Selasa, 18 November 2014

Pola Pikir Tuhan.




 


Kita sering mendengar kata Pengetahuan dan Hikmat.  Ternyata Pengetahuan dengan Hikmat itu ada bedanya.  Ciri dari Pengetahuan itu ialah:  suka berbicara, mempelajari, ingin mengetahui bagaimana caranya memilah-milah dan bangga akan segala yang dipelajarinya.  Sedangkan Hikmat cirinya ialah: lebih memilih untuk mendengarkan, mengamati, mengerti bagaimana cara mempersatukan kembali, rendah hati dan selalu haus untuk belajar lebih banyak lagi.  Marilah kita pelajari apakah hikmat itu.

Arti Hikmat

   Dalam Alkitab hikmat diartikan sebagai: pengertian, pengetahuan dan kebijaksanaan. Orang berhikmat memahami segala perkara dengan baik.
Daniel 1:17. Allah memberikan kepada keempat pemuda itu hikmat dan keahlian dalam kesusasteraan dan ilmu. Selain itu kepada Daniel diberikan-Nya juga kepandaian untuk menerangkan penglihatan dan mimpi.

APA ITU HIKMAT ?

HIKMAT adalah ‘pola pikir TUHAN’, yaitu tata cara yang maha mulia, yang sangat kudus dan suci; jadi kalau saudara meminta HIKMAT, berarti anda meminta agar cara dan POLA PIKIR  YANG MULIA itu,  masuk ke dalam system berpikir anda. Demikian kita memakai cara-cara ALLAH dalam memahami, memilih, menganalisa dan memutuskan apapun, yaitu seperti cara TUHAN itu sendiri.

Hikmat dapat diartikan cara-cara yang kudus dan suci, jalan-jalan yang maha baik, solusi yang tidak diragukan.

 HIKMAT DUNIA:

Hikmat dunia tidak berasal dari POLA PIKIR ALLAH, tetapi berasal dari pikiran manusia yang menimbang-nimbang kebenaran dan kejahatan. Kemudian ia menemukan sebuah rumusan yang menurut dirinya adalah sebuah kebenaran.

Bagaimana membedakan antara hikmat dunia dengan HIKMAT ALLAH?

Berbagai filsafat dunia yang dianut oleh orang-orang dibagian belahan dunia, dipengaruhi oleh cara para ilmuwan berpikir termasuk para penulis-penulis yang sangat terkenal, secara nyata-nyata menentang TUHAN. Mereka memiliki pandangan-pandangan yang bertentangan dengan pola pikir ALLAH. Tuhan Yesus mengecam orang-orang farisi dan orang Yahudi yang menyatakan dirinya beragama, karena agama dipakai sebagai alasan untuk melegitimasi keinginan mereka sendiri, mereka menambahkan kata “kebijaksanaan”. Kata bijak ditempelkan dalam kata hikmat, yang sama sekali tidak sejajar dengan kemuliaan kata ‘HIKMAT” itu sendiri.

Jika anda menutup mata dan berharap agar diri Anda adalah orang yang berhikmat, maka Anda tidak berhubungan dengan manusia. Pandangan kita tertuju kepada kemuliaan TUHAN, kekudusannya, mampu memahami jalan-jalan Tuhan. Agama diatur sedemikian rupa untuk melegalkan keinginan mereka, sehingga ketika berhadapan dengan “POLA PIKIR ALLAH” sangat bertentangan.

HIKMAT yang diminta oleh Raja SALOMO dari TUHAN yaitu pengetahuan, pengertian dan cara ALLAH memandang segala sesuatu. Agar Raja SALOMO mendapatkan HIKMAT TUHAN ia masuk ke dalam areanya TUHAN. DIA yakin bahwa pengetahuan itu ada dalam rumah Bapa di sorga. Demikian juga kita meminta hal yang sama kepada DIA sumber segala sumber HIKMAT di dalam Yesus Kristus. Masuklah ke dalam areanya TUHAN artinya harus mengambil keputusan untuk tinggal dalam TUHAN yaitu melayani DIA sepenuhnya. Apakah saudara ingin melayani DIA juga?

Takut akan ALLAH adalah sumber pengetahuan. Amsal 1:7

Takut akan ALLAH, artinya konsisten memuaskan hati ALLAH. Kalau anda takut akan ALLAH berarti anda tetap setia sampai mati, tidak mau menyakiti hatiNya dengan berpaling kepada kesenangan dunia. Berhala dunia modern yaitu cinta UANG merupakan kekejian dimata ALLAH, resikonya anda akan dikenai hukuman berupa kutuk. Namun, jika anda melakukan segala sesuatu dengan berpedoman pada keinginan hati BAPA, maka anda akan memperoleh hikmat baru, pengetahuan demi pengetahuan memenuhi hidup saudara.

 
Amsal 8 :12. Akulah hikmat; padaku ada pengertian, kebijaksanaan dan pengetahuan.
Pengkhotbah 8:1. Alangkah senangnya orang bijaksana. Ia tahu jawaban atas segala perkara. Hikmat membuat dia tersenyum gembira, sehingga wajahnya cerah senantiasa.
Sumber Hikmat
   Sumber hikmat dapat berasal dari Allah, manusia lain, atau dari alam. Namun sumber hikmat yang paling besar dan paling benar adalah dari Allah. Semua hikmat sebenarnya berasal dari Allah. Allah menciptakan segala sesuatu menurut hikmatNya.    Karena itu takut akan Allah, menyembah kepada Dia dan bersandar kepada Dia merupakan jalan satu-satunya memiliki hikmat yang benar.
Amsal 1:7. Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. 1:20. Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaranya, 14:33. Hikmat selalu ada di dalam pikiran orang berbudi; tapi tertindas dalam pikiran orang bodoh. 19:20. Jika engkau suka belajar dan mendengar nasihat, kelak engkau menjadi orang yang berhikmat.

   Daniel 1:17. Allah memberikan kepada keempat pemuda itu hikmat dan keahlian dalam kesusasteraan dan ilmu. Selain itu kepada Daniel diberikan-Nya juga kepandaian untuk menerangkan penglihatan dan mimpi.

   Pengkhotbah 2:26 Allah memberikan hikmat, pengetahuan dan kebahagiaan kepada orang yang menyenangkan hati-Nya.

   I Raja Raja 4:29. Allah memberikan kepada Salomo hikmat, dan pengetahuan yang luar biasa, serta pengertian yang amat dalam.

   Mazmur 19:7. Hukum TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa. Perintah TUHAN dapat dipercaya, memberi hikmat kepada orang sederhana. 51:6 Engkau menuntut ketulusan hati; penuhilah batinku dengan hikmat-Mu. 119:66 Berilah aku hikmat dan pengetahuan, sebab aku percaya kepada perintah-perintah-Mu.

   Yeremia 10:12 TUHAN menciptakan bumi dengan kuasa-Nya, membentuk dunia dengan hikmat-Nya, dan membentangkan langit dengan akal budi-Nya. 51:15 TUHAN menciptakan bumi dengan kuasa-Nya, membentuk dunia dengan hikmat-Nya, dan membentangkan langit dengan akal budi-Nya.

   Yakobus 1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

   Roma 11:33. O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya! 16:27 bagi Dia, satu-satunya Allah yang penuh hikmat, oleh Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Kegunaan Hikmat
   Hikmat jauh lebih besar dari kekayaan dan kehormatan. Hikmat juga memberikan umur panjang. Karena hikmat menjauhkan kita dari malapetaka dan memberikan rasa aman. Orang berhikmat tak mudah jatuh dalam jebakan. Orang berhikmat akan menarik orang datang kepadanya untuk meminta nasihat atau petunjuk.

   Amsal 3:16 Hikmat memberikan kepadamu umur panjang, kekayaan dan kehormatan. 3:19 Dengan hikmat, TUHAN menciptakan bumi; dengan akal budi-Nya Ia membentangkan langit di tempat-Nya. 4:6 Hargailah hikmat, maka hikmat akan melindungimu; cintailah dia maka ia akan menjaga engkau agar tetap aman. 7:5 Hikmat akan menjauhkan engkau dari perempuan nakal, dari wanita yang memikat dengan kata-kata yang manis. 8:1. Dengar! Kebijaksanaan berseru-seru, hikmat mengangkat suara. 8:11 Akulah hikmat, lebih berharga dari berlian; tak dapat dibandingkan dengan apa pun yang kauidamkan. 8:12. Akulah hikmat; padaku ada pengertian, kebijaksanaan dan pengetahuan. 9:11 Hikmat akan memberikan kepadamu umur panjang. 9:12 Apabila hikmat kaumiliki, engkau sendiri yang beruntung. Tetapi jika hikmat kautolak, engkau sendiri pula yang dirugikan. 16:16. Mendapat hikmat jauh lebih baik daripada mendapat emas; mendapat pengetahuan lebih berharga daripada mendapat perak. 24:14 begitu pula hikmat baik untuk jiwamu. Jika engkau bijaksana, cerahlah masa depanmu.

   Pengkhotbah 7:11. Orang hidup seharusnya berhikmat; nilai hikmat sama dengan warisan; 7:12 sama pula dengan uang pemberi rasa aman. Apalagi pengetahuan tentang hikmat! Siapa memilikinya akan selamat. 7:19 Hikmat membuat pemiliknya lebih perkasa daripada sepuluh penguasa di sebuah kota.
Apa yang butuh kita lakukan untuk berhikmat

   Pertama, meminta hikmat dari Tuhan sendiri. Kita hanya bisa mendapat hikmat dari Tuhan kalau kita harus bersandar kepada Tuhan, dan kalau hidup tulus dihadapan Tuhan.
   Kedua, menjaga hikmat kita. Kalau hikmat itu tidak dijaga maka ia akan hilang. Hikmat adalah bagian dari cara hidup kita. Ketika cara hidup kita serong, maka pudarlah hikmat yang ada pada kita.

   Amsal 3:21. Sebab itu, berpeganglah pada hikmat dan pada pertimbangan yang matang, anakku! Jangan sekali-kali melepaskannya, 4:8 Junjunglah hikmat, maka engkau akan ditinggikan olehnya. Rangkullah dia, maka ia akan mendatangkan kehormatan kepadamu. 4:11 Aku sudah mengajarkan hikmat kepadamu dan menunjukkan cara hidup yang benar. 7:4 Anggaplah hikmat sebagai saudaramu dan pengetahuan sebagai sahabat karibmu. 10:23. Orang bodoh senang berbuat salah; orang bijaksana gemar mencari hikmat. 11:9. Percakapan orang jahat membinasakan; hikmat orang baik menyelamatkan. 23:23 Ajaran yang benar, hikmat, didikan, dan pengertian--semuanya itu patut dibeli, tetapi terlalu berharga untuk dijual. 17:16. Percuma orang bodoh menghabiskan uang mencari hikmat, sebab ia tidak mempunyai pikiran yang sehat. 17:24. Tujuan orang yang berpengertian ialah untuk mendapat hikmat, tetapi tujuan orang bodoh tidak menentu. 24:3. Rumah tangga dibangun dengan hikmat dan pengertian. 24:7. Orang bodoh tidak dapat menyelami hikmat. Ia tidak dapat berkata apa-apa kalau orang sedang membicarakan hal-hal penting. 26:16. Si pemalas menganggap dirinya lebih berhikmat daripada tujuh orang yang memberi jawaban yang tepat.

   Pengkhotbah 9:18 Hikmat lebih berguna daripada senjata, tetapi nila setitik merusak susu sebelanga. 10:1. Bangkai lalat membusukkan sebotol minyak wangi, sedikit kebodohan menghilangkan hikmat yang tinggi.

   Tentu penjelasan ini akan memberikan sedikit pengertian kepada kita akan artinya hikmat itu agar kita senantiasa memiliki POLA PIKIR ALLAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar