Minggu, 18 Januari 2015

3. Hari Sabat.

HARI SABAT DICIPTAKAN DAN DIPERINTAHKAN
1. ALLAH MEMBERKATI DAN MENGUDUSKAN HARI SABAT : Kejadian 2:3 "Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu."
2. HARI SABAT ADALAH SALAH SATU DARI 10 PERINTAH ALLAH DAN ADALAH HARI KETUJUH DALAM PEKAN:  Keluaran 20:8-11 "Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Sebab enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya Tuhan memberkati hari Sabat dan menguduskannya."
MAKNA (PENTINGNYA) HARI SABAT
3. HARI SABAT ADALAH SUATU TANDA ANTARA ALLAH DAN UMAT-NYA : Kel.31:12-17 "Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu peliara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah Tuhan yang menguduskan kamu. Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari sabat itu, pastilah ia di hukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.  Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh,hari kudus bagi Tuhan: setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari Sabat, pastilah ia dihukum mati. Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.  Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat."
4. HARI SABAT SUATU TANDA PENYUCIAN (DI ASINGKAN SEBAGAI YANG SUCI): Yeh.20:12 "Hari-hari Sabat-Ku juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka".
HARI SABAT MELALUI SEJARAH
5. ORANG-ORANG ISRAEL TELAH MEMELIHARA HARI SABAT SEBELUM SINAI: Kel.16:22,23 "Dan pada hari yang keenam mereka memungut roti itu dua kali lipat banyaknya, dua gomer untuk tiap-tiap orang; dan datanglah semua pemimpin jemaah memberitahukannya kepada Musa.  Lalu berkatalah Musa kepada mereka: "Inilah yang dimaksudkan Tuhan: Besok adalah hari perhentian penuh, sabat yang kudus bagi Tuhan; maka roti yang perlu kamu bakar, bakarlah,dan apa yang perlu kamu masak, masaklah; dan segala kelebihannya biarkanlah di tempatnya untuk disimpan sampai pagi."
6. YESUS SENDIRI MEMELIHARA HARI SABAT : Lukas 4:16 "Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat, Ia MASUK ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab."
7. PARA RASUL, ORANG-ORANG YAHUDI DAN BUKAN ORANG YAHUDI MEMELIHARA HARI SABAT: Kisah para rasul 18:4 "Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani".
8. HARI SABAT AKAN DIPELIHARA DALAM BUMI YANG BARU: Yesaya 66:23 "Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman Tuhan."
BAGAIMANA MENIKMATI HARI SABAT.
9. SISIHKAN KESENANGAN-KESENANGAN SETIAP HARI SABAT DAN MENGEJARNYA: Yesaya 58:13,14 "Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus Tuhan "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala ACARAMU dan dengan tidak MENGURUS urusanmu atau berkata omong kosong, ay.14. maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya."
10. FOKUS PADA BERBUAT BAIK UNTUK ORANG LAIN: Matius 12:11-13 "Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?. Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba?. KARENA ITU BOLEH BERBUAT BAIK PADA HARI SABAT".
11. ALLAH MEMBUAT HARI SABAT UNTUK MANUSIA, BUKAN MANUSIA UNTUK HARI SABAT: Markus 2:27 "Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat."
12.APA YANG YESUS AJARKAN TENTANG PEMELIHARAAN HARI SABAT: Lukas 14:1-5 "Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama. Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air berdiri dihadapan-Nya. Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: "Diperbolehkankah menyembukan orang pada hari Sabat atau tidak?. Mereka itu diam semuanya.  Lalu Ia memegang tangan orang sakit itu dan menyembuhkannya dan menyuruhnya pergi. ay.5.Kemudian Ia berkata kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang tidak segera manarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?."
KAPAN MEMELIHARA HARI SABAT?.
13. HARI SABAT DI RAYAKAN/DIPELIHARA DARI MATAHARI TERBENAM SAMPAI MATAHARI TERBENAM: Imamat 23:32 "Itu harus menjadi suatu Sabat hari perhentian penuh bagimu, dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa.  Mulai pada malam tanggal sembilan bulan itu, DARI MATAHARI TERBENAM SAMPAI MATAHARI TERBENAM, kamu harus merayakan sabatmu."
14. HARI JUMAT ADALAH "HARI PERSIAPAN" TEPAT SEBELUM HARI SABAT: Yohanes 19:31 "Karena hari itu hari PERSIAPAN dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib--sebab Sabat itu adalah hari yang besar - maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar