Minggu, 18 Januari 2015

Mau Memaafkan.

(Renungan singkat )
Mau Memaafkan.

Alkisah ada seorang raja yang memiliki 10 anjing yg sangat ganas untuk menghukum menterinya yang melakukan kesalahan.
Jika sang raja tdk berkenan maka menteri yang salah akan dilempar ke kandang agar dicabik cabik oleh anjing yg sangat ganas tsb. Suatu hari ada seorang menteri membuat keputusan yang salah
dan murkalah sang Raja. Maka diperintahkanlah ag...ar sang menteri dimasukkan ke kandang anjing yg sangat ganas itu. Menteri berkata, "Paduka raja, saya telah mengabdi padamu 10 tahun,
dan saya baru kali ini melakukan kesalahan, tapi paduka tega menghukumku begini. Atas pengabdianku selama ini saya hanya minta waktu penundaan hukuman 10 hari saja". Sang Raja pun mengabulkannya. Sang menteri bergegas menuju kandang anjing2 tsb dan meminta izin kepada penjaga untuk mengurus anjing2 itu.

Ketika ditanya untuk apa? Maka dijawab, "Setelah 10 hari nanti kamu akan tau". Karena tau itu menteri maka di izinkan. Selama 10 hari sang menteri memelihara, mendekati, memberi makan bahkan akhirnya bisa memandikan dan anjing2 itu pun menjadi sangat jinak padanya. Tibalah hari eksekusi, yang disaksikan oleh Raja dan dimasukkanlah sang menteri ke kandang anjing, tetapi Raja sangat kaget saat melihat anjing2 itu jinak padanya.
Maka dia bertanya apa yg telah dilakukan menteri itu kpd anjing2 tsb. Jawab menteri itu, ...Saya telah mengabdi pada anjing2 ini selama 10 hari dan mereka tidak melupakan jasaku,,..Tapi paduka Raja..saya telah mengabdi padamu 10 tahun..tapi tega menjatuhkan hukuman ini pada saya,". Terharulah raja, dan meleleh airmatanya lalu membebaskan sang menteri dari hukuman dan dimaafkan.
Sdr/i yg terkasih, cerita ini sungguh hadiah dari hati yg terdalam bagi semua insan, agar tidak mudah mengingkari & melupakan berbagai kebaikan yg kita terima apalagi dari orang yg terdekat kita, istri/suami, hanya krn kejadian sesaat yg tdk mengenakkan. Dan jangan mudah menghapus kenangan dan persahabatan yg telah terukir bertahun2 hanya karena hal2 kecil yg kurang kita sukai padanya saat ini. Apalagi jika penilaian kita lebih didominasi subjektifitas kita.
Jangan sampai kita kalah dengan hewan tsb dalam menghargai kebaikan orang.
Amsal 19:11 Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karna MEMAAFKAN pelanggaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar