Rabu, 19 November 2014

Manfaat Minyak Flaxseed


MANFAAT MINYAK BIJI RAMI (FLAXSEED)

Sebagian dari Anda mungkin belum pernah mendengar tentang minyak biji rami.Apa itu minyak biji rami? Dan apa manfaatnya?

Biji rami adalah tanaman berbunga biru yang tumbuh di padang rumput di Kanada Barat, yang sangat kaya akan minyak. Minyak biji rami adalah minyak alami yang sangat direkomendasikan sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh dan dianggap sebagai minyak yang paling kaya dengan omega 3.

 

Minyak biji rami atau yang sering dikenal dengan flax seed oil atau linseed oil mengandung omega-6 dan omega 9, vitamin B, kalium, lesitin, magnesium, serat, protein, dan seng dan juga menyediakan sekitar 50% omega-3, lebih banyak dari kandungan omega 3 yang terdapat pada minyak ikan. Dan tentunya, tanpa bau amis!

Description: http://www.rumahbunda.com/wp-content/uploads/2011/04/minyak-bijih-rami-300x199.jpg

Beberapa ahli gizi, peneliti, dan ilmuwan percaya bahwa minyak biji rami bisa menjadi suplemen kesehatan paling penting setelah multivitamin. Hampir setiap sistem dalam tubuh bisa mendapatkan keuntungan dari minyak biji rami, termasuk sistem kardiovaskuler, sistem kekebalan tubuh, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem saraf, serta persendian.

 

Beberapa data dan fakta tentang minyak biji rami dari beberapa studi :

1. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak biji rami mengandung lignan 100x lebih banyak daripada biji-bijian lain. Dan orang yang memiliki nilai lignan tinggi pada diet mereka, akan cenderung untuk tidak terkena kanker usus besar dan kanker payudara.

2. Sebuah studi lain menunjukkan bahwa Omega-3 asam lemak pada minyak biji rami membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida darah, serta mencegah pembekuan dalam pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung dan trombosis.

3. Membantu melindungi tubuh terhadap tekanan darah tinggi, peradangan, retensi air, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

4. Memperpendek waktu pemulihan otot-otot setelah bekerja atau berolahraga.

5. Meningkatkan produksi energi tubuh dan juga meningkatkan stamina.

6. Mempercepat penyembuhan keseleo dan memar.

7. Meringankan berat badan pada orang yang menderita obesitas.

8. Mempermudah pembakaran lemak.

9. Meningkatkan penyerapan kalsium.

10. Memperkuat jari dan kuku kaki.

11. Mempertajam penglihatan dan memperbaiki fungsi penglihatan.

12. Meningkatkan fungsi hati.

13. Menghentikan perkembangan sel-sel kanker.

14. Meringankan asma

15. Membantu dalam pengobatan Eksim, Psoriasis, dan Ketombe.

16. Meringankan gejala Diabetes Mellitus.

17. Telah terbukti dapat meningkatkan perilaku skizofrenia.

18. Dapat meringankan beberapa kasus Premenstrual Syndrome (PMS) pada wanita.

Dan lain sebagainya.

Para ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi minyak biji rami ini sedikitnya 1000 mg setiap hari, tiga kali sehari. Mereka berpendapat bahwa mengkonsumsi 30 gram minyak biji rami setiap hari sangatlah aman dan tanpa efek samping.

 

            Dikutip dari : Rumahbunda.com

 

Mengenal Biji Rami (Flax Seed Oil): Obat Herbal Kolesterol dan Trigliserida Darah

Posted by abiquetta3 May 2, 2013 Leave a comment

 Mencegah suatu penyakit adalah pengobatan termurah dan termudah yang sering tidak disadari oleh banyak orang. Ada beberapa jenis minyak herbal yang amat bermanfaat dan dijadikan sebagai obat herbal kolesterol dan trigliserida darah seperti Minyak Ikan Salmon, Black Seed Oil, dan Flax Seed Oil. Mari kita simak apa itu Flax Seed Oil atau dikenal dengan minyak “Biji Rami” dan apa saja manfaatnya?

 Biji rami atau disebut juga linseed oil merupakan tanaman yang banyak ditemukan dan tumbuh di padang rumput di Kanada Barat. Tanaman berbunga biru ini sangat kaya akan minyak yang bermanfaat bagi tubuh. Minyak biji rami adalah minyak alami yang sangat direkomendasikan sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh dan dianggap sebagai minyak yang paling kaya dengan omega 3.

Minyak biji rami menurut penelitan dunia kedokteran kaya akan omega-6 dan omega 9, vitamin B, kalium, lesitin, magnesium, serat, protein, dan seng dan juga menyediakan sekitar 50% omega-3, lebih banyak dari kandungan omega 3 yang terdapat pada minyak ikan. Dan tentunya, tanpa bau amis!

 Untuk itu para ahli gizi, peneliti, dan ilmuwan merekomendasikan bahwa minyak biji rami bisa menjadi suplemen kesehatan paling penting setelah multivitamin. Hampir setiap sistem dalam tubuh bisa mendapatkan keuntungan dari minyak biji rami, termasuk sistem kardiovaskuler, sistem kekebalan tubuh, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem saraf, serta persendian.

Beberapa studi medis juga telah membuktikan bahwa minyak biji rami cukup efektif menyembuhkan banyak penyakit degeneratif seperti beberapa studi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak biji rami mengandung lignan 100x lebih banyak daripada biji-bijian lain. Dan orang yang memiliki nilai lignan tinggi pada diet mereka, akan cenderung untuk tidak terkena kanker usus besar dan kanker payudara. Sebuah studi lain menunjukkan bahwa Omega-3 asam lemak pada minyak biji rami membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida darah, serta mencegah pembekuan dalam pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung dan trombosis.

 Manfaat lain dari Biji Rami atau flexseed oil diantaranya:

  • Membantu melindungi tubuh terhadap tekanan darah tinggi, peradangan, retensi air, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.
  • Memperpendek waktu pemulihan otot-otot setelah bekerja atau berolahraga dan meningkatkan produksi energi tubuh dan juga meningkatkan stamina.
  • Meringankan berat badan pada orang yang menderita obesitas dan mempermudah pembakaran lemak.
  • Meringankan gejala Diabetes Mellitus.
  • Meningkatkan penyerapan kalsium.
  • Mempertajam penglihatan dan memperbaiki fungsi penglihatan.
  • Meningkatkan fungsi hati dan menghentikan perkembangan sel-sel kanker.
  • Membantu dalam pengobatan penyakit Asma, Eksim, Psoriasis, dan Ketombe.
  • Dapat meringankan beberapa kasus Premenstrual Syndrome (PMS) pada wanita.
     Untuk itu para ahli gizi dan medis menyarankan untuk mengkonsumsi minyak biji rami ini sedikitnya 1000 mg setiap hari, tiga kali sehari. Mereka berpendapat bahwa mengkonsumsi 30 gram minyak biji rami setiap hari sangatlah aman dan tanpa efek samping karena treatment pengobatan dan  pencegahan ini bersifat herbal. Perlu diketahui bahwa pengobatan herbal tidak secepat penyembuhan obat kimiawi, karena ia bersifat menyembuhkan bertahap namun jauh lebih aman dari efek samping.
     
FLAXSEED IS MY SUPER FOOD


   Banyak alasan mengapa makanan ini menjadi “makanan super” bagi saya pribadi, namun alasan utamanya adalah karena saya memang mengkonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan bukti nyata dan akhirnya berani menyimpulkan bahwa memang FLAXSEED merupakan makanan yang paling bergizi, paling lengkap vitamin & mineral-nya, dan paling seimbang nutrisinya. Jadi bisa dibilang apabila jika saya terpaksa untuk memilih satu jenis makanan alami yang saya harus konsumsi untuk tetap hidup & sehat di saat tidak ada lagi makanan lainnya untuk dikonsumsi, maka dengan yakin saya akan memilih FLAXSEED. Apa alasannya?

 Saya pribadi sangat terkenal tidak mudah percaya pada suatu produk makanan, apalagi mengkonsumsinya secara langsung, khususnya yang berhubungan dengan suplemen atau obat-obatan. Alasannya adalah saya memang menempuh jalur “natural” atau “alami” jika berurusan dengan gaya hidup sehat. Oleh karena itu apabila saya sampai merekomendasikan makanan tersebut kepada semua orang berarti produk tersebut memang pantas disebut “Super Food”.

  Image saya yang sudah dikenal sebagai “Healthy Icon” Indonesia memberikan tanggung-jawab yang sangat besar bagi saya untuk memberikan informasi yang paling akurat dan aman kepada masyarakat luas. Inilah mengapa saya akhirnya memberi tahu kepada semua orang tentang “makanan rahasia” saya yang memang terbukti paling aman dan berkhasiat tinggi, yaitu FLAXSEED.

    Harap diingat bahwa saya tidak dikontrak oleh produk tersebut untuk memasarkannya secara langsung, namun terlebih kepada kesadaran saya sendiri bahwa banyak orang yang membutuhkan pertolongan untuk mencapai kesehatan yang berkualitas namun kebanyakan tidak tahu bagaimana mencapainya. Oleh karena itu apabila saya disuruh memilih satu jenis makanan yang memiliki unsur nutrisi yang paling lengkap, berkhasiat tinggi, harganya terjangkau, aman dikonsumsi, dan terbukti efektif meningkatkan kesehatan, maka kembali saya akan memilih FLAXSEED.

    Beberapa perubahan utama yang saya alami sejak saya mengkonsumsi FLAXSEED adalah saya semakin jarang sakit sejak mengkonsumsi makanan tersebut, baik itu penyakit ringan seperti flu, demam, sariawan, sembelit, sakit kepala, maupun sampai ke penyakit berat yang membahayakan kesehatan, meskipun dalam kesehariannya memang saya juga sudah jarang sakit akibat menjalankan gaya hidup sehat secara rutin. Namun perbedaan utama yang terasa sekali adalah saya merasa aliran darah menjadi semakin lancar, jerawat tidak pernah mengganggu lagi, kulit menjadi kencang, jantung semakin kuat, daya ingat bertambah, daya tahan tubuh bertambah kuat, tenaga meningkat, dan yang paling istimewa adalah tubuh saya semakin “kering” dan padat berotot meskipun pola makan saya masih tinggi karbohidrat. Semua ini memang harus ditunjang dengan pola makan yang benar, olahraga yang teratur, dan istirahat yang cukup agar hasilnya jauh lebih cepat dan bertahan lama.

    Sebenarnya FLAXSEED adalah biji/benih dari bunga FLAX (Linium Usitatissinum) yang tumbuh subur di daerah Amerika dan Kanada. Bentuknya sama persis seperti biji wijen namun ada yang berwarna coklat tua dan keemasan. Yang berwarna emas jauh lebih baik daripada yang berwarna coklat karena mengandung khasiat sekitar 20-25% lebih tinggi. Yang saya sangat suka dengan FLAXSEED adalah FDA (Food & Drugs Administration) juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan alami ini secara rutin karena sudah terbukti aman dan tanpa efek samping. Inilah mengapa saya memberanikan diri untuk mencobanya secara langsung, dan bahkan merekomendasikannya kepada semua orang. Tanpa persetujuan FDA saya tidak akan pernah berani untuk melakukan sesuatu. Bagi saya FDA adalah lembaga kesehatan yang paling terpercaya dan paling kritis di dunia kesehatan secara global.

 Beberapa “senjata utama” FLAXSEED yang mencuri perhatian saya sewaktu pertama kali saya menemukan makanan ini adalah ternyata FLAXSEED merupakan sumber makanan alami yang mengandung asam lemak Omega-3 tertinggi di seluruh jenis makanan yang ada di muka bumi ini (15gr = 3gr omega-3) dan hanya perlu sekitar 1-2 sdm FLAXSEED untuk memenuhi kebutuhan Omega-3 per harinya. Tidak tanggung-tanggung, kadar Omega-3 dalam FLAXSEED mengandung sekitar 15 kali lipat Omega-3 ketimbang ikan salmon, dan tidak berkoresterol karena berasal dari sumber nabati.       Jika dipikir-pikir, ikan salmon tetap mengandung koresterol dan lemak jenuh yang tinggi dan sangat tidak bersahabat dengan penderita asam urat. Di lain hal, FLAXSEED justru sangat rendah kadar lemak jenuhnya dan justru mencegah pembentukan Uric Acids yang menyebabkan asam urat pada persendian. Apalagi jika dibandingkan harganya dan resikonya, FLAXSEED jauh lebih murah daripada salmon dan tidak memiliki resiko seperti ikan salmon ternak yang justru dapat memicu kanker akibat pembiakan dengan hormon dan antibiotik.

 Tidak sampai disitu saja, FLAXSEED mengandung Lignan (zat anti kanker) yang lebih aktif 800 kali lipat daripada bawang putih dan mengandung serat 10 kali lipat daripada apel, pisang, atau pir (1 sdm = 3 gr). Jadi jika dipikir-pikir daripada makan 800 pcs bawang putih dan 10 buah apel, lebih baik makan 1 FLAXSEED. Now this is what I called living healthy lifestyle in a smart & efficient way...!!!

 Ngomong-ngomong tentang serat yang terkandung di dalam FLAXSEED, biji-bijian ini mengandung kedua macam serat, yaitu serat larut (Viscous) dan serat tak-larut (Non-Viscous) yang keduanya berfungsi sangat panting bagi kesehatan pencernaan dan kardiovaskular secara keseluruhan. Jika dilihat dari kegunaan masing-masing, serat larut sangat berguna untuk mengikat koresterol dan lemak berlebihan untuk dibuang dari tubuh dan memperlambat penyerapan gula saat mengkonsumsi makanan tinggi gula. Hal ini tentu saja sangat efektif untuk mencegah terkena diabetes, stroke, dan jantung koroner. Sedangkan untuk serat tak-larut berfungsi untuk memberi rasa kenyang yang lebih lama dan memberi berat pada feses agar proses BAB makin lancar. Hal ini mencegah penyakit kanker usus, obesitas, dan ambeyen/wasir.

 Beberapa manfaat FLAXSEED terhadap kesehatan secara general adalah:

• Meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi kognitif pada otak.

• Mengendalikan gula darah dan menurunkan tekanan darah.

• Melancarkan proses detoxifikasi dan pembuangan kotoran dari dalam tubuh.

• Membantu memperlambat penuaan dini dan meringankan proses menopause.

• Meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah osteoporosis.

• Meningkatkan imunitas dan mencegah perkembangan sel kanker.

• Sangat tinggi protein yang sangat baik untuk pertumbuhan otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

• Memaksa tubuh untuk menggunakan sel lemak sebagai sumber tenaga yang membuat seseorang tetap membakar lemak meskipun dengan aktivitas yang normal.

• Mengandung vitamin C, B1-B9, dan vitamin E, serta mengandung mineral Kalsium, Zat besi, Zinc, Magnesium, Tembaga, Mangan, Potassium, dan Fosfor.

 Untuk penggunaannya:

• Orang dewasa dengan kondisi normal 2 sdm/hari.

• Orang dewasa dengan masalah kesehatan >4sdm/hari.

• Balita 2-5 tahun 1 sdt/hari.

• Anak 6-12 tahun 1 sdm/hari.

• Remaja 1.5 sdm/hari.

 Keunggulan FLAXSEED yang lain adalah:

• FLAXSEED sangat cocok untuk ibu yang sedang mau hamil, sedang dalam masa hamil, maupun pasca kelahiran.

• Untuk pasien kanker payudara akan lebih cepat sembuh dengan meningkatkan zat Tamoxifen yang bersifat anti-carcinogen.

• Untuk laki-laki akan sangat berguna untuk mencegah kanker prostat akibat gaya hidup yang tidak sehat.

• Sangat cocok untuk orang yang obesitas maupun yang sedang dalam program menurunkan berat badan atau menaikkan massa otot.

• Membuat yang mengkonsumsi menjadi semakin jarang ngemil karena merasa kenyang lebih lama.

• Sangat ampuh dalam menyembuhkan noda jerawat maupun mengurangi pertumbuhan sebum yang menyebabkan jerawat atau bisul.

• Dapat menunda proses pembusukan makanan akibat jamur dan meningkatkan masa umur makanan.

 Apabila anda bingung apa manfaat dari Omega-3 maka dibawah ini adalah beberapa manfaatnya:

• Kesehatan otak dan menjaga kekuatan neurotransmitter dalam sel otak yang akhirnya mempertajam daya ingat dan fungsi logika & kognitif.

• Membuat aliran darah di arteri jantung menjadi lancar dan memperkuat daya kerja pada otot/katup jantung.

• Menekan tekanan darah tinggi dan bersifat anti-stress.

• Mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah akibat koresterol jahat, oleh karena itu sangat membantu untuk menurunkan tingkat koreserol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.

• Dengan meningkatkan sistem daya tahan tubuh (aktivitas sel darah putih) maka akan mempercepat pemulihan dan semakin kebal terhadap serangan penyakit.

• Bersifat sebagai pengencer darah (blood thinner).

• Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan (Growth Hormone) dan hormon testosterone di dalam tubuh. Oleh karena itu sangat berguna untuk mencegah kemandulan dan meningkatkan kesuburan.

• Mencegah berbagai penyakit kardiovaskular yang mematikan, khususnya penyakit jantung koroner, kanker, diabetes, dan stroke.

 Untuk penggunaan, boleh dicampurkan ke semua jenis makanan & minuman, boleh dimasak (tahan sampai 350°C selama 60 menit), boleh mengganti obat-obatan, boleh dikonsumsi seumur hidup, dan sangat penting khususnya bagi anak-anak, orang yang sedang dalam program diet, dan orang yang dalam penyakit.

 Kalau saya, saya suka menggabungkannya dengan oatmeal, cookies, brownies, muffin, pasta, nasi merah, smoothies, sup, tumisan, panggangan, dll. Intinya karena FLAXSEED tidak berasa dan mengubah rasa, maka tanpa disadari saya mengkonsumsi makanan berkhasiat tinggi tanpa merasakan apapun juga, cerdik bukan?

 TAMBAHAN INFORMASI :

 Manfaat dari flaxseed terhadap kesehatan secara umum adalah:
1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan fungsi Kognitif pada otak.
2. Mengendalikan gula darah dan menurunkan tekanan darah.
3. Melancarkan proses detoxifikasi dan pembuangan kotoran dari dalam tubuh.
4. Meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah Osteoporosis.
5. Meningkatkan imunitas dan mencegah perkembangan sel kanker.
6. Sangat tinggi protein yang sangat baik untuk pertumbuhan otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.
7. Memaksa tubuh untuk menggunakan sel lemak sebagai sumber tenaga yang membuat seseorang tetap membakar lemak meskipun dengan aktivitas yang normal.
8. Mengandung vitamin C, B1-B9 dan vitamin E serta mengandung beberapa jenis mineral seperti kalsium, zat besi, Zinc, Magnesium, Tembaga, Mangan, Potassium dan Fosfor.

Keuntungan / Keunggulan dari Flaxseed yang lain adalah:
1. Untuk pasien kanker payudara akan lebih cepat sembuh dengan meningkatkan zat Tamoxifen yang bersifat anti-carcinogen.
2. Untuk laki-laki akan sangat berguna untuk mencegah kanker prostat akibat gaya hidup yang tidak sehat.
3. Sangat cocok untuk orang yang obesitas maupun yang sedang dalam program menurunkan berat badan atau menaikan massa otot.
4. Membuat yang mengkomsumsi menjadi semakin jarang ngemil maupun mengurangi pertumbuhan sebu, yang menyebabkan jerawat atau bisul.
5. Dapat menunda proses pembusukan makanan akibat jamur dan meningkatkan masa umur makanan.

Manfaat dari OMEGA-3 untuk:
1. Kesehatan otak dan menjaga kekuatan neurotransmitter dalam sel otak yang akhirnya mempertajam daya ingat dan fungsi logika dan kognitif.
2. Membuat aliran darah di arteri jantung menjadi lancar dan memperkuat daya kerja pada oto/katup jantung.
3. Menekan tekanan darah tinggi dan bersifat anti-stress.
4. Mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah akibat kolesterol jahat.
5. Dengan meningkatkan sistem daya tahan tubuh (aktivitas sel darah putih) maka akan mempercepat pemulihan dan semakin kebal terhadap serangan penyakit.
6. Bersifat sebagai pengencer darah (Blood Thinner).
7. Meningkatkan Produksi hormon pertumbuhan (Growth Hormone) dan hormon testosterone di dalam tubuh.Oleh karena itu sangat berguna untuk mencegah kemandulan dan meningkatkan kesuburan.
8. Mencegah berbagai penyakit kardiovaskular yang mematikan, khususnya penyakit jantung koroner, kanker, diabetes dan stoke.

BEBERAPA PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN

Bagaimana cara menambahkan Flax Meal untuk diet saya?
Flax menambahkan rasa terhadap makanan. Berikut adalah beberapa cara dalam menggunakan flax.

Flax dalam biji
Biji Flax menambah warna dan kegaringan untuk makanan. Anda dapat menaburkan biji flax ke atas bakingan kue atau campurkan ke dalam adonan kue. Namun, untuk memperoleh manfaat dari flax, Anda harus terlebih dahulu menggiling biji flax karena biji utuh akan melewati sistem anda tidak tercerna.

Flax dalam bentuk serbuk yang sudah digiling
Menggiling biji flax akan menghancurkan kulit luarnya yang keras, menciptakan bubuk yang berwarna terang. Biji flax dapat digiling menggunakan coffee grinder[gilingan kopi]. Anda dapat menaburkan bubuk flax hasil gilingan pada nasi, bubur, oat, sup, roti atau menambahkannya ke adonan kue/roti itu, batters, casseroles, salad, cereal dan makanan yang dimasak lainnya sesuai dengan kreativitas Anda sendiri.

Untuk pemula, disarankan anda memulai konsumsi sedikit demi sedikit, berhubung flaxseed itu adalah makanan yang memiliki serat fiber yang tinggi. Dan juga disarankan untuk mengkonsumsi air secukupnya.

Bagaimana cara menambahkan Flax untuk diet saya? Seberapa banyak Flax yang harus dikonsumsi?
Seperti makanan berserat, flax bisa mengganggu pencernaan Anda jika Anda menambahkan terlalu banyak, terlalu cepat dalam proses diet Anda. Dalam diet seimbang, konsumsi 2 sendok makan per hari dari flax yang sudah giling harian akan menyediakan ALA yang cukup untuk memenuhi kebutuhan diet anda.

Berapa banyak jumlah kalori terdapat dalam biji flax?
100 gram biji flax memiliki sekitar 450 kalori.

Apakah flax mengandung gluten?
Flax tidak mengandung gluten.

Bagaimana cara menyimpan flax?
Keseluruhan biji flax
Anda dapat menyimpan seluruh biji flax, yang bersih, kering dan berkualitas baik, pada suhu kamar selama sampai satu tahun.

Biji flax yang sudah digiling.
Untuk menjaga flax tetap dikonsumsi secara segar, Anda harus menggilingnya saat Anda membutuhkannya untuk mendapatkan semua nutrisi yang terkandung di dalam flax. Anda dapat menyimpan flax yang sudah digiling di dalam lemari es dengan memakai kontainer plastic yang kedap udara sampai 30 hari.


THE DIFFERENCE BETWEEN COLD PRESSED OIL AND VIRGIN FLAXSEED OIL

In actuality, there may be no difference between cold-pressed flaxseed oil and virgin flaxseed oil. The terms aren't mutually exclusive. You can purchase flaxseed oil products that are both cold pressed and virgin.

Cold Pressed Oils

“Cold pressed” is a term used to describe the way cooking oil is extracted from its source. The process involves the use of heavy granite millstones or modern presses made of stainless steel to press and grind fruits and seeds to extract their oils. The process generates heat through friction, but in order for an oil to be classified as cold-pressed, this heat must be kept below 120 degrees Fahrenheit.

Virgin Oils

When used to describe cooking oils, the terms virgin and extra virgin refer to acidity levels rather than extraction methods. Extra virgin oils have an acidity level of 1 percent or less, while virgin oils have an acidity level no greater than 2 percent. These differences affect the taste and cooking applications of an oil. Flaxseed oil can be both cold-pressed and have an acidity level between 1 and 2 percent, which qualifies it as virgin oil.

Flaxseed Oil

Flaxseed oil is created using low or no heat. When heat is applied to flaxseed oil, its omega-3 fatty acids can be destroyed, thus eliminating the health benefits of these cardioprotective nutrients. The University of Maryland Medical Center states that flaxseed oil deteriorates due to the effects of heat, light and oxygen. Extraction methods that involve minimal heat and avoid exposure to light and oxygen create the highest quality flaxseed oil products.

Considerations

Due to its tendency to deteriorate when heated, flaxseed oil is best used in recipes that do not require heat, such as salad dressings, or in toppings drizzled over cooked foods. Flaxseed oil should be packaged in dark containers and stored in a refrigerator to preserve its nutritional quality and taste.

Flaxseed Oil

Informasi Produk :
Sebagai minyak dengan kandungan asam lemak tak jenuh ganda alami yang tinggi dan sumber asam lemak essential Omega-3 yang berlimpah.

Manfaat bagi kesehatan :
1) Mengurangi resiko terkena penyakit jantung
2) Mengurangi peradangan pada sendi, kulit dan organ tubuh
3) Menurunkan kadar lemak jahat (LDL) dalam tubuh
4) Memperlancar saluran pencernaan
5) Baik bagi kesehatan kulit dan rambut
6) Mengurangi resiko kanker
7) Membantu mengatasi gejala ketidakseimbangan hormon
8) Non kolesterol, mengandung kadar Omega-3 yang tinggi

Cara Pemakaian:
- Salad dressing
- Marinate
- Pengganti mentega untuk membuat kue dan roti
- Sebagai supplemen kesehatan (2 sendok makan per hari).

   Artikel ini dibuat untuk sekedar pengetahuan saja dan bila Anda mau mencoba memakannya, itu terserah pada pilihan Anda sendiri.  Terimakasih. Salam kami.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar