Sabtu, 27 Desember 2014

Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami.

 
Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami
Penyebab Asam Urat
Penyakit asam urat adalah penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, dalam tubuh semua orang pasti terdapat zat purin, namun ada yang normal dan ada juga yang berlebih. Tetapi jika kadar asam urat dalam tubuh kita berlebih, akibatnya ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.
Gejala Asam Urat
Timbulnya rasa sakit/ nyeri pada bagian persendian, atau terasa ngilu, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan). Biasanya rasa nyeri tersebut akan timbul dalam dua waktu yaitu malam hari dan pagi hari, saat anda bangun tidur. Rasa nyeri tersebut terjadi secara berulang-ulang dan menyerang bagian-bagian tubuh seperti, sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan. 
Bagaimana cara mengobati penyakit Asam Urat?
Sebenarnya sudah banyak orang yang jualan obat asam urat yang sudah terbukti ampuh khasiatnya. Tapi untuk kita yang mempunyai kendala dibidang keuangan, mungkin akan berfikir dua kali untuk membeli obat tersebut. Pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran orang biasanya seperti ini, obatnya mahal, jika saya beli maka saya harus mengeluarkan cukup banyak uang, belum lagi jika dengan mengkonsumsi obat tersebut sakit asam uratnya belum sembuh juga

Tapi menurut saya, yang namanya kesehatan itu wajib, walaupun mahal ya harus diusahakan. Percuma banyak uang, punya banyak motor dan mobil, rumah bagus, tapi kitanya tidak sehat, semua yang kita miliki tidak akan bisa kita nikmati, betul? Maka dari itu, jika anda mampu membeli obat, ya usahakan beli hehe. Tapi bagi anda yang malas beli obat, anda bisa mencoba beberapa obat tradisional yang bisa anda racik sendiri yang tentu saja harganya pun lebih murah, bahkan gratis. Ingin tahu apa saja? silahkan simak beberapa cara mengobati asam urat berikut ini :

7 Obat Asam Urat Alami Tanpa Bahan Kimia
  1. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih
    Minumlah air putih minimal 8 - 10 gelas per hari. Tujuannya yaitu untuk mengencerkan urin sehingga dapat menghambat proses terbentuknya asam urat berlebih. Karena jika tubuh kita kurang cairan, maka pergkristala asam urat akan mudah terbentuk. Selain itu, minum air juga dapat memperbaiki fungsi ginjal dan mempermudah ginjal untuk membuang/megeluarkan zat asam urat yang dihasilkan oleh zat purin
  2. Kurangi Makanan Yang Tinggi Zat Purin
    Kurangi mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat purin misalnya, jeroan, seafood, ekstrak daging (abon, dendeng), makanan yang sudah dikalengkan dsb. Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya jelaskan dalam artikel tentang pantangan-pantangan bagi penderita penyakit Asam Urat.
  3. Perbanyak Makanan yang Bersifat Basa
    Dalam bukunya yang berjudul "Alkalinize Or Die" Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat basa (buah-buahan, sayuran segar, serta biji-bijian rendah lemak) dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal tersebut akan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.
  4. Konsumsi Jus Buah Cerry 
    Minumlah jus buah cerry setiap hari secara rutin, tujuannya yaitu untuk membantu darah dan urin dalam mengimbangi sifat keasamannya. Selain itu, buah cerry juga kaya akan nutrisi dan kalium, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.

  5. Konsumsi Jus Lemon
    Konsumsilah buah lemon / jus lemon, karena dengan mengonsumsi jus lemon, akan merangsang tubuh untuk membentuk / memproduksi kalsium kabonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat. (sumber : www.health911.com)
  6. Perbanyak Konsumsi Vitamin C
    Perbanyak konsumsi vitamin C, karena vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Kemudian www.health911.com juga menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C 1000mg/jam pada awal serangan nyeri akibat asam urat. Setelah itu 500-300mg / hari sebagai langkah pencegahan.
  7. Konsumsi Cuka Madu
    Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang apa itu cuka madu. Cuka madu dibeberapa tepat dikemas dalam produk obat kesehatan yang bernama propolis. Konsumsilah cuka madu setiap hari, tujuannya untuk memberikan suasana basa dalam tubuh yang berfungsi untuk menetralkan zat asam dalam tubuh. Selain itu cuka madu juga berfungsi untuk mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan menghancurkan kristal-kristal asam urat.
Itulah 7 Obat Asam Urat Alami Tanpa Bahan Kimia dan Sudah Terbukti Ampuh, semoga informasi kesehatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang membutuhkn informasi seputar pengobatan asam urat. Bagi anda penderita asam urat, tetaplah berusaha dan semoga lekas sembuh. Untuk anda yang masih penasaran dengan khasian 7obat asam urat diatas, anda tidak akan tahu apakah obat tersebut ampah atau tidaknya jika anda belum mencobanya..



Tips Mengatasi Penyakit Asam Urat
Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menyembuhkan asam urat adalah sebagai berikut :
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti pisang, kentang dan lain sebagainya
  • Konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C, seperti jeruk, strawberry, pepaya dsb.
  • Adapun Jenis buah dan sayuran yang dapat mengobati penyakit asam urat misalnya: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi , serai dsb.
  • Perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi, singkong, ubi dsb.
  • Kurangi konsumsi makanan seperti gula, permen, arum manis dsb.
  • Jangan terlalu sering minum aspirin jika sakit kepala
  • Hindari bekerja terlalu keras hingga mengakibatkan kelelahan
  • Untuk anda yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, menurunkan berat badan bisa menjadi solusinya diantanya dengan rajin melakukan olahraga yang cukup atau Diet OCD.
  • Akan lebih baik lagi jika asupan energi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, misalnya berdasarkan tinggi dan berat badan anda.
Adapun penyebab penyakit asam urat:
- Konsumsi zat-zat yang banyak mengandung purin secara berlebihan.
- Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat.
- Terjadinya peningkatan Kadar asam urat dalam tubuh, sehingga ginjal kita tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat.
- Banyaknya kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian.
- Akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku.
Pada kejadian kasus yang parah, penderita asam urat sampai tidak dapat berjalan karena pada persendian terasa sangat sakit sekali jika bergerak. Tulang sekitar sendi juga dapat keropos dan mengalami pengapuran tulang.
Pantangan bagi penderita asam urat:
- Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak.
- Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden.
- Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
- Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden).
- Daging kambing, daging sapi, daging kuda.
- Bebek, angsa dan kalkun.
- Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
- Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
- Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
- Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
- Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
- Makanan kaya protein dan lemak.
Selain beberapa pantangan di atas, penderita penyakit asam urat juga harus selalu banyak minum air putih apalagi bagi mereka yang mempunyai penyakit batu ginjal. Dengan banyak minum air putih akan sangat membantu ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh melalui urine.
Saran kesehatan untuk penderita asam urat:
- Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
- Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
- Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
- Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
- Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
- Jangan minum aspirin
- Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
- Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup
- Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.

Untuk mengetahui lebih pasti, penderita harus segera melakukan pemeriksaan di laboratorium. Untuk kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl.
Sebagian besar para penderita asam urat juga mempunyai penyakit lainnya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes atau juga penyakit ginjal. Namun faktor kegemukan (obesitas) juga sering kali dijumpai pada penderita asam urat. Apabila penyakit asam urat tidak segera di obati maka bisa berkembang menjadi penyakit batu ginjal dan akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal penderita asam urat tersebut.


MAKANAN MENGANDUNG POTASSIUM TINGGI


KOMPAS.com - Salah satu masalah terbesar dari makanan-makanan instan siap saji adalah tingginya kandungan sodium dan rendahnya kandungan potasium. Padahal studi menunjukkan, meningkatkan asupan potasium dan mengurangi sodium dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 21 persen dan juga risiko penyakit jantung.

Potasium merupakan mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penebalan. Orang dewasa perlu mengasup 4.700 miligram potasium setiap harinya. Meskipun begitu, terlalu banyak potasium juga dapat mengganggu kesehatan.

Nah, untuk mendapatkan cukup potasium setiap harinya, ada baiknya Anda mulai untuk mengasup makanan-makanan ini.

1. Ubi
Ubi merupakan makanan dengan kandungan potasium tertinggi. Satu buah ubi mengandung sekitar 694 mg potasium dan hanya 131 kalori. Ubi juga kaya serat, beta-karoten, dan karbohidrat.

2. Saus tomat
Tak ada yang memungkiri manfaat tomat segar, namun jika ingin kandungan potasiumnya yang tinggi, tomat perlu dibuat dulu menjadi saus. Seperempat mangkuk saus tomat mengandung 664 mg potasium. Sementara itu, jika dijus tomat dapat memberikan 400 mg potasium.

3. Daun bit
Dalam tanaman bit, kita seringkali hanya memanfaatkan umbinya dan membuang daunnya. Padahal daun bit mengandung potasium yang sangat tinggi yaitu 644 mg setiap setengah mangkuknya. Daun bit juga mengandung antioksidan yang tinggi.

4. Kacang panjang
Kacang panjang mengandung 600 mg potasium untuk setiap setengah mangkuknya. Namun kacang-kacangan lain seperti lentil dan kapri juga bisa dijadikan sumber potasium yang baik.

5. Yogurt
Sekitar 227 gram yogurt mengandung 579 mg potasium. Sementara yogurt rendah lemak memiliki kandungan yang sedikit lebih rendah.

6. Kerang
Delapan puluh lima gram kerang mengandung 534 mg potasium dan konsentrasi vitamin B12 tertinggi.

7. Prune
Tiga perempat mangkuk jus prune mengandung 530 mg potasium, dan dalam jumlah yang sama buah prune rebus mengandung 400 mg. Selain itu prune diketahui baik untuk menjaga kepadatan tulang.

8. Jus wortel
Jus wortel sebanyak 3/4 mangkuk mengandung 500 mg potasium. Selain itu jus wortel juga memberikan manfaat yang baik untuk mata.

9. Molase
Tetes tebu ini merupakan alternatif yang kerap digunakan untuk mengganti gula atau madu. Di balik rasanya yang manis, ternyata molase juga memiliki kandungan potasium yang tinggi. Satu sendok makan molase mengandung 500 mg potasium dan besi serta kalsium yang tinggi pula.

10. Ikan
Ikan seperti halibut dan tuna mengandung hampir 500 mg potasium untuk setiap 85 gram sajiannya. Namun potasium bukanlah satu-satunya alasan Anda harus mengonsumsi ikan, kandungan lemak sehatnya yang tinggi juga menurunkan risiko penyakit jantung.

11. Kacang kedelai
Produk kacang kedelai merupakan sumber protein terbaik dan juga dapat melawan inflamasi di dalam tubuh. Kandungan potasiumnya juga cukup tinggi, setengah mangkuk kacang kedelai mengandung hampir 500 mg potasium.

12. Labu air
Labu air memiliki kandungan kalori yang rendah dengan serat dan vitamin A yang tinggi. Tak hanya itu, setengah mangkuk buah ini juga mengandung 448 mg potasium.

13. Pisang
Pisang memang dikenal sebagai sumber potasium yang tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 400 mg mineral tersebut.

14. Susu
Susu tak diduga juga merupakan sumber potasium yang baik. Dalam satu mangkuknya, susu mengandung 382 potasium.

15. Jus jeruk
Sebanyak 3/4 mangkuk jus jeruk mengandung 355 mg potasium. Selain itu, jus jeruk juga merupakan sumber kalsium, folat, dan beberapa vitamin B.



                                                                                                                                         





Tidak ada komentar:

Posting Komentar