Sabtu, 01 Februari 2020

Lemak

Hasil gambar untuk lemak"
UNTUK KONSUMSI LEMAK

1. Gunakan jumlah buah-buahan yang cukup, padi-padian, sayur-sayuran, kacang dan kacang polong kering.  Memakan jumlah yang banyak akan makanan-makanan ini merupakan batu penjuru bagi praktek diet yang baik dan menurunkan konsumsi lemak sambil menyediakan vitamin, mineral dan serat yang sangat diperlukan.

2. Mulailah mengikuti diet vegetarian tanpa daging, ikan dan unggas. Suatu penyelidikan yang dibiayai oleh Lembaga Kesehatan Nasional (USA) menunjukkan bahwa diet seperti ini mengurangi risiko kanker karena berisi karotin yang tinggi (awal pembentukan vitamin A), yang terdapat pada daun-daun berwarna hijau dan sayuran berwarna kuning matang.  Juga itu mengandung sayuran (Kubis, kembang kol, pumkol, dll), lebih banya vitamin C, serat dan unsur-unsur pelindung lainnya.

3.Belajarlah masak tanpa telur, khususnya kuning telur. Kuning telur adalah satu-satunya sumber kolesterol tertinggi dalam makanan orang Amerika. Selain penyakit jantung, beberapa penelitian menunjukkan tingkat kematian yang lebih tinggi pada mereka yang mengkonsumsi telur secara terataur, melebihi sebab-sebab lainnya.

4.Bila menggunakan hasil peternakan, pilihlah hal-hal yang kurang lemak, untuk menggantikan mentega, keju dengan lemak tinggi, susu lengkap dan hasil peternakan berlemak tinggi, susu lengkap dan hasil peternakan berlemak tinggi lainnya.  Ini akan mengurangi masuknya kolesterol dan lemak jenuh, mengurangi risiko kegemukan, penyakit jantung dan berbagai macam kanker.  Pengetatan ini tidak berlaku bagi anak-anak berumur 2 tahun kebawah.

5. Gunakan jumlah lemak dan minyak dapur secara terbatas seperti yang digunakan dalam makanan gorengan, mayones, bumbu salad, lemak dan margarin. Membuang lemak atau minyak goreng secara total dari makanan tidak didukung oleh ilmu pengetahuan, Alkitab atau tulisan Ellen G.White.
6. Gunakan kacang, pendekas dan biji-bijian yang adalah makanan bergizi, tetapi ingat bahwa itu mengandung lemak dan kalori yang tinggi.  Bila dimakan berlebihan, itu bisa meningkatkan masuknya lemak secara keseluruhan setiap hari melibihi dari jumlah/kadar yang dianjurkan.
   Pekan Penekanan Kesehatan,4-10 Oktober 1998.
                        (Dewan Gizi GC).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar