Sabtu, 22 Februari 2020

ORANG TUA KEKAL.

Hasil gambar untuk Yesus
PENDAHULUAN:
   Pada saat ini kita hadir disini dengan hati yang remuk karena..dst.
   Di saat ibu/Ayah ini di izinkan Allah terbaring...dst...saya mau mengajak hadirin untuk merenungkan Firman Tuhan..dst..yang dapat menghibur kita dari hati yang berduka.
   Mari kita baca Firman Allah dalam Yohanes 14:18 "Aku tidak akan membiarkan kamu sebagai yatim piatu".
   Kata: "Yatim Piatu"--dari bahasa Yunani: "ORPHANOS".  Darisinilah asalnya kata dalam bahasa Inggeris "Orphan" (orfen) = "bereft of parents" yang artinya: Kehilangan orang tua (Ayah dan Ibu).

BODY:
   ORANGTUA ialah:
-Tempat bergantung yang sangat dibutuhkan. Semua orang tentu mengakui hal itu. Barangkali semua orang merasakan sampai sejauh mana arti orangtua bagi hidup mereka.
   Adapun ARTI dan PERAN ORANG TUA diantaranya:
1. Orang akan ingat bahwa orang tualah yang melahirkan mereka, memelihara, membesarkan serta menyekolahkannya untuk bekal hidup dimasa mendatang.  Dari semua hal ini, dirasakanlah adanya unsur-unsur: Pengorbanan waktu, tenaga, materi, perhatian, kasih sayang, dst....

2. Orang akan ingat, bahwa orangtua lah yang selalu mendampingi hidup sang anak secara konkrit--yang menjadi tempat bertanya, minta syaran, diajak tertawa, diajak bergembira, dsb....

3. Orang tua dianggap sebagai "BANK" oleh sang anak. Setiap orang tua, menjadi tempat pengajuan segala permintaan. Antara lain: Meminta dibelikan baju, keperluan sekolah, mainan, makanan, dsb...

   Saudara2ku yang kekasih,...
   Bila kita kehilangan orang tua, atau orang tua kita meninggal dunia maka dapat dimengerti bila sang anak merasa sedih, mendertia---sebab semua hal yang seperti kita sebutkan tadi tidak akan dialaminya lagi.  
   Pada saat orang tua tiada lagi, barulah sang anak lebih menyadari akan arti dan peranan orang tua dalam hidupnya.

   Kematian orang tua dapat dirasakan sebagai hilangnya tempat bergantung.
   Saudara2...Yang menjadi persoalan kita sekarang ialah: Apakah karena meninggalnya orang tua maka anak-anak maupun semuanya hanya akan bersedih terus menerus?.. Sehingga yang terasa hanya SIKAP yang menyesalkan: "MENGAPA SEMUA INI TERJADI?". Mengapa tidak bisa dicegah?.
   Saat ini Firman Allah bersabda dalam Yohanes 14:18 "Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai Yatim Piatu" (Orphanos).  Apa artinya ini?.  Mengapa Tuhan Yesus mengatakan ini?. Apa perlunya?.
   Saudara2ku yang kekasih,...
   Tuhan Yesus telah mengetahui dengan pasti perasaan yang saat itu ada pada murid1-Nya.  Para murid Yesus ketika itu sadar bahwa tidak lama lagi Tuhan Yesus akan bersama-sama dengan mereka.  Mereka akan ditinggalkan oleh Tuhan Yesus.  Itu berarti bahwa, bahwa mereka akan kehilangan tempat bergantung yang selama ini sangat mereka rasakan dan sangat membahagiakan.  Bayangan itu telah membuat mereka bersedih hati.
   Dan tidak mustahil, bersamaan dengan itu telah mulai menyelinap segala hal yang menakutkan dan menguatirkan, dsb...  Mereka tidak ubahnya bagaikan anak-anak yang kehilangan orang tuanya.  Dengan kata lain, mereka dapat juga dikatakan sebagai anak-anak Yatim Piatu.
   Itulah sebabnya Tuhan Yesus ingin mengatakan sebagaimana bunyi ayat Firman Tuhan tadi.  Tuhan Yesus telah mengatakan bahwa Ia akan pergi kepada Bapa, dan itu berarti Yesus akan tidak bersama-sama dengan murid2-Nya.
   Tetapi Ia pun berkata bahwa Yesus tidak meninggalkan mereka Yatim Piatu.
   Ia akan datang kembali.  Dengan ayat ini, sebenarnya para murid tidak perlu sedih, takut, kuatir,...dsb..karena Yesus sebenarnya tidak akan pernah meninggalkan mereka.  Hadirat Kristus akan beserta para murid-Nya melalu Roh Kudus.  Mereka bukan anak-anak Yatim Piatu.  Mereka tetap mempunyai orang tua kekal/abadi, orang tua semawi.  Mereka tetap mempunyai tempat bergantung untuk hidupnya.

KONKLUSI:  Saudara2ku yang kekasih didalam Tuhan Yesus,
   Sabda Yesus dalam Firman Tuhan ini, kini pun ditujukan kepada keluarga yang berkabung.  Orang tua telah tiada, namun tidak berarti secara iman, anak-anaknya akan menjadi Yatim Piatu.  Karena Yesus sebenarnya tidak meninggalkan kamu.  Yesus senantiasa akan mnyertai dan mendampingi kamu.
   Yesus akan menjadi ORANG TUA bagi kamu. Yakni sebagai ORANG TUA YANG KEKAL.
   Segala saran, nasihat, kegembiraan, bantuan/rejeki yang dulu diterima dari orang tua----masih akan tetap disediakan oleh Tuhan Yesus.  Yesus sedia memberikan berkat-berkat untuk keperluan hidup kita.
   Ingatlah firman-Nya yang menyatakan: "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu, carilah, maka kamu akan mendapat, ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu".

   Semoga keluarga yang berkabung dengan pemberitaan Firman Allah ini dihiburkan dan dikuatkan, serta dengan penuh kelegaan menerima kenyataan peristiwa kematian saudara/ibu/ayah kita yang dikasihi ini.
   Petiklah hikmah-hikmah pendidikan Iman yang telah dipancarkan oleh diri Almarhum selama masih hidup.
   Berbahagilah orang yang mau mengerti isi Firman Allah serta hidup bersandar pada-Nya.   AMIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar