Sabtu, 04 Juli 2015

GC 60th : Apakah Gereja Itu?


SAN ANTONIO -Texas (02-11 Juli 2015).
Yang berkhotbah pada Jumat malam ini (03 Juli 2015)m waktu San Antonio ( beda 12 jam dengan waktu Indonesia Barat ) adalah Pdt Mark Finley.
Khotbahnya berjudul " Apakah Gereja itu ?"
Sebelum khotbah, ada lagu spesial duet oleh Charles Haugabrooks dan Christine Wolman.
Pdt Mark Finley membacakan satu ayat dari buku 1 Timotius 2:3-5 " Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, "
Dari ayat tersebut, beliau mengatakan bahwa hal yang paling disukai oleh Tuhan adalah memenangkan orang-orang yang tersesat.  Itulah jawaban atas berbagai pertanyaan mengapa perlu diadakan kegiatan evangelisasi, karena Tuhan menginginkan supaya semua orang yang tersesat diselamatkan.
Selanjutnya dibaca buku 2 Petrus 3: 9 " Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat"
Kita perlu berpartisipasi dalam visi Tuhan untuk menyelamatkan orang-orang yang tersesat.
Dalam khotbahnya, Pdt Mark Finley mengatakan kita boleh membangun segala sesuatu, rumah, gereja.  Tetapi ada perkara yang dunia tidak bisa tawarkan yaitu menyelamatkan orang yang tersesat.
Itulah sebabnya kita perlu berpartisipasi dalam visi Allah ini.
Jauh di dalam hati Allah, IA ingin menyelamatkan semua manusia ! Dan itulah yang diinginkanNya.  Dan hanya melalui kasih karunia oleh kematian Yesus Kristus maka manusia bisa memperoleh keselamatan.
Kita mungkin bertanya-tanya, bagaimana caranya orang yang belum pernah mendengar tentang Yesus akan diselamatkan?  Tuhan tahu siapa yang akan diselamatkan dan dengan caraNya, Dia akan menggunakan segala cara untuk menyelamatkan manusia.
Dan tugas utama Gereja adalah menyampaikan kabar keselamatan kepada mereka yang hilang dan itulah misi utama Gereja kita.
Pdt Mark Finley menyebutkan dalam khotbahnya bahwa sebagai anggota Gereja adalah tidak ada yang dapat kita saksikan kepada orang lain selain pengalaman kita diselamatkan oleh Tuhan.
Dan pengalaman itu hanya kita dapatkan apabila kita mempunyai pengalaman setiap hari berjalan dengan Tuhan.
Dan cara untuk membantu kita bisa bersaksi kepada orang lain, adalah kita harus mengisi kerohanian kita dengan makanan bergizi yaitu banyak belajar Firman Tuhan.
Dan selanjutnya beliau mengatakan langkah berikutnya adalah berdoa sebagaimana pengalaman di hari Pentakosta untuk meminta turunnya Roh hujan akhir.
Tantangannya adalah mengapa Tuhan akan mencurahkan Roh Kudus kepada umatNya jika mereka tidak siap untuk menerima curahan kuasa Roh Kudus yang akan menyelamatkan banyak umat manusia di akhir dunia ?
"Sekalipun ada perbedaan pendapat dan opini selama GC Session, namun harapan saya adalah kita tinggalkan semua itu di San Antonio dan berbaikanlah kembali dengan saudara satu sama lain dan bersatulah untuk menjalankan misi gereja, " ucap Pdt Mark Finley dalam khotbahnya.
Beliau mengingatkan bahwa Tuhan sedang menangis melihat dunia yang tersesat, tapi apa yang membuat Tuhan senang?  Yaitu jika ada satu domba yang hilang ditemukan kembali dan diselamatkan!
"Ada satu orang yang tersesat di mana saja anda berada yang butuh untuk diselamatkan, maka disitulah tugas anda untuk menjangkau mereka, entah itu di rumah anda, di jalanan, di rumah sakit...." penekanan pdt M Finley dalam khotbahnya yang berapi-api yang dipenuhi oleh Kuasa Roh Kudus.
Sekali lagi beliau mengatakan dalam khotbahnya "
Tuhan sedih menangis melihat dunia tersesat dan banyak orang yang hilang.  Dia ingin segera datang kembali untuk menyelamatkan laki-laki dan perempuan semua anak2Nya."
"Tuhan tidak sedang bermain dengan menimpakan malapetaka bencana musibah yang silih berganti yang disebut sebagai tanda-tanda kedatanganNya."
"Umat2Nya yang setia dan sudah lama beristirahat dan tidur menanti kedatanganNya, Adam, Nuh, Abraham dan Isak Yakub  dan keturunan mereka para Rasul, Luther, Wicliff, Wesley dan para reformator serta orang tua kita.  Namun mengapa Tuhan Yesus belum datang kembali?  Ada banyak sekali alasan.  Namun ada satu tugas gereja Advent yang terpenting adalah menyelamatkan lebih banyak orang."
"Karena bila kita semua memiliki kerinduan menjangkau satu orang yang tersesat itu maka Yesus akan datang ! Dan tugas anda adalah mengundang orang serta mengajak dia makan, memberikan undangan KKR dan memberikan pelajaran Alktab, melawatnya waktu sakit, mengunjungi di penjara, dan memberi pakaian..."
Bila kita semua melakukan pekerjaan ini dengan sukacita ; maka kita semua akan berjumpa dengan semua orang yg kita kasihi yang sudah mendahului kita dan sukacita terbesar adalah sambutan Tuhan kita " sabaslah hai hambaku yang setiawan.." ucap Pdt Mark Finley dalam khotbahnya.
Di akhir khotbahnya ada acara baptisan dari hasil KKR pdt Mark Finley sendiri di San Antonio sebelum acara GC Session diadaan dan ada 11 orang dibaptis pada Jumat malam itu, antara lain sdri Louis Rice , Handred cadova dan suami istri Daniel dan Erica, Ulanda Garcia,  Penggulat dari Kuba namanya Michael Alejandro dan istrinya Maria, dan seorang tua yang namanya sama yaitu Ulanda  dan generasi ke 5 dari keluarga Advent bernama Linda, dan mama Linda selalu mendoakan dia selama 18 tahun barulah Linda mau dibaptis dan itu terjadi malam Jumat itu  ; dan baptisan terakhir bernama ibu Thereana yang semuanya berasal dari San Antonio.
Himbauan terakhir dari Pdt Mark Finley adalah agar setiap umat Advent melakukan sesuatu buat Yesus sesuai dengan talenta yang dimilikinya untuk menyelamatkan manusia yang hilang dan pertahankan persatuan dalam Gereja.
Sumber: Stevanus S.Widjaja, Milis Advent Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar