Minggu, 18 Januari 2015

2. Siapakah Allah (Who is God?)

ALLAH BAPA
1. Allah Bapa memberikan anak-Nya untuk menyelamatkan kita Yoh.3:16,17 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah MENGARUNIAKAN Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.  Sebab Allah mengutus anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk MENYELAMATKANNYA oleh Dia.”
2. Allah adalah kasih—itu adalah karakter dan esensi-Nya/dasar-Nya 1 Yohanes 4:8: “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab ALLAH ADALAH KASIH”.
3. Ketika di bumi, Yesus menyatakan/mengungkapkan Bapa Yoh.14:9: “Kata Yesus kepadanya:”Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?. Barangsiapa telah MELIHAT Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.”
ALLAH ANAK:
4. Yesus, Firman dan Pencipta, disebut BapaYoh.1:1-3 “Pada mulanya adalah Firman;  Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.  Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan”.
5. Yesus, Firman itu datang untuk hidup diantara kita diatas bumi Yohanes 1:14: “Firman itu telah menjadi manusia, dan DIAM DI ANTARA KITA, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.”
6. YESUS MENCIPTAKAN SEGALA SESUATUKolose 1:15,16: “Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, KARENA didalam Dialah telah diciptakan SEGALA SESUATU, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; SEGALA SESUATU diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.”
7. Yesus dalam kesatuan yang sempurna dengan BapaYoh.17:18-26:”Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran. Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, SAMA SEPERTI ENGKAU, YA BAPA, DI DALAM AKU DAN AKU didalam Engkau, agar mereka juga di dalam KITA, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. V.22 ..supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu :  dst. Baca sampai ayat 26.
ALLAH ROH KUDUS
8. Yesus menjanjikan Roh untuk mengambil tempat-Nya di bumi. Yohanes 14:16-18: “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, YAITU ROH KEBENARAN.  Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia.  Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”
9. Roh menyatakan Yesus kepada kitaYoh.15:26: “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan BERSAKSI TENTANG AKU.”
10. Roh meyakinkan/menginsafkan kita akan dosaYoh.16:7,8: “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi.  Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan  datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.  Dan kalau Ia datang, Ia akan MENGINSAFKAN dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.”
11. Roh menuntun kita kepada seluruh kebenaranYoh.16:13: “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang  didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar