Kamis, 30 Juli 2015

5. Orang Buangan Sebagai Misionaris.


EXILES AS MISSIONARIES.
Sumber Alkitab: Daniel 1-12; Yes.39:5-7; Dan.2:44; Mat.24:14,15; Kej.41.
Ayat Inti: Daniel 7:14.
Pembahasan:
1. Pelajaran ini terfokus terutama pada pengalaman Daniel dan teman-temannya di istana Kerajaan Babylon.  Bisakah Daniel memenuhi syarat(qualify) sebagai "Duta/Ambassador", atau "Seorang Misionary"?.
2. Ketika Anda mempelajari Kitab Daniel, apakah yang pertama Anda pikirkan tentang ceritera keberanian Daniel dan mujijat-mujijat kelepasan mereka atau tentang Nubuatan?. Sebagai umat nubuatan, GMAHK percaya pada dekatnya kedatangan Yesus Kristus.  Digambarkan dalam kitab Daniel bahwa kedatangan-Nya akan mengakhiri dunia ini dan pada akhirnya memulai Kerajaan Allah yang kekal (Dan.2:27). Namun, kitab Daniel juga adalah merupakan buku pegangan bagi kegiatan Misionaris. Dari buku Daniel, kita dapat menarik pelajaran tentang bagaimana Tuhan sanggup menggunakan umat-Nya bersaksi. Apakah Anda pikir Daniel dan teman-temannya akan memiliki kesempatan untuk bersaksi jika mereka tidak memiliki kehidupan yang berdedikasi?.
3. Buku Daniel disajikan sebagai bagian formatif dari Pergerakan tahun 1844.  Pengertian Willian Miller tentang Daniel fasal 8 dan 9 benar-benar telah menjadi awal GMAHK.  Mengapa Allah memprediksi masa depan?.
4. Ada beberapa nubuatan utama(major prophecies) dalam Daniel fasal 2,7,8,9 dan 10-12.
5.PEMBUANGAN (Exiles): Baca Yesaya 39:5-7 dan Daniel 1:1-2.  Kesalahan Hizkia yang telah memamerkan kekayaan Yerusalem telah menanamkan benih-benih dalam pikiran orang-orang Babylon dan baru kelihatan pada zaman-zaman Nabopolasar dan Nebuchadnezzar.  Nebuchadnezzar dan Kerajaan Neo-Babylon pun datang dan menaklukkan Yehuda seperti yang telah dinubuatkan oleh Yesaya.
6.Para tentara yang menaklukkan diperintahkan untuk memilih beberapa pemuda yang terbaik(yang bertalenta) dari Yehuda untuk dibawak ke Babylon dilatih bahasa Babylonia dan ilmu yang lainnya, mungkin untuk menjadi perwakilan Yehuda di istana Babel.  Mereka tampan, cerdas, terlatih dan bebas dari cacat pisik(yang tidak ada sesuatu cela--Dan.1:4).  Seperti kita ketahui bahwa Daniel dan teman-temannya telah diberikan makanan dari meja raja yang telah dipersembahkan kepada "dewa" Babel.  Jika mereka memakannya, kesuksesan mereka akan dikaitkan dengan dewa Babel.  Sayuran(vegetable) juga adalah diet sehat (Baca Dan.1:8-13).  Apakah hasil dari uji coba itu?. Dan.1:14-21).
7. Kitab Daniel hanya memberi kita potret terisolasi/tersendiri tentang pengalaman Daniel.  Kita tidak tahu lamanya periode waktu diantara fasal-fasal ini, bahkan beberapa fasal berada diluar urutan kronologis.  Tapi kita tahu bahwa Daniel berdiri teguh mempertahankan imannya didalam Allah, apakah itu dalam soal :
i.Diet.
ii.Menghadapi Nebuchadnezzar dengan pekabaran yang tidak popular.
iii.Membaca tulisan di dinding pada zaman Belshazzar, atau
iv.Berada di istana Kerajaan Medo-Persia, memilih menyembah Allah dengan cara yang biasa bukan tersembunyi(gantinya menyembunyikan diri).
8. Baca Doa Daniel dalam Daniel 9:2-19 (terutama ayat 15-19). Perhatikan khususnya kata-katanya pada akhir doa itu.  Disini Daniel melakukan segala kemungkinan untuk menjelaskan reputasi Allah dimata bangsa-bangsa (to clear God's reputation).  Apakah Anda pernah berdoa bagi reputasi Allah?.
   Jenis reputasi apakah yang Allah miliki dalam komunitas Anda karena perilaku Anda?. (because your behavior?).
9. Penelitian demografis terbaru di Amerika Serikat menunjukkan bahwa jumlah orang muda yang mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Kristen telah menurun secara drastic.  Mengapa Anda piker demikian?.
10. E.G. White memiliki kata-kata yang sangat mencolok bagi GMAHK.  Setiap lembaga yang menyandang nama GMAHK di dunia haruslah menjadi seperti Yusuf di Mesir dan seperti Daniel dan teman-temannya di Babel.  Didalam rencana Allah, orang-orang ini ditawan supaya mereka dapat membawa pengetahuan sejati akan Allah kepada bangsa-bangsa kafir.  Mereka menjadi perwakilan Allah di dunia kita. Mereka tidak akan berkompromi dengan bangsa-bangsa penyembah berhala dengan siapa mereka berhubungan, tetapi harus berdiri tetap setia pada iman mereka, menyandang sebagai kehormatan istimewa nama para penyembah Allah pencipta langit dan bumi".
   E.G. White, Testimonies for the Church, Jld.8, hlm.153.1.
11. Jenis kehidupan kerohanian apakah yang telah dilakukan/dipertahankan oleh  Daniel dan teman-temannya yang telah memberikan mereka suatu hubungan yang demikian dekat dengan Allah?.
   Pikirkan,..betapa mudahnya bagi Daniel dan teman-temannya hanya berkompromi, atau hanya mempraktekkan agama mereka secara pribadi.
12. Baca Daniel 2. SAKSI-SAKSI (Daniel 2-5).  Ada beberapa rincian penting untuk dilihat dalam cerita ini.  Pertama, Daniel dan teman-temannya masih Mahasiswa di Universitas Babylon.  Peramal, penyihir, dukun yang gagal mengungkapkan mimpi Nebuchadnezzar, semua mereka akan dibunuh.
13. Apakah hasil akhir dari pengalaman dalam Daniel fasal 2?. Baca Dan.2:47 (Raja berkata:"Sesungguhnyalah, Allahmu itu Allah yang mengatasi segala Allah dan yang berkuasa atas segala raja, dan yang menyingkapkan rahasia-rahasia, sebab engkau telah dapat menyingkapkan rahasia itu". Apakah raja bertobat?.
14. Cerita yang dicatat dalam Daniel fasal 3 tentang Sadrakh, Mesakh dan Abednego di lembah Dura adalah salah satu kisah terkenal.  Pengalaman dalam Daniel 2 menyatakan bahwa Nubuchadnezzar masih bertekad untuk membuat kerajaannya yang terbesar sepanjang masa dan mengabaikan kesaksian Allah di sorga.  Tapi setelah pengalaman dari tungku/perapian  yang menyala-nyala, apa yang kita pelajari? (Daniel fasal 3). "Bagaimanakah Nebuchadnezzar mengetahui bahwa sosok orang yang ke 4(empat) itu adalah seperti Allah?. Ia telah mendengar tentang Anak Allah dari orang-orang Ibrani tawanan yang ada dalam kerajaannya. Mereka telah membawa pengetahuan tentang Allah yang hidup yang memerintah segala sesuatu". The Advent Review and Sabbath Herald, 3 Mei 1892.
15. Meskipun pengalaman-pengalaman yang tercatat dalam Daniel 2 dan 3, Nebuchadnezzar masih sangat sombong dan tidak bersedia untuk sepenuhnya mengakui Allah di sorga.  Sebagaimana yang dicatat dalam Daniel fasal 4, dia telah mengalami suatu perobahan tragis dalam statusnya, menghabiskan 7 tahun berkeliaran diluar istana seperti binatang liar (Dan.4:32,33).  Setelah periode 7 tahun itu, mengapa para pejabat dan bangsawan Nebuchadnezzar menyambut dia kembali dan kekuasaan raja dipulihkan kembali dan bahkan lebih berkuasa dan lebih dihormati dari yang sebelumnya? (Dan.4:36).  Seharusnya mereka takut kalau-kalu penyakit gilanya kambuh kembali.
16. Baca Dan.4:37 tentang pengakuan Nebuchadnezar mengenai Allah yang benar. Tentu,..raja Nebuchadnezar berbicara dari pengalaman pribadi.  Apakah Anda mengharapkan untuk melihat Nebuchadnezar di sorga?.
17. Ulangi baca cerita dalam Daniel fasal 5--Belshazzar mengadakan pesta kerajaan pada suatu hari liburan. Berpikir bahwa ia benar-benar aman dari kekuasaan Medo-Persia yang telah mengelilingi/mengepung kotanya diluar pintu gerbang.  Rupanya dia tidak tahu bahwa mereka akan berhasil mengalihkan sungai Efrat dan kemudian berbaris dibawah pintu gerbang besi yang menggantung kebawah kedalam air dan langsung ke istananya dan menangkap dia dan membunuhnya.  Belsyazar telah mendapatkan kesempatan untuk mengetahui/mengenal kebenaran, teapi ia tidak memanfaatkan kesempatan itu.  Ibu Ratu jelas tahu mengenai Daniel (Daniel 5:10-17). Sebagaimana kita ketahui, Daniel sudah sangat tua waktu dipanggil menafsirkan tulisan tangan diatas dinding itu. Ia melakukannya pada waktu itu untuk meramalkan masa depan mereka yang berada di ruang perjamuan.  Hampir semua mereka tewas dalam beberapa jam kedepan.  Ternyata berita pelayanan Daniel yang setia telah menjangkau bahkan orang-orang Medo-Persia, karena itu dia terhindar dari kebinasaan dan segera naek ke posisi yang sangat tinggi di kerajaan yang ke dua.
18. DANIEL DI PERSIA---Baca dan ulangi cerita yang tercatat dalam Daniel fasal 6. Cobalah untuk membayangkan, bagaimana seorang penguasa asing telah menangkap Daniel, orang Yahudi buangan dari Babylon bangkit/naik ke posisi yang sangat tinggi di kerajaannya sendiri(kerajaan Persia). Daniel pasti telah menunjukkan beberapa karakter yang luar biasa yang telah membuat hal itu bisa terjadi.  Apa menurut Anda karakter itu?.  Apakah Allah turut campur tangan dengan beberapa cara yang ajaib untuk meningkatkan Daniel ke posisi itu?.
19. Tentu para pesaing Daniel kesal dan marah.  Mereka harus menyusun beberapa cara untuk mendapatkan kembali posisi Daniel atau menghilangkan dia dari posisi itu!.  Mereka membujuk raja supaya membuat dekrit berskala nasional yang sebenarnya hanya ditujukan kepada Daniel sendiri. Yaitu: Suatu larangan, agar barangsiapa yang dalam 30 hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia(menyembah Allah lain) kecuali kepada raja, ia akan dilemparkan kedalam gua singa.  Daniel kedapatan 3x berdoa setiap hari dan hal dilaporkan kepada raja Darius.  Daniel pun dilempar kedalam lobang singa.  Tentu saja mereka tidak tahu apa hasilnya!. Tetapi Allah campur tangan secara dramatis dalam situasi yang walaupun raja yang bersimpati tak dapat mengubahnya. Daniel selamat, dan mereka yang menuduh Daniel dan keluarga mereka binasa karena dimasukkan kedalam lobang singa sebagai hukuman bagi mereka yang menuduh Daniel(Daniel 6:25).
20. Mengapa menurut dugaan Anda seorang raja kafir membuat statement seperti dalam Daniel 6:25-27--yaitu tentang Daniel dan Allahnya?. Ayat ini menunjukkan bahwa raja Darius mengakui keunggulan Allah Daniel.
21. DANIEL DAN KERAJAAN KEKAL ALLAH--Pada paruh terakhir dari kitab Daniel--dimulai dengan Daniel fasal 7, Daniel menerima sejumlah visi yang berfokus pada: Masa depan umat Allah, masa depan dunia dan resolusi akhir ketika Allah akan datang untuk mendirikan kerajaan-Nya di planet bumi ini.
22. Baca Dan.7:9-10, 13-14--Apakah arti/makna yang mengatakan bahwa seseorang yang kelihatannya seperti seorang manusia akan mendekati yang lanjut usianya pada waktu penghakiman?.Apakah bagian itu menunjukkan bahwa ketika Injil telah diberitakan, orang itu, yaitu Yesus sendiri akan kembali memerintah dunia? (Bandingkan dengan Matius 24:14-16).
23. Jadi berapa banyak waktu kedatangan Yesus yang kedua kali tergantung atas kesaksian kita?. (Baca 2 Petrus 3:10-12). Apakah yang bahagian ini syarankan bagi Anda?.
24. Baca Dan.8:17-18--Mengapa Daniel jatuh pingsan tertelungkup ketanah? Apakah ada kesempatan lain ketika para tokoh yang terkenal dalam Alkitab  tertelungkup ketanah ketika mereka mengadakan kontak dengan malaekat?. Baca Kejadian 17:3,17 Abraham "fell on his face". Yoshua 5:14; Yeh.1:28; 3:23; Bandingkan Bil.16:4.
25. LEBIH BANYAK ORANG BUANGAN SEBAGAI MISIONARIS.  Daniel adalah seorang Israel dalam pembuangan paksa dari Israel, seperti Yusuf dan Musa di Mesir, Nehemia di Babel dan Ester di Persia. Berapa banyak diantara mereka saksi aktif untuk Tuhan?.
26. Bersaksi sementara dipengasingan/pembuangan termasuk/mencakup kehadiran pasif dan pewartaan aktif (passive presence & active proclamation).  Pertimbangkan persamaan dan perbedaan antara Ester dan Daniel.
ESTER                                                               
1.Tdk.menyatakan diri orang Ibrani  sampai dipanggil untuk mengungkapkannya.            
2.Menyimpan agamanya bagi dirinya sendiri sampai dipanggil untuk mengungkapkannya.
3.Allah melindungi dia & keluarganya.         
4.Bersaksi pd.posisi tinggi utk.selamatkan  diri dan bangsanya.                                      
5.Membantu menegakkan kebebasan beragama dan hak membela diri penganut agama    minoritas.                                            
DANIEL
1. Dikenal sebagai orang Ibrani.
2. Memberitakan keyakinan agamanya.
3.Allah melindungi dia dan teman2nya.
4.Bersaksi pd.posisi tinggi utk selamatkan diri dan orang lain.
5.Secara tdk.langsung memengaruhi raja Koresy memperbolehkan org2 Ibrani membangun bait
   suci Yerusalem.
27. Baca cerita Yusuf yang tercatat dalam Kejadian fasal 41.  Bagaimanakah kisahnya sejajar dengan
    kisah Daniel dan teman-temannya di Babilon?.
                                                   ==00==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar