Selasa, 11 November 2014

Manfaat Arang Bubuk Aktif.



                      SEKILAS TENTANG MANFAAT ARANG BUBUK AKTIF
(ACTIVATED CHARCOAL POWDER)
Sumber: Arang Obat Ajaib


Apakah Arang Aktif Itu?
Arang didefinisikan sebagai satu bentuk karbon berpori yang terbuat dari hampir semua material yang mengandung karbon seperti kayu, batok kelapa, tulang binatang, dan bongkol jagung. Kayu, batok kelapa, dan tulang binatang tidak menghasilkan kimia berbahaya, seperti methylcholanthrene dan benzopyrene dalam proses pembakarannya. Arang kayu mengandung sekitar 90% karbon, sementara arang yang terbuat dari tulang mengandung 11% karbon, 9% kalsium karbonat, dan 78% kalsium fosfat.
Terminologi ”arang” seharusnya secara akurat berarti residu sebagai hasil dari pembakaran tanpa oksigen dari berbagai macam material organik dengan panas yang terkontrol. Batubara dan briket arang, (bubuk arang yang dicetak) tidak aman untuk keperluan pengobatan. Sebagian kayu yang terbakar tidak mempunyai efek pengobatan.
Kemampuan arang dalam mengobati penyakit adalah karena sifat arang yang memiliki daya ikat (adsorb) yang kuat terhadap kuman-kuman, virus, dan bakteri di dalam tubuh, sehingga aliran darah menjadi bersih dan lancar. Daya ikat ini akan semakin baik jika arang dibuat dalam bentuk bubuk (powdered charcoal). Lalu jika bubuk arang ini diaktivasi dengan cara pemanasan, daya ikatnya akan semakin bertambah baik (powdered activated charcoal). Inilah yang membuat bubuk arang aktif memiliki khasiat untuk menyembuhkan manusia dari berbagai penyakit, karena darah menjadi bersih dan aliran darah lancar.

Apakah sama arang aktif dengan arang biasa?
Arang yang biasa masih dalam bentuk bongkahan arang saja, belum siap dipakai sebagai obat. Arang tsb perlu dihancurkan sehingga menjadi bubuk terlebih dahulu, semakin halus semakin baik. Lalu setelah itu, perlu di aktivasi menjadi activated charcoal (arang bubuk aktif), dan proses aktivasi nya dilakukan melalui pemanasan oven dengan suhu tinggi dan non-oksidasi. Kalau arang biasa, selama dibiarkan terpapar ke udara, maka daya ikatnya (adsorb) sudah semakin jenuh, padahal daya ikat itu yg berkhasiat untuk mengikat dan membuang kuman-kuman, virus, bakteri dan benda asing dari tubuh kita, agar tubuh kita kemudian menjadi kuat untuk melawan penyakit. Setelah arang diaktivasi, maka disimpan di dalam botol dengan baik, untuk dapat digunakan sebagai obat.

Prosedur dan Jam Penggunaan Bubuk Arang
Penggunaan & Prosedur
Larutkan bubuk arang dengan air dingin atau hangat sesuai dosis.
1. Bayi
• Satu sendok the bubuk arang ke dalam setengah gelas air minum.
2. Anak-anak
a. Satu sendok makan bubuk arang ke dalam setengah gelas air minum.
b. Aduk sampai rata
c. Diamkan selama lima menit dalam gelas sebelum diberikan kepada anak atau dimasukkan ke dalam botol minum.
3. Dewasa
• Larutkan dua sendok makan bubuk arang ke dalam segelas air minum. Untuk penyakit yang parah dosisnya dapat digandakan.
• Larutan arang harus habis sekali minum. Bayi dan anak-anak bisa minum sedikit demi sedikit.
• Penderita harus minum air untuk membersihkan mulut dan tenggorokan setiap kali habis minum larutan arang.
Ulangi pengobatan tiga kali sehari sampai penyakitnya sembuh.
JAM-JAM PENGGUNAAN
1. 4 kali sehari
Jam 07.00
Jam 13.00
Jam 19.00
Jam 01.00
2. Setiap 3 Jam
Jam 07.00
Jam 10.00
Jam 13.00
Jam 16.00
Jam 19.00
Jam 22.00
Jam 01.00
3. 3 Kali Sehari
Jam 07.00
Jam 13.00
Jam 19.00
4. Setiap 2 Jam
Jam 07.00
Jam 09.00
Jam 11.00
Jam 13.00
Jam 15.00
Jam 17.00
Jam 19.00
Jam 21.00
Jam 23.00


Apakah Arang penyebab kanker?
Tanya:
Lalu arang yang bagaimana yang menyebabkan kanker, sebab pernah saya dengar tidak disarankan memakan ikan yang dibakar, karna arangnya kena ikan yang mengakibatkan kanker?
Jawab:
Arang yang dapat digunakan menjadi obat ialah arang yang aktif. Arang
yang aktif (activated charcoal) ialah kayu yang dibuat menjadi arang
dengan cara khusus, yang tidak dibakar dengan bantuan oksigen,
melainkan kayu yang "dibakar" dengan bantuan panas yang sangat tinggi
dalam wadah tertutup.
Arang aktif adalah residu dari distilasi destruktif dari berbagai bahan
organik seperti kayu, tempurung kepala, dsb., yang diproses untuk
meningkatkan daya serapnya. Kalau di negeri kita ini, orang-orang
kampung biasa membuat arang, yang dijual ke warung-warung. Kemudian
penjual sate menggunakannya untuk membakar sate.
Kalau zaman dulu, para pandai besi (tukang besi) menggunakan arang ini
untuk menyalakan api yang digunakan memanaskankan besi yang hendak
ditempa.
Arang yang mengandung carcinogenik (bahan-bahan penyebab kanker) ialah
bara yang berasap.
.
Pemakaian Arang Aktif dari luar tubuh – (kompres/tapal/pasta/bubur arang aktif)
Bubuk arang aktif dapat digunakan secara langsung kekulit, dan cara yang lebih menyenangkan ialah dengan rnenaruh lapisan kira-kira 6 mm bubuk arang aktif halus di tengah-tengah sebidang kain kasa atau kain tipis atau saputangan atau seprei buruk. Lipatlah keempat sisi kain ke tengah-tengah ke bubuk arang aktif, lalu celupkanlah ke dalam air hangat atau dingin, kemudian bubuhkan ke bagian yang ter-infeksi, dengan kain yang satu lapis ke bagian kulit. Dalam hal jari-jari yang terinfeksi, taruhlah bubuk arang aktif dalam kain kasa lalu balutkan ke jari, lalu bungkus dengan perban yang sudah dibasahkan, atau bungkus dahulu dengan perban kering, sesudah itu basahkan dengan air. Biarkan kompres atau balutan itu semalaman dan baru dibuka besok paginya. Pada kebanyakan kasus, perbaikan sudah terlihat pada besok paginya. Jika dibiarkan semalaman, maka perlu kain kompres/pembalut dilapisi dengan plastik untuk menjaga agar tetap lembab dan mencegah tempat tidur jangan sampai basah. Menghangatkan kompres/pembalut dengan buli-buli panas akan meningkatkan efektifitas pengobatan. Penggunaan kompres/tapal sudah merupakan praktek pada Zaman purbakala dengan hasil baik. Alkitab mencatat dalam kitab Yesaya 38:21 bahwa nabi Yesaya meresepkan kue ara (tapal buah ara/fig poultice -- KJV) untuk ditaruh ke atas bara Raja Hizkia, yang hampir fatal itu, dengan hasil yang baik.
Infeksi di sekitar wajah dan mata juga berespons baik pada Cara pengobatan ini. Untuk infeksi telinga, arang aktif bisa digunakan dengan memakai kapas berlidi yang dibasahkan dengan glycerine lalu dioleskan ke dalam telinga.
Bubuk arang aktif bisa dicampur dengan air dan digunakan sebagai kompres/tapal (bubur/poultice). Banyaknya bubuk arang aktif yang digunakan untuk kompres tergantung luasnya bagian yang hendak dikompres. Jika luasnya tidak terlalu besar, gunakanlah campuran satu sendok makan bubuk arang dengan parutan kentang yang dihaluskan. Setelah dicampur merata, tambahkanlah I/3 gelas air lalu campur merata. Biarkan 10 sampai 20 menit, atau hangatkan sedikit di oven sehingga mulai mengental. Oleskan bahan itu setebal kira-kira 6 milimeter di atas perban atau kain tipis yang luasnya cukup untuk menutupi bagian yang hendak dikompres. Setelah itu tutuplah olesan bubuk arang dengan perban atau kain tipis lain. Sisakan kira-kira 2 1/2 cm di pinggir perban, agar bubuk arang tidak terbuang. Tempelkanlah kompres ini ke bagian yang sakit, lalu tutuplah bagian atasnya dengan plastik atau bahan sejenis. Jika perlu gunakanlah plester untuk mencegah kompres bergeser. Tutuplah kompres dengan handuk untuk mencegah perembesan dan penguapan. Biarkan kompres di tempatnya selama 6 sampai 10jam. Ulangilah lagi jika diperlukan.
Perhatian: Jika setelah penggunaan kompres dingin dengan bubuk arang aktif dilakukan kompres hangat, hasilnya akan lebih bagus, tetapi jika ada peradangan, sebaiknya jangan dilakukan kompres hangat.



Tips Arang:
"Arang mengikat bahan2 yg mengganggu tubuh spt pollutant, bahan2 kimia yg beracun, bakteria & kuman2, dsb. Smtr arang sendiri, oleh krn tdk bisa larut dgn benar2 dlm air, maka ia tdk bisa diserap tubuh ke dlm peredaran darah. Oleh sebab itu tdk membahayakan organ2 tubuh. Jika dimasukkan ke dlm tubuh ia hanya menumpang lewat dr saluran pencernaan, sambil mengikat bahan2 beracun yg ia temukan di sana."


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Gaya Hidup Sehat
1. Makanlah makanan yang bergizi secara teratur, tidak berlebihan dan tidak kurang.
2. Tidur yang cukup, lebih kurang 8 jam atau sepertiga hari.
3. Rutin Berolahraga sesuai kemampuan Tubuh Anda.
4. Hindari rokok, soft drink, minuman beralkohol, minuman berenergi, minuman kaleng/instant.
5.Hindari Stress dengan cara sering melakukan relaksasi Tubuh/meditasi dengan Sang Pencipta.
6. Konsumsi Arang Obat Ajaib (Arang Aktif) 1 Kali sehari (1 sendok makan dalam 1 gelas air minum 150ml) setiap malam men kelang tidur.


Penggunaan Arang sebagai Obat sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu.
Hal ini bisa ditelusuri sejak zaman Hipocrates yang hidup pada tahun 460 sampai 370 sebelum Masehi. Pengobatan melalui arang ini adalah pengobatan sederhana namun sangat berdaya guna, dan hingga saat ini diketahui mampu mengobati hampir 70 macam penyakit, diantaranya adalah kolesterol, diabetes, rematik, kanker, sinusitis, dan lain-lain.


Untuk menambah keefektifan arang aktif dapat digunakan sebagai tapal atau kompres.


Caranya campurkan bubuk arang aktif dengan air atau lidah buaya (agar tidak cepat kering), lalu taruh di tempat yang sakit atau luka, tutup dengan plastik lalu diperban. Usahakan untuk menjaga kelembaban. Untuk luka dalam, jangan taburkan bubuk arang secara langsung, sebab bisa mengakibatkan efek tattoo.


" Bubuk Arang aktif adalah obat alami yang tidak punya efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Arang akan mengikat kuman, virus, dan bakteri, dan akan dibuang melalui buang air besar. Jika ada dampak berupa konstipasi (susah buang air besar...), maka minumlah air putih lebih sering, makan banyak serat dari sayur-sayuran dan buah-buahan, dan khususnya makan buah pepaya. Pengobatan dengan bubuk arang aktif akan lebih baik jika diikuti dengan perubahan pola hidup yang sehat: istirahat yang cukup, makan sayur-sayuran dan buah-buahan dengan nutrisi yang seimbang, berolahraga secara teratur, menghirup udara yang segar dan bersih, mengontrol emosi, dan berdoalah selalu kepada Tuhan."


Arang adalah bahan yang luar biasa.


Arang dapat menyerap (adsorb, bukan absorb) lebih banyak racun daripada bahan lain yang dikenal manusia. Arang dapat menyerap timah asetat, strychnine, DDT,banyak obat-obatan (termasuk kokain, iodine, pe...nicillin, aspirin, phenobarbital), dan bahan-bahan anorganik (klorin, timah dan merkuri). Arang dapat menyerap ribuan kali beratnya sendiri zat-zat berupa gas, logam berat, racun-racun dan bahan-bahan kimia lainnya; sehingga merupakan bahan yang efektif dan tidak berbahaya. Arang dapat menyerap gas dalam usus dan menyerap berbagai jenis gas-gas berbau busuk.
Arang dapat melakukan berbagai fungsi ini karena kemampuannya untuk menarik bahan-bahan lain ke permukaannya dan menahannya di situ. Inilah yang disebut dengan “adsorption” (penyerapan dengan menempelkan bahan yang diserap, bukan absorpsi). Satu sendok teh bubuk arang memiliki permukaan lebih dari 10.000 kaki persegi. Jurnal kesehatan Inggris, Lancet, membahas tentang kemampuan luar biasa kulit manusia untuk mengizinkan perpindahan cairan, gas, dan bahkan partikel mikro melalui membran dan pori-porinya yang memiliki daya serap, melalui penggunaan arang aktif yang lembab dalam bentuk kompres dan pasta, yang sesungguhnya dapat menarik bakteri dan racun melalui kulit diserap oleh pasti dan kompres tersebut! Penggunaan kompres arang untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi baunya. Namun pasta arang harus dijaga tetap lembab dan hangat agar proses penyembuhan ini berlangsung.


PANTANGAN JIKA MINUM ARANG
Apakah ada pantangan dalam meminum obat arang ini, dan apakah bisa diminum berbarengan dengan obat dari dokter ?
Tidak ada pantangan khusus dalam meminum obat arang ini. Hanya saja untuk hidup sehat yang berkelan...jutan, disarankan untuk merubah pola hidup dan pola makan yang lebih sehat. Penggunaan arang ini bisa digunakan bersamaan dengan obat dokter, diberikan selang waktu 1-2 jam setelah minum obat dokter.



Obat yang paling bermanfaat:
“Salah satu obat yang paling bermanfaat ialah bubuk arang yang ditaruh dalam sebuah kantung dan di gunakan dalam demah (fomentasi/fomentation). Ini adalah obat yang paling manjur.
Lebih baik lagi bilamana di-basahkan dengan sari jeruk asam lalu dididihkan. Saya telah menyuruh ini dilakukan bilamana orang sakit itu menderita rasa sakit yang kuat dan bilamana dipercayakan kepada saya oleh dokter yang merasa tidak ada lagi yang bisa dilakukan sebelum ajal menjemput orang yang sakit itu. Lalu saya anjurkan penggunaan bubuk arang, dan penderita itu tertidur, titik balik terjadi, dan sebagai hasilnya ialah kesembuhan.
Para siswa, bilamana cedera dengan tangan yang memar, dan menderita peradangan, saya menganjurkan penggunaan obat sederhana ini dengan keberhasilan yang sempurna. Racun peradangan diatasi, dan rasa sakit dihilangkan serta kesembuhan terjadi dengan cepat.
Peradangan mata yang berat akan disembuhkan oleh tapal (poultice) bubuk arang, yang ditaruh dalamsebuah kantungan dan dicelupkan dalam air dingin atau hangat, suhu mana yang terbaik bagi penderita. Tapal bubuk arang ini akan bekerja secara ajaib. “Mungkin kamu akan menertawakan ini; tetapi seandainya saya memberi nama asing pada obat ini, sehingga tak seorangpun yang mengetahuinya selain saya sendiri, mungkin akan mempunyai pengaruh yang lebih besar.” - Testimony by Ellen G. White, K-82, 1897.
“Pelajari dan ajarkanlah selalu penggunaan obat-obat sederhana, dan berkat-berkat khusus Tuhan akan diharapkan terjadi sebagai hasil dari cara-cara ini, yang terdapat dalam jangkauan khalayak ramai.” - Testimony by Ellen G. White, K-l00,l903.


Lebih aman gunakan pasta gigi tanpa FLUORIDE…arang aktif efektif, aman dan sehat untuk digunakan sebagai pasta gigi.

FLUORIDE tidak memberi efek menyehatkan dalam mencegah kerusakan gigi dan tulang pada manusia. Th 1990 Dr. John Colquhoun ...melakukan penelitian pada 60.000 anak sekolah dan tidak menemukan perbedaan kerusakan pada gigi antara yg menggunakan fluoride dan yang tidak, bahkan itu ia menemukan sejumlah anak pada wilayah yang diberi fluoride menderita keropos gigi yg disebut FLUOROSIS.Efek biologis Fluoride dlm buku Flouride the Aging Factor-Dr.John Yiamouyiannis yaitu :
• Gigi Fluorosis (keropos) merupakan tanda pertama kontaminasi fluoride.
• Kerusakan gigi (pada stadium lanjut-gigi bergaris-garis gelap terlihat seperti lubang) dan gigi tanggal.
• Penelitian di Cina, pemberian fluoride dengan dosis rendah pun telah menyebabkan berkurangnya kecerdasan pada anak-anak
• Penuaan Dini
• Aborsi Spontan
• Tulang yang rapuh
• Kanker,
• Fluoride bersifat Carcinogenic (PENYEBAB KANKER):
Sumber:
http://klinikpengobatanalami.wordpress.com/2013/09/07/indonesia-dibodohkan-dengan-air-mineral/


CARA PENGGUNAAN BUBUK ARANG AKTIF
SEBAGAI OBAT
Secara umum, bubuk arang aktif bisa digunakan dengan Cara berikut:


(1) melalui mulut dan (2) melalui kompres / tapal bubuk arang (bubur/poultice)....

1. Melalui Mulut.
Bilamana dimakan, arang aktif dengan konfigurasi molekular dan permukaannya yang luas akan menyerap secara nyata sejumlah racun dan menghalangi penyerapan racun-racun tersebut dari usus. Lebih cepat arang aktif digunakan, semakin lebih baik hasilnya.
Dalam menangani keracunan, sebaiknya arang aktif digunakan 5 sampai 10 kali lebih bcmyak dari banyaknya racun yang diperkirakan termakan. Untuk anak-anak yang berumur kurang dari 5 tahun, dosis biasa ialah 1 sampai 2 sendok makan; untuk anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa, 2 sampai 4 sendok makan. Arang aktif digunakan dengan menelan 3 sampai 5 sendok makan setelah dilarutkan dalam air. Bagi penderita keracunan yang tidak sadar, arang aktif sebaiknya diberikan melalui selang langsung ke dalam lambung. Untuk menangani keracunan, arang aktif tidak boleh diberikan sebelum atau segera sesudah pemberian ipecac karena ipecac merangsang dan menyebabkan muntah. Jangan lupa, kira-kira 30 % penderita akan muntah sesudah meminum larutan' arang aktif saja.
Bubuk arang aktif bisa juga digunakan mengatasi perut kembung karena adanya angin/gas. Juga sangat baik untuk mengatasi diare. Kecuali saat mengatasi keracunan, jumlah bubuk arang aktif untuk sekali pemakaian buat orang dewasa ialah satu sendok makan penuh. Untuk anak-anak, satu sendok teh atau menurut umurnya. Larutan bubuk arang diminum 2 sampai 4 kali sehari, tergantung beratnya gejala-gejala penyakit. Sebaiknya bubuk arang aktif diminum pada waktu perut kosong, di antara jam-jam makan. Untuk mengatasi keracunan, pemakaian boleh lebih sering lagi. Jika gejala sudah berkurang, jumlah pemakaian boleh dikurangi atau dihentikan.
Perhatian: Pada umumnya arang aktif” tidak digunakan selama berminggu-minggu, tetapi hanya untuk beberapa kali pemberian atau beberapa hari saja. Penggunaan jangka pendek pada umumnya tidak menimbulkan masalah sama sekali, dan biasanya mempersingkat masa penyembuhan penyakit. Jika bubak arang aktif dimakan dalam jumlah besar atau dalam pemakaian jangka panjang, bisa menyebabkan kotoran mengeras (constipation). Jika penggunaan jangka panjang diperlukan, gunakanlah pengobatan herbal, seperti memakan buah pepaya atau daunnya, minum banyak air, untuk mengatasi pengerasan kotoran. Ini juga akan membantu menetralisasikan racun. Harus juga diingat bahwa arang aktif’ juga bisa menyerap vitamin-vitamin, oleh sebab itu jika arang aktif digunakan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kekurangan zat gizi yang penting.
P.A, Siboro, Arang Obat Ajaib, hal. 23 – 24,


MENGAPA disebut ”Arang Obat Ajaib?”
Karena arang murah dan mudah di dapat namun “menyem-buhkan” berbagai penyakit, karena sebenarnya badan menyem-buhkan diri sendiri, dan arang membantu dengan mengikat racun-racun, virus, bakteri yang bersarang di dalam sistem tubuh.


                       Arang Aktif Si Penyerap Racun


Sering kali kita tidak memperhatikan apakah makanan yang kita konsumsi setiap hari sudah cukup aman dari kuman dan jamur sehingga gejala keracunan seperti pusing, mual, diare, dan kram perut tidak dapat di hindari. Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi dan mengurangi keluhan yang diderita akibat keracunan, salah satunya adalah arang aktif atau norit.
Norit terbuat dari arang yang telah diaktifkan, tetapi bukan arang yang biasa digunakan untuk membakar sate. Pembuatan norit melalui suatu proses dengan bahan baku berupa kayu, batu bara, kulit kacang, atau serbuk gergaji yang diolah dengan cara kimia, yaitu dengan mencampurnya dengan asam, atau dengan cara mengukusnya menggunakan uap atau gas pada temperatur tinggi.
Jika arang aktif diperiksa dibawah Scanning Electron Microscopy, akan terlihat pori-pori dalam jumlah yang sangat besar. Dengan gaya Van der Walls yang dimilikinya, pori-pori tersebut mampu menangkap berbagai macam bahan, termasuk bahan beracun. Oleh karena itu arang aktif dapat digunakan pada kasus overdosis obat, keracunan makanan, atau tertelan bahan beracun lainnya.
Kemampuan arang aktif dalam menangkap racun hanya terjadi di lambung dan usus, ketika zat beracun belum terserap dan masuk ke dalam peredaran darah. Sehingga, semakin cepat diberikan, semakin banyak racun yang dapat diserap. Namun, tidak semua bahan dapat diserap oleh arang aktif. Beberapa di antaranya yang tidak dapat diserap adalah litium, asam atau basa kuat, logam dan bahan inorganik (misalnya, natrium, besi, timah, arsen, yodium, fluorin, dan asam borat), alkohol (misalnya etanol, metanol, isoprofil alkohol, glikol, dan aseton), dan hidrokarbon (seperti minyak tanah, bensin, oli, dan hidrokarbon tumbuhan seperti minyak pinus).
Norit relatif aman dan tidak mengiritasi dinding saluran pencernaan. Tapi sebaiknya digunakan atas nasehat dokter Anda. Efek samping tersering adalah konstipasi (buang air besar tidak lancar).


Bubuk arang arang aktif lebih kuat dari pada bubuk arang biasa, capsule maupun tablet. Satu sendok makan bubuk arang aktif kira-kira 5 - 7 gram bubuk arang aktif. Orang dewasa bisa meminum 70 – 80 gram bubuk sehari tergantung pada berat at...au ringannya keadaan, tanpa menunjukkan bahaya atau efek samping. Diingatkan, berhubung bubuk arang juga menyerap air, maka dianjurkan agar meminum air bersih lebih banyak dari biasanya.
                                  Apakah arang aktif berbahaya?
Penelitian menunjukkan bahwa arang aktif tidak berbahaya bilmana termakan atau bilamana bersentuhan dengan kulit. Dalam kasus yang sangat jarang, bubuk arang aktif bisa menimbulkan iritasi usus ringan pada orang-orang yang peka, tetapi tidak ada alergi atau efek samping yang dicatat, kecuali sedikit menimbulkan buang air besar mengeras, itupun kalau orangnya kurang minum. Namun, arang yang terhirup banyak ke dalam paru-paru akan menjadi benda asing dalam paru-paru, hal mana bisa menimbulkan efek yang tidak baik.Oleh karena itu hindarkan agar bubuk arang jangan sampai terhirup ke paru-paru.


Apakah arang aktif mempengaruhi obat-obat-an yang saya makan?
Dalam banyak kasus, ya. Arang aktif secara elektrostatik menarik bahan-bahan kimia tertentu dan mikroorganisme kepada dirinya. Secara kelompok, kebanyakan zat-zat yang beracun ...kepada tubuh ditarik oleh arang aktif. Oleh karena kebanyakan obat-obatan disusun secara elektrokimiawi sedemikian rupa sehingga mirip dengan racun atau zat-zat beracun lainnya, maka arang aktif yang digunakan melalui mulut akan sering mengikat obat-obatan yang diresepkan oleh dokter maupun yang dijual bebas. Ini adalah efek yang kita tidak inginkan dan sekaligus juga yang kita inginkan.
Pada sisi positifnya, oleh karena kemampuannya yang kuat untuk mengikat banyak zat-zat, maka arang aktif digunakan setiap hari dalam menangani keadaan darurat untuk mengatasi keracunan yang disebabkan oleh kelebihan dosis obat, apakah karena termakan tidak sengaja atau dengan sengaja untuk bunuh diri. Arang aktif juga digunakan dalam berbagai program detoksifikasi untuk mengikat obat-obatan yang menumpuk dalam tubuh, baik yang diresepkan oleh dokter maupun yang dibeli sendiri di toko obat. Program ini mempersiapkan individu untuk menerima manfaat pendekatan yang lebih holistik untuk memulihkan kesehatan tanpa tubuh dibebani untuk menangani efek-efek samping obat-obatan yang beracun.
Di sisi lain, untuk menghindarkan kemungkinan arang aktif mengganggu efek yang diinginkan dari obat-obat yang diresepkan dokter atau obat yang dibeli di toko-toko obat, dianjurkan agar meminum arang aktif tidak lebih cepat dari 1,5 – 2 jam sebelum atau sesudah memakan obat. Ini tidak berlaku untuk pemakaian luar arang aktif dalam bentuk kompres atau pasta atau dalam air mandi.



Apakah arang aktif sama dengan norit?
Norit adalah arang aktif juga tapi dalam bentuk tablet. Norit itu sendiri adalah nama produk atau brand. Sedangkan arang aktif adalah nama generiknya, dan pada daftar WHO nama resminya disebut activated charcoal, sedangkan dalam Farmakope Indonesia disebut carbo adsorbens atau arang jerap. Arang aktif adalah universal antidote (penawar racun universal). Sampai dengan saat ini saja arang aktif diketahui bisa mengobati sekitar 70 macam penyakit dan masalah kesehatan. Perlu diketahui bahwa pengobatan dengan arang sangat efektif bila digunakan secara bersama-sama yaitu diminum dan digunakan sebagai kompres pada bagian yang sakit. Arang aktif dalam bentuk bubuk lebih cepat bekerjanya, karena campurannya bisa dengan segera bekerja, tidak menunggu larutnya kapsul atau tablet. Hanya saja kalau dalam bentuk tablet atau kapsul lebih sederhana dan praktis untuk membawanya dan lebih mudah cara meminumnya.


Apakah ada efek samping jika meminum obat arang aktif ini?

Minum obat bubuk arang aktif tidak memiliki efek samping yang berarti, karena bubuk arang aktif tidak dimetabolisme oleh tubuh dan tidak diserap masuk ke dalam darah atau... ke dalam organ tubuh. Ada beberapa efek yang bisa dirasakan oleh orang yang meminum obat bubuk arang aktif ini (dan efek ini tidak berbahaya), yaitu: 1) Bagi beberapa orang, saat meminum obat bubuk arang aktif akan ada reaksi tubuh seperti mual-mual, muntah, mencret atau yang lain; itu adalah reaksi akibat proses detoksinasi (membuang toksin dari dalam tubuh). Jika ada reaksi seperti itu, tetap lanjutkan minum arang dengan meminum air putih lebih sering dan lebih banyak, sementara dapat dikurangi dosisnya (misalnya jadi 1 x sehari 1 sendok makan, jika dosis sebelumnya 2x), serta jarak minum dipastikan minimal 1 atau 2 jam setelah makan; 2) Bagi beberapa orang, buang air besar menjadi lebih keras dan susah; ini karena arang aktif juga bersifat mengikat air, sehingga buang air besar jadi mengeras. Jika ada reaksi seperti itu, minumlah air putih lebih sering dan lebih banyak, kira-kira 2-2,5 liter sehari dan perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan, terutama buah pepaya.


Apakah obat bubuk arang aktif bisa dikonsumsi bayi?
Untuk bayi, caranya aduk 1/2 sendok teh dalam 1 gelas air, lalu biarkan dulu bubuknya mengendap. Setelah itu sendok atau tuangkan airnya pelan-pelan tanpa ikut bubuknya dan masukkan ke dalam botol minum bayi.. Minumkan pada bayi air campuran arang itu dengan menggunakan dot.


Berapa lama masa expired dari bubuk arang aktif?

Bubuk arang aktif dapat bertahan lama dan tida ada expired date, selama disimpan dengan baik ditempat kering dan tertutup rapat.


Apakah arang bisa dibuat dari segala jenis kayu?

Iya benar,.. jenis kayu apapun bisa dibuat menjadi arang, bahkan tempurung kelapa dan tulang-yulang hewan (khususnya di negara-negara penghasil dan pengekspor daging). Yang penting adalah proses pembuatannya harus dilakukan dengan benar. Kemudian penggilingannya, sehingga hasilnya sangat halus, dan proses aktivasi arangnya dilakukan dengan benar. Juga perlu diperhatikan agar kayu yang akan dijadikan arang itu tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia lainnya seperti cat kayu, tinta, politur, dll. Memang disarankan untuk memilih jenis kayu yang keras atau juga kayu putih. Memang jenis kayu itu lebih baik, tapi jenis kayu lain pun bisa dibuat menjadi obat bubuk arang aktif, asal proses pembuatannya dilakukan dengan benar


Apakah sudah dijamin kita sehat setelah menggunakan arang sebagai obat?

Tidak ada seorang pun di bawah kolong langit ini yang bisa menjamin seseorang sehat kecuali Tuhan yang Mahakuasa, itupun kalau Dia berkehendak. Demikian juga tidak ada jaminan untuk sehat setelah menggunakan arang, jika pola hidup dan pola makan Anda tidak diperbaiki sesuai dengan pola yang sehat, baik dan benar. Yang memberikan kesembuhan hanyalah Tuhan, sang Pencipta dan Maha Penyembuh. Arang adalah salah satu media dari alam yang diciptakan Tuhan untuk menjadi sarana bagi kesembuhan manusia, dengan karakateristik arang yang dapat mengikat kuman, virus, bakteri, dan zat-zat beracun lainnya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Arang aktif bersifat adsorbent. Oleh karena itu, berdoalah pada Tuhan untuk kesembuhan Anda, ubahlah pola hidup dan pola makan menjadi lebih baik, dan minumlah arang untuk membantu Anda menghilangkan virus, kuman, bakteri dan zat-zat berbahaya atau beracun penyebab penyakit dari dalam tubuh. Yang tidak kalah pentingnya, jangan lupa berdoa kepada Tuhan serta mendekatkan diri kepada-Nya, serta hiduplah sesuai kehendak-Nya.



Setelah minum arang, sebagian kotorannya berwarna hitam, apakah tidak bahaya?
Kotoran atau buang air besar berwarna hitam adalah tanda bahwa arang ikut dibuang dari dalam tubuh.Bersama dengan itu racun-racun yang diikat arang aktif dari dalam tubuh juga turut dibuangkan. Itu juga membuktikan bahwa arang tidak diserap oleh darah masuk ke peredaran darah dan ke dalam organ tubuh, seperti ginjal, hati dan sebagainya sehingga tidak keluar dari air seni. Berbeda dengan obat kimia, umpamanya dengan vitamin B-compleks, jika kita meminum obat itu, pada waktu buang air seni, maka air seni kita akan berwarna kekuning-kuningan. Buang air besar berwarna hitam juga menunjukkan bahwa arang itu aman tidak ada efek samping bagi tubuh, karena tidak masuk ke organ tubuh.


Apakah minum arang ada pengaruh ke ginjal?

Bubuk arang tidak dicerna atau dimetabolisi oleh tubuh, dan arang aktif tidak larut dalam air dan oleh sebab itu tidak diserap ke dalam darah. Oleh karenanya bubuk arang tidak akan masuk ke dalam organ-organ tubuh seperti ginjal. Arang aktif yang diminum hanya akan melewati saluran pencernaan, dan akan dikeluarkan bersama buang air besar atau kotoran. Dan sambil melewati saluran pencernaan arang aktif mengikat racun-racun (walaupun tidak semua), virus, kuman, dan bakteri, lalu dibuang bersama kotoran atau buang air besar. Jadi meminum bubuk arang tidak berpengaruh negatif terhadap ginjal, dan tidak memiliki efek samping yang negatif pada tubuh.

2 komentar:

  1. baru tau arang ada manfaat seperti ini... makasih infonya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga. Kami sudah berada di blog dengan alamat maranathashope.blospot.com

      Hapus