Minggu, 18 Januari 2015

1. A l k i t a b.

WEWENANG DAN SUMBER ALKITAB
1.   SEMUA KITAB SUCI  DIILHAMKAN OLEH ALLAH : 2 Timotius 3 : 15,16 : " Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Yesus Kristus.  SEGALA TULISAN yang DIILHAMKAN ALLAH bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran".
2.  ALLAH BERBICARA MELALUI ORANG-ORANG KUDUS SAAT MEMBERIKAN ALKITAB: 2 Petr.1:19-21: "Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah DISAMPAIKAN OLEH PARA NABI. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan PELITA yang bercahaya ditempat yang gelap sampai FAJAR MENYINGSING dan bintang timur terbit bersinar didalam hatimu. Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa NUBUAT-NUBUAT TIDAK BOLEH DITAFSIRKAN MENURUT KEHENDAK SENDIRI. Sebab tidak pernah NUBUAT DIHASILKAN OLEH KEHENDAK MANUSIA, TETAPI OLEH DORONGAN ROH KUDUS orang-orang berbicara atas nama Allah.
3.FIRMAN TUHAN ADALAH BUKAN KATA-KATA MANUSIA : 1 Tes.2:13 "Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, BUKAN SEBAGAI PERKATAAN MANUSIA, TETAPI - dan memang sungguh-sungguh demikian-SEBAGAI FIRMAN ALLAH, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya".
4.FIRMAN ALLAH AKAN BERTAHAN SELAMA-LAMANYA: Matius 24:35 " Langit dan bumi akan berlalu, tetapi PERKATAAN-KU TIDAK AKAN BERLALU".
 APA YANG ALKITAB LAKUKAN BAGI KITA?
5.Mazmur 119:11 (Menghindarkan kita dari dosa) :"Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku JANGAN BERDOSA TERHADAP ENGKAU".
6.Mazmur 119:105 (Menerangi jalan di depan kita): "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan TERANG BAGI JALANKU".
7.Mazmur 119:9 (MENYUCIKAN KITA DARI DOSA): "Dengan apakah seorang muda mempertahankan KELAKUANNYA BERSIH?. Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu".
8.Ibrani 4:12 (Kuat seperti pedang, mencapai jauh ke dalam hati kita): "Sebab firman Allah hidup dan KUAT DAN LEBIH TAJAM DARI PADA PEDANG BERMATA DUA MANA PUN; IA MENUSUK AMAT DALAM sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita."
9.Yohanes 17:17 ( Menguduskan kita/Membuat kita seperti Yesus) : "KUDUSKANLAH mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran".  hms.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar