Selasa, 30 Desember 2014

Penderita Asam Urat dan Menu Hariannya.

Makanan yang setiap hari di konsumsi tentu sangat besar perannya terhadap upaya menjaga kondisi tubuh sehat atau bahkan mencegah penyakit yang menimpa kita. Kita harus selalu berhati-hati dalam memilih asupan yang kita konsumsi. Apalagi biasanya, semakin meningkat aktifitas dan penghasilan kita, biasanya diikuti oleh perubahan gaya hidup yang akhirnya cenderung mengarah pada pola makan tinggi lemak, tinggi protein dan juga karbohidrat kompleks.
Penyakit asam urat sangat sering kita jumpai di sekeliling kita bahkan mungkin menimpa orang-orang terdekat, Agar terhindar dari penyakit asam urat atau gout ini, salah satu cara yang bisa lakukan adalah dengan menjaga kadar asam urat dalam darah diposisi normal, dalam hal ini adalah membatasi zat purin yang akan dikonsumsi. Purin adalah zat yang memicu tingginya kadar asam urat sehingga asam urat yang berlebih tersebut menumpuk dan mengkristal di persendian tulang yang akhirnya akan menyebabkan rasa sakit yang hebat secara akut.
Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung purin adalah, jeroan, daging, kacang-kacangan, emping, bayam, kangkung, kubis, tape, makanan kaleng, alkohol, softdrink dan kopi. Namun itu hanya beberapa, masih banyak daftar makanan yang sering kita temui sehari-hari. Berikut ini adalah menu pilihan untuk konsumsi sehari-hari yang dapat direkomendasikan bagi penderita asam urat :
Menu Harian Asam Urat 1
Menu Harian Asam Urat 2
Menu Harian Asam Urat 3
Selain pola makan, pola minum yang tepat perlu kita perhatikan dalam upaya penyembuhan penyakit asam urat, yaitu dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 3 liter per hari. Karena jika penumpukan asam urat didalam darah terjadi dalam jangka waktu lama, asam urat dapat mengendap diginjal sehingga menimbulkan penyakit baru yaitu batu ginjal.
Sumber Menu : Sehat dan Bugar Tanpa Asam Urat, Mutia Sari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar