi, yakni:
a.Belajar Alkitab (Bible Study).
b.Doa )Prayer)
c.Bersaksi (Witnessing). 
   Dalam pelajaran ini kita mempelajari bagaimana Master Misi( Tuan Pemilik Misi) melakukannya sendiri dan bagimana Dia mengajar(memerintahkan) para murid-Nya yang mula-mula.
4. YESUS DALAM PERJANJIAN LAMA.  Bagian-bagian dalam Kej.3:15; Yes.7:14; 9:6; 42:1-9; 53:1-12; 61:1-2; Dan.9:24-27; Mikha 5:2; Zakh.0:9--menerangkan kedatangan Mesias dan apa yang Dia telah lakukan untuk kita yakni:
i.Mengangkat yang tertindas.
ii.Datang pada waktu yang telah dinubuatkan.
iii.Untuk mengampuni dosa.
iv.Membangun keadilan.
v.Memenuhi visi dan nubuat.
vi.Mempersembahkan kembali Bait Suci.
   Allah akan turun ke dunia ini untuk:
i.Bersama dengan kita.
ii.Membebaskan orang banyak dari dosa.
iii.Membuka mata yang buta melihat keselamatan yang dari Yesus.
iv.Membawa terang kepada bangsa-bangsa.
v. Menghancurkan kepala ular dengan mengungkapkan kebenaran.
KERINDUAN SEGALA ZAMAN:  Baca Lukas 2:8-14, 25-33; 3:3-6 dan Yoh.1:29.  Ayat2 ini menceritakan kepada kita bahwa Yesus :
i.Membawa sukacita bagi semua orang.
ii.Menjadi terang untuk mengungkapkan kehendak Allah kepada orang2 kafir.
iii.Membawa kemuliaan bagi umat-Nya Israel.
   Yesus datang sebagai Juruselamat untuk semua manusia.  Orang Yahudi yang bertobat kepada Kristus; mereka telah menjadi Bait suci yang hidup.
5. Jadi apa yang menjadi respons kita kepada semua itu?.
  "Semangat misionaris perlu dihidupkan lagi dalam gereja kita. Setiap anggota gereja harus mempelajari bagaimana membantu memajukan pekerjaan Allah, baik misi di dalam negeri maupun ke negeri asing. Tidak ada seperseribu bagian dari pekerjaan itu yang sedang dilaksanakan dari yang seharusnya dikerjakan dalam ladang misi. Allah memanggil pekerja2-Nya untuk membuka wilayah-wilayah baru bagi-Nya. Ada tersedia banyak ladang-ladang pekerjaan yang menanti pekerja yang setia." E.G. white, Testimonies fo the Church, Jld.6 hlm.29.
6. MISI KEPADA BANGSA YAHUDI.  Matius 15:24 "Aku di utus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel".  Yesus memusatkan pelayanan-Nya hampir-hampir hanya untuk bangsa Yahudi, khususnya di Galilea.  Tuhan memperkenalkan diri-Nya sendiri lebih dahulu kepada bangsa Israel.  Kenapa?.  Yesus hendak menyadarkan orang Yahudi akan kedudukan, tujuan dan peran mereka dalam keseluruhan misi Allah bagi manusia yang hilang.
7. Jadi, siapakah  "domba yang hilang dari umat Israel?.(Matius 10:5-15).  Setelah kebangkitan-Nya--tantangan-Nya kepada mereka ialah: untuk menyebarkan Injil ke seluruh dunia.  Agar misi Yesus sukses--pertama harus memiliki dasar yang kuat pada basis geografis dan budaya yang kuat dan stabil.
8. MISI KEPADA BANGSA-BANGSA LAIN. Baca Mat.5:13-14; Mark.14:9; Lks.14:10-24 dan Mts.13:36-43.  Ini tentang Misi kepada bangsa-bangsa yang non Yahudi.  Walaupun Yesus menggunakan waktu-Nya sebagian besar ditengah-tengah orang Yahudi, melayani dalam konteks budaya mereka. Tapi Ia jelaskan dalam ajaran dan pelayanan-Nya bahwa misi-Nya bersifat Universal. Injil harus diberitakan kepada bangsa-bangsa, dengan bangsa Israel sebagai basis awal. Para pengikut Kristus dan murid-Nya dan kita adalah menjadi garam dan terang keseluruh dunia, dan menjangkau semua kelas orang.
AMANAT AGUNG (The great commission). Matius 24:14 "Dan Injil kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya".  Matius 24:36 --Hanya Bapa yang tau kapan kedatangan Yesus. 
9. Dengan demikian kita bisa yakin bahwa kedatangan Yesus yang keduakali sudah dekat. Tapi kita tidak mengatur(menentukan) tanggal tertentu.  Perintah Yesus kepada kita hanya: berjaga-jaga, berdoa dan bekerja ketika mereka mendekati waktu kedatangan Tuhan.R.H. 2 Maret 1892.
10. Apakah yang menjadi hambatan utama yang saat ini  kita hadapi yang mencegah kita untuk bersaksi bagi orang lain?.
11. Kita perlu mengakui bahwa misi yang real, dimotivasi oleh cinta dan bukan dengan suatu perasaan kewajiban (feeling of obligation).
12. Metode apa yang harus kita gunakan ditempat kerja dan di komunitas kita untuk menyebarkan Injil?.
13. Baca Yesaya 42:1-9..Betapa komprehensifnya nubuatan tentang pekerjaan Yesus?. Disini jelas dinyatakan bahwa :
i.Dia akan menjangkau bangsa2 lain, untuk membuka mata yang buta, mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang2 yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.
ii.Misi-Nya adalah untuk membawa keadilan, membagikan terang, membuka mata, dan melepaskan tawanan (Bukankah kita melakukan hal yang sama?).
14. Yesus selalu menggabungkan kesembuhan-Nya dengan sebuah pekabaran tentang keselamatan. Dia adalah penyembuh penyakit2 fisik maupun penyakit rohani.
15. Ingat metode Yesus dalam Ministry of Healing. hlm.143 :
-Mingled with men (Berbaur dengan manusia).
-Showed His Symphaty - Menunjukkan simpati kepada mereka.
-Ministered to their needs - Melayani kebutuhan mereka.
-Won their confidence - Memenangkan keyakinan mereka.
-Follow Me --Ikutlah Aku.
16. Yesus tidak hanya memberitakan pekabaran-Nya kepada orang-orang tapi Dia menghidupkannya. Dia melayani setiap kebutuhan orang yang dia lihat.
17. Ketika waktu yang tepat tiba, kita bisa menjanjikan kepada mereka apa yang Yesus telah janjikan kepada mereka, yakni: kesembuhan fisik, mental, sosial, emosi dan rohani secara lengkap.  Mungkin tidak sekarang. Tapi bagi mereka yang telah menerima Dia dalam kehidupan mereka, hasilnya adalah pasti.
   Apakah kita mampu membawa orang kedalam keluarga Allah?. Jika kita diutus sekarang, apa yang kita akan lakukan?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar