Sabtu, 16 Juli 2016

Bersaksi Tentang Kristus.

Pendahuluan:
   Kita mengutip sebuah tulisan yang di ilhamkan Tuhan sebagai berikut: "The work of God in this earth can never be finished until the men and women comprising our church membership rally to the work and unite their efforts with those of ministers and church officers", E.G. White, Christian Service p.68:1; Gospel Workers, p.352.  Statemen ini menyatakan bahwa pekerjaan Allah tidak akan pernah diselesaikan sampai kepada saat seluruh anggota-anggota bergabung dengan para pendeta untuk menyelesaikan pekerjaan ini.
Pembahasan:
   Dalam 2 Raja-raja 5:1 kita dapat membaca kisah tentang seorang panglima perang bernama Naaman.  Dia adalah panglima dari benua Aram. Melalui kisah ini kita dapat mengetahui bahwa Allah itu sangat teliti dalam memberikan perintah-Nya.
   Naaman adalah salah seorang yang sangat dihormati atau disegani. Raja selalu berkonsultasi dengan dia dalam setiap masalah.  Ia adalah seorang tentara yang berpengalaman, tetapi ia kena penyakit kusta dan ini telah meniadakan semua kehormatan yang dia miliki.  Tentu orang yang seperti itu selalu merindukan kesembuhan.  Kalau aku bisa seperti manusia normal( sehat kembali), betapa bahagianya untuk bertemu dengan keluargaku, pikirnya.  Orang yang tuli tentu rindu untuk mendengar suara nyanyian yang merdu disamping hanya melihat bibir yang bergerak.  Orang bisu, mereka ingin bicara dan orang yang dalam penjara ingin bebas serta orang yang lumpuh, mereka ingin melompat seperti kita.
   Saudaraku,...Alkitab membandingkan dosa dengan penyakit kusta.  Kalau manusia membiarkan dirinya dalam dosa maka ia menjadi kebal kepada dosa itu.
   Melalui dosa seluruh tubuh, pikiran, dan imajinasi kita dirusakkan, tetapi kalau kita mau kembali kepada Tuhan dan mendengarkan Tuhan maka kita akan mendapat kesembuhan, dan suatu pengharapan yang baru.  Bila kebenaran Kristus diterima kedalam hati maka itu akan memberikan kebahagiaan ditengah dunia yang kacau.
   Kebahagiaan seperti yang diberikan oleh Tuhan tidak seorang manusia pun dapat berikan.  Boleh jadi Anda merindukan kehidupan yang berbahagia itu.  Anda bisa menerimanya jika Anda mau menerima Yesus.  Dalam 2 Raja2 5: 3, disini dicatat ada seorang anak perempuan kecil yang datang kepada isteri Naaman, mengusulkan satu tempat dimana panglima Naaman dapat menerima kesembuhan.
   Iman Ny. Naaman timbul dengan mendengar perkataan perempuan kecil itu.  Naaman pun berkata, apakah benar saya dapat disembuhkan?.  Naaman pergi memberitahukan hal ini kepada raja dan raja menjawab dalam ayat 5: "Baik, pergilah dan aku akan mengirim surat kepada raja Israel."  Tetapi bukan raja tetapi Nabi yang menunjukkan keselamatan itu.
   Kita baca selanjutnya dalam 2 Raja2 5:5 "Lalu pergilah Naaman dan membawa sebagai persembahan sepuluh talenta perak dan enam ribu syikal emas dan sepuluh potong pakaian".
   Berapa banyak kekayaan ini bila di dollarkan?  Ini sekitar 80 000 dollar U.S.A. diberikan kepada raja Israel.  Segala pemberian ini diberikan hanya untuk mengucapkan terimakasih atas kesembuhannya.  Bacalah ayat 6-7--Raja Israel mengira bahwa ini adalah satu tipu muslihat dari Raja benua Aram (Syam). Dalam 2 Raja2 5:10 --Elisa mengatakan kepadanya untuk mandi tujuh kali di sungai Yordan yang kotor itu.  Dalam 2 Raja2 5:12--Naaman memuji-muji kedua sungai yang jernih di Damsyik yang merupakan tempat pemujaan di negeri mereka.  Namun, kesembuhan hanya ada di Sungai Yordan, karena Tuhanlah yang menunjukkan.  Naaman berkata: Daripada mandi di Yordan, lebih baik pulang ke kampungku saja.  Tetapi dalam ayat 13-14, kembali anak perempuan kecil ini membujuk tuannya itu supaya dia menurut perkataan nabi itu.  Akhirnya, dia pun mengabukan usul itu.
   Dia masuk ke sungai Yordan dengan dorongan anak itu. Dia masuk untuk ke dua kali, Dan ke tiga kali, dia mulai melihat adanya perobahan kepada jari-jarinya.  Ke empat kali, dia melihat darahnya mulai mengalir. Ke lima dan ke enam, belum ada tanda yang memberikan kesembuhan. Anak itu berseru lagi: Masuklah sekali lagi.   Naaman pun melihat kakinya menjadi baru.  Setelah dia naek, diapun merasa gembira dan memuji Tuhan. Dia telah disembuhkan karena menurut Firman Tuhan.  Sekarang mimpi Naaman menjadi kenyataan.
   Saudaraku,..Kita yang kena kusta dosa dapat disembuhkan oleh Tuhan Yesus.  Lihatlah saudaraku,..Yesus rela mati untuk orang-orang yang najis dan berdosa.  Lihatlah, kasih yang sudah disalibkan, agar orang-orang yang tidak memiliki kasih dapat diselamatkan kembali.  Dia meminta supaya masing-masing kita dapat memberikan hati kita.
Konklusi:
   Ilustrasi: Seorang anak kehilangan kapal-kapalan yang di ukirnya sendiri.
   Seorang anak kecil telah membuat sebuah kapal-kapalan kecil dari kayu yang dia ukir sendiri, tetapi pada suatu kali ketika dia menaruhnya disebuah sungai tiba-tiba talinya putus dan kapal-kapalan itupun hilang entah kemana.  Tetapi pada suatu kali pula, ketika dia pergi ke kota, tiba-tiba dia melihat bahwa kapal-kapalan itu terdapat dalam sebuah etalase di sebuah kota.  Lalu dia kembali membeli dan kemudian diapun sekarang memilikinya kembali.  Dengan sukacita dia berkata: "Perahu/kapal-kapalan ini menjadi milikku dua kali."
1. Milik saya karena saya membuatmu, dan
2. Milik saya karena saya membelimu.
   Tuhan duakali memiliki kita karena dia telah menciptakan kita dan menebus kita dari dosa.
   1 Yohanes  1:9 mengatakan: kalau kita mengaku dosa kita maka Ia akan mengampuni segala dosa kita.
   Wahyu 3:20 : "Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetuk; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku".
   Mari kita menyerahkan segenap hidup kita kepada-Nya. Amen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar